Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016310039/lapan-a2-satelit-produksi-indonesia
Thumbs up Lapan A2, Satelit Produksi Indonesia
Lapan A2, Satelit Produksi Indonesia

Teknisi memeriksa satelit Lapan A2 yang dibuat para ahli di Pusat Teknologi Satelit Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional di Rancabungur, Bogor, Jumat (31/8). Satelit seberat 78 kilogram ini dilengkapi kamera beresolusi tinggi untuk pencitraan dan membantu komunikasi di daerah bencana. Satelit ini akan menjadi satelit pertama dengan orbit ekuatorial mengikuti garis ekuator.


Quote:JAKARTA, KOMPAS.com - Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) berhasil menyelesaikan Satelit Lapan A2 yang merupakan suksesor dari Satelit Lapan Tubsat. Jika sebelumnya pembangunan Lapan Tubsat dilakukan di Technische Universitat Berlin, Jerman, maka untuk penggarapan Lapan A2 sepenuhnya dilakukan di Pusat Teknologi Satelit Lapan di Rancabungur, Bogor, Jawa Barat.

"Pokoknya Lapan A2 100 persen buatan dalam negeri, proses pengerjaan sudah rampung dan rencananya sama seperti pendahulunya satelit ini akan kita luncurkan menggunakan roket dari Sriharikota, India," ujar Suharmanto, Kepala Pusat Teknologi Satelit Lapan ketika di temui di Pusat Teknologi Satelit Lapan di Rancabungur, Bogor, Jawa Barat, Jumat (30/8/2012).

Menurut Suharmanto, Lapan A2 memiliki keunggulan sensor dibanding Lapan Tubsat. Hal ini dapat dilihat bagaimana Lapan A2 memiliki tiga fungsi yaitu pengamatan bumi, pemantauan kapal, dan komunikasi radio amatir. Satelit dengan sensor Automatic Identification System (AIS) ini dipercaya dapat melakukan identifikasi terhadap kapal yang akan melintasi wilayah jangkauan Lapan A2.

"Harapan kami Lapan A2 dapat menjadi solusi untuk melakukan pemantauan lalu lintas wilayah laut Indonesia," kata Suharmanto.

Satelit dengan bobot 78 kilogram ini akan melintasi wilayah Indonesia secara diagonal sebanyak 14 kali sehari, dengan kisaran 20 menit perputarannya. Pada orbit AIS, Lapan A2 memiliki radius deteksi lebih dari 100 km dan mempunyai kemampuan untuk menerima sinyal dari maksimum 2000 kapal dalam satu daerah cakupan.

Lapan A2 yang akan mengorbit secara ekuatorial nantinya akan menjadi satelit pemantauan bumi pertama di dunia yang memiliki orbit ekuatorial. "Meskipun Indonesia masih merupakan pendatang baru di teknologi antariksa, namun adanya Lapan A2 seperti menjadi awal baru perkembangan dunia satelit di Indonesia," ucap Suharmanto.

Editor :A. Wisnubrata
Sumber: :iloveindonesias


Semoga Lapan A2 bs memantau seluruh wilayah nusantara agar kecurangan2 yg dilakukan negara tetangga bs terpantau dan bs ditindak sepatutnya :
Mantaph, gitu donk beritanya ttg kemajuan2 Indonesia
Ini baru yang namanya Indonesia, penuh dengan karya !
dirawat yah nduk

udah jadi kebiasaaan orang indonesia, pandai membikin, lupa perawatan

akhirnya nanti jadi bangke luar angkasa
semoga gak ilang pas peluncuran ............

satelit bentunya gitu ya?

mirip mesin puter film jadul. -_-"
Quote:Original Posted By yandhi_gila'
semoga gak ilang pas peluncuran ............



Diiket aja gan kayak layang2


vBot knapa gak lepas
Satelit militer kayaknya yg disamarkan.
KEREEEN GAAAN INFONYA !
DI DEPAN TEMPAT PEMBUATAN SATELIT DI RANCABUNGUR ADA TOKO SEPATU JUGA NIH GAN, MARI MAMPIR GANN
×