alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016377753/lapsus-kemacetan-belum-teratasi-5-tahun-lagi-solo-lumpuh
LAPSUS: Kemacetan Belum Teratasi, 5 Tahun Lagi Solo Lumpuh!
Kerugian penggunaan bahan bakar minyak (BBM) akibat merayapnya arus lalu lintas di Kota Solo saat ini ditaksir mencapai Rp240 miliar/tahun. Sejumlah kalangan memperkirakan Kota Bengawan ini bakal lumpuh dalam lima hingga tujuh tahun ke depan akibat terus membanjirnya jumlah kendaraan pribadi.
“Saat ini, jumlah kendaraan yang masuk ke Solo—baik dari dalam maupun luar Kota Solo—telah mencapai 1 juta lebih tiap harinya. Dua kali lebih banyak daripada jumlah warga Solo,” kata Kabid Lalu Lintas Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi (Dishubkominfo) Solo, Sri Baskoro kepada Espos, akhir pekan lalu.
Kantor Samsat Solo melansir bahwa pertumbuhan kendaraan bermotor di Kota Solo tiap tahunnya ialah 7,5%. Namun dalam dua tahun terakhir, pertumbuhan kendaraan bermotor cukup mengejutkan, mencapai 20%.
Fakta ini juga terjadi pada pertumbuhan mobil pribadi. Pada dua tahun terakhir, jumlah mobil pribadi mencapai 36.903 unit dan 43.158 unit alias naik 17%. Kondisi ini berbanding terbalik dengan pertumbuhan tranportasi massal yang stagnan dan bahkan cenderung menurun.
Berdasarkan kecenderungan grafik di atas, jumlah kendaraan di Kota Solo dalam lima tahun ke depan ditaksir menembus 665.990 unit—termasuk kendaraan angkutan barang dan penumpang umum.
Ditambah dengan kendaraan dari berbagai daerah yang jumlahnya empat kali lebih banyak dari kendaraan pelat nomor Solo, jumlah kendaraan yang bakal menyesaki jalan raya di kota ini mencapai 2,6 juta unit/hari. Padahal, total panjang jalan nasional dan provinsi di Kota Solo hanya 29,48 km. “Jika, tak ada pembatasan kepemilikan kendaraan, Solo terancam seperti Jakarta dan Surabaya lima tahun mendatang,” kata Sri Baskoro.
Tengok saja pagi hari, menjelang jam sekolah atau jam kerja berdentang, ribuan kendaraan dari berbagai daerah berduyun-duyun memasuki gerbang Kota Solo tanpa jeda. Mulai dari Palur, Colomadu, Gemblegan, Jembatan Semanggi, Makamhaji, Palang Joglo, Mojosongo serta di berbagai persimpangan jalan lainnya, roda-roda kendaraan hanya bisa merayap pelan. Jalan raya kota tua ini pun nyaris tak menyisakan ruang kosong.
Apalagi ketika palang perlintasan kereta api (KA) bergerak turun, antrean kendaraan mengular panjang mencoba berebut celah jalan. Begitu pun ketika datang jam pulang sekolah atau pulang kerja, pemandangan serupa juga terpampang di jalan-jalan.
“Saat-saat seperti inilah, waktu menjadi tak produktif. Orang pun malas keluar rumah. Jarak tempuh yang mestinya cukup 15 menit saja, bisa sampai satu jam,” kata pengamat tranportasi UNS Solo, Syafi’i.
Kini, mahluk bernama kemacetan itu sudah di depan mata. Jika tidak diurai dari sekarang, si momok itu akan terus menghantui kota-kota, tak terkecuali Kota Solo.

E M B E R

Quote:Ampun Gan jangan kasih ane emoticon-Bata (S) ane cuma ngasih informasi aja
Berita bombastis. Bolehlah kekhawatiran itu disebarkan. Biar pemkot dan masyarakat bisa melakukan antisipasi sedini mungkin. Tapi kondisi lalu lintas di Solo masih jauh lebih baik dibandingkan kondisi serupa di Jakarta.
klo solo 5 tahun lagi, jkrta dah dri 5 tahun lalu emoticon-Ngakak

jkrta msh ada ga yah 5 thun ke depan klo sikon msh bgini disana
ngepost juga ah...biar berimbang....tp sebenrnya opini ini adalah jawaban utk Pernyataan yang Mulia Marzuki Ali dan Amin Rais yang salah satunya membahas kemacetan disolo, dan masih ada lagi yg menjelaskan tentang kemiskinan,banjir,sampah,dugaan manipulasi perjalanan dinas, dan Gapura Makutha Solo (tidak ane tarok disini karena panjang banget dan ane lagi males)

Quote:Masalah macet
Waduh itu data darimana yah..? dimana macetnya?

Dulu pasar klewer dan alun-alun utara sekitar pasar klewer adalah jalur yang wajib dihindari, pasti macet..!! Sekarang coba lewat pas jam-jam sibuk dr jam 10 sampai 5 sore, macetkah..? hehehe… klo mobil anda mogok bisa saja bikin macet. Di ps.klewer penyebab macetnya adalah parkir dan bongkar muat barang yang tidak teratur, sekarang lokasi parkir sudah diatur dan diberikan lahan sendiri dan bongkar muat barang diberi jalur sendiri dengan waktu maksimum 5 menit. (cek sendiri lah—saya tiap hari lewat kok–).

