Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016308353/penyebab-kemacetan-jakarta-versi-kemenhub
Penyebab Kemacetan Jakarta Versi Kemenhub

Quote: Jakarta macet! Keluhan tersebut tak lagi asing didengar. Raungan suara kendaraan, polusi dan tentu saja macet merupakan hal biasa yang didapat warga ibukota Jakarta. Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono mengatakan kemacetan di Jakarta terjadi oleh beberapa sebab.

"Pertama di Jakarta karena tidak seimbangnya supply dan demand akan jalan raya, yang kedua karena semua bertumpu pada jalan raya dan yang ketiga angkutan umum belum berjalan dengan baik," ujar Bambang kepada detikFinance usai melepas pemudik dengan menggunakan kapal perang di Pelabuhan Tanjung Priok.

Menurutnya, harus ada beberapa perbaikan terkait masalah kemacatan ini. Salah satu program transportasi yang ditawarkan untuk mengatasi kemacetan adalah dengan dibangunnya proyek rel alias kereta.

"Yang pentinng adalah restrukturisasi dari rute angkutan yang ada seperti Kopaja dan angkot harus sesuai dengan trasnportasi makro. Angkutan massal mutlak harus dibangun, sebut saja di tahun 2014 ada Kereta Bandara, ada juga MRT dan Monorel," katanya.

Seperti yang diketauhi bahwa sehari sebelumnya Menteri Perhubungan EE Mangindaan mengungkapkan bahwa 3 proyek kereta yang nantinya beroperasi di Jakarta berdampak pada pengurangan dan penguraian kemacetan Jakarta.

Proyek MRT tahap I sepanjang 23,8 kilometer, rencananya menghubungkan Lebak Bulus-Bundaran HI, koridor utara-selatan, jalur MRT terdiri dari 13 stasiun MRT. Yaitu sebanyak 7 stasiun sepanjang 7 km berada di atas (elevated/layang) yaitu stasiun Lebak Bulus, Fatmawati, Cipete, Haji Nawi, Blok A, Blok M, dan Sisingamangaraja. Sekali jalan MRT bisa mengangkut 1.500 penumpang.

Sedangkan usulan rute baru monorel dari Adhi Karya adalah: Tanah Abang-Thamrin City-Grand Indonesia-Dukuh Atas (Ketemu MRT)-Four Seasons Hotel-Taman Rasuna Said-Casablanca-Menara Kadin-Mega Kuningan-Ciputra World-Sampoerna Strategic-Semanggi-SCBD-Ratu Plaza-Senayan dan dapat menampung 800 penumpang sekali angkut.

Kemudian untuk jalur Commuter yang dipegang oleh PT (Persero) KAI yang menghubungkan Jakarta-Bogor dan Jakarta-Serpong bisa mengangkut sekitar 400-500 ribu penumpang perhari.


[URL="http://finance.detik..com/read/2012/08/16/132735/1993188/4/ini-penyebab-kemacetan-jakarta-versi-kemenhub"]sumber[/URL]

Hapuskan Macet dari Ibukota kita.... jangan cuma jakarta ya, tangerang juga dong, emosi jiwa kalo di jalan liat motor yang seenaknya dan angkot yang berhenti sembarangan...
sapa bilang jakarta macet, yg ada itu jalan kurang lancar dikit
Kata si F**K itu merayap, bukan macet :maho:
itu bukan macet..
emang tempat parkir di jalan raya..
sering ga bergerak saking macetnya





Penyebab Kemacetan Jakarta Versi Kemenhub
katanya sih jakarta ga macet,,cuma bergerak dikit2
Bikin MRT mau seberapa banyak tanpa adanya pembatasan kendaraan bermotor pribadi rasanya percuma, kebanyakan di negara maju yang namanya bos, manajer, sampe janitor gak ada yang malu naik kendaraan umum... disini 1 gedung kantor isinya bisa 1000 kendaraan lebih, dari mercy si bos, sampe honda 800 si janitor
itu cuma sekumpulan besi yg gerakannya kurang lancar

halahhhhhhhh
Quote:Original Posted By renjanarose
sapa bilang jakarta macet, yg ada itu jalan kurang lancar dikit


penghalusan kata2 ya gan ?








INGATLAH SUATU SAAT NANTI KITA AKAN MATI SAUDARAKU
bagus sekali...

kenyataan macet parah tapi cuma dibilang padat & bergerak pelan Penyebab Kemacetan Jakarta Versi Kemenhub
yang penting itu solusi,

percuma tahu semua penyebab tapi ngk ada solusi,

kasih alternatif dunk, gimana klo gw ngk pake motor? adakah transportasi yang nyaman dan aman. jangan nyalain perempuan yang pake rok...
memang betul ngatasin masalah kemacetan tuh ga mudah dan butuh waktu ga sebentar juga.
butuh andil dari semua, pemerintah dan masyarakatnya...
Penyebab Macet di Jalan menurut saya (saya pengendara motor dan mobil)

