Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016301027/dari-pilkada-ke-social-media-dengan-tarik-tambang
Dari Pilkada ke Social Media dengan Tarik Tambang
Dari Pilkada ke Social Media dengan Tarik Tambang

JAKARTA, KOMPAS.com - Momen pemilihan Gubernur DKI Jakarta 2012 yang menyisakan pasangan cagub dan cawagub Jokowi-Ahok dan Foke-Narawi, masih jadi perbincangan hangat di sosial media, terutama di Twitter. Untuk mengetahui popularitas para calon, ada sebuah situs web buatan lokal yang menjaring kicauan pengguna Twitter.

Perusahaan digital NoLimit dari Bandung baru saja meluncurkan situs web SocialMeter untuk mengukur aktivitas sosial media, Selasa (4/9/2012). Di dalamnya, ada aplikasi kecil berbasis web yang diberi nama Pilkada DKI 2012. Nah, aplikasi inilah yang menjaring percakapan cagub dan cawagub DKI Jakarta.

Khusus aplikasi Pilkada, NoLimit bekerjasama dengan Rolling Glory.

CEO NoLimit Aqsath Rasyid Naradhipa, mengatakan, cara kerja mesin SocialMeter di aplikasi Pilkada hanya menjaring percakapan berdasarkan kata kunci. Ia tidak menjaring positif atau negatifnya sebuah percakapan tentang pasangan cagub dan cawagub.

"Ada banyak kata kunci yang kita pakai di aplikasi Pilkada, antara lain Jokowi, Ahok, Foke, Narawi, Jakarta, dan masih banyak lagi," kata Aqsath saat dihubungi KompasTekno.

Tampilan antarmuka aplikasi situs web Pilkada cukup unik. Persentase popularitas dua pasangan calon gubernur dan wakil gubernur itu digambarkan melalui dua kelompok yang adu kuat bermain tarik tambang. Kelompok biru mendukung pasangan Foke-Narawi, dan kelompok merah mendukung Jokowi-Ahok.

"Di sini pengguna juga dapat melihat tweet-tweet yang berkaitan dengan Pilkada," tambah Aqsath.

Aplikasi Pilkada juga merangkum statistik harian popularitas pasangan cagub dan cawagub Jakarta, dengan mengklik tombol Menu. Di sana, Anda dapat melihat siapakah cagub yang paling ramai dibicarakan di Twitter, Jokowi atau Foke?

sumber

Ini gan webnya:
web
nasbung dan naskot pada ribut deh...

ane netral aja deh... keduanya bukan pilihan ane..
"lanjutkan "berarti pembiaran korupsi berlanjut di pemda DKI
ane perhati'in web nya kok prosentase nya jokowi ga naik" ya tetap aja 27%
sedang foke tiap saat berubah nilainya .....

web



================================================
setelah ane posting ini kok nilai jokowi langsung 29% dg 133 fans wkwkwkwkw
kocak juga nih gan .. tambah seru aje pilkada putaran 2!