Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016344823/cegah-ajaran-radikal-bnpt-usul-sertifikasi-pemuka-agama
Thumbs up Cegah Ajaran Radikal, BNPT Usul Sertifikasi Pemuka Agama
http://news.detik.com/read/2012/09/0...ama?n991101605

Quote:Jakarta Badan Nasional Penanggulangan Teroris (BNPT) menilai, sertifikasi da'i dan ustad adalah salah satu cara mencegah ajaran radikal. Hal itu sudah dilakukan oleh negara Singapura dan Arab Saudi.

"Dengan sertifikasi, maka pemerintah negara tersebut dapat mengukur sejauh mana peran ulama dalam menumbuhkan gerakan radikal sehingga dapat diantisipasi,"kata Direktur Deradikalisasi BNPT, Irfan Idris dalam diskusi Sindoradiao, Polemik, bertajuk "Teror Tak Kunjung Usai" di Warung Daun, Jl Cikini Raya, Jakarta Pusat, Sabtu (8/9/2012).

BNPT sendiri, sudah melakukan pengamatan langsung ke dua negara tersebut. Hasilnya, kedua negara tersebut mampu menekan ajaran radikal.

"Pengamatan kami Singapura dan Arab Saudi yang telah melaksanakan deradikalisasi secara efektif," sambungnya.

BNPT sendiri, sekarang sudah melakukan aksi pencegahan ajaran radikan dengan menggandeng seluruh lapisan masyarakat mulai dari RT/RW hingga pimpinan pondok pesantren. Termasuk juga pelatihan kepada pegawai lapas agar tidak terjadi perekrutan pelaku aksi teror di dalam penjara.

"Kita gandeng semuanya, termasuk pegawai di penjara-penjara," tandasnya.

(rvk/gah)



dengan mengesampingkan dulu teori konspirasi...



kalo usulan ini dilaksanakan kek nya mantep sih, produsen teroris berkedok ulama penebar kebencian bakalan nggak laku dan gampang ditandain...

masalahnyee, siapa ya pihak yang berkompeten dan yang paling penting, bisa diterima oleh seluruh golongan/mazhab/aliran Islam di Indonesia??...:

dari MUI/kemenag yang sering dibully di BP ini atau PP muhammadiyah atau ponpes ngruki atau siapee?? :

silahken pendapatnya ommm,,,
disertifikasi juga para ustad atau pemuka agama yang mau jadi selebriti
Kalau seandainya seorang pemuka agama sudah lolos sertifikasi, kemudian ia melakukan hal-hal yang tidak diharapkan, lalu bagaimana?
Quote:Original Posted By tetradotoxin
disertifikasi juga para ustad atau pemuka agama yang mau jadi selebriti


owkwokwkw setujuuuuuuu. gw juga bisa jadi ustad klo gitu modal tampang doank wkwkwkk

Ehm, apakah dengan begini mereka yakin bisa menekan angka terorisme di Indo ?
apalagi kalo sudah di sertifikasi tapi masih melakukan tindakan anarkis berarti pemuka agama tersebut munafik,
Quote:Original Posted By Theist
Kalau seandainya seorang pemuka agama sudah lolos sertifikasi, kemudian ia melakukan hal-hal yang tidak diharapkan, lalu bagaimana?

emang gak ada sih yang bakal benar2 mencegah penyebaran ajaran radikal...
tapi kan ini juga langkah awal meminimalisirkan penyebaran paham radikal di tempat2 ibadah/belajar agama, setidaknya tau latar belakang pemuka/pengajar agama.
sertifikasinya harus ijin ke vatikan dulu ya?

