Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016316122/jalur-sepeda-di-kanal-banjir-timur-dioperasikan-desember-ini-horee
Jalur sepeda di Kanal Banjir Timur Dioperasikan Desember Ini (HOREE...)
Jalur sepeda di Kanal Banjir Timur Dioperasikan Desember Ini (HOREE...)

Jalur sepeda di Kanal Banjir Timur Dioperasikan Desember Ini (HOREE...)


Jalur sepeda di tepian kering kanal banjir timur (KBT) atau yang lebih sering disebut banjir kanal timur (BKT) segera beroperasi Desember nanti. Sejak beberapa hari lalu, rambu-rambu khusus sepeda terlihat sudah mulai dipasang.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Udar Pristono mengatakan, selain memasang rambu pihaknya juga tengah membuat marka jalan tepian KBT sisi utara untuk mempertegas kalau jalur itu khusus sepeda. Menurutnya, pemasangan rambu dan sejumlah instalasi pendukung jalur khusus sepeda itu, belum rampung seluruhnya.

"Kita masih proses perampungan pemasangan rambu, rencananya akhir Desember kami targetkan rampung. Setelah itu barulah dioperasikan," kata Pristono saat dihubungi wartawan, Kamis (6/9).

Warga Sambut Jalur Sepeda di KBT, tapi...

Pembuatan jalur khusus sepeda di trase kering Kanal Banjir Timur (KBT), Jakarta Timur, disambut baik oleh para pengguna sepeda. Program Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tersebut dianggap mengakomodasi kebutuhan penggemar sepeda akan keselamatan di jalan.

Raditya Aditama (37), salah seorang penggemar sepeda, mengungkapkan hal tersebut. Warga Kavling DKI, Duren Sawit, Jakarta Timur, itu mengatakan, jalur sepeda dapat mengurangi risiko kecelakaan. Pasalnya, pria yang bekerja di wilayah Kuningan itu merasakan diskriminasi yang tinggi saat melintas di jalan umum, terutama dengan motor.

"Ya senang, mengurangi risiko. Setiap hari kan pulang pergi ke kantor naik sepeda, jaraknya 11 kilometer. Dari rumah lewat sini (KBT), lima kilometer safe-lah, enam kilometer sisanya baru fight lagi," ujarnya.

Pria yang sudah setahun terakhir pergi pulang dari rumah ke kantor dengan sepeda lipatnya itu berharap, jalur sepeda tersebut benar-benar dimanfaatkan warga untuk beraktivitas. Terlebih bagi kendaraan bermotor, untuk tidak memanfaatkan jalur tersebut sebagai jalan pintas. Pasalnya, hal itu dapat mengganggu kenyamanan dan keselamatan para penggemar sepeda.

"Kalau masalah motor, memang sepertinya enggak cukup kalau cuma dipasang rambu. Pasti dilanggar, harus ada palang. Itu saja masih sering dilewati juga sih," ujarnya.

Senada dengan Radit, demikian juga yang dirasakan David Herio (23), warga Duren Sawit, Jakarta Timur. Meski tak setiap hari melewati jalur itu dengan sepeda, dia bersama teman-temannya kerap melakukan aktivitas di sepanjang jalur KBT pada hari Minggu pagi. Dengan adanya jalur itu, dia tak perlu jauh-jauh mencari tempat untuk melepas keringat.

"Di sini sudah enak, kalau Minggu jadi pilihan juga buat olahraga. Jadi enggak perlu jauh-jauh ke Senayan cuma buat sepedaan dan ngejar car free day di sana," ujarnya.

Meski demikian, masih banyak hal yang perlu diperhatikan pemerintah agar tempat tersebut menjadi tujuan favorit warga. Misalnya, masih terlihatnya pengendara motor yang melintas. Belum lagi kurangnya fasilitas kamar mandi serta penjual minuman dan makanan ringan yang sembarangan mendirikan lapak. Pasalnya, hal itu bisa membuat kesan kumuh.

"Yang paling parah motor sih memang. Sampai pernah kan orang kampung pinggiran KBT bakar satu motor gara-gara nabrak orang kampung lagi melintas mau nyari angkot buat kerja, kan bahaya banget," ujarnya.

Sebelumnya diberitakan, sepanjang 23,5 km trase kering KBT, Jakarta Timur, akan menjadi surganya pengendara sepeda. Senin lalu, petugas Dinas Perhubungan pun telah memasang rambu-rambu khusus jalur sepeda. Pembangunan jalur sepeda itu akan dilakukan secara bertahap dan diprediksi rampung pada Desember 2012 mendatang.

Untuk sementara, Dishub baru menyiapkan rambu dan marka sepanjang 6,7 km mulai dari Cipinang Besar Selatan, Jatinegara, sampai Pondok Kopi. Itu pun baru satu sisi saja, yaitu trase kering yang bersebelahan dengan Jalan Basuki Rachmat, sementara sisi yang satunya belum.

