Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016289283/pembebasan-lahan-pembangunan-jalur-pintas-ka-purwakarta-subang-tinggal-20-persen
Pembebasan Lahan Pembangunan Jalur Pintas KA Purwakarta-Subang Tinggal 20 Persen
Quote:



BANDUNG, (PRLM).- Pembebasan lahan untuk pembangunan infrastruktur jalur pintas kereta api (KA) Purwakarta-Subang masih tersisa sekitar 20 persen lagi di lokasi hutan. Pemerintah Provinsi Jawa Barat masih harus menunggu ijin Menteri Kehutanan (Menhut) untuk bisa menggunakan kawasan hutan yang terkena jalur lintasan kereta api itu.

Menurut Staf Ahli Bidang Pembangunan Sekda Prov. Jabar Dicky Saromi, di Gedung Sate, Jl. Diponegoro Kota Bandung, kemarin (31/8/12), ijin Menhut tersebut diperlukan untuk pembebasan lahan.

seluas 3,62 hektar yang masih berupa hutan. "Pembebasan lahan untuk shortcut (jalan pintas) Stasiun Cibungur Purwakarta dan Tanjungrasa Subang ini sudah mencapai 80 persen. Tidak ada hambatan apapun karena masyarakat menerima baik projek ini," katanya.

Jalur KA yang membutuhkan lahan seluas 33 hektare itu, kata dia, penting untuk menghubungkan jalur tengah dan utara yang beban infrastrukturnya sudah terlalu berat. Jika jalur itu sudah terbangun, potensi penumpang pada jalur itu pun akan cukup tinggi.

Menurut mantan Kepala Dinas Perhubungan Jabar itu, saat ini pun, jumlah penumpang angkutan darat Bandung-Cirebon lebih tinggi dibandingkan ke Jakarta. Selain itu, PT Kereta Api Indonesia bisa meningkatkan potensi angkutan barang yang sangat tinggi seperti batu bara dari pelabuhan Cirebon ke kawasan industri di Bandung. "Ditjen Kereta Api sudah siap membangun relnya," imbuhnya.

Sementara, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Jabar Deny Juanda Puradimadja mengatakan, projek itu menggunakan lahan seluas 33 hektar yang status kepemilikan lahan berbeda-beda. Terdapat 19 hektare lahan milik masyarakat yang sudah dibebaskan Pemprov Jabar, tanah kas desa (tukar guling), tanah Ditjen KA, serta tanah persilangan dengan pengairan dan Pertamina.

"Khusus tanah Ditjen KA, Pemprov Jabar bisa langsung memanfaatkannya. Sementara, tanah persilangan dengan pengairan dan Pertamina harus meminta izin," kata Deny.

Untuk 3,62 hektare tanah hutan, ia menambahkan, selain meminta izin dari Menhut, Pemprov Jabar juga diharuskan mengganti lahan tersebut dua kali lipat. Luas lahan yang harus diganti supaya lahan hutan tetap tercukupi mencapai sekitar 7,42 hektare.

Menurut Deny, jalur pintas itu dibangun untuk mengurangi beban jalur Bandung-Sumedang-Cirebon yang macet dan rusak berat karena angkutan batubara. Bila batubara diangkut oleh KA, maka beban Cadas Pangeran juga bisa terkurangi.


Dikatakannya, projek itu sudah berjalan dua tahun dan seharusnya bisa selesai di tahun ke tiga. Pemprov harus segera menyelesaikan perijinan pembebasan lahan sehingga Kementrian Perhubungan bisa segera membangun rel kereta apinya sementara PT KAI menyiapkan keretanya. (A-128/A-160/A-108)***


http://www.pikiran-rakyat.com/node/201720

Jadi kalau sudah rampung tempat ini cocok buat hunting kereta batubara

Kira-kira pantas gak kalau langsung dibuat double track?

Spoiler for Babarendek:
bener banget tuh, gw yang sering bolak balik ngelewatin jalur jalan cadas pangeran-sumedang emang jelek...:
udah mah jalannya kecil, banyak tikungan, banyak truck pulak...

gw dukung dahh biar cepet selese...

