alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016309282/7-langkah-mendesain-website
7 Langkah Mendesain Website
7 Langkah Mendesain Website

Untuk mengimbangi kepopuleran bidang desain website pada masa sekarang ini, maka ada baiknya kita ketahui tentang persiapan apa saja yang perlu kita lakukan sebelum mendesain website. Mungkin banyak teman-teman yang belum familiar dengan cara kerja mendesain website, karena terbiasa dengan desain cetak.

Dalam desain website, kita sebagai desainer tidak diharuskan bisa mem-program desain yang telah kita buat. Tapi tentu saja akan lebih baik jika kita bisa sekaligus mem-program desain kita sendiri, tapi kalau di rasa mem-program sebuah website itu merupakan pekerjaan berat, lebih baik kita berfokus pada interface dan konsep desain terlebih dulu.

Yang patut kita tahu adalah cara berpikir programmer, agar desain yang kita buat masuk akal untuk di wujudkan dalam code. Misalnya, salah satu cara programmer bekerja adalah dengan membuat bagian background terlebih dulu, karena itu desain yang kita buat harus tertata rapih di dalam folder (Photoshop) yang spesifik.

Baiklah, mari kita mulai saja langkah persiapan mendesain website.

1. Tujuan / Goal Website
Setiap desain harus mempunyai tujuan yang jelas dan goal apa yang ingin di raih melalui website tersebut. Jika itu website portfolio, tentukan tujuan nya, apakah untuk mendapatkan projek baru? melakukan personal branding atau untuk menjadi semacam katalog online hasil kerja kita?

Dengan tujuan yang jelas maka kita akan dengan mudah menemukan konsep dan gaya desain yang pas. Hindari tujuan untuk ‘tampil keren’ di awal pemikiran, karena desain yang kita anggap keren itu mungkin hanya bertahan dalam waktu 1 bulan saja, sehingga dalam waktu singkat kita merasa harus mendesain kembali website kita. “Keren” itu hanya “kulit” nya, yang terpenting adalah fungsi dan tujuan website tersebut.

2. Sitemap
Sitemap merupakan bagian yang sangat vital, karena akan menjadi gambaran alur informasi yang jelas mengenai website yang akan kita buat. Tentukan navigasi dan fitur yang di perlukan di tahap ini dan buang fitur yang tidak efektif. Kalau tujuan website sudah jelas, maka kita bisa berfokus pada tujuan itu dan tidak memasukkan fitur yang kurang penting, seperti chat box atau ruang iklan banner misalnya (sungguh aneh kalau di web portfolio ada banner iklan).

3. Sketsa / Wireframe
Supaya tidak tersesat di kanvas kosong Photoshop, lebih baik kita merancang terlebih dulu di atas kertas. Langkah ini perlu untuk menghindari kerja dua kali di Photoshop. Bisa di bayangkan waktu yang terbuang ketika membuat background atau tombol terlihat bercahaya dan web 2.0 banget! tapi ternyata letak dan ukurannya kurang tepat.

Baca selengkapnya di TKP gan
nice share gan emoticon-Rate 5 Star meluncur



Mampir kemari gan

Spoiler for Nitip gan:
ngasih info koq setengah2
promo web nya ya gan?
Quote:Original Posted By derryll
ngasih info koq setengah2
promo web nya ya gan?


emoticon-Cape d... (S)


kasih smua donk gan emoticon-Cape d... emoticon-Cape d...




Best Regards,
WSSChanger
Ane aja ga punya website
Otak belum sampe + belum bisa bayar domain :'(
nanggung nih emoticon-Cape d... (S)
tanggung banget sekalian aja disini semua :Cd
Kurang lengkap gan tips nya emoticon-Big Grin
anee bantu ngeramein thread yah gan emoticon-Malu (S)
Manusia hidup didunia 2 (dua) kali, Yang Ke 2 (dua) Ketika Dia Diterima Oleh Lingkungannya. J.C
Quote:Original Posted By derryll
ngasih info koq setengah2
promo web nya ya gan?


sepertinya begitu gan! emoticon-Cape d...
×