jangan bilang kebebasan beragama dikekang ya ...
Semakin lucu aja sih negara ini,terus kalo udah disertifikasi tapi nantinya terlibat terorisme siapa yg mau tanggung jawab ???
hah sertifikasi ustadz LOL
ini mah hanya untuk menyudutkan pihak tertentu saja
apa nanti gak jadi lahan basah, untuk yang lolos sertifikasi harus bayar beberapa ratus lembar merah,
who knows, Al Quran aja bisa di korupsi
yang jelas karena sertifikasi ya lembaga yang paling berwenang dan paling tinggi adalah kemenag
CMIIW
Selalu saja lihat kulit lupa isinya, kalau sampai ada sertifikasi di arab saudi & singapore jelas sertifikasi itu mengandung unsur pertanggungan jawab/ konsekuensi hukum dan sanksi, dan disana ada payung hukumnya yg saling berkaitan atau dengan kata lain ada landasan hukumnya.

nah ini yg di indonesia dilihat hanya sertifikasinya doang, terus landasan hukumnya apa? kalo nanti melanggar gimana?

di indonesia ada yg jelas-2 menyuarakan paham radikalisme dan bertentangan dengan konstitusi/pancasila aja mereka berani teriak lantang di depan publik kok, ga ada rasa sungkan apalagi takut.

hukumnya beda, sertifikasi doank yg di comot
Quote:Original Posted By tetradotoxin
disertifikasi juga para ustad atau pemuka agama yang mau jadi selebriti


yee...

sepokat...




Quote:Original Posted By Theist
Kalau seandainya seorang pemuka agama sudah lolos sertifikasi, kemudian ia melakukan hal-hal yang tidak diharapkan, lalu bagaimana?


Quote:Original Posted By mjbr
Ehm, apakah dengan begini mereka yakin bisa menekan angka terorisme di Indo ?
apalagi kalo sudah di sertifikasi tapi masih melakukan tindakan anarkis berarti pemuka agama tersebut munafik,


Quote:Original Posted By TukangRogohBabu
alah ga perlu kaya gitu, kaya jaman orde baru aja, lagian ga bakal efek

tangkep aja yang ketauan ngajakin bunuh orang kalo dimimbar atau ceramah kaya ustadz fpi yang videonya banyak beredar di youtube


Quote:Original Posted By UltimateKuriboh
Semakin lucu aja sih negara ini,terus kalo udah disertifikasi tapi nantinya terlibat terorisme siapa yg mau tanggung jawab ???



namanya juga usaha....kok nyari yang ngejamin sehhh...

polisi, hakim, jaksa aje yang dididik, dilatih dibinda, didoktrin buat menegakkan hukum aja masih bisa nyeleweng....lo mao minta jaminan ama siape coba??...


lagian kagak asbun nih BNPT, arab sama singapore punya success story tentang hal ini...



Quote:Original Posted By mrjack
hah sertifikasi ustadz LOL
ini mah hanya untuk menyudutkan pihak tertentu saja
apa nanti gak jadi lahan basah, untuk yang lolos sertifikasi harus bayar beberapa ratus lembar merah,
who knows, Al Quran aja bisa di korupsi
yang jelas karena sertifikasi ya lembaga yang paling berwenang dan paling tinggi adalah kemenag
CMIIW


lhaaa emang itu, tentu aja tujuannya menyudutkan ulama2 penyebar kebencian pemicu tindakan teroris...

biar masyarakat tau, berhati-hati dan nggak asal2an nerimo apa yang dijejalin ustad/ulama nya....

dan well, korupsi itu udah penyakit menahun di Indo, tapi bukan berarti jalan dikorupsi, gedung sekolah dikorupsi, jembatan dikorupsi dikorupsi lantas nggak ngebangun apa2 kan....


kemenag yee.... I see...:
Quote:Original Posted By khan10
Selalu saja lihat kulit lupa isinya, kalau sampai ada sertifikasi di arab saudi & singapore jelas sertifikasi itu mengandung unsur pertanggungan jawab/ konsekuensi hukum dan sanksi, dan disana ada payung hukumnya yg saling berkaitan atau dengan kata lain ada landasan hukumnya.

