Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016295876/ekonomiahli-energi-di-eropa-039geleng-geleng039-lihat-subsidi-bbm-di-ri
[Ekonomi]Ahli Energi di Eropa 'Geleng-geleng' Lihat Subsidi BBM di RI
Ahli Energi di Eropa 'Geleng-geleng' Lihat Subsidi BBM di RI

Jakarta - Para ahli energi di Eropa tak menyangka subsidi BBM yang diberikan pemerintah Indonesia kepada 248 juta jiwa rakyatnya mencapai Rp 300 triliun. Subsidi ini terlalu besar.

"Para ahli-ahli dan ilmuan energi di Eropa itu masih geleng-geleng lihat besarnya subsidi energi termasuk BBM. Karena mereka tahu Indonesia minyaknya sedikit, tidak juga negara kaya, tapi beri subsidi minyak besar sekali, mereka geleng-geleng," kata Wakil Menteri ESDM Rudi Rubiandini di Kantor Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM), Jakarta, Rabu (5/9/2012).

Diungkapkan Rudi, di negara-negara Eropa justru tidak memberikan subsidi BBM kepada rakyatnya, contoh di Norwegia, harga BBM di sana jika dikurskan dengan rupiah Rp 24.000 per liternya.

"Di Norwegia harga BBM-nya Rp 24.000 per liter, di mana dari harga tersebut, Rp 16.000 merupakan harga dasar, sedangkan Rp 8.000 merupakan pajak. Jadi tidak ada subsidi sepeser pun dari negara dari tiap liternya," ucap Rudi yang juga baru pulang dari lawatannya ke Norwegia dan Jerman.

Bandingkan dengan Indonesia, harga bensin premium Rp 4.500 per liter, besaran subsidi hampir Rp 4.500 per liter.

"Harga asli premium kan sekitar Rp 9.000-Rp 10.000 per liter, namun pemerintah jual Rp 4.500 per liter. Artinya pemerintah subsidi sekitar Rp 4.500 per liter," ucapnya.

Besaran subsidi yang mencapai Rp 300 triliun tentunya dana yang sangat besar. Menurut Rudi, daripada dibakar habis untuk kendaraan, alangkah baiknya jika sebagian subsidi tersebut digunakan untuk membangun infrastruktur energi lainnya yang lebih bersih dan terbarukan.
-----------------
Dulu mana telor apa ayam?

Pemerintah komitmen pembersihan korupsi atau subsidi dinaikin dulu?....:

Jikalau pemerintah komitmen pemberantasan koruptor.....yah rakyat pasti berdiri dibelakangnya.....
mana bisa dibandingin negara eropa sama indo
woyy, koq bawa - bawa telor ama ayam ? :

ane tersinggung nih :
yah gimana ga mau gede??

, orang mobil motor, boleh beli sebanyak2nya semakin banyak yg beli semakin banyak pendapatan pajak = semakin banyak yg bisa ditilep :

tiap hari rakyat macet2 PP sampe 6 jam juga dianggap biasa gubernur pengen lewat tinggal lawan arus.

cakepnya Indonesiaku
Quote:Original Posted By ayambonustelor
woyy, koq bawa - bawa telor ama ayam ? :

ane tersinggung nih :


kalo sapi kegedean om//..

vbot mandi sana udah sore :
Quote:Original Posted By ayambonustelor
woyy, koq bawa - bawa telor ama ayam ? :

ane tersinggung nih :


ah cemen loh gan.....gue aja saben hari bawa uler sama telor 2 biji.....


China yg Negara Komunis aja Harga Bensinnya hampir Rp. 12.000 per Liter...

Di Indonesia cuma Rp. 4.500 per liter... Lebih Parah dari Negara Komunis... Padahal Negara Komunis itu Identik dengan Subsidi...
Quote:Original Posted By tyrani


Besaran subsidi yang mencapai Rp 300 triliun tentunya dana yang sangat besar. Menurut Rudi, daripada dibakar habis untuk kendaraan, alangkah baiknya jika sebagian subsidi tersebut digunakan untuk membangun infrastruktur energi lainnya yang lebih bersih dan terbarukan.
-----------------
Dulu mana telor apa ayam?

Pemerintah komitmen pembersihan korupsi atau subsidi dinaikin dulu?....:

Jikalau pemerintah komitmen pemberantasan koruptor.....yah rakyat pasti berdiri dibelakangnya.....


