alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
[HOT] Mahasiswa ITB Ciptakan Angklung Robot Dikendalikan Dengan ANDROID
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016347913/hot-mahasiswa-itb-ciptakan-angklung-robot-dikendalikan-dengan-android

[HOT] Mahasiswa ITB Ciptakan Angklung Robot Dikendalikan Dengan ANDROID

Mahasiswa ITB Ciptakan Angklung Robot

[HOT] Mahasiswa ITB Ciptakan Angklung Robot Dikendalikan Dengan ANDROID

VIVAnews - Mahasiswa Institut Teknologi Bandung membuat angklung yang bisa dimainkan robot. Instrumen tradisional itu pun bisa terhubung dengan piano, komputer, juga smartphone berbasis Android.

Angklung robot ini adalah buatan Alvin Nurhadi dan teman-temannya yang berasal dari jurusan Teknik Fisika ITB. "Untuk angklung dengan jangkauan nada 1,5 oktaf kami menjual sekitar Rp5 Juta rupiah," ujar Alvin kepada VIVAnews ketika mengikuti acara Olimpiade Robotik Indonesia 2012 di gedung Smesco, Jakarta, Sabtu 8 September 2012.

Alvin menjelaskan, ada empat cara untuk memainkan angklung ini. Pertama dengan menggunakan sensor gerak. Dengan menggunakan sensor ini, operator tinggal membentuk beberapa tanda dengan jari tangan yang ada. Kemudian, sensor akan berfungsi dan menggetarkan angklung yang sesuai dengan tangga nada yang dimaksud.

Selain dengan sensor gerak angklung robot ini juga bisa dikendalikan melalui komputer dan smartphone berbasis android. Kendali ini menggunakan program klungbot yang juga diciptakan Alvin.

Selain itu, penggunaan angklung ini juga bisa menggunakan piano. Asalkan, menurut Alvin, piano tersebut bisa membaca format MIDI yang digunakan oleh angklung robot ini.

Untuk menciptakan angklung ini, Alvin dan timnya membutuhkan waktu hingga dua tahun. "Secara keseluruhan ada lima versi dari mulai yang paling awal dan masih menggunakan lego sampai akhirnya menggunakan aluminium," katanya.

Saat ini Alvin dan timnya memang baru membawa robot angklung ini dengan nada 1,5 oktaf. Namun, Alvin meyakinkan pihaknya mampu untuk membuat angklung dengan jarak nada sampai dengan 4 oktaf.

FOR TS
Spoiler for TS hanya mau:
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
emoticon-Sundulemoticon-Sundulemoticon-Sundulemoticon-Sundulemoticon-Sundulemoticon-Sundulemoticon-Sundulemoticon-Sundulemoticon-Sundulemoticon-Sundulemoticon-Sundulemoticon-Sundulemoticon-Sundulemoticon-Sundulemoticon-Sundulemoticon-Sundulemoticon-Sundulemoticon-Sundulemoticon-Sundulemoticon-Sundulemoticon-Sundulemoticon-Sundulemoticon-Sundulemoticon-Sundulemoticon-Sundulemoticon-Sundulemoticon-Sundulemoticon-Sundulemoticon-Sundul
apa hebatnya begitu doang




wah2 bagus ini utk melestarikan budaya yg ada emoticon-Matabelo


Best Regards,
WSSChanger
Hebat dah , karya seni anak bangsa indonesia emoticon-I Love Indonesia
emoticon-Belomatabelo sampe 7 oktaf pasti mantap bgt gan
maju terus indonesia emoticon-I Love Indonesia (S)


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di