alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Games / Can You Solve This Game? /
Soal logika matematika paling gampang
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016282057/soal-logika-matematika-paling-gampang

Soal logika matematika paling gampang

Soal logika matematika paling gampang

Sebuah mobil berjalan dengan kecepatan sama dengan waktunya dan berhenti di sebuah tempat. Mobil tadi melakukan perjalanan lagi dengan jarak yang sama kemudian berhenti lagi berulang-ulang sebanyak 5 kali. Kemudian mobil tersebut memutar balik dengan kecepatan yang sama selama 1 jam dan berhenti di sebuah tempat. Mobil tadi melakukan perjalanan lagi dengan jarak yang sama kemudian berhenti lagi berulang-ulang sebanyak 12 kali. Kemudian memutar lagi dan melakukan perjalanan lagi sejauh 4 km. Berapa total jarak yang ditempuh oleh mobil tadi jika total jaraknya adalah 19 kali dari 4 lebihnya kecepatan mobil tadi?

Ingat ya gan, gunakan logika dgn sebaik2nya emoticon-cystg
Thread sudah digembok
Urutan Terlama
Aduh bingung gan.. Bentar deh..

Btw, ini bukan soal matematik dari sekolahan kan?

Heu.. Peace, gan emoticon-Stick Out Tongueeace:
Quote:


ya gan, pake logika buat ngejawabnya emoticon-cystg
Quote:


Maksudnya kalau kalau total jarak = s dan kecepatannya = v, maka s=19(v+4) ?
Gitu kah gan? emoticon-Bingung ,atau bukan?
Quote:


Kalo misalnya emang bener gitu, maka penyelesaiannya:

Sebuah mobil berjalan dengan kecepatan sama dengan waktunya dan berhenti di sebuah tempat.

v = a km/jam

t1 = a jam

s1 = v1*t1 = a^2 km

Mobil tadi melakukan perjalanan lagi dengan jarak yang sama kemudian berhenti lagi berulang-ulang sebanyak 5 kali.

s2 = 5*s1 = 5a^2 km

Kemudian mobil tersebut memutar balik dengan kecepatan yang sama selama 1 jam dan berhenti di sebuah tempat.

s3 = v * 1 jam = a * 1 = a km

Mobil tadi melakukan perjalanan lagi dengan jarak yang sama kemudian berhenti lagi berulang-ulang sebanyak 12 kali.

s4 = 12*s3 = 12a km

Kemudian memutar lagi dan melakukan perjalanan lagi sejauh 4 km.

s5 = 4 km

Total jaraknya adalah 19 kali dari 4 lebihnya kecepatan mobil tadi?

S = s1+s2+s3+s4+s5 = 19 * (v + 4)

S = 6a^2 + 13a + 4 = 19 * (a + 4)

Dapat persamaan kuadrat:

6a^2-6a-72 = 0

a^2-a-12 = 0

a = 4 atau a = -3

Karena a tidak mungkin negatif, maka a = 4

Maka Total Jarak = S = 6a^2+13a+4 = 6*4^2 + 13*4 + 4 = 96+52+4 = 152 km
Quote:



asumsi berikut dipakai karena tidak disebutkan dalam soal dan meski tidak sesuai kaidah unit mgs (meter;gram;sekon) tapi digunakan untuk menekankan cara berpikir logis bukan matematis:
  • satuan jarak dinyatakan dalam kilometer
  • satuan waktu dinyatakan dalam jam
  • satuan kecepatan dinyatakan dalam kilometer per jam
  • jarak total yang dimaksud bukan jarak resultant vektor, jadi kata "memutar balik" yang berkonotasi negasi diabaikan


jika berdasarkan premis:
*Sebuah mobil berjalan dengan kecepatan sama dengan waktunya

|kecepatan|= waktu

maka :

kecepatan = 1 km/jam (hehehe ini mobil keong)


terus terang ane gak paham premis ini:
jika total jaraknya adalah 19 kali dari 4 lebihnya kecepatan mobil tadi


apakah yang dimaksud TS:

s= 19 * (|v| + 4) = 19 * (1+4) km = 95 km

atau mungkin yang lebih gampang ngitungnya:

s = 19 |v| + 4 = 19 * 1 + 4 = 23 km
waduh....
baca soalnya aja rada bingung...
ntar dulu, ane mao baca lagi yang teges
emoticon-cystg
Post ini telah dihapus oleh
nyerah gan...emoticon-Hammer2
puyeng kepala...jawabannya apa dong??

lagi test drive kali tuh mobil, jalannya muter balik mulu..kayak komedi puter..

hahaha

emoticon-Berbusa (S)
nunggu jawabannya aj
Post ini telah dihapus oleh thetrion
×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di