alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016374090/demi-melestarikan-jamu-muncul-inovasi-es-krim-jamu
Thumbs up 
icon-hot-thread
Demi Melestarikan Jamu, Muncul Inovasi Es Krim Jamu
Demi Melestarikan Jamu, Muncul Inovasi Es Krim Jamu

Namanya es krim jamu. Kata terakhir yang disebutkan itu, seringkali malah menjadi alat orang tua menakuti anak kecil bandel yang susah diatur. Ada kesan yang tertanam jamu itu menakutkan hingga s ikecil tumbuh dewasa. Hal ini yang mendasari Retno Widati berupaya melestarikan jamu agar tidak punah dimakan zaman yang modern.

Ia hanya tidak ingin konsumen jamu punah hanya karena berganti generasi. Percuma ada banyak perajin dan penjual jamu sementara penikmatnya tidak ada. Ia sendiri sudah menjadi penikmat jamu sejak kecil. Penikmat yang berupaya melestarikan jamu dengan belajar membuatnya lalu berinovasi.

Ide ini mucul ketika dirinya kedapatan melihat seorang ibu penjual jamu gendong di pasar. Hingga pukul 12.00 siang, barang dagangnya masih banyak yang tersisia. Ia pun tertarik sekedar mengobrol dengan penjual tersebut. Dari hasil pembicaraannya, diketahui suami penjual jamu gendong tersebut adalah perajin es dungdung.

“Kemudian saya berpikir kenapa tidak dibuat saja dari jamu menjadi es krim. Kan jadi inovasi baru,” ungkap Retno.

Sempat terlintas di pikirannya, ini peluang bisnis yang cukup menarik. Apalagi dengan sekali proses pembuatan selama 15-20 menit, dapat menghasilkan minimal 50 cup es krim jamu. Satu cup es krim jamu bila dilempar ke pasar, Ia taksir harganya hampir sama dengan yang dijual di salah satu toko es krim biasa yang cukup tenar di Jalan Veteran, Jakarta.

“Untuk harga sendiri, saya pikir harganya bisa sejajar dengan es krim Ragusa. Satu cup itu bisa mencapai Rp 13.000. ” kata Retno kepada Kompas.com ditemui di tempat praktik terapinya di Jalan Kayu Manis Timur 8, Matraman, Jakarta.

Akan tapi, Ia menyadari, usaha terapi tradisional yang dijalaninya saat ini sudah cukup menyita waktu di hari tuanya. Apalagi, Retno berprinsip, hanya akan mau berbisnis yang 90 persennya bisa dilakukan seorang diri. Sementara membuat es krim tersebut butuh tenaga manusia yang lebih banyak.

Ia pun hanya ingin masyarakat dapat mempertimbangkan pentingnya kesadaran back to natural. Hidup sehat ‘kembali ke alam’ di samping mengonsumsi camilan berbahan tambahan kimia, baik dalam keadaan sehat maupun sakit.

"Kalau ada yang mau mematenkan es krim jamu, Kami tidak menyalahkan. Justru malah merestui, sekalipun tidak kenal. Mau bikin workshop soal jamu es krim ini yah silahkan. Workshop di sekolah-sekolah internasional juga ada duitnya loh," ungkap pemilik hak paten beberapa obat herbal merek Jamu Honocoro dan menjadi rekanan salah satu perusahaan Jamu Jago ini.

Sekalipun ini inovasi yang keluar dari idenya, Ia pun tidak mau mengklaim bahwa jamu yang dijadikan es krim merupakan penemuannya. Mungkin saja, di daerah telah lebih dahulu menemukannya, namun tidak terekspos media.

Belajar gratis

Ia menegaskan, es krim jamu ini hanyalah bersifat hobi semata, yakni penikmat, pecinta, dan pelestari yang ketiganya itu tanpa adanya motif bisnis.

Dengan senang hati, Retno bantu secara ikhlas, bila ada masyarakat yang ingin belajar cara membuat es krim jamu. Sekalipun ada yang bermotif bisnis, namun tetap dibimbing caranya meracik rerempahan alamiah itu menjadi menjadi es krim jamu yang ngepop.

"Tidak dipungut biaya. Tinggal datang saja ke tempat terapi. Nanti saya ajari bagaimana mengolahnya. Saya senang kalau ada orang yang mau belajar caranya melestarikan jamu. Yang penting datang saja dulu," kata Retno.

Retno menjelaskan, sebenarnya cara membuat es krim jamu tidak terlalu sulit. Yang rumit dan malah berbahaya dikonsumsi, justru meracik rempah-rempah menjadi ramuan jamu.