Jalan Umum:
1. Memang Sudah Terlalu Banyak Kendaraan
2. Kurang disiplinnya dan egoisnya para pengendara, baik itu mobil maupun motor
(contoh: kalau tersendat, tidak ada yg mau disiplin antri, salip sana salip sini yang buntutnya malah memperparah kondisi macet (terkait juga nomer 1)

Jalan Tol:
1. Memang Sudah Terlalu Banyak Kendaraan
2. Truk dan Tronton yang Terlalu Lambat dan Banyak yang bermasalah.
(solusi efektif adalah untuk pembatasan jam untuk truk besar dan tronton, misalnya dilarang lewat toll saat jam masuk dan jam pulang kantor) terbukti efektif seperti saat ASEAN berlangsung, jalan tol lancar, karena memang paling sering biang macet di tol adalah Truk/Trontono yg bermasalah, tidak mermasalahpun jalannya lambat, kadang memakan 2 dari 3 jalur)
Quote:Original Posted By renjanarose
sapa bilang jakarta macet, yg ada itu jalan kurang lancar dikit


HaHaHahahaha, sama aja gan itu mah

Quote:Original Posted By Dhika4
bagus sekali...

kenyataan macet parah tapi cuma dibilang padat & bergerak pelan Penyebab Kemacetan Jakarta Versi Kemenhub


biasa gan, ga terlalu dibesar2kan..

Quote:Original Posted By starindopro
yang penting itu solusi,

percuma tahu semua penyebab tapi ngk ada solusi,

kasih alternatif dunk, gimana klo gw ngk pake motor? adakah transportasi yang nyaman dan aman. jangan nyalain perempuan yang pake rok...


ane juga pake motor gan, tapi kan ga harus saling serobot2an n kebut2an..

Quote:Original Posted By jenius182
memang betul ngatasin masalah kemacetan tuh ga mudah dan butuh waktu ga sebentar juga.
butuh andil dari semua, pemerintah dan masyarakatnya...


bener gan, harus dimulai dari diri sendiri,

Quote:Original Posted By arielp
Penyebab Macet di Jalan menurut saya (saya pengendara motor dan mobil)

Jalan Umum:
1. Memang Sudah Terlalu Banyak Kendaraan
2. Kurang disiplinnya dan egoisnya para pengendara, baik itu mobil maupun motor
(contoh: kalau tersendat, tidak ada yg mau disiplin antri, salip sana salip sini yang buntutnya malah memperparah kondisi macet (terkait juga nomer 1)

Jalan Tol:
1. Memang Sudah Terlalu Banyak Kendaraan
2. Truk dan Tronton yang Terlalu Lambat dan Banyak yang bermasalah.
(solusi efektif adalah untuk pembatasan jam untuk truk besar dan tronton, misalnya dilarang lewat toll saat jam masuk dan jam pulang kantor) terbukti efektif seperti saat ASEAN berlangsung, jalan tol lancar, karena memang paling sering biang macet di tol adalah Truk/Trontono yg bermasalah, tidak mermasalahpun jalannya lambat, kadang memakan 2 dari 3 jalur)


semua pada beli motor n mobil dikarenakan enggan untuk naik angkutan umum gan, jujur aja ya gan, ane skrng ga tuh tarif angkot, soalnya selalu naik motor

Quote:Original Posted By nicolevicius
itulah kenapa ane pilih pindah aja dari jakarta...
muak liat macetnya kayak gitu...




ya ga harus pindah juga sih gan, bagaimana kalo ibukotanya aja yang dipindahin keluar pulau, ke papua / kalimantan gitu ? hehehe
kalau untuk cari penyebab kan dari dulu juga sudah pada tahu
yang ga pernah dilaksanakan hanya pengadaan transportasi massal
murah dan aman, bebas dari korupsi
ga mungkin ya?
solusinya jalannya di perluassss lagi gito
kemacetan di Jakarta terjadi oleh beberapa sebab, itu jawabnya
mrt cma 13 kilo
yg bekurang macetnya cma dari lebak bulus ke dukuh atas
kalo ane sih ga sanggup naik kendaraan umum skrg... rakyat kecil seperti saya disuruh naik kendaraan umum, dengan ongkos 18rb sehari? 18rb x 30 = 540 rb sebulan bwt ongkos? kl naik motor 10rb/3 hari = 100rb/30 hari... jelas motor lah..
ijin komen lagi ya gan,,,hehe,,,

ane tinggal d bandung, tiap hari ngampus pake motor.
jujur aja gan, ane cape naik motor. sama aja klo kena macet ya macet. paling-paling selap-selip. ya makan waktu juga.

andai ada transportasi masal yang aman, nyaman, ekonomis, dan tepat waktu, udah pasti tu motor ane jual deh. sayangnya moda transportasi d kita masih jauh dari memadai. ditambah sistem transportasi yang carut marut. ya alhasil macet kiamat gan. hehe

semoga pemerintah kita bener berani ngatasin kemacetan ini ya gan, toh kita sebagai masyarakat pasti ikut serta dan mendukung klo pemerintahnya bener2 mau. kan untuk kebaikan dan kenyamanan kita bersama.

×