alexa-tracking

Kekalahan Amerika Pada Perang Vietnam Karna Indonesia.??

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016360684/kekalahan-amerika-pada-perang-vietnam-karna-indonesia
Kekalahan Amerika Pada Perang Vietnam Karna Indonesia.??
Banyak orang tahu Amerika kalah perang di Vietnam. Tapi yang tidak banyak orang tidak tahu adalah, salah satu sebab Amerika kalah di Vietnam adalah Indonesia. Kok bisa? Simak sejarahnya.


Kekalahan Amerika Pada Perang Vietnam Karna Indonesia.??

Kondisi Tentara Amerika Saat Perang Vietnam (img : anthropinos.com)


Amerika adalah negara terkuat di dunia selama beberapa abad belakangan ini. Kuat di bidang ekonomi, kuat di bidang militer. Sekedar untuk menggambarkan kekuatan militernya, kita bisa melihat dua fakta:
Pertama, penerimaan devisa nomor satu di Amerika adalah dari ekspor senjata, baru kemudian dari ekspor film.
Kedua, PENTAGON, Departemen Pertahanan Amerika Serikat adalah institusi pemegang hak cipta terbanyak di dunia. Kebanyakan penemuannya adalah di bidang persenjataan. Artinya, persenjataan Amerika sudah terbukti paling berkembang di dunia.
Dua fakta ini menunjukkan betapa kuatnya Amerika.

Akan tetapi dengan segala kekuatan ini, Amerika kalah di Vietnam. Setidaknya dari 2,7 juta orang Amerika yang bertugas dari Vietnam tercatat 58.159 orang tewas, 1.719 hilang, dan 303.635 orang luka-luka (wikipedia). Memang jumlah ini lebih sedikit dari jumlah orang Vietnam yang tewas, tapi hengkangnya Amerika dari wilayah Indo Cina tersebut jelas-jelas merupakan fakta sejarah bahwa Amerika kalah dalam perang Vietnam.

Lalu apa hubungannya dengan Indonesia?
Tentara Amerika kalah dalam perang Vietnam karena tidak mampu menghadapi serangan gerilyawan Vietcong. Gerilyawan Vietcong sangat mengusai medan pertempuran di hutan-hutan. Mereka sangat menguasai teknik perang bergerilya.

Lalu darimana gerilyawan Vietkong belajar perang gerilya yang hasilnya menang perang lawan Amerika? Disinilah hubungannya perang Vietnam dan Indonesia.

Beberapa pimpinan gerilyawan Vietkong mengatakan bahwa mereka membaca buku “Pokok-Pokok Perang Gerilya” karangan Jendral AH Nasution dan menjadikannya pedoman mereka dalam menetapkan strategi. Nasution adalah salah seorang dari 3 Jenderal Besar bintang 5 di Indonesia.

Kekalahan Amerika Pada Perang Vietnam Karna Indonesia.??



Buku Pokok-Pokok Gerilja Karangan A.H. Nasution


Vietcong tidak berpatokan pada Mao Tse Tung yang juga ahli perang gerilya karena kondisi alam dan masyarakatnya berbeda. Kondisi alam dan masyarakat yang paling mirip dengan Vietnam adalah Indonesia dan itu ada dalam buku karangan Nasution (Dr. Salim Said dan Saleh A Djamhari –sejarawan UI- mengatakan hal ini dalam beberapa seminar).

Jadi tidak berlebihan kalau dikatakan, Amerika kalah perang (salah satunya) karena Indonesia.

Apa hikmahnya?
Tentu saja tulisan ini untuk membangga-banggakan sebuah perang dengan jutaan korban.
Tetap saja perang adalah bencana, dan kita berdoa agar tidak terjadi lagi. Akan tetapi fakta di atas menunjukkan bahwa pemikiran seorang anak bangsa Indonesia bisa mempengaruhi peta dunia. Karena itu jangan ragu untuk berkarya dan menuangkan pikiran kita, karena pemikiran tidak mengenal batas tempat dan waktu.

Fakta sejarah ini juga menunjukkan sekali lagi kekuatan sebuah tulisan atau sebuah buku.
Jutaan orang mungkin punya pengalaman perang gerilya, tapi akhirnya yang bisa menjadi referensi adalah yang menulis.

Setelah kekalahannya di Vietnam, Amerika berusaha kembali menaikkan citra dan harga dirinya. Puluhan film-film bertemakan perang Vietnam seperti film Rambo dan film serinya “Tour of Duty”. bermunculan dengan sudut pandang Amerika menang melawan gerilyawan Vietnam. Belajar dari Vietnam, Amerika kini menghindari perang langsung kecuali didahului serangan udara bertubi-tubi.

Lalu apa yang bisa kita pelajari dari perang Vietnam?
Ya , kita bisa belajar bahwa kita tetap punya kesempatan untuk bangkit, kita tetap punya kesempatan untuk menang. Pertempuran kita saat ini bisa berwujud banyak bentuk. Saat ini kita bertempur secara ekonomi, budaya, politik, dsb.

