Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016316025/kenapa-new-delhi-punya-mrt-lebih-dulu-dari-dki-ini-jawaban-foke
Kenapa New Delhi Punya MRT Lebih Dulu dari DKI, Ini Jawaban Foke
Jakarta - Pembangunan Mass Rapid Transit (MRT) di DKI Jakarta telah dirancang sejak 1990-an. Di saat bersamaan, New Delhi, India juga merancang MRT. Tapi kenapa New Delhi punya MRT duluan?

Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo menyatakan, proyek MRT di Jakarta sempat mengalami persoalan pembiayaan yang sulit dicari. Karena untuk membangun MRT ini, Pemrpov DKI Jakarta membutuhkan pinjaman dengan bunga murah dan berjangka panjang.

"Proyek ini selain butuh dana besar juga modalnya tidak akan kembali dalam waktu singkat. Jadi kita tidak mungkin pakai dana mahal, kita cari dengan special terms," kata pria yang akrab disapa Foke di kantor detik.com, Jakarta, Kamis (6/9/2012).

Foke menyatakan, proyek MRT sulit memakai pinjaman berbunga mahal, karena menurut perhitungan, modal pembangunan MRT baru bisa kembali dalam waktu 22 tahun.

"Nah, Jepang sejak zaman Pak Habibie sudah janji beri pinjaman, tapi tidak jadi kenyataan. Kemudian kita kejar terus special terms dengan Jepang lagi. Lalu di 2009 disepakati pinjaman murah berjangka waktu 30 tahun," tutur Foke.

Belum sampai di situ, Pemprov DKI harus menyiapkan design engineering pembangunan MRT ini, yang akhirnya selesai pada 2010. "Proyek ini 22 tahun baru balik modal. Mana ada swasta yang mau beri pembiayaan," jelas Foke.

Foke mengakui, proyek MRT di New Delhi rampung lebih dulu dan saat ini bisa mengangkut 3 juta orang. Sementara di Jakarta jika selesai 2016 bisa menangkut 400 ribu hingga 500 ribu penumpang. Jika ditambah dengan kereta api bisa 1,5 juta penumpang.

"Kalau Pemprov tidak berani mengambil 58% (pembiayaan), saya yakin tak akan ada MRT di Jakarta," jelas Foke.

Sebelumnya, Menko Perekonomian Hatta Rajasa menyatakan, penyelesaian proyek MRT atau subway di DKI Jakarta akan selesai selambat-lambatnya 2018 (untuk tahap I dan II koridor utara selatan). Proyek ini akan segera dilancarkan karena pemerintah sudah melakukan komitmen dengan Jepang melalui JICA.

Dalam pengerjaan proyek ini, pemerintah Indonesa akan mendapatkan dana pinjaman dari JICA hingga Rp 14 triliun.

Beban biaya (cost sharing) dari pinjaman tersebut, 42% di antaranya ditanggung oleh pemerintah dan diwujudkan dalam bentuk hibah kepada pemerintah Provinsi DKI Jakarta, sedangkan 58% dari pinjaman JICA dialokasikan sebagai penerusan pinjaman kepada Pemprov DKI Jakarta.

Tahap I MRT adalah jalur Lebak Bulus-Bundaran HI, koridor utara-selatan, jalur terdiri dari 13 stasiun MRT. Yaitu sebanyak 7 stasiun sepanjang 7 Km berada di atas (elevated/layang) yaitu stasiun Lebak Bulus, Fatmawati, Cipete, Haji Nawi, Blok A, Blok M dan Sisingamangaraja.

Sementara itu 6 stasiun sepanjang 6 km berada di bawah tanah yaitu Bundaran Senayan, Istora, Benhil, Setiabudi, Dukuh Atas, Bundaran HI.

Untuk tahap II masih koridor utara-selatan, rencananya stasiun-stasiunnya semuanya di bawah tanah antara lain Kebon Sirih, Monas, Harmoni, Glodok, Kota dan Kampung Bandan.