nah ini yg di indonesia dilihat hanya sertifikasinya doang, terus landasan hukumnya apa? kalo nanti melanggar gimana?

di indonesia ada yg jelas-2 menyuarakan paham radikalisme dan bertentangan dengan konstitusi/pancasila aja mereka berani teriak lantang di depan publik kok, ga ada rasa sungkan apalagi takut.

hukumnya beda, sertifikasi doank yg di comot


mangkenye om, UU subversi dibalikin lagi dah...
Quote:Original Posted By rockbenk
mangkenye om, UU subversi dibalikin lagi dah...


bodo amat, kan mereka orang pintar dan punya otoritas , yg penting jangan asal comot niru-2, siapkan dulu tools nya biar jalan, kalo gak tiwas koar-2 ga jalan, malu.
Quote:Original Posted By khan10
bodo amat, kan mereka orang pintar dan punya otoritas , yg penting jangan asal comot niru-2, siapkan dulu tools nya biar jalan, kalo gak tiwas koar-2 ga jalan, malu.



kalo aja tero solo kemaren dibiarin BNPT agar sukses nyerang DPR, gw yakin bakalan semangat tuh anggota2 DPR bahas ni permasalahan...


kalo sekarang, yaaaa cuman sebatas ngimpi surga BNPT doang paling yee...
kalau pemuka agama di bawah ini juga harus disertifikasi dong?

Cegah Ajaran Radikal, BNPT Usul Sertifikasi Pemuka Agama
Quote:Original Posted By rockbenk
namanya juga usaha....kok nyari yang ngejamin sehhh...

polisi, hakim, jaksa aje yang dididik, dilatih dibinda, didoktrin buat menegakkan hukum aja masih bisa nyeleweng....lo mao minta jaminan ama siape coba??...


lagian kagak asbun nih BNPT, arab sama singapore punya success story tentang hal ini...


bukan jaminan orang yg disertifikasi bakal bersih terus.
tapi jaminan kalo yg disertifikasi menyeleweng dihukum seberat2nya.

kalo misalnya yang dikasih sertifikasi menyeleweng dihukum mati masih mau ga?
manusia emang cuma manusia, masih bisa terjatuh. Tugas negara adalah menghukum supaya mereka jera dan orang lain tidak ikut jatuh.

Indonesia sekarang rusak kan karena hukumannya ga berjalan dengan semestinya.
Quote:Original Posted By Vi11ial

emang gak ada sih yang bakal benar2 mencegah penyebaran ajaran radikal...
tapi kan ini juga langkah awal meminimalisirkan penyebaran paham radikal di tempat2 ibadah/belajar agama, setidaknya tau latar belakang pemuka/pengajar agama.


bener gan... dokter aja yang udah sertifikasinya bertubi2... masih ada aja yang nakal... apalagi yg sertifikasinya cuman sekali...
konon, di jaman ORBA, malah tiap salat jumat, semua naskah khotbah dr sang imam ybs, hrs lulus penyaringan di kodim2 setempat, gan....
bukan pake sertifikasi utk memecahkan masalah ini ... tp tuh rakyat yang bodoh bodoh itu dibikin pinter ... bisa make logika ... dan perut kenyang ... dijamin dah tuh ekstrimis yg make kedok agama ato ideologi lainya akan berkurang dengan sendirinya ...
Quote:Original Posted By d137er
bukan pake sertifikasi utk memecahkan masalah ini ... tp tuh rakyat yang bodoh bodoh itu dibikin pinter ... bisa make logika ... dan perut kenyang ... dijamin dah tuh ekstrimis yg make kedok agama ato ideologi lainya akan berkurang dengan sendirinya ...


nah itu poinnya gan , kebodohan dan kemiskinan di indonesia ini yg bikin masalah
kalau orang2nya udah pinter2 dan bisa make logika ane jamin pasti langkah2 radikal, teroris dkk gak bisa bergerak bebas


bangsepcrazy
×