alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016355500/jejak-penjahat-di-mobil
Jejak Penjahat Di Mobil
Petugas langsung datang begitu ada laporan tentang sedan Toyota Soluna merah yang ditinggalkan penumpangnya sejak malam, dengan keempat pintunya terbuka, di jalan raya Surabaya - Krian. Brigadir Kepala Tatang Mahesa yang memimpin satuan penyidik peristiwa perampokan Toko Emas "Majapahit" kemarin sore, merasa mendapat titik terang. Jangan-jangan Soluna itu pula yang digunakan untuk merampok bank kemarin sore, sesuai laporan saksi bahwa lima perampok toko emas itu kabur dengan Soluna merah yang diduga curian.

Sesampai di TKP, anak buah Tatang memastikan mobil merah itulah yang dipakai untuk merampok Toko Emas "Majapahit". Ketika Tatang sedang bertanya kepada beberapa orang di deretan warung dekat sedan itu, datang seorang petugas berseragam naik motor.

"Bhayangkara Satu Irpan Garding, unit sidik jari. Polda menugasi saya," kata lelaki berbaju polisi itu.

Tatang tak mengenal Irpan. Ia bertugas di Poltabes Surabaya, sedangkan Irpan mengaku dari Polda Jawa Timur. Namun, karena sama-sama berseragam, Tatang mempersilakan Irpan bekerja.

Irpan membuka tas, mengeluarkan perlengkapan, dan langsung menuju kursi pengemudi. Ia memeriksa setir dan tombol-tombol di dasbor. Sementara tiga anak buah Tatang mengamati sekitar, memeriksa jejak kaki, dan mencatat. Rupanya, mobil ditinggalkan rombongan penjahat karena bakar bakarnya habis.

"Ada beberapa sidik jari di kap mesin dan tutup tangki bensin. Mungkin itu sidik jari pemilik asli mobil ini, petugas bengkel, atau pegawai pompa bensin. Selebihnya coretan dan noda tidak jelas," lapor Irpan pada Tatang. "Tapi apa pun datanya akan segera kami olah, dalam tiga hari kami kirim ke Poltabes."

"Bukan sidik jari pelaku? Sayang sekali ... Saya tidak yakin apakah data hasil olahan nanti berguna atau tidak," gumam Tatang seraya mengangguk kepada Irpan yang pamit pergi.

Sejenak kemudian Tatang memerintahkan anak buahnya sambil menunjuk Irpan yang sudah mengenakan helm dan bersiap hendak menyalakan motor. "Tahan orang itu! Dia petugas gadungan!"

Dengan sigap tiga anak buah Tatang mengepung dan membekuk Irpan, lantas menggelandangnya ke Mapoltabes.

Fakta apa yang mendasari kesimpulan Tatang bahwa Irpan Garding adalah petugas gadungan?
Quote:
Irpan membuka tas, mengeluarkan perlengkapan, dan langsung menuju kursi pengemudi. Ia memeriksa setir dan tombol-tombol di dasbor. Sementara tiga anak buah Tatang mengamati sekitar, memeriksa jejak kaki, dan mencatat. Rupanya, mobil ditinggalkan rombongan penjahat karena bakar bakarnya habis.


dari paragraf di atas, si irpankan menggeledah ke kursi pengemudi, setir sm tombol dasbor. tapi, kenapa dia ngelapornya begini ?

Quote:"Ada beberapa sidik jari di kap mesin dan tutup tangki bensin. Mungkin itu sidik jari pemilik asli mobil ini, petugas bengkel, atau pegawai pompa bensin. Selebihnya coretan dan noda tidak jelas," lapor Irpan pada Tatang. "Tapi apa pun datanya akan segera kami olah, dalam tiga hari kami kirim ke Poltabes."

seharusnya, dia harus lapor tentang sidik jari yang ada di kursi pengemudi, setir sm tombol dasbor. tapi knp dia gk ngelapor tentang itu?

dari situ ketauan kalo si irpan itu ngebohong.

menurut gua, karena si irpan itu lagi mencoba "menghapus" sidik jari yang ada di dalam mobil. soalnya para sidik jari penjahat itu kemungkinan besar ada di dalam mobil, dan sangat kecil kemungkinannya berada di luar mobil kyk di kap mesin sm tutup bensin.

masih kurang faktanya? liat penjelasan ane lagi dibawah ini

Quote:"Mungkin itu sidik jari pemilik asli mobil ini, petugas bengkel, atau pegawai pompa bensin."

kalo ada pegawai pompa bensin yang buka tangki bensin, berarti si penjahat ngisi bensin di pom. tapi bensinnya abiskan? jadi gak mungkin dia ke pom bensin. lah bensinnya juga abis. dan secara psikologis gak mungkin si penjahat itu kepikiran ngisi bensin di saat lagi kabur dari kejaran polisi. jadi, sidik jari pegawai pompa bensin itu gak ada. dan si irpan itu ketahuan bohong.

