Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016278634/wowwindonesia-akan-menjadi-ketua-apec
woww...Indonesia akan menjadi ketua APEC....
Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) akan menerima palu Ketua Kerjasama Ekonomi Negara-Negara Asia Pasifik (APEC) saat menghadiri KTT organisasi tersebut di Vladivostok, Rusia, pada tanggal 8-9 September 2012.

Jurubicara Presiden Bidang Hubungan International, Teuku Faizasyah, mengatakan Presiden SBY disertai Ibu Negara Ani Yudhoyono akan berkunjung ke Rusia pada 7-9 September mendatang. Sebelum ke Vladivostok, Rusia, Presiden dan rombongan akan melakukan kunjungan kenegaraan ke Mongolia pada 5-7 September lusam

Saat berada di Vladivostok, Rusia, menghadiri KTT APEC, menurut Faizasyah, Presiden SBY antara lain dijadwalkan akan menyampaikan pidato kunci dalam CEO Summit, dengan tema “APEC Indonesia 2013: Resilient Asia-Pacific, Engine of Global Growth”.

"Pada KTT ini pula, Keketuaan APEC akan diserahterimakan dari Rusia ke Indonesia," ucap Faizasyah.

Adapun hal-hal yang akan diangkat oleh Indonesia dalam KTT APEC itu, menurut Faizasyah, antara lain ialah peningkatan perdagangan regional yang terbuka, penguatan peran APEC dalam investasi, pengupayaan sustainable growth with equity, dan penguatan ketahanan ekonomi regional, antara lain melalui pembangunan konektivitas.

"Topik-topik tersebut mencerminkan isu-isu utama yang akan pula dikedepankan Indonesia sebagai tuan rumah APEC tahun depan," jelas Faizasyah.


Jurubicara Presiden Bidang Internasional itu mengemukakan, dalam KTT APEC 2012 ini, para pemimpin ekonomi akan membahas topik-topik prioritas yang telah ditetapkan oleh Rusia selaku tuan rumah, antara lain:
1. Liberalisasi perdagangan dan investasi, integrasi ekonomi kawasan;
2. Memperkuat ketahanan pangan;
3. Membangun rantai pasokan yang terpercaya dan aman;
4. Mengintensifkan kerjasama guna memperkuat pertumbuhan inovatif; dan
5. Ketahanan energi.

Di sela-sela pertemuan KTT tersebut, Presiden SBY juga direncanakan akan melakukan pertemuan bilateral dengan sejumlah kepala negara dan pemerintahan, antara lain Presiden Hu Jintao (RRT), Presiden Vladimir Putin (Rusia), Presiden Felipe Calderon (Meksiko), Presiden Humala Tasso (Peru), dan Presiden Sebastian Pinera (Chile).

"Pertemuan-pertemuan tersebut akan membahas isu-isu yang menjadi kepentingan bersama, terutama isu-isu bilateral," kata Faizasyah.

Faizasyah menegaskan, bahwa rangkaian kunjungan ke Mongolia dan KTT APEC ini tidak lain adalah demi kemaslahatan bangsa Indonesia.

"Lebih jauh lagi, Indonesia perlu terus berkontribusi bagi pertumbuhan ekonomi dan stabilitas di kawasan Asia Pasifik, yang pada gilirannya akan memberi kemanfaatan bagi negara dan bangsa Indonesia," tukas Faizasyah.

Peningkatan Bilateral

Mengenai kunjungan ke Ulaanbaatar, Mongolia, Faizasyah menjelaskan, bahwa kunjungan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ke Mongolia, untuk melakukan kunjungan kenegaraan atas undangan dari Presiden Mongolia, Tsakhia Elbegdorj.
"Kunjungan tersebut adalah dalam rangka peningkatan hubungan dan kerja sama bilateral Indonesia-Mongolia, yang sejatinya telah dibangun dengan baik semenjak pembukaan hubungan diplomatik pada tanggal 21 Desember 1956," kata Faizasyah.

Untuk diketahui, Mongolia merupakan negara dengan pertumbuhan ekonomi kedua tertinggi di dunia pada tahun 2011 dengan tingkat pertumbuhan sebesar 17,3%. Hal ini membuka peluang besar bagi Indonesia untuk meningkatkan kerjasama ekonomi, termasuk investasi di negara tersebut, utamanya di bidang pertambangan.

Selain itu, kerjasama Indonesia-Mongolia juga dinilai penting dalam rangka pemajuan demokrasi di lingkungan Asia-Pasifik. Sama halnya seperti Indonesia, Mongolia berperan aktif dalam mengarusutamakan good governance dan demokrasi, baik di negaranya, maupun di Asia Tengah.
(ES)

Sumber
alamaak, barang2 luar makin gampang masuk ke indonesia dong
TANYA: menurut agan2 apa sih keuntungan kita jika kita jadi ketua APEC?
Quote:Original Posted By Tib0
alamaak, barang2 luar makin gampang masuk ke indonesia dong


positip thinking gan, kalo barang luar gampang masuk, ya harusnya barang expor kita juga gampang masuk ke negara2 lain... tapi masalahnya mw ekspor apa? produktif dong, produktif lendir di selangkangan doang sih
gwe dapet duit ga?




Kaskus is providing basic human rights such as freedom of speech. By using Kaskus, you agree to the following conditions:
Use this site at your own risk and it is not the risk of the owner or the webhost
If you do not agree to these terms, please do not use this service or you will face consequences
Quote:Original Posted By macucu
TANYA: menurut agan2 apa sih keuntungan kita jika kita jadi ketua APEC?


lebih mudah mengimpor segala sesuatu sehingga amat membahagiakan kita sebagai bangsa konsumen top dunia
Quote:Original Posted By macucu
TANYA: menurut agan2 apa sih keuntungan kita jika kita jadi ketua APEC?


Setau ane sih gan..kalo Indonesia mo diangkat sbg Ketua..berarti Indonesia masih dipandang di luar negri...
trus kl jadi ketua ada kelebihannya kayak di masalah kebijakan perdagangan dan juga masalah kuota perdagangan internasional...

indonesia emang udah biasa kalo jd ketua,
mantap gan
Semoga dengan begini Indonesia bsa menjadi lebih baik
Quote:Original Posted By HungerGamers
mantap gan
Semoga dengan begini Indonesia bsa menjadi lebih baik


benerrrr tuh gann....dukung teruss dahh Indonesia...

* dukung pemerintahnya ga yak...
Artinya Indonesia dipercaya oleh dunia luar, bagus artinya, asal jangan jadi pembantu negara orang saja Indonesia !!!
lumayan lah ,,ntar plg dr rusia bw 'oleh2' yg byk y
Dikasih jabatan ketua ini apa ada hubugannya dengan perpanjangan kontrak freeport di saban hari?
Quote:Original Posted By zzxzz
Dikasih jabatan ketua ini apa ada hubugannya dengan perpanjangan kontrak freeport di saban hari?


mudah2an sih kagak yo gan,.....
beritanya kok tahun 2012 ?
Quote:Original Posted By terunik
beritanya kok tahun 2012 ?


Ada BOT nyundul trit lawas buat judi
Quote:Original Posted By am.king
lumayan lah ,,ntar plg dr rusia bw 'oleh2' yg byk y


mudah2an bawa lontong gan 10 kilo..
×