alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016373520/bukan-kampanye-pilkada-solo-tuan-rumah-konferensi-dunia-seni-budaya
(Bukan kampanye pilkada) Solo Tuan Rumah Konferensi Dunia Seni Budaya
Solo Tuan Rumah Konferensi Dunia Seni Budaya

(Bukan kampanye pilkada) Solo Tuan Rumah Konferensi Dunia Seni Budaya

BALAIKOTA. Kota Solo kembali terpilih menjadi tuan rumah konferensi tingkat internasional. Kali ini, 30th Annual Conference Federation for Asian Cultural Promotion (FACP) akan berlangsung di Solo pada 6-9 September 2012.
Konferensi tersebut rencananya akan dihadiri 500-an peserta dari negara-negara di Asia Pasifik. Di antaranya Indonesia, China, Singapura, Thailand, Malaysia, Australia, Korea, dan Jepang. Beberapa negara-negara dari benua lain juga dikabarkan akan mengikuti konferensi ini, di antaranya Amerika Serikat, Inggris, Georgia dan Kanada.
Tahun ini, Indonesia menjadi tuan rumah konferensi FACP, dan Solo telah membangun image-nya sebagai Kota Budaya sehingga terpilih menjadi lokasi dilangsungkannya konferensi, ujar Winur Miranti, panitia penyelenggara konferensi FACB ke-30 di Indonesia.
FACP memfokuskan pada usaha dan kegiatan pelestarian seni dan budaya pertunjukan di wilayah Asia Pasifik. Sejak dibentuk pada tahun 1979 silam, promosi seni pertunjukkan menjadi agenda utama dalam konferensi FACP saban tahun.
Termasuk, membuka peluang bisnis terkait seni pertunjukkan yang dipentaskan oleh negara peserta konferensi di hadapan para delegasi.Promosi performer memiliki kesempatan tersendiri dalam konferensi ini, ujar Winur.
Goenawan Mohammad (Sastrawan), Garin Nugroho (Sutradara Film) dan Dewi Gontha (President Director of Java Festival Production) akan menjadi keynote speaker atau pembicara yang mewakili Indonesia dalam konferensi itu.
Sekretaris Panitia Lokal Konferensi FACP ke-30, Mufti Raharjo, mengatakan, Kota Solo telah memiliki target untuk menjadi Kota MICE (Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition) siap menyukseskan konferensi tahunan itu. Menurut Mufti, hal ini juga akan membuka kesempatan bagi Solo untuk lebih dikenal lagi di mata dunia sebagai Kota Budaya.
Dengan acara ini, image Solo sebagai Kota Budaya akan semakin kuat. Sehingga, ketika mereka bicara tentang Solo itu menjadi identik dengan bicara tentang budaya yang ada di Solo, ujar Mufti.

joglosemar

komentar TS :

Solo aman terkendali mas gan brow !
FACP Bukti Solo Aman

(Bukan kampanye pilkada) Solo Tuan Rumah Konferensi Dunia Seni Budaya

SOLOPOS—Digelarnya konferensi Federation of Asian Culture Promotion (FACP) ke-30 di The Sunan Hotel, Solo, Kamis-Sabtu (6-9/9), membuktikan Kota Solo aman pascaaksi terorisme beberapa waktu lalu. Lewat FACP diharapkan mampu melindungi hak paten atas budaya dari masing-masing negara. Selain itu, dari konferensi ini diharapkan menghasilkan regulasi perlindungan hak paten budaya.

Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat (Mekokesra), Agung Laksono, mengungkapkan digelarnya konferensi FACP di Indonesia memberikan keuntungan bagi Indonesia baik di bidang pariwisata maupun perdagangan. Digelarnya konferensi tersebut juga bisa dimanfaatkan untuk membangun jaringan promosi kebudayaan antaranggota peserta konferensi.

”Digelarnya FACP diharapkan bisa menciptakan regulasi untuk melindungi dan menyadarkan akan pentingnya budaya dari masing-masing negara,” jelasnya dalam pidato pembukaan konferensi tersebut, Jumat (7/9), di The Sunan Hotel.

Tidak hanya Kota Solo, jelasnya, Indonesia memiliki banyak kota-kota warisan budaya yang harus diselamatkan. Berbagai faktor bisa mengikis sebuah warisan budaya, salah satunya karena perubahan zaman.

Ditemui seusai pembukaan, Agung menjelaskan digelarnya konferensi FACP di Kota Solo menghilangkan keragu-raguan kondisi Kota Solo setelah aksi teror beberapa waktu lalu. ”Saya sangat mengapresiasi. Karena para peserta tidak terganggu dengan aksi teror yang sebelumnya terjadi di Indonesia. Kehadiran mereka juga penting, karena tidak sekadar datang dan menyaksikan pertunjukan Matah Ati, tetapi mereka juga berbelanja,” paparnya.

Sementara itu, Chairman FACP, Hsu Po-Yun, mengungkapkan mencari lokasi seperti di Kota Solo untuk acara tersebut sulit. ”Solo terhubung dengan berbagai warisan budaya dunia seperti Bali, Sangiran, dan Borobudur,” ujarnya.

Dia pun berharap digelarnya konferensi tersebut mampu merangkul seluruh nilai-nilai seni dan budaya dari berbagai negara.

Gubernur untuk FACP Indonesia, Atilah Soeryadjaya, menyampaikan tema konferensi FACP yakni Merupa Seni Tradisi Seiring Zaman–Memasarkan Seni Asia Mendunia dinilai tepat dan sesuai dengan Kota Solo. Hal ini lantaran di Kota Solo terdapat lokasi-lokasi bersejarah.

