Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016317218/musim-hujan-diprediksi-baru-datang-oktober-bppt-belum-terima-permintaan-hujan-buatan
Peringatan! Musim Hujan Diprediksi Baru Datang Oktober +BPPT Belum Terima Permintaan Hujan Buatan
Quote:Quote:Musim Hujan Diprediksi Baru Datang Oktober +BPPT Belum Terima Permintaan Hujan Buatan
Quote:
REPUBLIKA.CO.ID, TASIKMALAYA -- Musim kemarau diprediksi masih terjadi satu bulan ke depan. Artinya, musim hujan baru tiba pada akhir Oktober atau awal November.

Hal itu diungkapkan Stasiun Meteorologi Pangkalan Udara Wiriadinata Tasikmalaya, Jawa Barat. "Berdasarkan hasil pengamatan kami kemarau yang sudah terjadi tiga bulan ini, masih akan terjadi sampai satu bulan kedepan," kata Petugas Pengamat Cuaca Stasiun Meteorologi Pangkalan Udara Wiriadinata, Pelda Mamanto di Kota Tasikmalaya, Kamis (6/9).

Ia menjelaskan prediksi akan turun hujan satu bulan kedepan berdasarkan hasil data observasi dan pengamatan kelembaban udara, pertumbuhan awan dan kecepatan angin. Hasil pengamatan yang diperoleh sebulan terakhir, kata Mamanto, kelembaban udara mencapai rata-rata 60 persen yang diperkirakan turun hujan masih cukup lama.

Sedangkan kelembaban udara rata-rata mencapai di atas 75 hingga 80 persen, kata Mamanto, maka dapat diprediksi telah mendekati musim hujan. "Kalau sudah mencapai diatas 90 persen itu akan turun hujan," katanya.

Berdasarkan pengamatan pertumbuhan awan akan terjadi turun hujan, jika terbentuk awan rendah atau strato kumulus. Sementara data pertumbuhan awan yang tercatat, Kamis (6/9), kata Mamanto terlihat terbentuk awan rendah yang berpotensi turun hujan, tetapi angin cukup kencang sehingga menyebabkan awan bergeser.

"Tadi pagi saja, kelembaban udara mencapai 91 persen, artinya awan rendah, tapi angin bertiup cukup kencang kecepatan 15 knot, jadi awan cepat berubah," pungkasnya.

sumber air

Quote:REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Hujan buatan yang jadi solusi paling cepat dilakukan untuk mengatasi kekeringan, ternyata masih minim dilakukan. Bahkan, di Pulau Jawa, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) hingga kini belum menerima permintaan hujan buatan.

Menurut Kepala Bidang Pengkajian dan Penerapan Teknologi Pembuatan Hujan BPPT, Tri Handoko Seto, belum ada inisiatif pemerintah daerah meminta hujan buatan untuk mengatasi kekeringan. Hanya Jawa Timur yang tengah melakukan penjajakan.

Selebihnya, lanjut dia, belum ada permintaan membuat hujan buatan. Padahal, kata Seto, jika permintaan itu mendesak, awan yang ada di Pulau Jawa belum cukup untuk mengguyur wilayah kekeringan. "Jika prosesnya dimulai sekarang, akhir September atau awal Oktober baru bisa dilakukan," ungkap Seto pada Republika, Kamis (6/9).

Seto menambahkan, idealnya, hujan buatan dilakukan sebelum musim kemarau terjadi. Hal itu akan menambah debit air sebagai cadangan menghadapi musim kemarau. Terlebih, musim kemarau tahun ini diprediksi lebih lama dibanding dari biasanya.

BPPT tidak dapat berinisiatif untuk membuat hujan buatan. Pasalnya, semua tergantung dari anggaran yang masuk. Untuk pembuatan hujan buatan sehari, bisa memakan dana Rp 100 juta. Namun, semua tarif hujan buatan masuk ke kas negara. Pengelola keuangan tetap di Kementerian Keuangan. BPPT, kata Seto, hanya sebagai eksekutor rekayasa hujan. Seto mengaku, pihaknya tidak dapat membuat hujan buatan tanpa ada anggaran.

