alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016372442/baru-lihat-mobil-warga-tanahbelen-menangis
Smile 
Baru Lihat Mobil, Warga Tanahbelen Menangis
Quote:Quote:ilustrasi

Baru Lihat Mobil, Warga Tanahbelen Menangis



Selama 67 tahun Indonesia merdeka, warga Dusun Tanahbelen, Desa Lamatutu, Kecamatan Tanjung Bunga, Kabupaten Flores Timur, baru melihat mobil pada 8 Agustus 2012 lalu. Ketika melihat besi berjalan itu, warga bahkan terharu, menangis dan menciumnya.

Selama ini dusun yang terletak di kepala burung Pulau Flores itu betul-betul terisolir. Untuk menjual hasil pertanian ke kota, warga harus berjalan kaki lebih kurang empat kilometer menyusuri jalan setapak yang penuh onak dan duri, terjal dan mendaki menuju ibukota Desa Lamatutu di Turubean. Dari situ baru menumpang truk atau pick-up ke kota dengan ongkos Rp 30 ribu.

Pos Kupang yang mengikuti kunjungan lapangan Kepala Staf Kodim (Kasdim) 1642/Flores Timur, Mayor (Arm) Wahyu Martono bersama Kapten (Inf) Laode Rahim, Kapten (Inf) Suhardi dan Serda Marito Januario, Sabtu (8/9/2012) menyaksikan jalan baru sepanjang 3,3 kilometer sudah dibuka Pra Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD) yang sudah berlangsung selama tiga bulan.
Selain jalan baru, Pra TMMD juga mengerjakan dua deker, memperbaiki jalan menuju Tanahbelen yang putus dan menambah jalan baru satu kilometer dari Tanahbelen menuju Dusun Lewokoli, Desa Aransina. Sampai Sabtu (8/9/2012) sudah mencapai 300 meter.

Sebelum turun ke lokasi, Dandim 1624/Flotim, Letkol (Inf) Haji R Benny Arifin menjelaskan, tahun 2011 pihaknya mengajukan proposal menindaklanjuti proposal yang pernah diajukan tahun 2006 kepada Pemerintah Kabupaten Flores Timur meminta dukungan dana untuk kegiatan TMMD membuka isolasi di Tanahbelen.

Proposal itu disetujui dengan pengalokasian dana APBD 2012 senilai Rp 650 juta untuk pembukaan jalan baru sepanjang 1,5 Km. Tapi kenyataan di lapangan, jalan baru mencapai 3,3 Km ditambah dua deker. Jalan baru itu lebar delapan meter dilengkapi parit sepanjang 800 meter.

Benny menjelaskan, pra TMMD pihaknya sudah merealisasikan 50 persen pembangunan fisik. Pembukaan jalan baru itu didukung exavator dan dump truk dari Dinas Pekerjaan Umum (PU) Flotim. Dari Kodim Flotim menempatkan anggota mengawasi, memfasilitasi dan memotivasi masyarakat agar mimpin akan jalan yang meretas daerah terisolir tercapai.

Dandim menjelaskan, program yang dikerjakan membuka jalan baru Turubean-Tanahbelen dilakukan bertahap. Tahap pertama buka jalan baru yang telah dilakukan pra-TMMD. Sedangkan pengerasan dan agregat akan dilakukan saat TMMD yang dibuka pada tanggal 10 Oktober 2012. TMMD akan mengerahkan 250 personel TNI.
Pihaknya juga, kata Benny, melaksanakan pekerjaan tambahan membuat jalan baru Tanahbelen-Lewokoli dan mengerjakan balai pertemuan. Saat TMMD, demikian Benny, akan dilakukan penyuluhan, pengobatan gratis dan pembagian sembako. "Kami berikan perhatian fisik dan non fisik," ujarnya.
Pantauan Pos Kupang saat mengikuti kunjungan lapangan, Kasdim, Mayor (Arm) Wahyu Martono, Jumat (7/9/2012) sore, jalan baru yang telah dibuka dari Turubena ke Tanahbelen sepanjang tiga kilometer dengan lebar delapan meter dilengkapi dua deker. Pra TMMD juga telah membuka jalan baru dari Tanahbelen menuju Lewokoli sepanjang satu kilometer dengan keadaan saat itu telah mencapai 320 meter. Jalan tersebut melintasi topografi yang terjal, bukit yang tinggi sehingga harus membelah bukit. Medannya sulit sehingga terisolir sejak Indonesia merdeka.

Komandan lapangan yang adalah Danramil 01, Lettu (Inf) Yus Kasmir bersama Satgas, Sersan Mikael Dasion, Babinsa, Serma Gabriel Kleden bersama operator exavator, Sebastianus Tukan tidak kenal lelah melintasi medan yang terjal, mendaki, penuh onak dan duri membuka isolasi di wilayah asli Tanjung Bunga, tempat bangsa Portugis mengambil bunga yang harum semerbak.
Jika program TMMD berlanjut, suatu saat akses masyarakat ke ujung Tanjung Bunga melalui jalan darat tercapai. Selama ini hanya jalur laut yang melintasi dasyatnya gelombang menuju tanjung yang penuh sejarah itu.

Kasmir, Mikael dan Kleden mengatakan, tepat tanggal 8 Agustus 2012, jam 8 malam atau pukul 20.00 Wita, mobil memasuki Dusun Tanahbelen yang sejak Indonesia merdeka terisolir.





sumber




buju buneng 67 tahun???????????emoticon-Bingung
waduh anne ikut terharu plus seperti biasa gan, turut prihatin
indonenen kita tercinta...

sungguh sangat dibanggakan....

negara yang sangat konyol....
Katanya baru lihat mobil, tapi ke kota numpang truk & pickup. Terus selama di kota gak ketemu mobil?