kalo petugas bengkel, ngapain jg dia ke bengkel emoticon-Nohope mobilnya gk rusak kok, cuma bensinnya doang abis. jadi gak mungkin ada sidik jari petugas bengkel. dan si irpan ketauan lagi bohongnya

kalau pemilik asli mobil, (jika benar mobilnya hasil curian) hmm... menurut ane kecil kemungkinannya ada, soalnya kalo orang punya mobil biasanya yang ngebuka tangki bensin itu pegawai pompa bensinnya, dan kalo ke bengkel gk mungkin kan dia ikut ngebuka kap mobil terus ikut ngebenerin emoticon-Hammer


karena itulah, si tatang berkesimpulan bahwa si irpan itu polisi gadungan.


kalau ada yang salah dan kurang silahkan dikoreksi emoticon-Ngacir
Quote:Original Posted By haikaili


dari paragraf di atas, si irpankan menggeledah ke kursi pengemudi, setir sm tombol dasbor. tapi, kenapa dia ngelapornya begini ?



seharusnya, dia harus lapor tentang sidik jari yang ada di kursi pengemudi, setir sm tombol dasbor. tapi knp dia gk ngelapor tentang itu?

dari situ ketauan kalo si irpan itu ngebohong.

menurut gua, karena si irpan itu lagi mencoba "menghapus" sidik jari yang ada di dalam mobil. soalnya para sidik jari penjahat itu kemungkinan besar ada di dalam mobil, dan sangat kecil kemungkinannya berada di luar mobil kyk di kap mesin sm tutup bensin.

masih kurang faktanya? liat penjelasan ane lagi dibawah ini



kalo ada pegawai pompa bensin yang buka tangki bensin, berarti si penjahat ngisi bensin di pom. tapi bensinnya abiskan? jadi gak mungkin dia ke pom bensin. lah bensinnya juga abis. dan secara psikologis gak mungkin si penjahat itu kepikiran ngisi bensin di saat sedang di kejar2 polisi. jadi, sidik jari pegawai pompa bensin itu gak ada. dan si irpan itu ketahuan bohong.

kalo petugas bengkel, ngapain jg dia ke bengkel emoticon-Nohope mobilnya gk rusak kok, cuma bensinnya doang abis. jadi gak mungkin ada sidik jari petugas bengkel. dan si irpan ketauan lagi bohongnya

kalau pemilik asli mobil, (jika benar mobilnya hasil curian) hmm... menurut ane kecil kemungkinannya ada, soalnya kalo orang punya mobil biasanya yang ngebuka tangki bensin itu pegawai pompa bensinnya, dan kalo ke bengkel gk mungkin kan dia ikut ngebuka kap mobil terus ikut ngebenerin emoticon-Hammer


karena itulah, si tatang berkesimpulan bahwa si irpan itu polisi gadungan.


kalau ada yang salah dan kurang silahkan dikoreksi emoticon-Ngacir


bravo...
good job gan... ane sependapat dengan agan ini... itu adalah pelaku atau suruhan pelaku yg mau menghapus jejak...
Quote:Original Posted By reyhan131
Petugas langsung datang begitu ada laporan tentang sedan Toyota Soluna merah yang ditinggalkan penumpangnya sejak malam, dengan keempat pintunya terbuka, di jalan raya Surabaya - Krian. Brigadir Kepala Tatang Mahesa yang memimpin satuan penyidik peristiwa perampokan Toko Emas "Majapahit" kemarin sore, merasa mendapat titik terang. Jangan-jangan Soluna itu pula yang digunakan untuk merampok bank kemarin sore, sesuai laporan saksi bahwa lima perampok toko emas itu kabur dengan Soluna merah yang diduga curian.

Sesampai di TKP, anak buah Tatang memastikan mobil merah itulah yang dipakai untuk merampok Toko Emas "Majapahit". Ketika Tatang sedang bertanya kepada beberapa orang di deretan warung dekat sedan itu, datang seorang petugas berseragam naik motor.

"Bhayangkara Satu Irpan Garding, unit sidik jari. Polda menugasi saya," kata lelaki berbaju polisi itu.

Tatang tak mengenal Irpan. Ia bertugas di Poltabes Surabaya, sedangkan Irpan mengaku dari Polda Jawa Timur. Namun, karena sama-sama berseragam, Tatang mempersilakan Irpan bekerja.

Irpan membuka tas, mengeluarkan perlengkapan, dan langsung menuju kursi pengemudi. Ia memeriksa setir dan tombol-tombol di dasbor. Sementara tiga anak buah Tatang mengamati sekitar, memeriksa jejak kaki, dan mencatat. Rupanya, mobil ditinggalkan rombongan penjahat karena bakar bakarnya habis.