Sumber : Link

komentar dan harapan : ane orang surabaya, disurabaya dah ada jalur sepeda, semoga seneng ya para fans nggowes mania..
yahh BKT uda mau dioperasikan,masih dibeloin nga yahh main skate disampingnya klo malam hari
Mudah2an sajah gak diserobot sama pemotor yg otaknya seupil
ane yakin tuh jalur bakalan tetep di lewatin ma motor.....sekarang motor dah merajalela
nah ini khan salah satu blackchampaign betulin ini lah , betulin ono lah, kelarin ini lah kelarin ono lah , jalanin program lah ,abis tanggal 20 juga JUTEK & GALAK lagi
Ya baguslah ...., ada jalur khusus untuk pengguna sepeda.
Quote:Original Posted By ikhsanlie
Mudah2an sajah gak diserobot sama pemotor yg otaknya seupil


NICH UNDANG UNDANGNYA dan HUKUMANNYA :

"Yang paling parah motor sih memang. Sampai pernah kan orang kampung pinggiran KBT bakar satu motor gara-gara nabrak orang kampung lagi melintas mau nyari angkot buat kerja, kan bahaya banget," ujarnya.
itu jalurnya terpisah ya?
kalo di surabaya malah jadi satu sama jalur utama
meskipun ada tanda marka yang berbeda

Thumbs up 

Quote:Original Posted By mynamekokoroko
itu jalurnya terpisah ya?
kalo di surabaya malah jadi satu sama jalur utama
meskipun ada tanda marka yang berbeda


YOI gan, nich di surabaya, malah di tengah Kota dan uniknya ga ada pembatas :

Jalur sepeda di Kanal Banjir Timur Dioperasikan Desember Ini (HOREE...)

Jalur sepeda di Kanal Banjir Timur Dioperasikan Desember Ini (HOREE...)


bisa dicek di gugle klo yg ga pernah ke sbya...
Dilihat dari jalurnya yang lurus, bakal dijadikan tempat ngetrek motor alay nih
ane kagak ada jalur dari situ gan
Quote:Original Posted By alexander hagal
ane yakin tuh jalur bakalan tetep di lewatin ma motor.....sekarang motor dah merajalela


Jangankan jalur sepeda goes, jalur busway aja di masukin motor, bahkan seandainya ada jalur rel paralel sama jalan akan diserobot juga ama tuh motor ...
Quote:Original Posted By F***
Dilihat dari jalurnya yang lurus, bakal dijadikan tempat ngetrek motor alay nih


timpuk bata gede aja gan, biar merah2 tuh alay2
kabar gembira bagi para

fun bicykle
Quote:Original Posted By stoving
nah ini khan salah satu blackchampaign betulin ini lah , betulin ono lah, kelarin ini lah kelarin ono lah , jalanin program lah ,abis tanggal 20 juga JUTEK & GALAK lagi


katanya dah pinter, ya masak FOKE harus duduk2 santai dan tiduran gak kerja selama PILKADA DKI

pinter milih2 antara black kambing ama program jangka panjang gan
Quote:Original Posted By Abigail.N.G.L
yahh BKT uda mau dioperasikan,masih dibeloin nga yahh main skate disampingnya klo malam hari


wow ank skater BKT yak
biasa maen dimana belakang CI atau samping RS duren sawit ...?????


bagus kalau gitu biar ababil2 jakarta timur nga
pake tuh tempat buat balapan liar

Quote:Original Posted By F***
Dilihat dari jalurnya yang lurus, bakal dijadikan tempat ngetrek motor alay nih
benar gan !!!
selama ini juga dipake buat balapan liar ama alay2 itu gan..motor butut aja sok2an
ganggu gw main skate aja
lagi2 motor yaa...
selamat buat para pengguna moda transportasi sepedah..

motor sih kagak dimana, emang biang rusuh sore tadi mobil gue yang ditabrak eh dia yang ngomel.. katanya gue berenti kagak make sen gue yang tadinya mau marah akhirnya ampe males sendiri gara2 tu orang kelewat begok..
alah cuma jalur biasa diakasi papan jalur sepeda doank

lagian amana ada sepeda lewat sana itu jalur padat


akses lasung ke sudirman lewat casablanca


pagi pagi gw naik mobil lewat sana
motor bus kota dll lewat
nga ada satu pun sepeda yg lewat
Quote:Original Posted By INCUBATOR

NICH UNDANG UNDANGNYA dan HUKUMANNYA :

"Yang paling parah motor sih memang. Sampai pernah kan orang kampung pinggiran KBT bakar satu motor gara-gara nabrak orang kampung lagi melintas mau nyari angkot buat kerja, kan bahaya banget," ujarnya.


tetap aja yang nantinya bakalan suka ngerampas jalur sepeda itu juga bikers biadab dari warga sekitar BKT.

Quote:Original Posted By F***
Dilihat dari jalurnya yang lurus, bakal dijadikan tempat ngetrek motor alay nih


saban malem emang udah jadi trek para alay, terutama di sekitar perumahan cipinang indah (persis di sebelah kiri foto kedua artikel di atas). Banyak nongol warung makanan dadakan yang ngebikin jadi kumuh kalo malem. Hari ini cuma lapak biasa, tahu-tahu besoknya udah ada pemukiman pinggir kali..

btw, di foto atas, sekarang udah dipasang palang portal. Tapi kalo pagi beberapa bikers biadab tetap aja nekat masuk jalur itu dan nerobos portal lewat kiri-kanannya (padahal jalur tepian di seberang gak macet2 amat). pos ojek atau warung yang suka ada di pengkolan jembatan, kadang gue curigain sebagai biang kerok rusak/berpindahnya portal beton..

padahal solusinya cukup gampang :
1. pasang CCTV di atas tiang lampu.
2. Catat nopol bikers primitip yang berani ngelintas di situ.
3. kirim tilang ke alamat STNK pemilik nopol tersebut.
4. nikmati uang denda tilang yang gue yakin jumlahnya bakal sanggup mendanai pengaspalan jalan di seluruh jakarta.
di melawai udah gagal total, apalagi di BKT, isinya bakalan motor semua
×