alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016289697/percobaan-keren-dari-bungkus-teh-celup---part-2
Inspiratif 
Percobaan Keren dari Bungkus Teh Celup
Percobaan Keren dari Bungkus Teh Celup - Part 2

Quote:Jangan Lupa di RATE emoticon-Sundul Gan (S) emoticon-Sundul Gan (S) emoticon-Sundul Gan (S)


Quote:Kali ini kita akan bereksperimen menggunakan teh celup, apa yang bisa kita lakukan dengan benda kecil itu? Sebelum kita bereksperimen, ada baiknya kita mengetahui sejarah dibalik pembuatan teh celup ini.

Teh celup tercipta secara tidak sengaja ketika seorang pedagang teh dan kopi bernama thomas sullivan (1904) memasukkan teh yang akan dijualnya ke dalam kemasan sutera.


Spoiler for Pic:


Awalnya pelanggan yang membeli harus membuka kemasan sutera tersebut untuk mengambil teh yang ada di dalamnya. hingga suatu ketika ada pelanggan yang memasukkan kemasan sutera berisi teh tersebut ke dalam air panas dan merasa cara itu lebih mudah untuk membuat teh.

Setelah itu teh kemasan sutera itu menjadi terkenal dan menjadi cara baru untuk menikmati teh.

Ok langsung aja kita ke eksperimen yang akan dipraktekkan. Untuk eksperimen kali ini bahan-bahan yang diperlukan adalah:

1. Teh celup (gunakan yang kemasannya dilipat dan ada staplesnya)
2. Korek api
3. Piring atau wadah


Spoiler for Pic:



Langkah-langkah:


1. Buka satu kemasan teh celup (lepaskan staplesnya), keluarkan teh yang ada di dalam kemasan. Kemudian bentuk kemasan teh celup hingga menyerupai silinder (bisa diberdirikan di atas wadah).


Spoiler for Pic:


2. Nyalakan korek api, kemudian bakar bagian atas silinder kemasan teh celup.


Spoiler for Pic:


3. Biarkan api bergerak ke bawah dan membakar silinder kemasan teh celup tersebut.


Spoiler for Pic:


4. Ketika api mendekati bagian bawah, kemasan teh celup tersebut Api akan terbang dan melayang ke atas.


Spoiler for Pic:



Quote:Bagaimana hal itu dapat terjadi?

Ketika api membakar bagian atas silinder teh celup, udara di sekitarnya memanas, mengembang dan bersifat kurang padat.

Karena udara panas di atas api kurang padat dari udara (dingin) di sekitarnya, maka kemasan teh celup tersebut akan terdorong dan terbang ke atas.


Quote:
Spoiler for Pic:

(Gambar siklus udara di sekitar silinder kemasan teh celup)



Ketika udara panas naik ke atas, udara yang lebih dingin bergerak dan menggantikan posisi udara panas sebelumnya. Gerakan perpindahan panas ini berlangsung berulang-ulang menyebabkan kemasan teh celup terbang lebih tinggi dan lebih tinggi dari sebelumnya.

Pada awalnya, silinder kemasan teh celup masih terlalu berat untuk dapat diangkat. Tetapi ketika dibakar, massanya akan berkurang, semakin ringan sampai akhirnya cukup ringan bagi arus udara untuk mendorongnya terbang ke udara.


Spoiler for Sumber:


Quote:
Spoiler for Pembaca:


Quote:Percobaan Keren dari Bungkus Teh Celup - Part 2

Autolock Thread by Hansip

Thread ini adalah thread lanjutan dari http://kask.us/7267921 yang sudah melebihi batas reply.
\t\t\t\t\t\t\t\t\t
\t\t\t\t\t\t\t\t\tTerima kasih.
oh begitu gan emoticon-Big Grin keren

Spoiler for Jangan !!!:
Keren juga gan percobaannya emoticon-Smilie
wih sia agan bisa aja..keren gan..
wah nice info banget gan
agan sering praktikum ya emoticon-Matabelo
kreatif nih TS ny. emoticon-2 Jempol
numpang ctrl+D yak gan..
nice gan emoticon-2 Jempolemoticon-2 Jempolemoticon-2 Jempol
bagus jg nih buat jd bhn sulap2an..emoticon-Big GrinPercobaan Keren dari Bungkus Teh Celup - Part 2
Quote:Original Posted By tewel
agan sering praktikum ya emoticon-Matabelo


Quote:Original Posted By mamakucantik
kreatif nih TS ny. emoticon-2 Jempol
numpang ctrl+D yak gan..


kaga. . kebetulan aja ane nemu info kya gini emoticon-Big Grin . .
serius bisa terbang?
ane coba ah ntar..
ijin bookmark dolo yah TS emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By ovawa
serius bisa terbang?
ane coba ah ntar..
ijin bookmark dolo yah TS emoticon-Big Grin


serius gan emoticon-Embarrassment
ok gan ane ijin CTRL D dulu
emoticon-Shakehand2 trit nya keren gan
lumayan buat tambah2an ilmu buat para kaskuseremoticon-2 Jempol
mantap.. ternyata bs begitu jg.. hal ini cuma berlaku ama bungkus teh celup? kalo kertas di gulung silinder gt gimana ya?
wah mantaf ts na.. emoticon-2 Jempol
kreatif...
kapan2 coba gan
klik http://aryasaloka.blogspot.com/2012/...ka-cc-300.html
Nice thread gan emoticon-Angkat Beer
Kapankapan ane coba ah emoticon-Big Grin
kepikiran aja sih ngetes begituan
manteb juga tuh kayaknya buat di coba