Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016319768/foke-monorel-bukan-proyek-dki
Ngakak Foke: Monorel Bukan Proyek DKI!
Jakarta - Pemerintah provinsi DKI Jakarta menyatakan proyek monorel yang terbengkalai sejak 2004 bukanlah proyek Pemprov DKI. Monorel merupakan proyek pemerintah pusat yang digarap PT Jakarta Monorail.

Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo mengatakan pihak Pemprov DKI hanya memberikan izin trayek untuk rute pembangunan monorel tersebut.

"Soal monorel, proyek ini bukan DKI tapi punya PT Jakarta Monorail. Pemegang sahamnya saya nggak tahu. Jadi Pemprov hanya memberikan alignment, rutenya di mana. Selebihnya jadi tanggung jawab pengembang (Jakarta Monorail) yaitu membangun, mengoperasikan, dan mencarikan pembiayaan," tutur pria yang akrab disapa Foke di kantor detik..com, Jakarta, Kamis (6/9/2012).

Namun di tengah jalan memang ternyata proyek ini mangkrak sebab pembiayaan yang terhambat. Foke menyatakan pernah berbicara kepada bank BUMN untuk membangun proyek tersebut, namun hasil studi menyatakan proyek monorel ini tidak mungkin dibiayai.

"Karena itu kami dalam posisi serba salah. Tidak bisa kami towal-towel proyek ini karena bukan punya kami. Akhirnya saya undang BPKP untuk bikin perhitungan soal biaya pengambilalihan proyek ini," kata Foke.

Dari kajian BPKP keluar hasil, nilai proyek monorel yang terbengkalai tersebut adalah Rp 204 miliar. Namun saat Pemprov DKI melakukan pembicaraan dengan pihak Jakarta Monorail, ternyata belum disepakati harganya. "Ternyata Jakarta Monorail minta lebih tinggi," ujar Foke.

Ini yang membuat proyek tersebut terhambat, dan sampai sekarang belum juga dibangun. Foke tidak mungkin membayar proyek ini dengan harga lebih tinggi karena bisa melanggar hukum.

Mengenai tawaran PT Adhi Karya Tbk untuk melanjutkan proyek tersebut, Foke masih menunggu proposalnya.

Seperti yang diketahui, rencana pembangunan tiang-tiang monorel telah terhenti sejak tahun 2004 lalu. Padahal, tiang-tiang tersebut sudah di bangun di kawasan kuningan hingga Senayan. Hingga saat ini tercatat ada 160 tiang monorel di kawasan tersebut.

Awalnya proyek monorel rencananya akan dibagi menjadi dua jalur, yakni jalur hijau dan jalur biru, dan diperkirakan dapat mengangkut 120 ribu orang per hari. Monorel jalur hijau sepanjang 14,2 kilometer akan beroperasi dari Semanggi ke Kuningan. Sedangkan, jalur biru sepanjang 12,2 kilometer dari Kampung Melayu-Casablanca-Tanah Abang hingga ke Roxy.

[URL="http://finance.detik..com/read/2012/09/06/182836/2010514/4/foke-monorel-bukan-proyek-dki?"]sumber[/URL]

giliran proyek 'gagal' nggak di akuin, itu Banjir Kanal Timur proyek pemerintah pusat diklaim hasil pemprov DKI...
hehehe....klo ada kotoran tunjuk hidung orang deh
trus duit 140 TRILYUN dipake buat apa ?? 204 Milyar aja gak mau bayar. idiotic sekali
SUKA SUKA LOE DAH MO NGOMONG APE . . .
Hidup korupsi hidup korupsi. Satu guru satu ilmu jangan ganggu ntar gw Colok lo pade
Mari kita lihat sumber lain, menteri perhubungan :

Quote:
04 September 2012 | 20:30 wib
Proyek Monorel Dihentikan, Jakarta Bangun MRT


