Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016295143/siapa-itu-munir
Siapa itu Munir?
Siapa itu Munir?

Dengan nama lengkap Munir Said Thalib, (alm) Munir lahir di Malang, Jawa Timur pada 8 Desember 1965 dan meninggal pada 7 September 2004 di pesawat Garuda Jakarta-Amsterdam yang transit di Singapura. Ia meninggal karena terkonsumsi racun arsenik dalam penerbangan menuju Belanda untuk melanjutkan studi masternya di bidang hukum. Pria keturunan Arab lulusan Fakultas Hukum Universitas Brawijaya ini merupakan seorang aktivis dan pejuang HAM Indonesia. Ia dihormati oleh para aktivitis, LSM, hingga dunia internasional.

Tanggal 16 April 1996, Munir mendiriikan Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Kekerasan (KontraS) serta menjadi Koordinator Badan Pekerja di LSM ini. Di lembaga inilah nama Munir mulai bersinar, saat dia melakukan advokasi terhadap para aktifis yang menjadi korban penculikan rejim penguasa Soeharto. Perjuangan Munir tentunya tak luput dari berbagai teror berupa ancaman kekerasan dan pembunuhan terhadap diri dan keluarganya. Usai kepengurusannya di KontraS, Munir ikut mendirikan Lembaga Pemantau Hak Asasi Manusia Indonesia, Imparsial, di mana ia menjabat sebagai Direktur Eksekutif.

Saat menjabat Koordinator KontraS namanya melambung sebagai seorang pejuang bagi orang-orang hilang yang diculik pada masa itu. Ketika itu dia membela para aktifis yang menjadi korban penculikan Tim Mawar dari Kopassus yang dipimpin oleh Prabowo Subianto (Ketum GERINDRA). Setelah Suharto jatuh, penculikan itu menjadi alasan pencopotan Danjen Kopassus (waktu itu) Prabowo Subianto dan diadilinya para anggota Tim Mawar.

Atas perjuangannya yang tak kenal lelah, dia pun memperoleh The Right Livelihood Award di Swedia (2000), sebuah penghargaan prestisius yang disebut sebagai Nobel alternatif dari Yayasan The Right Livelihood Award Jacob von Uexkull, Stockholm, Swedia di bidang pemajuan HAM dan Kontrol Sipil terhadap Militer di Indonesia. Sebelumnya, Majalah Asiaweek (Oktober 1999) menobatkannya menjadi salah seorang dari 20 pemimpin politik muda Asia pada milenium baru dan Man of The Year versi majalah Ummat (1998).

Kasus-Kasus Penting yang Pernah ditangani Munir

Penasehat Hukum masyarakat Nipah, Madura, dalam kasus permintaan pertanggungjawaban militer atas pembunuhan tiga petani Nipah Madura, Jawa Timur; 1993

Penasehat Hukum Sri Bintang Pamungkas (Ketua Umum PUDI) dalam kasus subversi dan perkara hukum Administrative Court (PTUN) untuk pemecatannya sebagai dosen, Jakarta; 1997

Penasehat Hukum Muchtar Pakpahan (Ketua Umum SBSI) dalam kasus subversi, Jakarta; 1997

Penasehat Hukum Dita Indah Sari, Coen Husen Pontoh, Sholeh (Ketua PPBI dan anggota PRD) dalam kasus subversi, Surabaya;1996

Penasehat Hukum mahasiswa dan petani di Pasuruan dalam kasus kerusuhan PT. Chief Samsung; 1995

Penasehat Hukum bagi 22 pekerja PT. Maspion dalam kasus pemogokan di Sidoarjo, Jawa Timur; 1993

Penasehat Hukum DR. George Junus Aditjondro (Dosen Universitas Kristen Satyawacana, Salatiga) dalam kasus penghinaan terhadap pemerintah, Yogyakarta; 1994

Penasehat Hukum dalam kasus hilangnya 24 aktifis dan mahasiswa di Jakarta; 1997-1998 –> [Danjen Koppasus]

Penasehat Hukum dalam kasus pembunuhan besar-besaran terhadap masyarakat sipil di Tanjung Priok 1984; sejak 1998

Penasehat Hukum kasus penembakan mahasiswa di Semanggi, Tragedi 1 dan 2; 1998-1999

Anggota Komisi Penyelidikan Pelanggaran HAM di Timor Timur; 1999

Penggagas Komisi Perdamaian dan Rekonsiliasi di Maluku


Penasehat Hukum dan Koordinator Advokat HAM dalam kasus-kasus di Aceh dan Papua (bersama KontraS)

Dan masih banyak sekali kontribus (alm) Munir dalam penanganan kasus-kasus yang menyangkut pembelaan Hak Asasi Manusia dan Masyarakat Sipil yang tidak bisa disebutkan satu persatu.

