Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016348731/di-undip-mahasiswa-baru-ga-boleh-pakai-mobil-no-plonco-dan-pakai-seragam-sebulan
Thumbs up 
Di UNDIP, Mahasiswa Baru Ga boleh pakai Mobil, No Plonco, dan Pakai Seragam Sebulan
Tujuan dari imbauan ini untuk melatih kedisplinan mahasiswa baru agar senantiasa rapi ketika berangkat ke kampus.


Di UNDIP, Mahasiswa Baru Ga boleh pakai Mobil, No Plonco, dan Pakai Seragam Sebulan




Selain meminta mahasiswa baru tidak membawa mobil ke kampus, Universitas Diponegoro Semarang juga meminta kepada mahasiswa baru tahun ajaran 2012/2013 mengenakan seragam sampai 28 September mendatang

Rektor Undip Prof Sudharto P Hadi MES PhD dalam siaran pers-nya, Rabu (5/9/2012), mengungkapkan, tujuan dari imbauan ini untuk melatih kedisplinan mahasiswa baru agar senantiasa rapi ketika berangkat ke kampus.

Mahasiswa selama satu bulan ini, pada setiap Senin diharap untuk memakai atasan putih dan bawahan gelap, hitam, abu-abu atau biru dan setiap Jumat pakai batik atau lurik.

Menurut Sudharto, selain untuk melatih kedisiplinan juga untuk memelihara momentum pendidikan karakter yang baru saja mereka terima pada saat penerimaan program penerimaan mahasiswa baru minggu yang lalu.

"Selain itu kebijakan ini juga untuk menumbuhkan kebersamaan yang kuat, harapannya dengan menggunakan seragam, mahasiswa baru akan saling mengenal antara yang satu dengan yang lainnya," tambahnya.

Sudharto menjelaskan sangat baik bila antarmahasiswa meskipun beda fakultas salain mengenal, hal tersebut selain bisa mengembangkan persahabatan juga investasi networking pada saat mereka nanti sudah lulus kuliah.


Tak Ada Plonco, Undip Tonjolkan Pendidikan Karakter

Di UNDIP, Mahasiswa Baru Ga boleh pakai Mobil, No Plonco, dan Pakai Seragam Sebulan


Menyambut mahasiswa baru tahun ajaran 2012/2013, Universitas Diponegoro akan menggelar upacara penerimaan mahasiswa baru pada hari Senin (27/8/2012). Penerimaan mahasiswa baru di kampus Undip akan dikemas dalam bentuk upacara akademik.


Menurut Kepala UPT Humas Undip, Agus Naryoso, Jumat (24/8/2012), penerimaan mahasiswa baru kali ini akan dilaksanakan dengan semangat keterbukaan, demokratis, dan humanis. Selain itu, akan diisi dengan kegiatan akademik dan kegiatan kemahasiwaan yang dikoordinasikan oleh pimpinan perguruan tinggi di tingkat fakultas, jurusan dan program studi.

Kegiatan akan yang diawali dengan upacara penerimaan mahasiswa baru. "Acara ini wajib diikuti oleh semua calon mahasiswa, tidak ada atribut aneh-aneh yang harus dibawa mahasiswa" ujarnya.


Pada upacara penerimaan mahasiswa baru yang akan berlangsung di Gedung Olahraga Undip Kampus Tembalang, Senin mendatang, mahasiswa cukup mengenakan baju atasan putih dan celana panjang hitam berbahan kain bukan jeans.


Selain upacara juga dilaksanakan pemberian materi penerimaan mahasiswa baru, pengisian kartu rencana studi (KRS) dan pendidikan karakter di masing-masing fakultas. Materi yang disajikan pada penyelenggaraan Program Penerimaan Mahasiswa Baru (PPMB) di antaranya kegiatan akademik perguruan tinggi, pengenalan budaya dan etika, organisasi dan kegiatan mahasiswa, persiapan penyesuaian diri di perguruan tinggi, dan pendidikan karakter


"Materi yang diberikan sangat bermanfaat bagi mahasiswa, tidak ada penggojlokan atau perploncoan, tetapi lebih pada pendidikan karakter agar mahasiswa tumbuh dan berkembang menjadi mahasiswa yang berkepribadian dan mandiri saat kuliah," tegas Agus.


Hingga kini, jumlah mahasiswa baru yang telah diverifikasi lebih dari 10.000 mahasiswa, terdiri dari 9.423 mahasiswa dari diploma dan sarjana S1, serta 1.249 mahasiswa dari program pascasarjana. Diperkirakan jumlahnya masih akan bertambah.