Mass Rapid Transit Jakarta (MRT Jakarta) yang berbasis rel rencananya akan membentang kurang lebih ± 110,8 Km, meliputi dua koridor utama, yaitu:

Koridor Utara-Selatan

Koridor ini terdiri dari Koridor Selatan-Utara (Koridor Lebak Bulus-Kampung Bandan) sepanjang kurang lebih ± 23,8 km dan Koridor Timur–Barat sepanjang kurang lebih ± 87 km. Koridor ini dilakukan dalam 2 tahap:

Tahap I yang akan dibangun terlebih dahulu menghubungkan Lebak Bulus sampai dengan Bundaran HI sepanjang 15,7 km dengan 13 stasiun (7 stasiun layang dan 6 stasiun bawah tanah) ditargetkan mulai beroperasi pada akhir 2016.

Tahap II akan melanjutkan jalur Selatan-Utara dari Bundaran HI ke Kampung Bandan sepanjang 8,1 Km yang akan mulai dibangun sebelum tahap I beroperasi dan ditargetkan beroperasi 2018 dipercepat dari 2020. Studi kelayakan untuk tahap ini sudah selesai.

Koridor Timur-Barat

Koridor ini masih dalam tahap studi kelayakan. Koridor ini ditargetkan paling lambat beroperasi pada 2024-2027.

http://finance.detik.com/read/2012/0...-foke?f9911023
weleh-weleh Pak, lama amat yak...
yang penting visualisasinya dulu

realisasinya au ah gelap
Ngeles aja kerjaannya. Udah jelas2 bikin tol dalem kota 6 biji sanggup masak bikin mrt yg bener aja gak sanggup? Dikit ya caperannya dibanding tol?
Quote:Original Posted By aidin02

Dalam pengerjaan proyek ini, pemerintah Indonesa akan mendapatkan dana pinjaman dari JICA hingga Rp 14 triliun.

dari 14 triliun berapa persen yang nguap pak Foke....



piBot kebagian berapa persen nih?
hadeuh... ane bakal udah merit blm yah pas MRT jadi..
kalo ada niat pasti ada jalan, tp niatnya yg tulus demi rakyat, jgn demi kantong sendiri
dikampung ane juga udah lama ada MRT
Ga da yg mau minjemin duit karna takut duluan duit proyeknya ditilep atau dipalak 40% duluan sama yg ngelola tender
loh, new delhi aja bisa ngangkut banyak tapi kok jakarta gak banyak sih ngangkutnya?

masih keliatan gak niatnya nih utk benahi angkutan umum
pak Foke, kl menurut sy...mungkin krn di india kl macet siapapun tidak ada yg bisa melawan arus...jadi solusinya memang fokus mengusahkan transportasi lain yg lbih cepat & lancar & nyaman.

begitu pendapat saya pak...terima kasih..
lha kemaren tiang2 monorel itu duit dari mana?
buset dah
omong doang ni bapak
Quote:Original Posted By bandhiter
kalo ada niat pasti ada jalan, tp niatnya yg tulus demi rakyat, jgn demi kantong sendiri


Bener tuh agan, jgn dikurupsi duitnya
Quote:Original Posted By davewars
pak Foke, kl menurut sy...mungkin krn di india kl macet siapapun tidak ada yg bisa melawan arus...jadi solusinya memang fokus mengusahkan transportasi lain yg lbih cepat & lancar & nyaman.

begitu pendapat saya pak...terima kasih..


Pendapatnya bagus agan I Like It
Pokoke kali ini w gunain suara w ke JOKOWI bro

kriteria yg w cari dah ngejegir

*kalo nyang ni gagal juga,,ga tau dah kudu gmn lg
banyak omong foke mrt dikampanyein mulu pdhal kkonstruksi aja belom
mulut lo lebar/.....artiin sndiri tu....
ah Foke banyak boongnya nieh, realisasinya belon ada
Semoga aja pembangunannya lancar
Mudah mudahan semua yg jalanin memang pyur perusahaan swasta dari luar
Bukan perusahaan siluman!

Buat kumis,udah lah dirumah aja siap siap aja jadi gila kalo ga menang pilgub,udh ga respek masyarakat ngeliat sikap abang yg takut kalah