Menurut prediksi, curah hujan berada di bawah normal. Artinya, kekeringan masih akan mengancam wilayah Indonesia. Terlebih, dari hasil pertemuan BPPT dengan Pemda Jawa Barat, sudah didapat laporan 17 ribu hektare pertanian mengalami puso atau gagal panen. Selain itu, 40 ribuan hektare lainnya terancam mengalami nasib sama.

"Kita sudah presentasi ke berbagai daerah sebelum kemarau, namun, banyak yang belum merespon ancaman kekeringan ini," tambah dia.

Seto menambahkan, di Riau, sudah dilakukan hujan buatan sebelum Lebaran kemarin. Hasilnya, saat ini tidak ditemukan titik api di wilayah tersebut. Terlebih berdasarkan pengalaman sebelumnya, puncak kebakaran di Riau berada di bulan September. Namun, dengan hujan buatan yang dilakukan BPPT sebelum Lebaran, ancaman tersebut dapat diantisipasi. Harusnya, pemerintah daerah segera merespon ancaman kekeringan ini sebelum musim kemarau.

sumber buatan
itu yang terbaik dari Tuhan
tinggal pandai2 nya manusianya saja yg mengatur
semakin mundur saja yah cuaca kita.
Quote:Original Posted By rudi12980
semakin mundur saja yah cuaca kita.


yah , mau bg mana lagi, pencegahan sudah terlambat
beberapa hari terakhir ini sudah mendung, tapi hujannya gak nongol2
januari aja, biar tahun baruan gak kehujanan
Quote:Original Posted By INCUBATOR
januari aja, biar tahun baruan gak kehujanan


bukannya malah kehujanan bray?
Quote:Original Posted By muhas14
bukannya malah kehujanan bray?


ya JANUARI tanggal 1 magrib aja kalau gitu ....
ada sedikit pergeseran ya
dulu dapet dari jaman sekolah,kalo gak salah musim hujan bulan oktober-april
waduh semakin gak menentu cuaca skrg

Quote:Original Posted By INCUBATOR
januari aja, biar tahun baruan gak kehujanan


awal tahun kemarin kayaknya surabaya hujan bentar gan
setidaknya pas tengah malam masih bisa keluar
Quote:Original Posted By mynamekokoroko
ada sedikit pergeseran ya
dulu dapet dari jaman sekolah,kalo gak salah musim hujan bulan oktober-april
waduh semakin gak menentu cuaca skrg



awal tahun kemarin kayaknya surabaya hujan bentar gan


kemungkinan itu tak berlangsung lama , senin - kemis lah hujannya
Quote:Original Posted By mynamekokoroko
ada sedikit pergeseran ya
dulu dapet dari jaman sekolah,kalo gak salah musim hujan bulan oktober-april
waduh semakin gak menentu cuaca skrg



awal tahun kemarin kayaknya surabaya hujan bentar gan
setidaknya pas tengah malam masih bisa keluar



namanya juga ramalan, ya kayak ramalan itu2 tuh. bisa meleset..
bagi wargayang tinggal di daerah banjir

harap siag
Quote:Original Posted By boyutomo
bagi wargayang tinggal di daerah banjir

harap siag


ini baru indonesia banget
Moga prediksinya bisa tepat ,

Jadi bisa hujan hujanan.
Quote:Original Posted By Khoontol
Moga prediksinya bisa tepat ,

Jadi bisa hujan hujanan.

semoga
kasihan liat tanaman2 padi kuning semua
kalau bisa jangan sampe bulan oktober gan dirumah ane dah kekeringan nih

Jika berkenan mampir dimari gan ;
Spoiler for Cek ke TKP gan:
Quote:Original Posted By rega87
kalau bisa jangan sampe bulan oktober gan dirumah ane dah kekeringan nih


yg sabar, hujan g harus pd musim hujan kan
bikinn ujan buatan giitu kiira2 bayarr berapaan yah?

kalli2 rakyat bisa patungan
Quote:Original Posted By bukanbebek1988
bikinn ujan buatan giitu kiira2 bayarr berapaan yah?

kalli2 rakyat bisa patungan


garamnya murah gan
yg mahal nyewa pesawatnya
×