Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016297509/kemendagri-e-ktp-tak-dipungut-biaya
Kemendagri: E-KTP Tak Dipungut Biaya
Kemendagri: E-KTP Tak Dipungut Biaya

Quote:JAKARTA, KOMPAS.com - Kapuspen Kementerian Dalam Negeri Reydonnyzar Moenek kembali menegaskan bahwa pembuatan kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP) tidak dipungut biaya.

"Jadi ada keluhan dari masyarakat di beberapa daerah mengenai dipungutnya biaya pada saat pembuatan e-KTP. Sekali lagi, kami tegaskan tidak ada pemungutan biaya itu," ujar Reydonnyzar Moenek di Jakarta, Rabu (5/9/2012).

Pada saat pembuatan e-KTP, baik sebelum dan sesudahnya, sama sekali tidak dipungut biaya. Begitu juga dengan biaya pengantaran.

"Tapi kalau ada yang sukarela dengan pertimbangan daripada dia mengambil sendiri, maka kami pun tidak bisa berbuat banyak," katanya. Menurut dia, setiap pemerintah daerah tidak berhak membebani pembuatan e-KTP kepada masyarakat.

Hingga saat ini, sudah 138 juta penduduk yang melakukan rekam data e-KTP. Angka tersebut naik dibandingkan pekan lalu sebanyak 133 juta jiwa.

Pemerintah menargetkan paling lambat pada Desember, sudah 172 juta jiwa penduduk yang melakukan rekam data e-KTP. Data e-KTP tersebut, nantinya akan diserahkan ke KPU sebagai data awal untuk penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada Pemilu 2014.


sumber


yang bener ????? dari dulu mah , ucapan sama praktek di lapangan 100% beda tuh

sengaja di perlama , kalau bagi yg sibuk kerja apa boleh buat terpaksa ngasi uang kopi juga . kecuali kalau minggu pnsnya aada kerja
wah kalo dikota ane soal program e-KTP gratis kan ada anggarannya..

tapi yg sering macet tuh pengadaannya... cacad semua sering rusak

ga tau kalo di kota laen, yg ane dger ada yg harus bayar kalo mau cepet..
Yang ada pungutan liar ama uang rokok, kopi dll yah pak
Udah maklum pak, sampe muak
Quote:Original Posted By Ryuu..

yang bener ????? dari dulu mah , ucapan sama praktek di lapangan 100% beda tuh

sengaja di perlama , kalau bagi yg sibuk kerja apa boleh buat terpaksa ngasi uang kopi juga . kecuali kalau minggu pnsnya aada kerja


perlu diketahui, para petugas entry data dan supervisor serta semua petugas yang terlibat dari OUTSOURCING lho, bukan pegawai kelurahan

nah masalah dimintain duit, ada 2 kasus yang sama (sama2 ditarikin duit) gw alami tapi beda urgensinya

yang pertama ditempat gw sendiri, pengurus RT justru yang narikin duit Rp20 ribu/org dan mewanti2 ke petugas e-KTP agar jangan ngomong2 ke warganya (bener2 Korupsi dah jadi budaya dr atas hingga grass root )

yang kedua ketika gw gi tugas ke pedalaman Bogor, di sebuah desa pd Kec Rumpin para warga ditarik iuran Rp10-15rb untuk menyewa kendaraan untuk mobilisasi penduduk ke kantor kecamatan yg jauh. Berhubung warganya >70% para petani atau peternak makanya biar gak terlalu lama meninggalkan ladang/sawah/peternekan mereka makanya disewakan truk untuk mengangkut mereka+dibelikan snack agar gak kelaparan
Wahhh... Jadi keingetan ane blum bikin e-KTP... Dulu berhalangan gan...
Btw klo buat e-KTP susulan dikenakan biaya ga ya...???
Nggak dipungut biaya ,

Cumak dimintai pengertiannya. .....
Quote:Original Posted By Khoontol
Nggak dipungut biaya ,

Cumak dimintai pengertiannya. .....


