alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016294463/vitamin-d-dari-sinar-matahari-bantu-obati-tb
Vitamin D dari Sinar Matahari Bantu Obati TB
Dapat pulih lebih cepat dengan kerusakan paru yang berkurang.

Sebuah studi terbaru menemukan, vitamin D dapat membantu tubuh melawan infeksi tuberkulosis (TB).

Dengan cara tersebut memungkinkan pasien pulih lebih cepat dari penyakit tersebut. 



Studi yang dipimpin oleh para peneliti di Queen Mary, University of London, Inggris, menunjukkan bahwa dosis tinggi vitamin D, selain diberikan kepada pasien TB yang menjalani pengobatan antibiotik dapat pulih lebih cepat.



Temuan menunjukkan, bahwa dosis tinggi vitamin D dapat meredam respon tubuh terhadap peradangan akibat infeksi dengan lebih sedikit kerusakan paru-paru. 



Selain merangsang pemulihan, hasil studi juga menunjukkan bahwa suplemen vitamin D dapat membantu pasien sembuh lebih baik dari penyakit lain seperti pneumonia.



"Temuan ini sangat signifikan. Studi ini menunjukkan bahwa vitamin D mungkin memiliki peran dalam mempercepat penyelesaian respons inflamasi pada pasien TB," kata Dr Adrian Martineau, dosen senior dalam infeksi pernafasan dan kekebalan di Institut Blizard, yang memimpin penelitian.



"Hal ini penting, karena kadang-kadang respons inflamasi dapat menyebabkan kerusakan jaringan yang mengarah ke pengembangan rongga di paru-paru. Jika kita dapat membantu rongga untuk menyembuhkan lebih cepat, maka kemungkinan kerusakan paru-parunya juga bisa berkurang, " imbuhnya.



Peneliti secara acak memilih 95 pasien TB yang menjalani pengobatan antibiotik standar menjadi dua kelompok: selama delapan minggu pertama pengobatan mereka, 44 menerima dosis tinggi tambahan vitamin D, sementara 51 menerima plasebo. 



Mereka kemudian mengukur kadar penanda peradangan dalam sampel darah yang diambil dari pasien untuk menentukan efek vitamin D pada respons kekebalan tubuh. 



"Kami menemukan, bahwa sejumlah besar dari penanda inflamasi turun lagi dan lebih cepat pada pasien yang menerima vitamin D," kata Dr Anna Coussens di MRC 's National Institute for Medical Research, yang berkolaborasi dalam studi tersebut. 



Para peneliti juga menemukan bahwa Mycobacterium tuberculosis, yang menyebabkan TB, dibersihkan dari dahak lebih cepat pada pasien yang mengonsumsi vitamin D. 

Studi ini akan dipublikasikan minggu ini dalam Prosiding National Academy of Sciences dari Amerika Serikat.


Sumber : http://www.beritasatu.com/kesehatan/...-obati-tb.html
Thanks atas share info yg bermanfaat ky gini gan.. emoticon-Matabelo
wah memang mantap ya gan akwkawkaw
pelajaran banget gan, nice info gan emoticon-Big Grin
emoticon-Matabelo wow sinar matahari bs ngobati paru paru

Trit ane nih gan : [No Sara] Jakarta Di Serang ISU SARA Lagi



makasih gan sharenya emoticon-Matabelo



Best Regards,
WSSChanger
Info yg bermanfaat gan, emoticon-Matabelo
×