Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016293177/keren-10-persen-bahasa-dunia-ada-di-indonesia
Keren! 10 Persen Bahasa Dunia Ada di Indonesia
Keren! 10 Persen Bahasa Dunia Ada di Indonesia


108Jakarta.com, Kebon Jeruk - Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Windu Nuryanti mengatakan 10 persen dari hampir 7.000 bahasa di dunia ada di Indonesia.

Saat membacakan sambutan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan pada pembukaan Forum Keberagaman Bahasa Asia-Eropa di Jakarta, Selasa, Windu mengatakan menurut hasil penelitian Indonesia memiliki sekitar 743 bahasa. "Dari jumlah itu, 442 bahasa sudah dipetakan oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa," katanya.

Bahasa yang sudah dipetakan, sebanyak 26 diantaranya ada di Sumtera, 10 di Jawa dan Bali, 55 di Kalimantan, 58 bahasa di Sulawesi, 11 bahasa di Nusa Tenggara Barat, 49 bahasa di Nusa Tenggara Timur, 51 bahasa di Maluku serta 207 bahasa di Papua.

"Tidak tertutup kemungkinan jumlah bahasa itu, akan terus bertambah karena hingga kini penelitian itu terus dilakukan dan belum selesai," katanya.

Ia menjelaskan, seperti di negara-negara lain, keberlangsungan hidup bahasa-bahasa daerah itu berbeda-beda di Indonesia, baik dari sisi daya tahan maupun jumlah penutur.

Diantara bahasa-bahasa daerah yang ada di Indonesia, ada bahasa-bahasa yang vitalitas atau daya hidupnya lama karena penuturnya banyak. Namun ada pula yang terancam hilang karena penuturnya makin sedikit dan umumnya dari generasi tua saja.

Bahkan, kata Windu, ada bahasa etnis di Indonesia yang penuturnya tinggal beberapa orang seperti Bahasa Lengilu, Bahasa Hoti, Bahasa Piru, Bahasa Hukumina, Bahasa Hulung, Bahasa Bonerif dan Bahasa Woria.

Direktur Kerja Sama Intra Kawasan Amerika dan Eropa Kementerian Luar Negeri Dewi M. Kusumaastuti menyatakan kawasan Asia memiliki 2.034 bahasa sedang Eropa sebanyak 209 bahasa.

Kondisi itu, lanjut dia, membuat kawasan Asia-Eropa menjadi rumah bagi 34 persen dari bahasa-bahasa di dunia. "Dengan keberagaman bahasa seperti itu, terasa menyedihkan ketika mendengar bahwa hampir separuh dari bahasa-bahasa tersebut terancam punah pada masa mendatang," katanya. (ary)


SUMBER

emang mantap, semoga bahasa2 yang terancam punah bisa segera dilestarikan
Bahasa Indonesia makin terpinggirkan,
Dimana-mana udah pake istilah asng!!
k4l0 b4ha54 g1nI mA5uk 6a y4 64n?
Bahasa alay masuk ga ya tuh gan?
wow 10% itu sudah banyak untuk koleksi bahasa ukuran dunia
Indonesia dengan banyak suku n bahasa tetapi tetap satu jua
lestarikan donk bahasa kita

jangan malah sok pada pake istilah inggris tong!!!


sedih lihat anak sekarang sudah melupakan bahasa daerahnya....
yang bahasa gaul dan bahasa alay sudah masuk dalam hitungan belum gan?

itu produk asli anak muda sekarang loh...
Quote:Original Posted By r.trujillo
yang bahasa gaul dan bahasa alay sudah masuk dalam hitungan belum gan?

itu produk asli anak muda sekarang loh...



mungkin ntar klo ada verifikasi ulang masuk tuh gan bahasa gaul sama bahasa alay
Quote:Original Posted By IandGunners
Bahasa Indonesia makin terpinggirkan,
Dimana-mana udah pake istilah asng!!


nah ini PR buat kita semua,
banyak yang merasa keren kalau menggunakan bahasa asing dalam berkomunikasi \t
bahkan sekarang dari taman kanak2 sudah diajarkan komunikasi pakai bahasa asing, bahasa nasional aja terpinggirkan apalagi bahasa daerah

mungkin suatu saat bahasa nasional kita akan ada dua, bahasa inggris dan bahasa indonesia....tapi mudah2an sih enggak \t
yg pnting jng lupakan bahasa pmerstu
bhs indonesia
×