"Ada beberapa sidik jari di kap mesin dan tutup tangki bensin. Mungkin itu sidik jari pemilik asli mobil ini, petugas bengkel, atau pegawai pompa bensin. Selebihnya coretan dan noda tidak jelas," lapor Irpan pada Tatang. "Tapi apa pun datanya akan segera kami olah, dalam tiga hari kami kirim ke Poltabes."

"Bukan sidik jari pelaku? Sayang sekali ... Saya tidak yakin apakah data hasil olahan nanti berguna atau tidak," gumam Tatang seraya mengangguk kepada Irpan yang pamit pergi.

Sejenak kemudian Tatang memerintahkan anak buahnya sambil menunjuk Irpan yang sudah mengenakan helm dan bersiap hendak menyalakan motor. "Tahan orang itu! Dia petugas gadungan!"

Dengan sigap tiga anak buah Tatang mengepung dan membekuk Irpan, lantas menggelandangnya ke Mapoltabes.

Fakta apa yang mendasari kesimpulan Tatang bahwa Irpan Garding adalah petugas gadungan?


halloo..si polisi memeriksa setir dan tombol2 di dashboard,tapi dia menyimpulkan bahwa sidik jari hanya terdapat di kap mesin dan tutup tangki bensin...tidak mungkin kalo di setir dan perseneling ato dashboard tidak ada sidik jari tertinggal, jadi si polisi tidak mencari sidik jari tapi justru menghapus sidik jari di setir dan dashboard.....

ada lagi kok...
ngapain org dr polda repot2 dtg,naik motor pula...
emang ada unit sidik jari? biasanya org dr labfor...
ane asal tambahin...

mungkin dari jejak sepatu yang diperiksa anak buah tatang
ketahuan pas mau starter motor...

=====
hehehe... mode ngasal on
mungkin si Irpan giginya ompong kali tu, terus badannya pendek gendut... makanya pak Tatang curiga kalo dia bukan polisi sungguhan..
kondisi fisik gitu ga layak jadi polisi kan..

emoticon-Ngakak

just kidding
Quote:Original Posted By reyhan131
P
"Ada beberapa sidik jari di kap mesin dan tutup tangki bensin. Mungkin itu sidik jari pemilik asli mobil ini, petugas bengkel, atau pegawai pompa bensin. Selebihnya coretan dan noda tidak jelas," lapor Irpan pada Tatang. "Tapi apa pun datanya akan segera kami olah, dalam tiga hari kami kirim ke Poltabes."

[/SIZE][/B]


mungkin gara2 yg ane bold itu..
jadi ketahuan itu petugas gadungan.. emoticon-Cape d... (S)
kecuali kalo sblumnya udah di kasih tau itu mobil curian, berarti bukan gara2 kalimat itu emoticon-Blue Guy Peace
Quote:Original Posted By haikaili
dari paragraf di atas, si irpankan menggeledah ke kursi pengemudi, setir sm tombol dasbor. tapi, kenapa dia ngelapornya begini ?



seharusnya, dia harus lapor tentang sidik jari yang ada di kursi pengemudi, setir sm tombol dasbor. tapi knp dia gk ngelapor tentang itu?

dari situ ketauan kalo si irpan itu ngebohong.

menurut gua, karena si irpan itu lagi mencoba "menghapus" sidik jari yang ada di dalam mobil. soalnya para sidik jari penjahat itu kemungkinan besar ada di dalam mobil, dan sangat kecil kemungkinannya berada di luar mobil kyk di kap mesin sm tutup bensin.

masih kurang faktanya? liat penjelasan ane lagi dibawah ini



kalo ada pegawai pompa bensin yang buka tangki bensin, berarti si penjahat ngisi bensin di pom. tapi bensinnya abiskan? jadi gak mungkin dia ke pom bensin. lah bensinnya juga abis. dan secara psikologis gak mungkin si penjahat itu kepikiran ngisi bensin di saat lagi kabur dari kejaran polisi. jadi, sidik jari pegawai pompa bensin itu gak ada. dan si irpan itu ketahuan bohong.

kalo petugas bengkel, ngapain jg dia ke bengkel emoticon-Nohope mobilnya gk rusak kok, cuma bensinnya doang abis. jadi gak mungkin ada sidik jari petugas bengkel. dan si irpan ketauan lagi bohongnya

kalau pemilik asli mobil, (jika benar mobilnya hasil curian) hmm... menurut ane kecil kemungkinannya ada, soalnya kalo orang punya mobil biasanya yang ngebuka tangki bensin itu pegawai pompa bensinnya, dan kalo ke bengkel gk mungkin kan dia ikut ngebuka kap mobil terus ikut ngebenerin emoticon-Hammer


karena itulah, si tatang berkesimpulan bahwa si irpan itu polisi gadungan.


