alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016279110/teror-pengaruhi-pariwisata-solo
Teror Pengaruhi Pariwisata Solo
Rentetan teror yang terjadi di Solo dalam beberapa pekan terakhir membawa dampak negatif bagi pariwisata. Meskipun Solo diklaim tetap aman dan kondusif, nyatanya ada wisatawan yang mengkhawatirkan keamanannya jika berkunjung ke Solo.

Manajer Mandira Tour, Ponco Akhiryanto, mengatakan, setelah kejadian penembakan pos polisi di Singosaren, yang diikuti penyergapan terduga teroris di Jalan Veteran, ada banyak pertanyaan dari wisatawan soal keamanan di Solo. "Wisatawan yang sudah dijadwalkan berkunjung ke Solo menanyakan apakah Solo aman dikunjungi," katanya, Senin 3 September 2012. Dia mengatakan, wisatawan ingin mendapat kepastian bahwa saat bepergian, mereka dalam keadaan nyaman, aman, dan senang.

Menurut dia, ada satu grup yang terdiri atas 25 orang dari Jepang, Amerika Serikat, dan Singapura mengundur waktu kedatangannya setelah peristiwa teror di Solo. "Awalnya mereka mau datang akhir September atau awal Oktober. Tapi mundur jadi November atau Desember," ujarnya. Kemudian, satu grup wisatawan domestik yang akan datang ke Solo pada 8-9 September mendatang menanyakan perkembangan keamanan di Solo. Grup yang terdiri atas 150 orang dari Jakarta itu akan melakukan seminar sekaligus berwisata di Solo. "Sampai saat ini jadwal mereka masih tetap. Hanya, mereka minta informasi terkini soal keamanan," katanya.

Dia mengatakan kondisi keamanan di Solo sangat mempengaruhi kehadiran wisatawan. Jika Solo diguncang peristiwa yang mengganggu keamanan, wisatawan berpikir ulang untuk datang. "Seperti saat ada kerusuhan di Gandekan beberapa waktu lalu, ada wisatawan yang batal datang," ujarnya.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Surakarta Widdi Srihanto mengatakan, ada atau tidak adanya dampak teror, seluruh kegiatan jalan terus. "Kegiatan yang sudah dijadwalkan tetap jalan, misalnya pementasan Matah Ati," katanya. Menurut dia, tetap terselenggaranya berbagai kegiatan atau atraksi wisata menunjukkan kepada masyarakat bahwa sebenarnya Solo aman untuk dikunjungi. "Sampai saat ini, belum ada keluhan soal dampak teror dari pelaku wisata. Juga belum ada pembatalan kunjungan wisata," ujarnya.

Dia meminta masyarakat bersama pemerintah menciptakan iklim kondusif dan menginformasikan kepada khalayak bahwa keamanan Solo tidak terganggu meski sempat ada peristiwa teror dan penyergapan terduga teroris.

Sementara itu, Wakil Gubernur Jawa Tengah Rustriningsih meminta warganya meningkatkan kembali pengamanan warga atau sipil. Lunturnya kewaspadaan dini masyarakat menjadi pintu masuk terorisme. "Masyarakat saya imbau untuk tetap menjaga iklim kondusif agar Jawa Tengah tetap aman," kata Rustri seusai pembukaan masa perkuliahan di Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto. Hal senada dikatakan oleh Wakil Kepala Polisi Jawa Tengah Brigadir Jenderal A. Syukrani. Syukrani mengatakan bahwa deteksi dini kerawanan sosial harus dilakukan semua pihak. "Semua waspada sesuai lingkup kawasan dan kemampuannya," katanya.




SUMBERNYAH


haaah...
teroris gak sopan!
emoticon-Berduka (S)
entah teroris atau permainan politikus. emoticon-Big Grin
kasian banget.. jadi pendapatan penduduknya jadi berkurang
Quote:Original Posted By wiTopia
entah teroris atau permainan politikus. emoticon-Big Grin


hmm..
teroris yang meneror negara sendiri
terorisnya kaya sinetron... kebetulan mulu...
kebetulan ada masalah........ dor teroris
kebetulan ada pejabat amrik mau dateng... dor teroris

tapeee deee..
Mudah2an solo aman tentrem lah. utk TS cek kulkas yak emoticon-Cendol (S)
Quote:Original Posted By poetra001
Mudah2an solo aman tentrem lah. utk TS cek kulkas yak emoticon-Cendol (S)


tengkyu agaaan poetra...
aamin mudah2an solo aman tentram terus...
belum pernah ke solo juga ane nih hiks
Ane doakan agar Solo aman dalam waktu se segera mungkin

ane juga pelaku wisata dari Surabaya

Memang benar, beberapa schedule rombongan ane yang mau ke Solo jadi tertunda

Bahkan ada yg cancle

Merugikan sekali
Quote:Original Posted By asratours
Ane doakan agar Solo aman dalam waktu se segera mungkin

ane juga pelaku wisata dari Surabaya

Memang benar, beberapa schedule rombongan ane yang mau ke Solo jadi tertunda

Bahkan ada yg cancle

Merugikan sekali



beneran kan merugikan sekali deh...
haduh...
ane malah berkunjung ke solo sehari setelah peristwa penembakan di singosaren. serem sih tapi sempet jalan-jalan aman aja kok. Alhamdulillah emoticon-Smilie
bagi pendatang yg mau brlibur d solo baiknya tanya dl dg teman/saudara yg wong solo asli, banyak membantu