alexa-tracking

Banyak Orang Ingin Bunuh Diri Akibat Nyeri Trigeminal Neuralgia

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016349721/banyak-orang-ingin-bunuh-diri-akibat-nyeri-trigeminal-neuralgia
Banyak Orang Ingin Bunuh Diri Akibat Nyeri Trigeminal Neuralgia
Jakarta, Ada banyak hal yang bisa membuat seseorang ingin mengakhiri hidupnya melalui bunuh diri, salah satunya akibat tidak tahan dengan rasa sakit yang dideritanya. Diketahui banyak orang yang ingin bunuh diri akibat nyeri trigeminal neuralgia.

Trigeminal neuralgia adalah sakit yang disebabkan oleh sentuhan atau penekanan pembuluh darah pada saraf nomor 5 atau saraf trigeminal, yaitu saraf nervus kranials terbesar yang mengatur perasa wajah yang letaknya di sekitar batang otak.

"Nyeri ini sifatnya akut, nggak ada yang sifatnya akut pada manusia kecuali nyeri ini. Kalau dibilang yang paling nyeri ya penyakit ini bukan kanker," ujar dr M Sofyanto, SpBS dari RS Bedah Suarabaya dalam acara 'Trigeminal Neuralgis Bukan Gejala Sakit Gigi Biasa' di Hotel Borobudur, Jakarta, Sabtu (8/9/2012).

dr Sofyan menuturkan nyeri ini menyerang 1 sisi wajah saja dan dari pemeriksaan tidak ditemukan kelainan klinik. Biasanya pasien sudah mendatangi beberapa dokter bahkan dokter spesialis dan tidak ada yang tahu apa penyebabnya, hingga akhirnya pasien merasa putus asa dan ingin bunuh diri.

"Rasa nyeri yang muncul ini ada triggernya atau ada perangsangnya, misal karena kena angin, tersentuh, makan, minum, wudhu atau terkena air, dicium, bahkan air liurnya sendiri bisa merangsang sakit. Jadi bukan karena makan 1 sendok nasi, tapi 1 butir nasi saja yang menempel bisa memberikan respons rasa sakit yang luar biasa," ungkapnya.

Umumnya kondisi ini banyak dijumpai pada usia di atas 50 tahun. Hal ini karena seiring bertambah usia maka otak akan menyusut tapi tulang tengkorak tidak, sehingga karena penyusutan itu ada space atau kompartemen yang loggar. Dengan longgarnya ini maka pembuluh darah yang dulu bertetangga baik dan manis dengan saraf bisa menempel.

Faktor kedua bisa juga karena pembuluh darah yang dulunya lunak dan normal jadi mengeras karena faktor usia, maka yang dulu bertetangga baik dan menyentuh dengan ringan jadi memberikan sentuhan yang keras atau benturan (trauma). Sentuhan pembuluh darah dengan saraf 5 menyebabkan trigeminal neuralgia.

"Makanya itu di atas usia 50 tahun lebih banyak dan wanita lebih banyak sedikit jumlahnya, tapi ada juga yang masih muda, yang pernah saya tangani ada yang usianya 22 tahun. Sedang faktor lainnya tidak ada," ujar dr Sofyanto.

Rasa sakit atau nyeri yang muncul ini bisa terjadi secara spontan, banyak pasien yang bilang seperti terkena petir atau tertusuk banyak jarum. Karena terbilang langka, banyak dokter yang belum menyadari kondisi ini sehingga pasien harus datang ke beberapa dokter dan mendapatkan diagnosis berbeda.

Tak jarang banyak pula pasien yang akhirnya mendatangi paranormal atau menjalani pengobatan aneh dan tak masuk akal. Nyeri yang luar biasa dan sulitnya penanganan membuat banyak pasien yang sudah bertahun-tahun mengalami hal ini jadi putus asa dan ingin bunuh diri.

Penanganan untuk trigeminal neuralgia ini adalah dengan melakukan key hole surgery yang mana membuat lubang kecil untuk memasukkan alat dan memisahkan saraf dengan pembuluh darah melalui pemberian bantalan serabut teflon sehingga tidak lagi terjadi benturan antara pembuluh darah dan saraf.

Semoga bermanfaat gan emoticon-thumbsup jgn lupa emoticon-Rate 5 Star dan emoticon-Blue Guy Cendol (L) nya
Waw..bisa pengen bunuh diri cuma gara-gara nyeri..emoticon-Takut (S)
Quote: Cek Thread Ane
Beberapa “Penampakan”
kalo sakitnya udah menahun, apalagi nggak bisa ditahan ... emoticon-norose

sama kayak kalo kena sakit keras gan, painkiller aja kaga mempan emoticon-Nohope
sampi pengen bunuh diri gitu , berarti sakitnya bener bener ya gan emoticon-Takut

Quote:JUAL KAOS KASKUS KEREN !! KLIK GAMBAR !!Banyak Orang Ingin Bunuh Diri Akibat Nyeri Trigeminal Neuralgia

miris bgt dah emoticon-Takut emoticon-Takut





Best Regards,
WSSChanger
Baru denger ane ada penyakit itu emoticon-Matabelo
amiiit amit ya Gusti kena penyakit kayak gitu. semoga sekeluarga dan sahabat kaskus semua tidak merasakannya~ emoticon-Sorry
Gan, ada alternatif pengobatan ga sih utk penyakit ini, kebetulan ibu ane lagi kena penyakit ini emoticon-Frown
kasian sekali sampai ingin bunuh diri

operasi

Quote:Original Posted By Codebreaker86
Gan, ada alternatif pengobatan ga sih utk penyakit ini, kebetulan ibu ane lagi kena penyakit ini emoticon-Frown



Udah baca ampe abis belum artikel di atas?

Sangat jelas disitu disebutkan bahwa pengobatan yg paling manjur dengan jalan operasi, pengobatan medis , bukan pengobatan alternatif


Ga bisa di persingkat bre tulisannya?
hmmmm
Quote:Original Posted By tongkigile



Udah baca ampe abis belum artikel di atas?

Sangat jelas disitu disebutkan bahwa pengobatan yg paling manjur dengan jalan operasi, pengobatan medis , bukan pengobatan alternatif




Udah gan, alhamdulillah tanpa penanganan medis, ibu ane sekarang udah mulai baikan, kemaren pake terapi dan bersyukur sudah banyak perubahannya emoticon-Smilie
Quote:Original Posted By Codebreaker86


Udah gan, alhamdulillah tanpa penanganan medis, ibu ane sekarang udah mulai baikan, kemaren pake terapi dan bersyukur sudah banyak perubahannya emoticon-Smilie


Alhamdulillah, semoga sehat selalu ya gan ibu nya.
gw baru tau ada penyakit seperti ini..
Oalaaah, ini toh penyebabnya penyakit kakek ane :O