SOURCE :

http://edukasi.kompas.com/read/2012/...Selama.Sebulan

komentar

keren, dah ga zaman plonco2 an, maju terus undip

------------- -------------

Kedua nich at 11 September 2012

- Jangan lupa rate dan ijo2 nya ya juragan2, maklum nubie , agar kelak selalu buat thread yang bagus2 lainnya,thanks-


HT yg Pertama :

ULTAH DORAEMON : Doraemon Diangkat Jadi Warga Kota Kawasaki (Apresiasi 100 Tahun Ultahnya)
jaman plonco dah lewat

dicari pola yang lebih baik dan mendidik
kasihan banget kakak seniornya, cuman ngelirik gatal aja
JANGAN ADA PLONCO diantara kita ya dik

kakak senior ga jahat!!!!
gini nih boru cocok
harusnya di tetapin di sekolah lain
kasihan si senior tangannya gatel gak betah nahan plonco junior
wah mantap,,
emang sekarang sih dah g boleh lg gan..
tp kurang seru

mang enak ngga boleh bawa mobil, tapi paling tetap dianterin sampe depan sama mama
matap Dip .. like this vuery muach
begitu doang? yahhhh, masih kalah sama yang kemaren mencatat rekor muri lewat menalikan sepatu terbanyak
ga ada pelonco2 selama 1 bulan...abis itu lanjut lagi..yesss

manusia klo uda main sama kata2 emang paling jago

contoh: oh? ga boleh pelonco? dibully masih boleh kan?
Ni baru layak di sebut lembaga perguruan tinggi yang isinya para MAHA siswa
ga jaman lagi dah main plonco
malu lah koar koar tentang pemberantasan KKN
kitanya sendiri ga mau lepas dari kebiasaan Pelonco
yang hakekatnya ga ada beda ama KKN
klw mau jujur plonco cuma d dasari mumpung jadi senior, mumpung punya kuasa yah nyusahin orang di bawah kita ga ngapa
coba apa bedanya ama KKN
Quote:Original Posted By kabahi
Ni baru layak di sebut lembaga perguruan tinggi yang isinya para MAHA siswa
ga jaman lagi dah main plonco
malu lah koar koar tentang pemberantasan KKN
kitanya sendiri ga mau lepas dari kebiasaan Pelonco
yang hakekatnya ga ada beda ama KKN
klw mau jujur plonco cuma d dasari mumpung jadi senior, mumpung punya kuasa yah nyusahin orang di bawah kita ga ngapa
coba apa bedanya ama KKN


setuju banget, gan!!!! yang isinya para MAHA siswa... coba apa bedanya ama KKN
Quote:Original Posted By hhendryz
ga ada pelonco2 selama 1 bulan...abis itu lanjut lagi..yesss
manusia klo uda main sama kata2 emang paling jago
contoh: oh? ga boleh pelonco? dibully masih boleh kan?

habis satu bulan, nanti ada "pengenalan" jurusan, trus ada "pengenalan" himpunan, lanjut lagi "pengenalan" kegiatan, dll
Senior mana mau ngebiarin anak baru nggak dipelonco
wah makin keren aja nih almamater ane gan..
Undip jaya!!
di ospek ga bisa, giliran di acara temu akrab jurusan / himpunan yang di luar kota, langsung dibantai, skrg seniornya lagi nahan kelakuan. sampah sama yang namanya plonco, kalo berani duel satu lawan satu.. baru manteb..
semoga UNS mencontoh, dah ga jaman make atribut aneh-aneh!!!
ugm gimana neh ugm ...paling cuman dipanasin dikit dahh
Lah ga boleh make mobil emang kenapa gitu...? katanya zaman demokrasi tapi kok...?
hmm...
gimana ya gan??
kalo menurut ane, plonco2an itu tetep perlu, secara kalo gak ada acara gituan, para mahasiswa baru tingkahnya bakal semaunya sendiri. percuma dah pendidikan karakter yang cuman presentasi2 di depan monitor gitu, yang ada bikin mahasiswanya ngantuk...
Terus terang, kampus gw merupakan salah satu yang mengedepankan pendidikan karakter dengan cara presentasi2, dan teori2 gituan. Hasilnya? mahasiswa pada kurang ajar ke senior dan ke dosen. oleh karena itu, jurusan gw pun mbikin pengenalan Himpunan buat anak baru, biar mereka gak ngelamak. and, it works...
no plonco? no good, tetep perlu tapi gak perlu fisik, mental aja yang ditest...

no mobil? lha kalau mampunya cuman bawa mobil gmn? aneh2 aja rektornya.. dia pikir aman apa pakai motor? aman pake angkot/bus di semarang? trus minta dianterin ortu atau yg laen? malu cong.... kalau urusan kendaraan, terserah selera masing2 dah...

pake seragam? ni justru bikin malu dan sama aja diplonco lebih lama...

kayak jaman gw di ugm 2003 dulu aja, cuman dibentak2in seminggu, abis itu juga deket sama angkatan atas, no fisik..
×