[Ekonomi]Ahli Energi di Eropa 'Geleng-geleng' Lihat Subsidi BBM di RI

[Ekonomi]Ahli Energi di Eropa 'Geleng-geleng' Lihat Subsidi BBM di RI

[Ekonomi]Ahli Energi di Eropa 'Geleng-geleng' Lihat Subsidi BBM di RI


subsidi ditarik, Jepang bakalan mencak2 ga bs jualan barang...kayak ente ga tau aja, kita kan dari dulu mpe sekarang masih dikangkangin jepun

Quote:Original Posted By Akulahakula.
mencak mencak napa om..? emang ada korelasi nya kah..?


waaahhh... masa ente ga tau, belagak bloon ahhh...

beberapa indikator
[url]http://finance.detik..com/read/2012/05/22/103916/1921504/4/jepang-masih-paling-rajin-kasih-utang-ke-ri[/url]

http://otomotif.antaranews.com/berit...terbesar-asean

gimana ?? ^_^
mereka akanlebih geleng geleng lagi kalo lihat jumlah remunerasi yang sampe 50 T buat pns gak berguna
ane dukung BBM di naikan harganya... karena banyak penyimpangan penyimpangan di balik subsidi BBM... menurut ane yang perlu di subsidi itu hanya transportasi masaal ajah sama sembako... rakyat miskin hanya butuh sembako... tidak butuh hape bagus. tidak butuh mobil bagus dll... just sembako murah...
Quote:Original Posted By sieghart_102
ane dukung BBM di naikan harganya... karena banyak penyimpangan penyimpangan di balik subsidi BBM... menurut ane yang perlu di subsidi itu hanya transportasi masaal ajah sama sembako... rakyat miskin hanya butuh sembako... tidak butuh hape bagus. tidak butuh mobil bagus dll... just sembako murah...


nyatanya harga sembako dipengaruhi harga bbm gan..

kalo ane sendiri sih ga punya kendaraan jadi ga pakai BBM..

ga peduli, tapi kalo harga bbm naik, pasti harga2 lain ikut naik...
Quote:Original Posted By tyrani
ah cemen loh gan.....gue aja saben hari bawa uler sama telor 2 biji.....




kalo telor yang ituh nggak bisa dijadiin telor ceplok gan
Quote:Original Posted By Viblatol
nyatanya harga sembako dipengaruhi harga bbm gan..

kalo ane sendiri sih ga punya kendaraan jadi ga pakai BBM..

ga peduli, tapi kalo harga bbm naik, pasti harga2 lain ikut naik...


tapi kmaren harga BBM gak jadi naik kok harga yg dah naik kagak ada yang mo turun ya ?
kok masyarakat gak ada yg berani protest ya ke spekulan yang dah naikkin harga ? : :
Dinegara ini,
Naikin BBM 500 rupiah aja udah heboh
di demo sekalian dipolitisasi

Selain itu,
Ane gk percaya produksi BBM kita lebih kecil dari pemakaian BBM Nasional

Ada yang bisa bawa data gk untuk mematahkan kepercayaan ane ?
In suatu bukti dan indikasi kuat bahwa pemerintah Indonesia dan DPR sangat mencintai rakyatnya
cabut aja lah subsidi
bosen tiap taon kalo ada infrastruktur bobrok pemerintah selalu ngeles "subsidi bbm terlalu besar"
pasti para pengamat eropa akan heran kalau misal pemerintah bersih dan kita bisa ngolah minyak mentah sendiri, dari dulu harga bbm bakalan susah naiknya
Quote:Original Posted By Viblatol
nyatanya harga sembako dipengaruhi harga bbm gan..

kalo ane sendiri sih ga punya kendaraan jadi ga pakai BBM..

ga peduli, tapi kalo harga bbm naik, pasti harga2 lain ikut naik...


Selama ini kebanyakan orang percaya jika harga BBM naik maka semua harga kebutuhan akan naik
Pertanyaannya apakah semuanya harus naik? atau menaikkan harga seolah menangambil kesempatan dalam kesempitan

Menurut ane, meski BBM naik kalau infrastruktur baik, harga barang-barang itu akan turun (mestinya)
jangan kate ente yang baru pertama liat anggaran subsidi, ane aja yang tiap ngerasain disubsidi masih geleng2.

Btw , langkah pemerintah untuk menaikan pendapatan kurang sih

Yah subsidi solusinya...Btw , subsidi duit siapa hayoo ?
Ane setuju subsidi dicabut, toh nantinya masyarakat terpaksa beradaptasi dengan sendirinya... Kagak usah disuapin mulu...
×