*Kasus yang di’bold‘ merupakan dugaan-dugaan saya para pelaku [pihak yang merasa akan dirugikan oleh Munir] dibalik pembunuhan Munir. Mereka merasa ‘suara’ Munir yang membela para korban kekersaan dan kekejaman terlalu berbahaya bagi eksistensi kekuasan mereka.

Kronologi Kematian Munir

Tiga jam setelah pesawat GA-974 take off dari Singapura, awak kabin melaporkan kepada pilot Pantun Matondang bahwa seorang penumpang bernama Munir yang duduk di kursi nomor 40 G menderita sakit. Munir bolak balik ke toilet. Pilot meminta awak kabin untuk terus memonitor kondisi Munir. Munir pun dipindahkan duduk di sebelah seorang penumpang yang kebetulan berprofesi dokter yang juga berusaha menolongnya. Penerbangan menuju Amsterdam menempuh waktu 12 jam. Namun dua jam sebelum mendarat 7 September 2004, pukul 08.10 waktu Amsterdam di Bandara Schipol Amsterdam, saat diperiksa, Munir telah meninggal dunia.

Pada tanggal 12 November 2004 dikeluarkan kabar bahwa polisi Belanda (Institut Forensik Belanda) menemukan jejak-jejak senyawa arsenikum setelah otopsi. Hal ini juga dikonfirmasi oleh polisi Indonesia. Belum diketahui siapa yang telah meracuni Munir, meskipun ada yang menduga bahwa oknum-oknum tertentu memang ingin menyingkirkannya.

Persidangan Pembunuhan Munir

Pada 20 Desember 2005 Pollycarpus Budihari Priyanto dijatuhi vonis 14 tahun hukuman penjara atas pembunuhan terhadap Munir. Hakim menyatakan bahwa Pollycarpus, seorang pilot Garuda yang sedang cuti, menaruh arsenik di makanan Munir, karena dia ingin mendiamkan pengkritik pemerintah tersebut. Hakim Cicut Sutiarso menyatakan bahwa sebelum pembunuhan Pollycarpus menerima beberapa panggilan telepon dari sebuah telepon yang terdaftar oleh agen intelijen senior, tetapi tidak menjelaskan lebih lanjut.

Lalu pada 6 Juni 2008, mantan Komandan Kopassus TNI Angkatan Darat dan juga mantan Deputi BIN, Mayor Jenderal (Purn) Muchdi Purwoprandjono ditangkap oleh polisi sebagai tersangka pembunuhan Munir. Selama beberapa bulan persidangan, akhirnya pada tanggal 31 Desember 2008, majelis hakim PN Jakarta Selatan memvonis bebas Muchdi Pr.




sumber: http://nusantaranews.word press.com/2...ham-indonesia/


referensi lain: http://www.kaskus.co.id/showthread.php?t=12541854
[url]http://news.detik..com/tokoh/427/0/munir-said-thalib[/url]
http://www.kontras.org/munir/biografi.php



[size=+4]MENOLAK LUPA![/size]
didedikasikan kepada ababil2 yang ga tau siapa itu Munir
konon katanya PANCASILA aja lupa

munir.. oh munir HAM siapa yang di bela ?

giliran alat negara yg di "siksa" teroris mereka diem aja

giliran teroris kena senggol aja langsung triak kencang kalo itu melanggar HAm
kayanya kasusnya ga bakalan terungkap nih. soalnya menyangkut org2 besar pemerintahan...
Quote:Lalu pada 6 Juni 2008, mantan Komandan Kopassus TNI Angkatan Darat dan juga mantan Deputi BIN, Mayor Jenderal (Purn) Muchdi Purwoprandjono ditangkap oleh polisi sebagai tersangka pembunuhan Munir. Selama beberapa bulan persidangan, akhirnya pada tanggal 31 Desember 2008, majelis hakim PN Jakarta Selatan memvonis bebas Muchdi Pr .

