Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016285500/kunjungan-hillary-ke-indonesia-membawa-persoalan
Kunjungan Hillary ke Indonesia Membawa Persoalan
Kunjungan Hillary ke Indonesia Membawa Persoalan

Liputan6.com, Jakarta: Ketua Dewan Direktur Lembaga Kajian Publik Sabang-Merauke Circle (SMC), Syahganda Nainggolan menilai kunjungan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Hillary Clinton ke Indonesia, Senin (3/9), dan sejumlah negara di kawasan Asia Pasifik termasuk Cina, perlu dicermati sebagai upaya global AS untuk menancapkan pengaruh politik maupun ekonominya di Asia Pasifik.

Hal itu tentu membawa risiko atas keberlangsungan harmoni di antara sesama ASEAN, selain menyisakan dilema masa depan posisi Indonesia yang berpengaruh di ASEAN.

"Adanya konflik di Laut Cina Selatan yang melibatkan Cina dengan negara-negara ASEAN khususnya Filipina, Brunei Darussalam, Vietnam, dan Malaysia dipandang menganggu kenyamanan agenda luar negeri AS, yang secara sungguh-sungguh dan spektakuler kini berorientasi ke lingkungan Asia Pasifik," kata Syahganda di Jakarta, Senin (3/9).

Menurutnya, respons persahabatan penuh dari Indonesia sangat diperlukan AS, sebelum mendapatkan dukungan serupa dari negara-negara lain di ASEAN. Selanjutnya, seluruh negara ASEAN diharapkan mendukung agenda keterlibatan AS dalam penyelesaian konflik Laut Cina Selatan yang mempengaruhi stabilitas tataran Asia Pasifik itu.

"Jadi, kunjungan Hillary ke Indonesia bukan membawa kedamaian, justru sebaliknya menawarkan risiko dan persoalan terhadap Indonesia dan ASEAN," ujarnya.

Ia mengatakan, pidato Presiden Obama pada November 2011 di Australia merupakan aspek strategis Asia Pasifik bagi Amerika Serikat, karena itu telah ditempatkan sekitar 2.500 pasukan marinir AS di Darwin, Australia untuk mengontrol sekaligus mewaspadai negara-negara dalam kawasan ini ke arah penciptaaan sekutu barunya.

Syahganda mengatakan, dalam konteks kunjungan Hillary, pihak Amerika Serikat dipastikan menawarkan perlindungan politik ataupun jaminan tertentu kepada Indonesia, maupun negara-negara ASEAN yang terlibat sengketa Laut Cina Selatan guna menghadapi Cina.

Ia mengaku, ika terjadi pembicaraan bantuan atau jaminan tertentu kepada Indonesia, hal itu patut dicurigai sebagai rencana kapitalisme Amerika Serikat untuk menguasai akses sumberdaya alam di antaranya tambang dan migas.

Atas pertimbangan ini pula, kehadiran Hillary bisa dimanfaatkan oleh para kaki tangan kapitalisme asing yang terus bercokol memperkaya diri beserta kelompoknya di tengah penderitaan sebagian besar rakyat.

Pada sisi lain, lanjutnya, lobi Hillary dapat merusak kepercayaan internasional dalam bentuk hilangnya peran strategis Indonesia di mata negara-negara lain dan utamanya ASEAN, yang sering memberi kesempatan Indonesia dalam membawa kepentingan ataupun misi ASEAN di lingkungan regional lain.

Ia menambahkan, kedatangan Hillary ke Indonesia tentu saja menciptakan persoalan yang dapat merusak tatanan solidaritas ASEAN, di samping tidak memperkuat suasana kemandirian di antara ASEAN dan menyangkut terpeliharanya kekuatan ASEAN di hadapan negara lain.

"Indonesia harus tetap berkiblat dengan politik bebas aktifnya dan tidak boleh menjadi kaki tangan Amerika Serikat di ASEAN, demi menjaga kehormatan bangsa ini ke depan dan keutuhan ASEAN itu sendiri," jelasnya.

