alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016294165/wisata-kuliner-di-kab-tulungagung
Wisata kuliner di Kab. Tulungagung
Sebagai rakyat Indonesia kita harus bangga dengan keragaman budaya yg ada di negeri kita yg tercinta ini.

Berhubung saya wong asli Tulungagung dan saya juga jarang pulang ke rumah , saya akan mengenalkan keragaman kuliner yg ada di Kab. Tulungagung yg dijamin ga kalah dengan kuliner dari daerah lain.


Spoiler for Ini sompil makanan kesukaan ane:


Quote:

Sate dan Gule Kambing
Sate Tulungagung berbeda dengan sate Madura dan sate Ponorogo, yang bumbunya mengandung kacang, tetapi malah memakai bumbu garam, merica, petis, kecap dan ditaburi irisan bawang merah dan daun jeruk. Sehingga rasanya memang khas Tulungagungan.

Nasi Lodho Tulungagung
Ayam dimasak kuah dengan bumbu kuning, dan biasanya dimasak pedas.

Kerupuk Gadung
Kerupuk yg terbuat dari ketela gadung, jika tidak dimasak dengan benar bisa menyebabkan keracunan( ati – ati ).

Soto Ayam Kampung Tulungagung
Warung terlaris ada di Sepanjang jalan Perempatan Cuiri ke Selatan

Sompil
Lontong diiris dicampur sayur lodeh dan diberi bubuk kedelai.

Cenil
dibuat dari tepung ketela digiling biasanya dimakan bersama gula merah cair.

Kerupuk Rambak Tulungagung
Produksi kulit sapi terbanyak ada di seputaran Botoran Panggungrejo kota,Sembung.

Gethuk
singkong rebus yang dihaluskan dan dicampur dengan gula ditaburi parutan kelapa diatasnya

Srondeng
parutan kelapa digoreng kadang-kadang buat campuran dendeng sapi atau empal.

Jenang Grendol
makanan terbuat dari tepung kanji yg biasanya dihidangkan seperti bubur sumsum (ditambah santan ).

Geti
terbuat dari wijen kadang-kadang dicampur kacang.

Kopi Cethe
ampas kopi yang dijadikan bahan pengoles rokok ( kesukaan bapak – bapak nih )
Punten Pecel
lontong yg terbuat dari ketan dan santan dan dibumbui dengan bumbu pecel.

Capar Tape / Pecel Tape
tape yang terbuat dari ketela pohon, dicampur toge, kemudian disiram sambal pecel.

Sego Bantingan
Nasi yang sudah dibungkus dijual secara murah meriah ( kalau di tempat lain disebutnya nasi kucing ).



Maaf ga bisa nampilin gambarnya, karena memang sulit ditemuin di internet.
Jadi kalian bayangin aja sendiri gimana bentuk dan rasanya.

Dan waktu kalian main ke Tulungagung kalian ga usah bingung kalau mau icip – icip kuliner khas yg ada di kabupaten ini.
Karena Tulungagung termasuk daerah yg katrok, jadi masih banyak orang yg jualan kuliner tradisional khas daerah ini.

sumber <---- blog ane sendiri gan
Pertamax di trit sendiri emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin
kirain Sego bantingan = nasi yg dibanting2 dulu gan emoticon-Hammer (S)

Quote:Original Posted By nicodemus.adi.k
kirain Sego bantingan = nasi yg dibanting2 dulu gan emoticon-Hammer (S)


Emangnya mouse nge hang gan , dibanting
kok sepi banget ya ??? emoticon-Bingung
bantu emoticon-Sundul Up

Wisata kuliner di Kab. Tulungagung
gethuk kayaknya enak ya gan emoticon-Blue Guy Smile (S)
makasih info nya gan


wah2 boleh nih bwt referensi emoticon-thumbsup




Best Regards,
WSSChanger
kalo tulungagung hobiku nakam di
WARUNG'e MAK'e
depan pasar burung.
pas bolos , sekalian nampang deket SMEA tuh..
emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
emoticon-Matabelo ajib-ajib makanannya,,kbtln ane pernah diceritain tmn yang pernah main ksn
mau tanya gan ada yang tau nomor kontak sewa motor tulung agung
sms ane gan 0882 160 81505
thx gan
vvaduh makanannya berpotensi meluluhlantakan rencana dietemoticon-Frown