Jika kita tidak mempersiapkan diri dari sekarang, kita bisa terjajah secara ekonomi, budaya, politik, dsb. Jangan bersantai-santai, karena bangsa kita bisa jadi korban tergilas kemajuan zaman, karena tidak mampu mengejar persaingan.

Bangsa besar yang mungkin lebih harus kita cermati saat ini justru Cina. Saat ini Cina adalah kekuatan ekonomi terbesar kedua setelah Amerika, setelah tahun ini melampaui Jepang. Dalam waktu tidak terlalu lama diduga Cina akan mampu melampaui Amerika.

Kebijakan ekonomi Cina saat ini mengimpor begitu banyak gas alam dan batu bara dari Indonesia, bahkan mereka menumpuk-nya untuk cadangan energi. Negara Cina punya material tersebut di tanah mereka tetapi mereka memilih untuk mengimpor dari Indonesia.
Kenapa?

Lihat 10 - 20 tahun mendatang.
Bisa jadi kita kehabisan batu bara dan gas alam (sekarang kita minyak bumi sudah mengimpor) dan ketika harga energi melambung tinggi mungkin kita justru mengimpor dari Cina dengan harga sangat mahal.

Di bidang moneter (finansial) Cina juga sedang berbenah. Cina juga membeli berton-ton emas sebagai cadangan devisanya (Negara Cina sendiri percaya ke depan cadangan emas lebih kuat dari dollar Amerika). Langkah ini untuk memperkuat cadangan devisa dollar Amerika milik Cina yang bahkan jumlahnya lebih banyak dari milik Amerika sendiri. (Baca No Excuse! by Isa Alamsyah halaman 141-148, sangat menyakitkan tapi akan membangkitkan semanagat Anda membangun bangsa)

Jika pemimpin negara kita tidak mencermati keadaan ini, maka masa depan bangsa cukup mengkhawatirkan. Kini saatnya kita sebagai individu berusaha menyelamatkan bangsa
dimulai dari diri sendiri.

Memulai dari diri sendiri dengan membangun keluarga yang kuat. Memulai dengan membangun keluarga yang mempunyai cita-cita tinggi dengan spirit No Excuse! Menyiapkan keluarga yang kebal krisis dengan konsep Think Dinar. Membangun jalinan keluarga berbasis Sakinah.

Ingat tantangan masa depan akan jauh lebih berat!

sumber
baru tau ternyata mereka belajar dari bukunya jendral Nasution emoticon-Belo
ijin nyimak....

ada sangkut pautnya gak dengan avatar ane ??
PENTING BUAT INDONESIA
itulah hebatnya tentara indonesia
stealth master
meskipun gk kayak ninja
tapi gerilyawan indonesia dewa dewa gan
ga nyangka ternyata kekalahan amerika karena sumbangsih pikiran dari salah satu jenderal besar kita..emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)
dengan ditemukannya buku Pokok-pokok gerilya karangan Jenderal Nasution ditangan gerilyawan Vietnam Utara , kita gak bisa serta merta mengklaim itu yg bikin pasukan Vietnam Utara bisa mengusir pasukan AS dr bumi Vietnam.Vietnam itu punya banyak pengalaman bertempur semasa mengusir pasukan Perancis dari tanah airnya jauh sebelum Amrik masuk kesana.Amerika mundur dari Vietnam lebih dikarenakan tekanan dalam negerinya sendiri yg menghendaki mereka mundur dari sana.Sebagai perbandingan , korban yg jatuh diantara mereka selama perang adalah sekitar 50.000 ( pihak AS ) : 250.000 ( pihak Vietcong ) .
analisa soal masa depan negara ini ada benarnya juga.

apa pemimpin negeri ini masih memikirkannya, ato malah tetap sibuk mencar cara bagaimana agar tetap berkuasa..
Quote:


bukan tidak mencermati gan, lebih tepatnya tidak mau tau.emoticon-Nohope maka dari itu stop lah berharap pada pemerintah, mulai sekarang saatnya andalkan diri sendiri untuk merubah bangsa ini.
serius gan baru tau ane emoticon-Matabelo
ternyata kemenangan vietnam itu... nice info gan
Ane jadi ikut bangga Gan..ternyata vietnam bisa menang perang atas amerika atas inspirasi dari salah satu jenderal besar kita.emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)
wahhhh, beneran yag, hebat banget yahh .. emoticon-Matabelo
ga nynga ternyta kekalahan amerika krn sumbangsih pikiran dari slh satu jenderal besar kita..emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)
Hebat emang indonesia

Tp sayangnya kok kita dijajah 3,5 abad ya gan...
kita merdeka kan karena jepang atau amerika kan....



hehehehehe
emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)
katanya tentara amerika sekarang ada buku pedoman perang griliya yg di tulis ah nasution emoticon-Cool
wah hebat nih indonesiaemoticon-Ngakak (S)
bagus tuh diterapin dipelajaran sejarah biar lebih seru, ceritanya ga putus ditengah jalan aja...
Hebat juga yah pahlawan kita bisa nginspirasiin negara lain...
weh , gila , ternyata itu ya penyebab nya mundur nya pasukan amrik , apa ada faktor lain emoticon-Bingung
pantesan nasution diincar amerika
×