Quote:seluas 3,62 hektar yang masih berupa hutan. "Pembebasan lahan untuk shortcut (jalan pintas) Stasiun Cibungur Purwakarta dan Tanjungrasa Subang ini sudah mencapai 80 persen. Tidak ada hambatan apapun karena masyarakat menerima baik projek ini," katanya.

mantap neh didukung masyarakat yang punya lahan...
sebnetar arah subang berarti hutan di daerah sadang yang kena?
yup, , . Ane dukung dah.
Biar macet jd berkurang.
kalau jalan jalan ke sumedang emang
ngeselin dari arah bandung ke cadas pangeran

truk batubara jalannya lelet buangeettt dan bikin macet
bagus lah biar gak terjadi macet
kalo jalurnya jadi, ntar lokomotifnya gak usah putar arah di Cikampek, dari Bandung bisa langsung ke Cirebon, dan sebaliknya. Jadi waktu tempuh perjalanan lebih hemat
Pembebasan jalur antar Instansi harusnya lebih mudah.

Tohpun jalurnya dipergunakan untuk kepentingan transportasi.






Poto sepur'e okeh tenan :
Quote:Original Posted By japek
http://www.pikiran-rakyat.com/node/201720

Jadi kalau sudah rampung tempat ini cocok buat hunting kereta batubara

Kira-kira pantas gak kalau langsung dibuat double track?

Spoiler for Babarendek:


Kalau menurut ane sih sebaiknya memang langsung saja dibuat double track. Kan di berita yang dikutip juga menyebutkan adanya potensi angkutan penumpang di jalur tersebut.

Kalau cuma single track untuk angkutan penumpang, yang bakal terjadi pemumpangnya banyak yang akan kena penyakit gondok
imho, sediain aja dulu lahan untuk jalur dobel tracknya. mau dijadiin sukur, engga ya gpp krn prioritasnya kan memang mengalihkan truk batubara ke kereta.

kapan ya ada kereta dari bekasi (cikarang & industri cibitung) ke tanjung priok....males najis kalo ketemu ratusan tronton sama truk trailer di cakung kalo pulang kerja :
Quote:Original Posted By supirloko
kalo jalurnya jadi, ntar lokomotifnya gak usah putar arah di Cikampek, dari Bandung bisa langsung ke Cirebon, dan sebaliknya. Jadi waktu tempuh perjalanan lebih hemat


pastinya pengguna KA Harina bakal diuntungkan oleh hal ini....
Quote:Original Posted By supirloko
kalo jalurnya jadi, ntar lokomotifnya gak usah putar arah di Cikampek, dari Bandung bisa langsung ke Cirebon, dan sebaliknya. Jadi waktu tempuh perjalanan lebih hemat


jangan donk,,,ane kn pelanggan KA HARINA dari cikampek
mending klo ada kereta senja utama yg berhenti dstu...msalahnya cm satu2nya kreta bisnis/ekse yg angkut pnumpang k semarang
Quote:Original Posted By ariefpraptomo
jangan donk,,,ane kn pelanggan KA HARINA dari cikampek
mending klo ada kereta senja utama yg berhenti dstu...msalahnya cm satu2nya kreta bisnis/ekse yg angkut pnumpang k semarang


siapa tahu Senja Utama atau Kereta lain ke Semarang yang bisnis/eks bisa mandek di Cikampek....

yang pasti kereta batubara bakal wira-wiri di jalur itu...
Emang nya KA Harina masih beroperasi saat ini? katanya udah lama tutup.
cibungur deket tempat ane gan...
emang udah lama proses pembebasan lahannya
.ane stuju banget smoga cepat selesai..dan ada jalur langsung ke indramayu
Quote:Original Posted By Koejil
Emang nya KA Harina masih beroperasi saat ini? katanya udah lama tutup.

harina malam masih
potensi kereta api mulai di seriusi neh sama pemerintah
semoga cepet jadi
Harapannya semoga cepat jadi dan jd obejk buruan pecinta kereta api buat foto2

pejwan ane gembok
×