Tapi, masyarakat tak perlu takut mencobanya. Mereka bisa bekerja sama dengan tukang jamu gendong yang telah piawai sebagai penyuplai ramuan jamu.

Caranya, ramuan jamu dicampur dengan tepung tapioka dan tepung hunkwe. Lalu pemanisnya bisa menggunakan madu, gula aren, gula jawa maupun gula tropicana. Dan terpenting ditambahkan kayu legi, sejenis kayu manis yang ampuh menetralkan pahitnya jamu.

Untuk pewarna sendiri, Retno tidak menyarankan pakai pewarna buatan maupun alami. Lebih baik menerima warna natural dari jamu itu sendiri, misalnya cokelat, putih abu-abu, dan kuning. Ini akan mencirikan warna keaslian dari jamunya sendiri.

Setelah bahan jadi satu, kemudian dimasukan ke dalam termos kecil khusus bikin es krim yang berbahan dasar aluminium. Tukang es krim potong menyebutnya ‘Termos Bos’ yang biasa dijual dengan harga Rp 100.000-an ukuran kecil atau cukup untuk 50 cup ukuran standar es krim jamu.

Lalu, termos kecil yang telah terisi dimasukan ke dalam termos bos besar. Bila tidak ada, bisa gunakan ember plastik yang harganya jauh lebih murah.

“Bos kecilnya itu dimasukan ke dalam bos besar. Baru lah bos besar diisi es batu dan garam kasar (Penggunaan garam agar tidak mudah mencair saat diputar). Lalu diputar-putar sekitar 15-20 menit-an hingga membeku. Walaupun membeku tapi empuk,” jelas Retno.

Berdasarkan nasihat dari apoteker rekanannya, Retno menjelaskan es krim jamu yang disimpan di dalam frezzer kulkas, ada baiknya tidak lebih dari 24 jam. Lewat dari itu, dikhawatirkan akan mengurang khasiat dari jamu sendiri. Maklum, es krim tersebut memang tidak pakai bahan pengawet.

Ia menjamin, khasiat memakan dinginnya es krim jamu ini seperti halnya meminum hangatnya jamu tradisional yang biasa ditemui di jalan.

"Untuk mencoba inovasi usaha es krim jamu ini dengan kemampuan industri rumahan minimal 50 cup itu, Saya pikir dananya minimal Rp 300.000-an. Itu sudah termasuk untuk termos bos kecil, ember plastik, batu es, garam, dan yang terpenting ramuan jamunya," ungkap Retno.

SUMBER

kek apa ya rasanya?...jadi ingin coba...emoticon-Big Grin

Silahkan Mampir ke Trit ane yg lain:

Empat Pulau Di Indonesia Dikaji Untuk Bandar Antariksa
[BERITA MUSIK]Noah Luncurkan Album Perdana di Dua Benua
[PARAH]Selain Juara Korupsi, Indonesia Juga Juara Merokok!
[MANTABZ]Naskah Kuno Keraton Yogyakarta Dibuat Versi Digital-nya Gan!
[BERITA SOSIAL] 2 Juta Rumah di Indonesia Tak Layak Huni
Demi Pancasila, Seorang Pemuda Rela Keliling Indonesia
Dengan Usaha Donat Kampung Utami, Rosidah Raup Ratusan Juta
Bekasi dan Bandar Lampung Kota Terkotor se-Indonesia
Bebas Plagiarisme, Perpustakaan ITS Jadi Nomor 1
Dosen UIN Malang Temukan Model Tanam Dinamis
[PARAH]Bakso Ayam Tiren Sudah Dijual Di Yogya Sejak 1996


Jika berkenan mohon sumbangan emoticon-Rate 5 Star -nya
Syukur2 dihujani emoticon-Blue Guy Cendol (L)
pada dasarnya jamu kan buat kesehatan , ini malah di jadikan makanan ringan ? emoticon-Gila kok ngak obat aja sekalian ? emoticon-Big Grin
jamu diminum orang karena khasiatnya... bukan rasanya (bisa dibilang ga enak)
eskrim dinikmati orang karena rasanya... bukan khasiatnya (bisa dibilang ga ada khasiatnya)

tapi kalo digabung, jamu dibuat eskrim??emoticon-Bingungbingungemoticon-Bingung
kalo es cream jamu brotowali gimana rasanya tuh

bakalan pahit banget dech
Quote:Original Posted By bujursangkar
pada dasarnya jamu kan buat kesehatan , ini malah di jadikan makanan ringan ? emoticon-Gila kok ngak obat aja sekalian ? emoticon-Big Grin


