alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016293339/sinar-matahari-buatan

SInar matahari buatan

Di Italia, ada sebuah desa yang menarik wisatawan karena keunikannya. Bayangkan saja, desa yang ada di dalam lembah ini memiliki matahari sendiri. Bukan main
SInar matahari buatan
Viganella adalah sebuah desa yang terdapat di dasar lembah yang ada di Piedmont, Provinsi Verbano-Cusio-Ossola, Italia. Hampir sepanjang tahun, desa ini tidak pernah disinari oleh matahari seperti wilayah lainnya di dunia. Pada saat musim dingin datang, masyarakat Viganella bisa merasakan dingin yang luar biasa.
SInar matahari buatan
Sinar dari matahari buatan
SInar matahari buatan
Ide cemerlang muncul dari kepala Giacomo Bonzani, arsitek yang mencoba membuatkan matahari untuk Viganella. Awalnya, banyak kalangan yang membatah ide sang arsitek karena dinilai mustahil. Namun, Giacomo telah memuktikannya dengan mewujudkan semua yang ada di kepalanya tersebut.
"Tapi saya yakin. Saya percaya pada ilmu fisika," ungka Bonzani yang dikutip oleh detikTravel dari Oddity Central, Senin (16/7/2012).
SInar matahari buatan
Bonzani membuat cermin raksasa yang bisa memantulkan cahaya matahari ke arah desa yang ada di dasar lembah. Cermin raksasa ini kemudian dijuluki oleh masyarakat Viganella sebagai matahari buatan.

Cermin tersebut dikendalikan oleh perangkat lunak komputer agar bisa melacak di mana sumber matahari dan bisa memantulkannya secara otomatis ke arah desa. Tidak hanya masyarakat Viganella saja yang bisa merasakan dampak dari sinar matahari tersebut, tapi juga para wisatawan yang penasaran atas ide kreatif ini.
Ilustrasi keberadaan desa dan proses pemantulan sinar
Selain berfungsi menyinari desa, ternyata matahari buatan juga sudah menjadi destinasi wisata. Pengunjung yang datang tidak hanya dari Italia saja, tapi juga dari mancanegara. Lembah ini memiliki pemandangan yang sangat cantik lengkap dengan hawanya yang sejuk. Masyarakat Viganella juga sangat ramah dengan para pengunjung yang datang.
benar-benar kreatip si Bonzani ini... emoticon-2 Jempol
Hhahaha ada ada aja,, kurang ya 12 jam matahari? emoticon-Cape d... (S)
Kreatif Banget tuh orang..
keren deh..

Gimana kalo hari hujan tu Gan..
apa gak rusak alat2 nya ?
mungkin selama ini ga dapet sinar matahari paling ya hehehehe
Double Post Pula.. maaf..
wuiiih keren banget teknologinya emoticon-Matabelo
mantab
Quote:Original Posted By kernel19
mantab


lagi lagiemoticon-Cendol (S)
wah kreatif ya gan,,emoticon-Matabelo
mantap banget gan ide nya emoticon-thumbsup
wow emoticon-Matabelo
ide kreatif yg baik

nitip ya
Kelemahannya cuma satu: lokasi mataharinya disitu situ melulu gan...but its oke lah. Paling gak masih bisa liat matahari tuh penduduk
ide yang brilliant dan kreatif
Sering liat di TV ni berita emoticon-Smilie
wah kreatifitas ama kemampuannya patut di tiru neh ama orang kita .
bukan buatan kali gan?

dipantulkan..
wow kreatif jg tuh.. tp kynya hangatnya sinar matahari buatan ga akan sama seperti yang dari mataharinya langsung kayanya
Buset dah Kreatip banget ni orang...emoticon-Kiss
Kapan Ya Indonesia punya orang kreatip yg pengen memajukan lingkungan sekitarna kaya ini emoticon-Matabelo emoticon-Matabelo
gakk silau apa gan?
×