Lokasi jalan yang sering padat merayap salah satunya dari perempatan Gemblegan (lokasi penembakan pertama) sampai Jl. Slamet Riyadi, sekitar 2 Km. Kenapa? Coz disitu adalah deretan toko yang sangat ramai aktifitas jual/beli seperti pasar, dari bongkar muat barang sampai bongkar muat manusia (naik/turun penumpang maksudnya). Kok belom teratasi? Masalahnya adalah jalan yang sempit, dan sekarang median jalan mulai dipersempit lagi agar jalannya lebih lebar, jadi parkir dan bongkar muat barang tidak mengganggu lalu-lintas (tp pohon2 ditengan jalan masih dipertahankan). Cek sendiri lah… datang kesolo, klo saya bohong disumpah jadi kaya juga saya mau. Manalagi… oya di pasar kliwon tempat orang2 arab bermukim, kasusnya sama seperti diatas, sekarang sedang diadakan pelebaran jalan kanan/kiri, coz gak ada median jalannya. Sekarang lumayanlah gak parah-parah amat, coz Bus dr luarkota (wonogiri) lewatnya situ juga. Manalagi nih yang dianggap macet?
Berita Hoax ! emoticon-Marah emoticon-Hoax
sekali-kali mbok TS maen ke solo giihh,
berita daerah gw mana oi... emoticon-Mad:
dari kemaren solo ma dki mulu dah... emoticon-Mad:
Nice trit gan, sayang beritanya GOBLOG banget emoticon-Big Grin
Tolong kasih tau yang bikin berita : Lebay ahh emoticon-Ngakak
LAPSUS: Kemacetan Belum Teratasi, 5 Tahun Lagi Solo Lumpuh!
lha ini hebat nya solo,,, makin cinta ama solo selain ada ponpes ngruki.............emoticon-Ngacir
Quote:Original Posted By Sniperia
lha ini hebat nya solo,,, makin cinta ama solo selain ada ponpes ngruki.............emoticon-Ngacir


kl masalah transportasi, terutama kl punya kendaraan pribadi (roda 2 maupun lebih) memang enakan hidup di daerah gan...

jakarta udah ngga nyaman buat tinggal bagi sbgn besar penduduknya,
krn jarak rumah tinggal dan tempat kerjaan yg lama mengaksesnya krn macet
Fenomena ini gak cuma di solo, terjadi di mana2. Coba lihat jogja, semarang, dan sekitarnya dah macet di mana2.

Ini terjadi karena melonjaknya jumlah golongan menengah yang mampu beli mobil.
Kalo jakarta 5 tahun lagi udah gak ada gan, moga jokowi bisa nyelametin jkt gan, walau sedikit pesimis...emoticon-Embarrassment
ampun deh gan,ane sekolah di solo,slama nie lom pnah ngalamin kemacetan,
psti ts lom pnah ke solo nih,
ato jangan2 nie black campaign,haduh bikin mikir yg enggak2,
Yaelah jokowi ngurus Solo aja nggak beres.emoticon-Najis
Quote:Original Posted By Rifdi
Yaelah jokowi ngurus Solo aja nggak beres.emoticon-Najis


bener gan masih hebat FOKE, ayo PILIH FOKE

LAPSUS: Kemacetan Belum Teratasi, 5 Tahun Lagi Solo Lumpuh!

emoticon-Ngakak emoticon-Malu (S)
agan ini sedang membagikan info kan?
gak ada hubungannya sama pilkada kan?

k
wah timnasbung udah bener2 kehabisan amunisi nih, sampe kentut pun ditembakkan buat ngelawan tim nasi kotak. maklum 600 ribunya blom dapet, jadi perut isinya angin molo
Heh ****** make acara ngasih ane bata segala,, kalo ane mendiskreditkan jokowi coba BACA aja postingan atau trit2 ane sebelumnya emoticon-Marah ane cuma ngasih info ,, ANE GAK MAU TW BALIKIN CENDOL GW
Quote:Original Posted By herot12345
Heh ****** make acara ngasih ane bata segala,, kalo ane mendiskreditkan jokowi coba BACA aja postingan atau trit2 ane sebelumnya emoticon-Marah ane cuma ngasih info ,, ANE GAK MAU TW BALIKIN CENDOL GW


lebay amat beritanya emoticon-Big Grin



sabar yah ts emoticon-Embarrassment
Quote:Original Posted By herot12345
Heh ****** make acara ngasih ane bata segala,, kalo ane mendiskreditkan jokowi coba BACA aja postingan atau trit2 ane sebelumnya emoticon-Marah ane cuma ngasih info ,, ANE GAK MAU TW BALIKIN CENDOL GW


Ngakak dah, lagian TS ngasih berita jangan dari solopos emoticon-Ngakak (S)
bukannya udah digarap tata kotanya? emoticon-Embarrassment

di palur mulai dibangun fly over (ya jangan ngambek kalo di situ macet, kan lagi dibangun emoticon-Wink)

di pajang sedang digarap underpass titik pertama (berimbas ke macetnya jalan slamet riyadi di seputaran purwosari karena lalin dialihkan ke sana), tapi cmn ampe awal taon koq emoticon-Big Grin

pasar nongko macet karena lagi ada revitalisasi pasar, kayanya ini perlu dibikin satu arah aja yang ke arah barat biar gampang emoticon-Embarrassment (satu lagi yang lagi direvitalisasi pasar kliwon, tapi kayanya ga terlalu mengganggu lalin karena emang ga terlalu rame di pasar itu sebelumnya.. lokasi relokasinya pun ga motong jalan)

mana lagi ya?

jalan pucang sawit macet karena lagi perbaikan gorong2.. udah 90% kelar (meskipun jalannya jadi rada jelek emoticon-Hammer)

jalan yos sudarso macet? itu udah dari dulu karena emang udah peninggalan dari jaman dulu seperti itu : banyak toko, banyak loading muatan, jalurnya pun 2 arah..
×