Quote:Original Posted By admińistrator
kalo es cream jamu brotowali gimana rasanya tuh

bakalan pahit banget dech


Quote:Original Posted By b.i.m.o
jamu diminum orang karena khasiatnya... bukan rasanya (bisa dibilang ga enak)
eskrim dinikmati orang karena rasanya... bukan khasiatnya (bisa dibilang ga ada khasiatnya)

tapi kalo digabung, jamu dibuat eskrim??emoticon-Bingungbingungemoticon-Bingung


Udah pada penasaran kan? Berarti misi si ibu ini udah sukses tahap pertamanya yaitu bikin org penasaran, tahap keduanya para org yg penasaran ini bakal nyoba es krim jamunya dia. Masalah nanti mau beli lagi apa enggak nanti tergantung rasa dan selera masing2x

aku klo bli jamu trus ga habis, tak taruh kulkas, besoknya jadi es..




wak carik kasih tempat duduk ya...
ide brilian gan
kalo jamu paitan dibuat es krim gimana rasanya ntar
Jamu potensinya masih bagus lah..
kenapa ga bikin cafe jamu di mall-mall kayak coffee shop yang banyak bertebaran di mall?
ane yakin banyak kaum eksekutif muda yg berminat minum jamu, apalagi jamu vitalitas pria
emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By admińistrator
kalo es cream jamu brotowali gimana rasanya tuh

bakalan pahit banget dech


rasanya bakalan...ngeri-ngeri sedap gan...emoticon-Hammer2
Quote:Original Posted By TheCloneAttack
Jamu potensinya masih bagus lah..
kenapa ga bikin cafe jamu di mall-mall kayak coffee shop yang banyak bertebaran di mall?
ane yakin banyak kaum eksekutif muda yg berminat minum jamu, apalagi jamu vitalitas pria
emoticon-Ngakak


setelah itu langsung eksekusi apakah ada khasiatnya tidak emoticon-Big Grin, kalauada khasiat nyata pasti jadi pelanggan tetap dan sumber WOM
Penasaran sama khasiatnya setelah di olah jadi es krim,
soalnya bahan dasar jamu udah bercampur dengan bahan es krim,
apakah khasiatnya masih bisa bertahan dalam fase koloid gitu ?

seperitnya perlu di teliti lebih lanjut mengenai inovasi ini,
jangan sampe setelah di olah ke bentuk es krim, khasiatnya jadi hilang,,

nice share emoticon-thumbsup:
Quote:Original Posted By bujursangkar
pada dasarnya jamu kan buat kesehatan , ini malah di jadikan makanan ringan ? emoticon-Gila kok ngak obat aja sekalian ? emoticon-Big Grin


ini namanya tren pangan fungsional emoticon-Smilie
Quote:Original Posted By b.i.m.o
jamu diminum orang karena khasiatnya... bukan rasanya (bisa dibilang ga enak)
eskrim dinikmati orang karena rasanya... bukan khasiatnya (bisa dibilang ga ada khasiatnya)

tapi kalo digabung, jamu dibuat eskrim??emoticon-Bingungbingungemoticon-Bingung


hahahaha.... efek sampingnya malah overdosis jamunya, karena yang jilat2 es krim lupa saking enaknya. emoticon-Stick Out Tongue
Quote:Original Posted By maulana317
setelah itu langsung eksekusi apakah ada khasiatnya tidak emoticon-Big Grin, kalauada khasiat nyata pasti jadi pelanggan tetap dan sumber WOM


wah kalo itu ntar saingan ama PP yang ada di mall2 juga dong... emoticon-Big Grin
jamu emut, kan jadi keras...semoga enak aja dech emoticon-I Love Indonesia (S)
kalo soal rasa palingan tar dimodif sampe rasanya agak2 familiar ama anak2 muda...macem scotts emulsion rasa jeruk*rasa aslinya kan kaga enakemoticon-Big Grin
wah Inspiratif juga tuh Ibu ..
Es krim jamu ..bolehlah
Quote:Original Posted By Talbis
Udah pada penasaran kan? Berarti misi si ibu ini udah sukses tahap pertamanya yaitu bikin org penasaran, tahap keduanya para org yg penasaran ini bakal nyoba es krim jamunya dia. Masalah nanti mau beli lagi apa enggak nanti tergantung rasa dan selera masing2x


jadinya enak dan berkasiat pastinya gan kalau di gabungin
emoticon-Toastemoticon-Toastemoticon-Toastemoticon-Toast
emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By kadalbuntungku
jadinya enak dan berkasiat pastinya gan kalau di gabungin
emoticon-Toastemoticon-Toastemoticon-Toastemoticon-Toast
emoticon-Ngakak


atau sama sekali ga enak.. jadi yg nyobain kapok semua... emoticon-Ngakak