Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016338782/kemarau-panjang-petani-ini-malah-dapat-berkah
Kemarau Panjang, Petani Ini Malah Dapat Berkah
Kemarau Panjang, Petani Ini Malah Dapat Berkah


Aliansi Asosiasi Petani Garam Rakyat Indonesia (A2PGRI) memperkirakan produksi garam nasional tahun ini bakal menembus angka 1,4 juta ton, naik sekitar 27 persen dibanding produksi tahun lalu yang hanya 1,1 juta ton.

Anggota Presidium Asosiasi, Faisal Baidowi, mengatakan musim panen tahun ini diprediksi melimpah akibat anomali cuaca yang berpihak petani. Musim kemarau panjang tahun ini justru mendukung produksi garam. "Bisa dikatakan kendala anomali cuaca tahun lalu tidak kami alami saat panen kali ini," ujarnya Jumat, 7 September 2012.

Panjangnya musim kemarau menjadi berkah bagi petani. Sebab, kondisi panas ini membuat penyakit tanah yang menyebabkan garam gagal panen, seperti PH asam tanah yang tinggi serta panas bumi yang rendah, relatif tidak terjadi. "Makanya tahun ini produksi nasional bakal melimpah."

Saat ini, ujar Faisal, sejak awal Agustus lalu hingga akhir Oktober mendatang, mayoritas petani garam di seantero pulau Jawa plus Madura akan melaksanakan panen raya. "Sekarang baru 30 persen, akhir September ini sekitar 60 persen lagi akan dipanen. Sisanya nanti Oktober," katanya.

Dari jumlah itu, daerah Sampang, Madura, berkontribusi hingga 60 persen produksi garam nasional, kemudian diikuti Jawa Tengah sekitar 15 persen, Jawa Barat 10 persen, wilayah Jawa Timur luar Madura sebesar 10 persen, sedangkan sisanya dari luar Jawa. "Produksi Sulawesi dan NTB masih terbesar di luar Jawa,".

Hingga saat ini, sekitar 400 ribu ton dari total produksi garam lokal bakal diserap wilayah Sumatera. Sedangkan sisanya menyebar di Pulau Jawa, Sulawesi, Kalimantan, dan wilayah Indonesia timur. "Di sana (Sumatera), kan, banyak pabrik olahan ikan asin, tambang, dan lainnya."

Faisal menambahkan, total kebutuhan garam nasional tahun ini diperkirakan mencapai 3,1 juta ton. Perinciannya, sekitar 1,6 juta ton garam untuk industri dan sisanya 1,4 juta ton garam konsumsi. "Untuk konsumsi, sepertinya tahun ini sudah mencukupi," ujarnya. Sedangkan garam industri masih menggantungkan dari importasi luar negeri.

Source = http://www.tempo.co/read/news/2012/0...u-Petani-Garam

komeng, kerupuk dan loundry juga kena imbas positif kayaknya, pedagang es2 itu juga...
kalo di surabaya, pedagang ES apapun panen hasil gan karena panasnya di sini luar biasa
Quote:Original Posted By darkrevenant
kalo di surabaya, pedagang ES apapun panen hasil gan karena panasnya di sini luar biasa


iyo cak, tak kiro aku tok seng ngeroso panas!!!!
di surabaya aja gan nanem garamnya

Ngakak 

di temanggung para petani tembakau yg seneng, soalnya kualitas tembakaunya jadi lebih baik , dan proses penjemuranya jadi cepet .... tapi sayangnya harganya jadi turun, soalnya lagi panen raya ...
tahun lalu harganya lebih bagus , padahal kualitasnya ga sebagus tahun ini ...



btw, di jogja juga panasnya luar biasa , kulit ane jadi belang2 gara2 sering menyususri jalanan siang2 ....
Quote:Original Posted By cukup.2000
di temanggung para petani tembakau yg seneng, soalnya kualitas tembakaunya jadi lebih baik , dan proses penjemuranya jadi cepet .... tapi sayangnya harganya jadi turun, soalnya lagi panen raya ...
tahun lalu harganya lebih bagus , padahal kualitasnya ga sebagus tahun ini ...



btw, di jogja juga panasnya luar biasa , kulit ane jadi belang2 gara2 sering menyususri jalanan siang2 ....


Wong temanggung yo gan? Saiki rego mbako ancur ra koyo tahun wingi
ada yang dapat untung dari kemarau panjang rupanya, gak selamanya kemarau itu negatif
Quote:Original Posted By japek
ada yang dapat untung dari kemarau panjang rupanya, gak selamanya kemarau itu negatif


itu sudah menjadi suratan takdir dari yg Maha Kuasa.jadi kemarau dan musim hujan itu berpasangan,tak ada musim kemarau itu sama saja tak ada keseimbangan alam,tak ada keseimbangan alam = menuju bencana/kiamat......



mikiro lan makaryo ojo muk sendiko
Quote:Original Posted By 0ralucu


itu sudah menjadi suratan takdir dari yg Maha Kuasa.jadi kemarau dan musim hujan itu berpasangan,tak ada musim kemarau itu sama saja tak ada keseimbangan alam,tak ada keseimbangan alam = menuju bencana/kiamat......



—mikiro lan makaryo ojo muk sendiko™


memang bener, selain itu banyak mangga yang enak sekarang, dan rujakan di musim kemarau juga gak bisa dilupakan
semoga garam ga import lagi seperti sebelum nyah
jika memang nggak import garam tapi impor beras dan lain sebagai nya kalau kemarau panjang seperti ini
sedih sih memang, dengan 2/3 wilayah adalah laut, indonesia masih mengimpor garam. semoga nggak ngimpor garam lagi
DI Batam lagi tada hari tanpa ujan dan asap gan

Untung aja ujan terus, jadi kabut asap ga para2 amat!



_______________________________________________________
KunciPintuDigital*com

kemarau buat produksi garam meningkat
petani semangka juga untung gede gan,semangkanya bisa ada yang bisa 15kg 1 bijinya (
pokoknya tanaman yang kagak butuh air banyak dan petani garam untung deh , masa mau buntung terus

wah yang petani tembakau bakalan panen gede-gedean ini
ada yg untung ada yg rugi..
semoga ntar sama2 untung, ga ada yg rugi..

Ngakak 

Quote:Original Posted By soepangat
Wong temanggung yo gan? Saiki rego mbako ancur ra koyo tahun wingi


yoi, wong temanggung
deE ya wong temanggung ?


ancur gara2 pabrik & grader seenak wudelnya kasih harga ...
selain itu mbako dari luar yg menuhi temanggung juga bikin harga anjlok ....



*kata om ane yg lagi mbakon


maap. oot
hebat jga ia gan, trnyata slama musim kemarau msih ada yg bsa mencari nafkah sperti itu. mskipun skdar garam yg pnting brmanfaat
walah musim kemarau bikin cilaka kalau ane naek bis damri atau ancot, keteknya para mojang bandung itu loh, basah2, keliatan di bajunya belum lagi bapak2 cabul nan mesum yang tujuannya naek ancot cuman liat paha, udah gendut, ngerokok pula. ga nahan dah asamnya
×