Sayangnya, sejumlah tempat bersejarah tersebut mulai terlupakan. Dia berharap FACP mampu mendorong konservasi dari bangunan bersejarah di Solo dan wilayah lainnya agar tetap eksis.
KIRAB FACP: Ribuan Orang Padati Jl Slamet Riyadi

(Bukan kampanye pilkada) Solo Tuan Rumah Konferensi Dunia Seni Budaya

SOLO–Ribuan orang memadati Jl Slamet Riyadi menonton kirab budaya peserta delegasi Federation for Asian Cultural Promotion (FACP), Sabtu (8/9/2012). Bahkan, para penonton memenuhi di sekitar panggung utama yang disediakan panitia di depan Plasa Sriwedari.

Pantauan Solopos.com pukul 16.00 WIB, rombongan peserta delegasi FACP baru melintas di depan panggung utama. Diikuti beberapa peserta dari sanggar seni di Kota Solo dan kelompok kesenian perwakilan dari kelurahan.

Kirab yang mengusung tema wayang itu, petugas gabungan dari Dishubkominfo, Polresta Solo menutup jalan yang menuju lokasi kirab. Meski demikian, masih banyak kendaraan yang melintas di jalur kirab tersebut.

Kegiatan yang merupakan rangkaian konferensi ke-10 FACP itu diikuti 195 peserta delegasi FACP. Direncanakan kirab itu akan diikuti sekitar 1.200 anak dari berbagai sekolah dasar dan sanggar seni. Direncanakan finish kirab di Alun-Alun Utara Keraton Kasunanan.
kenapa juga harus bahas solo??

bahas kota lain aja dulu emoticon-Cape d...
Quote:Original Posted By beibeh18
kenapa juga harus bahas solo??

bahas kota lain aja dulu emoticon-Cape d...


yang lain kan udah emoticon-Ngakak (S)


Kaskus is providing basic human rights such as freedom of speech. By using Kaskus, you agree to the following conditions:
Use this site at your own risk and it is not the risk of the owner or the webhost
If you do not agree to these terms, please do not use this service or you will face consequences

USING THIS SITE INDICATES THAT YOU HAVE READ AND ACCEPT OUR TERMS. IF YOU DO NOT ACCEPT THESE TERMS, YOU ARE NOT AUTHORIZED TO USE THIS SITE
ke solo ah sapa tau ketemu teman lama



wak carik kasih tempat duduk ya...
9 Penari Hipnotis Delegasi Konferensi FACP

(Bukan kampanye pilkada) Solo Tuan Rumah Konferensi Dunia Seni Budaya

Sembilan penari yang gemulai membawakan Tari Gambyong di Pendapa Ageng Pura Mangkunegaran, Kamis (6/9/2012) malam, menghipnotis tamu yang hadir. Di tempat itu sebanyak 111 delegasi perwakilan 30 negara menghadiri acara jamuan makan malam yang merupakan bagian dari konferensi Ke-30 Federation of Asian Culture Promotion (FACP).

Salah satu delegasi dari China, Nan Meng, mengungkapkan kekagumannya terhadap Tari Gambyong. ”Sangat indah tariannya. Jelas, ini sangat berbeda dengan tarian yang ada di China,” tuturnya kepada wartawan di sela-sela jamuan makan malam tersebut.

Pimpinan FACP, Hsu Po-Yun, dalam sambutan saat acara tersebut menyampaikan digelarnya FACP ke-30 Kota Solo tepatnya menjadi pilihan yang tepat sebagai langkah evolusi Indonesia untuk menunjukkan kebudayaannya kepada masyarakat dunia.

”Digelarnya FACP di Indonesia, mendukung Asia untuk menunjukkan kebudayaannya yang tidak kalah dibanding Amerika dan Eropa,” katanya.

Konferensi Ke-30 FACP di Solo ini bertajuk Merupa Seni Tradisi Seiring Zaman–Memasarkan Seni Asia Mendunia. Selama konferensi FACP , Kamis-Minggu (6-9/9/2012), di The Sunan Hotel, para peserta bisa melakukan pertukaran informasi bisnis pertunjukan antaran kurator dan produser dari berbagai negara.

Tak hanya mengikuti konferensi, para delegasi bersama warga Solo juga bisa menikmati sajian tarian kolosal pertunjukan Matah Ati di Mangkunegaran yang diadakan Sabtu-Senin (8-10/9/2012).

Walikota Solo, Joko Widodo (Jokowi), berharap konferensi tersebut menjadi event promosi tradisional dan kebudayaan. Dia pun berharap FACP terus digelar.
cocok lah solo jadi tuan rumah acara itu,
walopun budaya disana tidak se kental jogja,
tapi gak jauh beda ama jogja (menurut gw sih)
apa lagi baru-baru ini solo juga meresmikan museum keris emoticon-thumbsup:
Quote:Original Posted By beibeh18
kenapa juga harus bahas solo??

bahas kota lain aja dulu emoticon-Cape d...


dari pada bahas jakarta emoticon-Big Grin

apanya yg mau di bahas?

macet? ora tiap hari ngapain dibahas emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By mjbr
cocok lah solo jadi tuan rumah acara itu,
walopun budaya disana tidak se kental jogja,
tapi gak jauh beda ama jogja (menurut gw sih)
apa lagi baru-baru ini solo juga meresmikan museum keris emoticon-thumbsup:


maaf gan, tapi kalo urusan seni tradisi, kayaknya solo malah lebih terjaga deh dari jogja.. IMHO emoticon-Blue Guy Smile (S)
×