Mungkin terharu bukan karena ngelihat mobilnya kali ya, tapi karena akhirnya ada akses jalan yang bisa dilalui mobil.
yah semoga aja program2 kayak gini terus dilanjutkan sehingga bisa membuka dan ngasih akses ke daerah2 yg terisolir apa lagi daerah2 di perbatasan sehingga bisa turut berkembang tempatnya.
kenapa ya infrastruktur di pedalaman ndak dikembangin, kalo toh dibangun tu gak jadi program utama dan keliatan gak ada...
padahal konsep infrastruktur jalan daerah itu sangat memacu pembangungan lho...
Quote:Original Posted By jedi_master
Katanya baru lihat mobil, tapi ke kota numpang truk & pickup. Terus selama di kota gak ketemu mobil?

Mungkin terharu bukan karena ngelihat mobilnya kali ya, tapi karena akhirnya ada akses jalan yang bisa dilalui mobil.


mungkin terharus soalnya desanya udah bisa d masuki sama yg namanya mobl,..emoticon-Big Grin

kasihan dan prihatin,...emoticon-Nohope
Quote:Original Posted By jedi_master
Katanya baru lihat mobil, tapi ke kota numpang truk & pickup. Terus selama di kota gak ketemu mobil?

Mungkin terharu bukan karena ngelihat mobilnya kali ya, tapi karena akhirnya ada akses jalan yang bisa dilalui mobil.


ane jg ikut bingung

terharu krn baru diperhatikan setelah 67thn kali ya
Quote:Original Posted By jedi_master
Katanya baru lihat mobil, tapi ke kota numpang truk & pickup. Terus selama di kota gak ketemu mobil?

Mungkin terharu bukan karena ngelihat mobilnya kali ya, tapi karena akhirnya ada akses jalan yang bisa dilalui mobil.


bener gan

kirain bener2 ke jebak ga bisa keluar sama sekali
Quote:Original Posted By jedi_master
Katanya baru lihat mobil, tapi ke kota numpang truk & pickup. Terus selama di kota gak ketemu mobil?

Mungkin terharu bukan karena ngelihat mobilnya kali ya, tapi karena akhirnya ada akses jalan yang bisa dilalui mobil.


bukan gitu gan, kalau yang ane nangkep dari maksudnya sih mungkin yang sampai nangis itu adalah para sesepuh yang uda tua, yang gak melakuin tugas menjual barang ke kota lagi.
nah karena sering mendengar dari sanak saudara bahwa dikota banyak besi yang bisa berjalan, mereka jadi terkagum" dan cita" pengen lihat. dan saat impian mereka terwujud, betapa senangnya mereka. CMIIW

Pantas sih kakalu mereka pengen misah dari NKRI, disaat kita uda pakai gadged super canggih..mereka bahkan belum melihat mobil, jadi inikah negara yang mengklaim akan jadi macan asia 5 tahun lagi?
Slaah satu keberhasilan pak sbeye emoticon-Ngakak


lanjutkan !!!


emoticon-Ngakak
saya juga turut PRIHATIN mendengarnya..
Quote:Original Posted By Dmux


bukan gitu gan, kalau yang ane nangkep dari maksudnya sih mungkin yang sampai nangis itu adalah para sesepuh yang uda tua, yang gak melakuin tugas menjual barang ke kota lagi.
nah karena sering mendengar dari sanak saudara bahwa dikota banyak besi yang bisa berjalan, mereka jadi terkagum" dan cita" pengen lihat. dan saat impian mereka terwujud, betapa senangnya mereka. CMIIW

Pantas sih kakalu mereka pengen misah dari NKRI, disaat kita uda pakai gadged super canggih..mereka bahkan belum melihat mobil, jadi inikah negara yang mengklaim akan jadi macan asia 5 tahun lagi?


Dahlan Iskan suruh kesana aja gan.. beliin mobil listrik aja...
di lain hal, sebuah suana tradisional adl suasana yg menyenangkan

mungkin ide, membuat moment2 kusus warga kota berkunjung di desa pelosok,
warga pelosok berkunjung di kota utk beberapa waktu. bila perlu antar negara.

nampaknya klo begitu dunia akan indah dan menggairahkan
Quote:
Proposal itu disetujui dengan pengalokasian dana APBD 2012 senilai Rp 650 juta untuk pembukaan jalan baru sepanjang 1,5 Km. Tapi kenyataan di lapangan, jalan baru mencapai 3,3 Km ditambah dua deker. Jalan baru itu lebar delapan meter dilengkapi parit sepanjang 800 meter.


Bastard APBD bikin jalan cuma seuprit....giliran yang dikorup bermilyar-milyar.
baru tau kalau ada satu kampung di indo yang warganya belum pernah liat mobil....emoticon-Berduka (S)
liat aja belum apalagi naekinnya...emoticon-Berduka (S)
kasihan juga ya gan,,, sama sama bayar pajak tapi diskriminasi soal pembangunan emoticon-Berbusa (S)
kalau jaman orba, banyak program ABRI masuk desa yang sering digelar, dan banyak membantu desa terisolir. Kayaknya kalau jaman sekarang udah mulai jarang keliatan dan kedengeran ya ?
mungkin terharu nya karena ahir nya mobil bsa sampe k tmpat mereka

salam damai aja deh emoticon-I Love Indonesia
Waw mengharukan juga gan
×