Sementara itu, dalam mencari titik temu terkait sengketa Laut Cina Selatan, seharusnya Indonesia berperan menjadi juru runding utama dengan Cina atas nama komunitas ASEAN. (FRD)

:cool
sumber


ane sependapat dengan pak nainggolan
denger-denger kunjungan si hillary terkait masalah penambahan kontrak baru buat
ngeruk emas di papua
mungkin salah satu agendanya kali ya.
liat aja sby gimana sikapnya, lembek banget jadi presiden :
beye nolak kehadiran pengaruh as di indonesia, mana mungkin. presiden lemah gitu pasti ngikut aja sama sang majikan.. apalagi permainan politik ekonomi as di bank dunia dan imf kuat.bisa jadi kalau as ditolakk sama beye berimbas kepada indonesia gak boleh ngutang lagi. dan si beye dan antek-anteknya bingung darimana dapat duit buat korupsi. 2014 udah deket, manfaatkan waktu yang ada buat korupsi sebanyaknya.

bantuan luar negeri kan sebagian besar gak jelas ngalir kemana.
Mereka Mungkin takut ASEAN bikin Mata Uang sendiri gan ?? kek EURO . . dengan mencibtakan isu2 Politik Dll . ..seperti biasa .. .
Quote:Original Posted By shegiet99
[IMG]
Ia mengaku, ika terjadi pembicaraan bantuan atau jaminan tertentu kepada Indonesia, hal itu patut dicurigai sebagai rencana kapitalisme Amerika Serikat untuk menguasai akses sumberdaya alam di antaranya tambang dan migas.

Inget dengan Bumi Resources...punyanya pribumi Lampung rasanya mah..



Atas pertimbangan ini pula, kehadiran Hillary bisa dimanfaatkan oleh para kaki tangan kapitalisme asing yang terus bercokol memperkaya diri beserta kelompoknya di tengah penderitaan sebagian besar rakyat.

Pada sisi lain, lanjutnya, lobi Hillary dapat merusak kepercayaan internasional dalam bentuk hilangnya peran strategis Indonesia di mata negara-negara lain dan utamanya ASEAN, yang sering memberi kesempatan Indonesia dalam membawa kepentingan ataupun misi ASEAN di lingkungan regional lain.

Ia menambahkan, kedatangan Hillary ke Indonesia tentu saja menciptakan persoalan yang dapat merusak tatanan solidaritas ASEAN, di samping tidak memperkuat suasana kemandirian di antara ASEAN dan menyangkut terpeliharanya kekuatan ASEAN di hadapan negara lain.

Ini ilusi dari mana?
ASEAN mandiri?
Plis deh...



"Indonesia harus tetap berkiblat dengan politik bebas aktifnya dan tidak boleh menjadi kaki tangan Amerika Serikat di ASEAN, demi menjaga kehormatan bangsa ini ke depan dan keutuhan ASEAN itu sendiri," jelasnya.

Failed state ini masih punya KEHORMATAN?
Presidennya saja ditinggal tidur anak-anak.
Oh man...



Sementara itu, dalam mencari titik temu terkait sengketa Laut Cina Selatan, seharusnya Indonesia berperan menjadi juru runding utama dengan Cina atas nama komunitas ASEAN. (FRD)

Yah damaian anak bangsa di Sampang dulu lah yang bakar-bakaran...
Ngomong jauh2 regional asia tenggara, wong yg deket Ibukota Negara saja orang masih baku pukul karena issue sektarian.

:cool
sumber


ane sependapat dengan pak nainggolan



Ane nggak setuju dengan Bang Nainggolan laaaa...
Good and Reliable Under Dutch Administration...

Jangan mengajari demokrasi kepada Indonesia
Jangan mengajari HAM kepada Indonesia
Jangan mengajari perdamaian kepada Indonesia

Kami lebh tau itu..
kalo menurut gw kedatangan hillary ke indonesi sebagai salah satu agenda menanamkan pengaruh AS di asia pasifik. mengingat posisi indonesia yang strategis dan cadangan SDA yang besar.
Quote:Original Posted By Aa JaMbRoNg
denger-denger kunjungan si hillary terkait masalah penambahan kontrak baru buat
ngeruk emas di papua
mungkin salah satu agendanya kali ya.
liat aja sby gimana sikapnya, lembek banget jadi presiden :


yg gw bingung sebenernya dia mantan jendral apa mantan bencong
saat nya berani melawan paman sam
membawa agenda kepentingan amerika untuk indonesia gan
×