kalau ada yang salah dan kurang silahkan dikoreksi emoticon-Ngacir


Selamat agan bener emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-cystgemoticon-cystgemoticon-cystgemoticon-cystgemoticon-cystgemoticon-cystgemoticon-Selamatemoticon-Selamatemoticon-Selamatemoticon-Selamatemoticon-Selamatemoticon-cystgemoticon-cystgemoticon-Selamatemoticon-Selamatemoticon-cystgemoticon-cystg
Quote:Original Posted By adithellman
ada lagi kok...
ngapain org dr polda repot2 dtg,naik motor pula...
emang ada unit sidik jari? biasanya org dr labfor...


hmm... ane gk tau kalo tentang polda dll. mungkin ini jg bener.

Quote:Original Posted By GadingMulia
mungkin gara2 yg ane bold itu..
jadi ketahuan itu petugas gadungan.. emoticon-Cape d... (S)
kecuali kalo sblumnya udah di kasih tau itu mobil curian, berarti bukan gara2 kalimat itu emoticon-Blue Guy Peace


baca lagi pekiwan gan, ada kata2 di duga mobil curian kalo gk salah emoticon-Ngacir

Quote:Original Posted By reyhan131
Selamat agan bener emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-cystgemoticon-cystgemoticon-cystgemoticon-cystgemoticon-cystgemoticon-cystgemoticon-Selamatemoticon-Selamatemoticon-Selamatemoticon-Selamatemoticon-Selamatemoticon-cystgemoticon-cystgemoticon-Selamatemoticon-Selamatemoticon-cystgemoticon-cystg


walau bener, entah kenapa ane gk merasa puas. mungkin soalnya masih terlalu banyak ngasih petunjuk.

emoticon-Ngacir
menurut ane jawaban paling bener adalah

"anak buah tatang khan lagi memeriksa sekitar mobil dan mungkin nemuin jejak sepatu yg sama dgn yg dipakai irpan"

TS nya gimana nih kok kurang memuaskan
Tambahan:
Orang tersebut polisi gadungan karena sengaja ga memeriksa handle pintu padahal pintu mobil terbuka sehingga kemungkinan besar sidik jari penjahat masih menempel disitu
Quote:Original Posted By haikaili
dari paragraf di atas, si irpankan menggeledah ke kursi pengemudi, setir sm tombol dasbor. tapi, kenapa dia ngelapornya begini ?



seharusnya, dia harus lapor tentang sidik jari yang ada di kursi pengemudi, setir sm tombol dasbor. tapi knp dia gk ngelapor tentang itu?

dari situ ketauan kalo si irpan itu ngebohong.

menurut gua, karena si irpan itu lagi mencoba "menghapus" sidik jari yang ada di dalam mobil. soalnya para sidik jari penjahat itu kemungkinan besar ada di dalam mobil, dan sangat kecil kemungkinannya berada di luar mobil kyk di kap mesin sm tutup bensin.

masih kurang faktanya? liat penjelasan ane lagi dibawah ini



kalo ada pegawai pompa bensin yang buka tangki bensin, berarti si penjahat ngisi bensin di pom. tapi bensinnya abiskan? jadi gak mungkin dia ke pom bensin. lah bensinnya juga abis. dan secara psikologis gak mungkin si penjahat itu kepikiran ngisi bensin di saat lagi kabur dari kejaran polisi. jadi, sidik jari pegawai pompa bensin itu gak ada. dan si irpan itu ketahuan bohong.

kalo petugas bengkel, ngapain jg dia ke bengkel emoticon-Nohope mobilnya gk rusak kok, cuma bensinnya doang abis. jadi gak mungkin ada sidik jari petugas bengkel. dan si irpan ketauan lagi bohongnya

kalau pemilik asli mobil, (jika benar mobilnya hasil curian) hmm... menurut ane kecil kemungkinannya ada, soalnya kalo orang punya mobil biasanya yang ngebuka tangki bensin itu pegawai pompa bensinnya, dan kalo ke bengkel gk mungkin kan dia ikut ngebuka kap mobil terus ikut ngebenerin emoticon-Hammer


karena itulah, si tatang berkesimpulan bahwa si irpan itu polisi gadungan.


kalau ada yang salah dan kurang silahkan dikoreksi emoticon-Ngacir




mau analisis ternyata uda ada yang hampir kaya jawaban ane,. good job gan,.
Jawabannya karena kalimat ini:

Quote:"Mungkin itu sidik jari pemilik asli mobil ini..."

Padahal tidak ada yang memberitahu Irpan bahwa itu mobil curian.