kok bisanya si eksekutor (poly) di hukum 14thn (cuma seorang pilot yg ga ada sangkut paut pekerjaannya dengan munir) sedangkan muchdi otak pelaku kejahatan malah di hukum bebas

malah si muchdi pr sekarang jadi salah satu petinggi partai gerindong

"ngeri...ngeri... sedap itu barang"
Munir...
jadi inget kasus penemuan kuburan massal di Manggamat Aceh Selatan tahun 2003 lalu ditemukan kuburan massal, doi ma MM Bilah antusias banget menuduh kalau itu korban pembunuhan massal TNI.
Tapi begitu di cek dan di periksa oleh PMI dan kesaksian masyarakat baru jelas klau itu korban pembantaian massal oleh GAM.
gagal deh dapet "honor" dr negara donor karena obyekan menyudutkannya gagal

habis itu ??? doi gak koment apa2 atau minta maap dah nuduh2 sembarangan aja
Konspirasi tingkat tinggi..
Hanya org2 tinggi yg tau jawabannya..
lagi2 trit soal mahluk jadi2an ini
apa gunanya sih mengingat2 orang ini?
Quote:Original Posted By Uthe18
Munir...
jadi inget kasus penemuan kuburan massal di Manggamat Aceh Selatan tahun 2003 lalu ditemukan kuburan massal, doi ma MM Bilah antusias banget menuduh kalau itu korban pembunuhan massal TNI.
Tapi begitu di cek dan di periksa oleh PMI dan kesaksian masyarakat baru jelas klau itu korban pembantaian massal oleh GAM.
gagal deh dapet "honor" dr negara donor karena obyekan menyudutkannya gagal

habis itu ??? doi gak koment apa2 atau minta maap dah nuduh2 sembarangan aja


ya gue inget kejadian itu


hahaha.

.
pernah denger sih, katanya semasa kuliah Munir (alm) adalah intel atau binaan kodam yg di susupkan ke dunia kampus..dan selanjutnya agan2 skalian tahu gimana perjalanan hidup Munir (alm) sampe dia meninggal di pesawat Garuda.
Oleh karena itu, karena Munir (alm) di anggap paham mengenai rahasia2 militer serta rahasia2 yang dianggap membahayakan negara, beliau pun akhirnya di"bungkam"...
Tetanggaku ada yang namanya munir han. Wkwkwk
Quote:Original Posted By skuteris76
pernah denger sih, katanya semasa kuliah Munir (alm) adalah intel atau binaan kodam yg di susupkan ke dunia kampus..dan selanjutnya agan2 skalian tahu gimana perjalanan hidup Munir (alm) sampe dia meninggal di pesawat Garuda.
Oleh karena itu, karena Munir (alm) di anggap paham mengenai rahasia2 militer serta rahasia2 yang dianggap membahayakan negara, beliau pun akhirnya di"bungkam"...

Setauku di aktifis salah satu lsm gan
Quote:Original Posted By fearview
ya gue inget kejadian itu


hahaha.

.

Bagus gan kalo inget hahah
KOMENG TS MANA?
Gw taunya Munaroh si janda dr desa sukamakmur
Quote:Original Posted By skuteris76
pernah denger sih, katanya semasa kuliah Munir (alm) adalah intel atau binaan kodam yg di susupkan ke dunia kampus..dan selanjutnya agan2 skalian tahu gimana perjalanan hidup Munir (alm) sampe dia meninggal di pesawat Garuda.
Oleh karena itu, karena Munir (alm) di anggap paham mengenai rahasia2 militer serta rahasia2 yang dianggap membahayakan negara, beliau pun akhirnya di"bungkam"...


Katanya... tapi ya dibungkamnya memang karena bawa file rahasia. Siapapun orangnya, pasti dibungkam jugalah.
Munir aja ampe sekarang tetap hangat beritanya..

gimana klo Ahok ampe ada yg ngerjain ya..?
Quote:Original Posted By mastertonjay
konon katanya PANCASILA aja lupa

munir.. oh munir HAM siapa yang di bela ?

giliran alat negara yg di "siksa" teroris mereka diem aja

giliran teroris kena senggol aja langsung triak kencang kalo itu melanggar HAm


bener bung, dia itu bahkan gak paham apa itu Pancasila, matinyapun cocok lah pakai racun.
HAM yg dia bela itu ya HAM kepentingan barat


Quote:Original Posted By Uthe18
Munir...
jadi inget kasus penemuan kuburan massal di Manggamat Aceh Selatan tahun 2003 lalu ditemukan kuburan massal, doi ma MM Bilah antusias banget menuduh kalau itu korban pembunuhan massal TNI.
Tapi begitu di cek dan di periksa oleh PMI dan kesaksian masyarakat baru jelas klau itu korban pembantaian massal oleh GAM.
gagal deh dapet "honor" dr negara donor karena obyekan menyudutkannya gagal

habis itu ??? doi gak koment apa2 atau minta maap dah nuduh2 sembarangan aja


Munir gt loh,dmata die tentara always wrong
Ga penting jg ni orang
MUNIR ITU KAFIR,
ANTEK PEJUANG HAM,
ANTEK PLURALISME,
ANTEK KESETARAAN GENDER,
ANTEK LIBERAL,
ANTEK ANTI KORUPSI,
MUNIR ITU KAFIR
siapakah yang membunuh munir
×