betul juga ini kata tersebut yg sering di sebut .........."sama2 pengertian"
Quote:Original Posted By Ryuu..
betul juga ini kata tersebut yg sering di sebut .........."sama2 pengertian"



Lhooo ... , dari dulu aku kan selalu betul , Ryu..
selain daripada ntu
masalahnya dah jadi belum sih e-ktpnya
sampe sekarang gak ada kabarnya nih
ane juga lom bikin E-KTP...

lupa mulu mau lapor nunggu kartunya jadi dulu deh, baru lapor.
iya deh kite2 ngarti tuh duit kagak masuk kas negoro, masuknya ke kantong2 penadah
di tempat ane bener, ... tadi pagi ane ambil itu e-ktp di kelurahan. Aktivasinya di kecamatan, dan harus datang sendiri karena pakai sidik jari.

... sejak pendataan sampai pengambilan dan aktivasi sama sekali tidak dipungut biaya, hanya menyerahkan ktp lama dan fotocopynya ketika mengambil di kelurahan... entahlah kalau nanti perpanjangan, ... karena disitu tertulis masa berlakunya sama dengan ktp lama, yaitu selama 5 lima tahun sejak dikeluarkan, ...

yang pasti, ketika antre pendataan lumayan nyebelin. ... ambil nomor jam 08.00 pagi, dapat giliran dipanggil jam 14.30. ... nah, ... disitulah keluar biaya buat makan, minum, ngopi, ngerokok, dan transportasi, ...

i love
Quote:Original Posted By anarsakus
di tempat ane bener, ... tadi pagi ane ambil itu e-ktp di kelurahan. Aktivasinya di kecamatan, dan harus datang sendiri karena pakai sidik jari.

... sejak pendataan sampai pengambilan dan aktivasi sama sekali tidak dipungut biaya, hanya menyerahkan ktp lama dan fotocopynya ketika mengambil di kelurahan... entahlah kalau nanti perpanjangan, ... karena disitu tertulis masa berlakunya sama dengan ktp lama, yaitu selama 5 lima tahun sejak dikeluarkan, ...

i love


masa berlaku 5 tahun O_o .......setau ane pas camatnya ngasi penyuluhan bilang e ktp seumur hidup . gak perlu perpanjang lagi O_o
Quote:Original Posted By Ryuu..
masa berlaku 5 tahun O_o .......setau ane pas camatnya ngasi penyuluhan bilang e ktp seumur hidup . gak perlu perpanjang lagi O_o


material/bahannya bagus seperti kartu kredit/kartu toll. tertanam chip di situ (ketauan waktu aktivasi ditaruh di atas alat mirip scanner kartu kredit chip/kartu toll)...

di bagian bawah ada tulisan "berlaku hingga: " gan, ... dihitung sejak ulang tahun di tahun e-ktp dikeluarkan hingga 5 tahun ke depan. sebagai contoh punya ane berlaku hingga tgl. xx-xx- 2017.
Quote:Original Posted By Khoontol
Nggak dipungut biaya ,

Cumak dimintai pengertiannya. .....


jadi inget dulu di kantor kecamatan saya, pasti bilangnya gini :

'Mas, tolong dibantu administrasinya ya '

sebenarnya ane gak perlu KTP tapi pemerintah yang perlu KTP ane
Memang tidak dipungut biaya, tapi prosesnya boleh dibilang lambat. Saya dan istri saya mengikuti proses pembuatan e-KTP pada hari yang sama, dan yang anehnya, milik saya sudah selesai, tapi milik istri saya belum selesai
lah jadi kemaren ane bayar duit administrasi itu apaan yak?
mana sampe sekarang belum jadi lagi..
Memang gratis E-KTP ane sampai sekarang belum siap
AMPE HARI INI GA JELAS EKTP UDAH JADI ATO BELON ,SAMA SEKALI GA ADA INFOOOO...PAYAHHHH.KORUP LAGI TUH ,bikin ktp cuman alasan biar bisa keluar apbd
×