JAKARTA, suaramerdeka.com - Pemerintah Daerah DKI Jakarta sudah menghentikan proyek monorel yang sudah mangkrak bertahun-tahun. Namun, Jakarta mempunyai proyek transportasi lainnya yakni Mass Rapid Transportation (MRT) yang ditargetkan selesai dibangun pada 2018.
Menko Perekonomian Hatta Rajasa menjelaskan menyatakan penyebab mandegnya proyek monorel. Menurutnya yang saat itu menjabat sebagai Menteri Perhubungan, awalnya pemerintah belum mengizinkan pihak swasta untuk membangun proyek semacam ini.
"Pada waktu itu sudah tiba-tiba dibikin tiang, saya menteri perhubungan mengingatkan eh...undang-undang kita masih belum membolehkan swasta membangun kereta api," ujarnya di Jakarta, Selasa (4/9).
Dia menambahkan hal ini tertuang dalam undang-undang pada waktu itu, yaitu pembangunan infrastruktur seperti kereta api harus murni dibangun pemerintah. "Pemerintah mendelegasikan PT Kereta Api, dulu infrastruktur itu heavy-nya APBN," katanya.
Setelah itu, lanjut Hatta, pemerintah mengizinkan pihak swasta untuk menggarap proyek monorel tersebut. Sayanganya, tidak ada koordinasi yang baik antara Jakarta Monorail selaku pengembang dan Pemerintah DKI. Akibatnya, proyek monorel pun mangkrak selama bertahun-tahun.
"Baru setelah itu kami lakukan satu perubahan. Nah sekarang swasta boleh. Pada kenyataannya swastanya ini bersama Pemda DKI tidak klop-klop. Jadi jangan salahkan pemerintah, karena itu bukan inisiasi pemerintah pada awalnya," paparnya.
Hatta mengatakan, Saat ini, Perusahaan BUMN yaitu PT Adhi Karya Tbk berencana akan menggarap proyek monorail yang sempat terhenti ini. "Nah sekarang pemerintah berkewajiban untuk menyelesaikan itu. Masa ada tiang di sepanjang jalan orang lihatnya ada apa ini, harus selesai. Kami minta ini diselesaikan, lalu diaudit," tandasnya.
( Kartika Runiasari / CN26 / JBSM )
Sumber : http://www.suaramerdeka.com/v1/index...rta-Bangun-MRT



Apa aturan untuk Monorel udah ada?

Quote:
Baru Sebatas Tertulis Dalam Perda
Rabu, 31 Agustus 2011 , 11:02:00 WIB


RMOL. Masalah transportasi massal dan rencana pengadaan mono­rail, menjadi perhatian Pemerin­tah Provinsi DKI Jakarta. Hal itu ter­gambar dalam Peraturan Daerah (Perda) Rancangan Tata Ruang Wilayah (RTRW) DKI Jakarta 2011-2030.

Pemprov DKI bersama DPRD DKI Jakarta, mengesahkan Perda RTRW 2011-2030 pada Rabu (24/8). Dalam laporan Gu­bernur DKI Jakarta Fauzi Bowo dise­butkan, masalah trans­portasi me­li­puti jalur pedestrian dan sepeda di pu­sat kegiatan pri­mer, se­kunder, dan kawasan Transit Oriented De­velopment (TOD), kawasan pa­riwisata, ka­­wasan pemukiman.

Kemudian membangun sistem angkutan umum massal (Bus­way, Mass Rapid Transit utara-selatan dengan timur-barat dan Mono­rail) sebagai tulang pung­gung (backbone) transportasi dengan target 60 persen perja­lanan pen­duduk.

“Masalah transportasi, se­be­narnya sudah ada di dalam renca­na induk yang lama,” kata Fauzi dalam laporan Badan Le­gislasi Daerah DPRD DKI untuk Pene­tapan Rancangan Peraturan Dae­rah Menjadi Peraturan Dae­rah Tentang Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) 2011-2030 di Gedung DPRD DKI Jakarta.

Fauzi menjelas­kan, pengelo­laan transportasi me­liputi pe­nyediaan terminal ang­kutan ba­rang untuk mendukung kawasan industri dan kegiatan ekspor dan impor. Kemudian per­baikan Pe­labuhan Tanjung Priok, Sunda Kelapa, Muara Baru/Ni­zam Za­chman, Pelabuhan Muara Ang­ke, Pelabuhan Kepulauan Seribu dan Kawasan Pengem­bangan Ekon­omi Marunda.

Sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta merencanakan dua jalur monorail. Jalur hijau (green line) sepanjang 14,3 km akan me­lewati kawasan segitiga emas. De­ngan rute Casablanca-Semanggi-Gelo­ra Bung Karno-Gedung DPR/MPR-Karet Sudirman-Casablan­ca. Lalu, jalur biru (blue line) se­panjang 12,7 km, rutenya Kam­pung Melayu-Tebet-Casablanca-Karet Sudir­man-Cideng-Roxy.

Monorel dibangun untuk me­ng­atasi kemacetan Jakarta. Ang­kutan massal ini diperkirakan bisa mengangkut 270.000 orang per hari. Pencanangan tiang per­tama monorail dilakukan Presi­den Megawati pada 2004.

Proyek ini direncanakan meng­­habiskan biaya Rp 4,6 triliun. Se­banyak Rp 1,6 triliun berasal dari pemerintah. Sisanya ditutup dari lembaga keuangan PT Jakarta Monorail. [rm]
Sumber : http://nusantara.rmol.co/read/2011/0...s-Dalam-Perda-


Kalo dari tulisan di atas, sebenernya baik Monorel maupun MRT harus dibangun dua-duanya karena masuk dalam perda RT RW DKI

Apakah ini bentuk penghindaran tanggung jawab?
dasar dah Foke" ane speechless dah







QR
♪Aku Bertanya Pada Langit Tua, Langit Tak Mendengar♪

boleh koq melawan atasan, asalkan berani ambil resiko.
gubernur jateng kan pernah juga dilawan oleh walikota

pemimpin sejati BERANI ambil resiko.
Terlaksana atau enggaknya memang tergantung pemimpinnya....
wekekek

yg jelas bukan pentolan DKI, tapi para politisi senior di pusat yg garap duit nih proyek. konon salahsatunya JK, makanya melihat gerak foke kurang respon terhadap proyek ini, Jk meloby Mega agar PDIP tidak mendukung Foke lagi.
Pokeh kok masih ada ya ..... ?

Rupanya dia belum waras waras juga ya.







Brot , Vbrot ini hari yang baik.
Aku dapat barcen
monorail di jakarta tak diakui, sekolah dibangun di padang, dia jauh2 ke sana buat meresmikannya


Fokemon sijago ngelak...persis kayak bajaj piaraannya!!!



_______________________________________________________
KunciPintuDigital*com

Quote:Original Posted By Pitung.Kw
monorail di jakarta tak diakui, sekolah dibangun di padang, dia jauh2 ke sana buat meresmikannya

Kalau kumis kalah di pilgub DKI, dia bakal calonin dirinya pilgub Sumatera Barat. Itu pun kalau dia gak dijadikan tersangka korupsi oleh KPK.

Coba poke suruh daptar ke kaskus, biar baca smua komen2 disini. Penasaran bakalan kash jawaban apa ke kaskuser smua :d
Trus salah siapa nih, jika semua saling lempar batu
Quote:Original Posted By citox
Kalau kumis kalah di pilgub DKI, dia bakal calonin dirinya pilgub Sumatera Barat.


hahaha
gak mungkin, kmaren udah gembar gembor putra daerah lah,
gak rela klo jakarta dipimpin orang luar lah,

Di sana klo digituin gimana?
Wkwkwkw
berasa naik bajaj yang bisanya ngeles mulu kalo abis nabrak

emang dah bemokrat dan bajajers
terus duit anggaran 140 T itu kemana
kalo cuma kisaran 200 M mestinya dia harus berani buat terbosan
kok kesannya cuci tangan atas proek yang gagal
memberikan agreement tapi menolak bertanggung jawab
tipe pemimpin yang mau sukses tapi menolak bertanggung jawab jika gagal
orang kayak gin ga pantas jadi pemimpin
cocoknya tukang becak
Paling bisa si foke ini berkelit. Setiap kesuksesan pemerintah pusat dan swasta dia akuin prestasi dki. Setiap kegagalan dia tumpahin kesalahan pihak lain. Waras kah yg kek gini?
×