alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016295291/pt-pegadaian-menghilangkan-barang-gadai
PT Pegadaian Menghilangkan Barang Gadai
Assalamu'alaikum agan2 yang jago hukum, ane mau tanya dikit nih.

Tadi barusan ane mau nebus barang di pegadaian. Pas di cek petugas ternyata barang saya itu hilang. Barang tersebut berupa gelang emas yang nilai taksirnya pada saat akad 4,8 juta. Bukan dari aspek nilai yang saya tekankan di sini, tetapi emas tersebut ada nilai historisnya. Mereka hanya mau mengganti 5 juta saja uang cash atas kehilangan barang tersebut sedangkan jika di cari nilai sebenarnya harga emas tersebut tidak lagi segitu.

Sebenarnya ada tidak sih undang-undang yang mengatur berapa ganti rugi dari pihak pegadaian. Dan juga gelang ini tidak di asuransikan oleh pihak mereka. Gimana gan solusinya
waduhh...sebenarna tuh pegadaian bisa dituntut..
membahayakan orang aja sih

coba agan tengok2 Pasal 1150 s.d. Pasal 1160 Kitab undang-undang Hukum Perdata (KUH Perdata) , itu adalah sumber tentang seputar hukum gadai..
maap yee gan cari sendiri, ane bantu keywordna aja... emoticon-Big Grin
semoga kasusna cepat teratasi gann..
jangan putus asa dulu sebelum menemukan point di Kitab KUH Perdata
good luck emoticon-Angkat Beer
salah kamar gan kalo bikin thread disini
coba ente bikin thread di forum SURAT PEMBACA
btw kok bisa bgitu pegadaian bisa menghilangkan barang yg digadai emoticon-Bingung (S)
dari cabang mana tuh gan?
kalo barang yang digadaiakan itu full asuransinya karena kerampokan , kebakaran dll maka diganti 100 % sesuai nilai barangnya,

tapi kalo hilang karena kelalaian petugas ya itu tanggung jwb petugas terkait gan, minta gantinya harus sesuai detil yang agan minta tuh, klo nggak mau bisa tuh petugasnya dilaporin ke pusat.

soalnya itu tanggung jawab penuh petugas/pegawai terkait dalam melaksanakan tugas sehari" gan.
kurang ajar banget tuh


PT Pegadaian Menghilangkan Barang Gadai
walan pengadaian abal2 dn gila itu ,msti d usut dn tuntut k bag hukum tuh ..
ini mah bukan Menyelesaikan Masalah tanpa Masalah

tapi Gak Menyelesaikan Masalah Tapi Menambah Masalah namanya emoticon-Cape d... (S) emoticon-Cape d... (S)
tuntut ja gan,,,,oknum ga bertanggung jwb ituemoticon-Cape d... (S)emoticon-Cape d... (S)emoticon-Cape d... (S)
Quote:Original Posted By yosiro
Assalamu'alaikum agan2 yang jago hukum, ane mau tanya dikit nih.

Tadi barusan ane mau nebus barang di pegadaian. Pas di cek petugas ternyata barang saya itu hilang. Barang tersebut berupa gelang emas yang nilai taksirnya pada saat akad 4,8 juta. Bukan dari aspek nilai yang saya tekankan di sini, tetapi emas tersebut ada nilai historisnya. Mereka hanya mau mengganti 5 juta saja uang cash atas kehilangan barang tersebut sedangkan jika di cari nilai sebenarnya harga emas tersebut tidak lagi segitu.

Sebenarnya ada tidak sih undang-undang yang mengatur berapa ganti rugi dari pihak pegadaian. Dan juga gelang ini tidak di asuransikan oleh pihak mereka. Gimana gan solusinya


wah gawat tuh, baca klausul aturan tentang barang hilang pasti ada disitu, kalo gak salah sih diganti 10 kali nilai barang.....di buat panjang aja gan....
ane sih cuman nyumbang doa aja gan biar ini masalah cepet kelar
Quote:Original Posted By ag6966nh
wah gawat tuh, baca klausul aturan tentang barang hilang pasti ada disitu, kalo gak salah sih diganti 10 kali nilai barang.....di buat panjang aja gan....


iya gan, klo kita menuntut balik barang kita seharusnya diganti 10x lipat dari harga gadai nya.
Masuk forum melek hukum gan, disana banyak sesepuh dan senior KaskUs yang bisa bantu agan, harusnya kita bisa tuntut balik itu emoticon-Big Grin
Quote:
***************************************
ane kagak tau beginian gan, sundul aja lah, biar ada yang bantu

emoticon-Sundul: emoticon-Sundul:
Quote:

ANE DEMEN NIH YANG BEGINIAN emoticon-Cool

Quote:MAMPIR JUGA GAN
yang sering erep2/tindihan/sleep paralysis
google ternyata mendukung maho
Misteri "UFO" Area 51 Akan Diungkap dalam Semalam
Baca Kondisi Kesehatan Tubuh Lewat Wajah
Menjaga Satwa, Menyambung Hidup
Senjata Indonesia Laku Keras
coba gan baca ulang aturan/perjanjian yg ada di kertas kwitansi(bukti gadai)
agan menuntut sesuai yg tertera di perjanjian itu aja gan...
ane paham gan, mungkin nilai historis tdk akan tergantikan, emoticon-Frown
tp daripda agan tidak diganti malah lebih sedih lagi,,
oke gan smoga bs menjd peajaran kita ke depan untuk lebih hati2
cara kekeluargaan aja nyelesaiinnya gan, enaknya sih gini, agan n oknum itu ke toko emas, trus agan pilih deh emas yg mirip dengan emas agan itu dengan kadar n berat yang sama. beres deh. itu juga kalo semua sama2 ngerti. semoga cepet kelar emoticon-Add Friend (S)
Selalu ada cara Musyawarah untuk meyelesaikan setiap perkara, alangkah baiknya jika sebelum melakukan akad, sipeminjam agar lebih teliti membaca pasal2 perjanjian yang tertulis, untuk menghindari slah paham, bila mana ada hal yg tidak di inginkan..


Terima Kasih emoticon-Blue Guy Cendol (L)
baca aturan d blkng sbk/sbr nya aja gan..
trs baru lakukan tindakan selanjut nya..
dituntut aja gan,
nanti malah gitu terus kalo gak dituntut.
coba ente lapor ke YLKI.
emoticon-Cool
saran aja ... coba agan tanya ke ahli hukum gan
btw ... ane ikut prihatin

Mau kaos kaskus gratis ?? .... Masuk sini gan
tuntut balit tuh bisa gan
×