alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016273921/kuis-kuistk-berhadiah--2-free-pass-main-cable-wakeboarding-di-ancol-8-9-2012
[kuis] #KUISTK berhadiah 2 free pass main Cable Wakeboarding di Ancol 8-9-2012
[kuis] #KUISTK berhadiah 2 free pass main Cable Wakeboarding di Ancol 8-9-2012

Salam traveler,

Hallo Juragan KASKUSER semua….

Agan2 udah pernah main Wakeboarding???? Wah jangan2 malah baru denger nih.

Okeh ini nih penampakan wakeboarding

Spoiler for wakeboarding:





Spoiler for Sekilas tentang Wakeboarding dan EpicablePark:



youtube-thumbnail


Quote: Harga tiket
Normalnya nih gan 175.000 per 2 jam (dengan alat), 125.00 per 2 jam (tanpa alat) atau 300.000 seharian dengan alat


youtube-thumbnail


Agan kepengen dapet tiket gretongan dari Traveller KASKUS?? Mending ikutan kuis yang satu ini, Yookk mare!!


Traveller KASKUS punya 2 slot untuk nyoba main Wakeboarding gratisan di Ancol untuk 2 pemenang pada 8 September 2012 jam 10.00 s/d selesai.

Pertanyaan : emoticon-cystg

---- Ceritakan pengalaman kamu yang paling ekstreme saat melakukan travelling -----

Nah, udah tau jawabannya? emoticon-Kiss Langsung aja deh posting di trid ini.


"Kuis ini ditutup pada 6 September , pukul 17.00 WIB"

Pemenang akan diumumkan pada 7 September jam 2 siang di thread ini & melalui PM

See you at Ancol Gan! emoticon-Ngacir2emoticon-Ngacir

emoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia
okeh karna udah jam 5 sore, kuisnya dituutp yah.. dan karna yang posting cuma sedikit jd pemenangnya adalah :


Quote:Original Posted By arantez
Hari itu minggu 2 september 2012. Seperti biasa gw bangun siang setelah seminggu menjajal kegiatan kantor rumah kantor rumah kantor. Entah kenapa badan ini sangat malas gerak dari kasur. Sambar computer di meja trus ngenet sambil tiduran. iseng-iseng liat chart ombak buat surfing. Gw terkaget ngeliat kalau ombak tahunan yang Cuma datang sekali setahun itu besok berada pada puncaknya!! Swell 8.5feet!

Agak ragu-ragu gw langsung telpon teman yang ngerti banget tentang surfing. “Josh!! LOJI 8.5feet!!!” teriak gw ditelpon. “I KNOWWW!!!!” Joshua nimpalin. Berangkatlahhhh….!!! Setelah mencari beberapa crew yang mau ikut tapi tidak ketemu akhirnya kita urung buat pergi. Perasaan sama-sama males bawa mobil sebenarnya yang ngebatalin ini semua.

Jam 9 malam gw masih di teater nonton Step-up bareng cewe gw. Tapi pikiran ngelayang mengingat tentang ombak Loji yang rapi nutup ke kiri! Gw bingung. Gw pengen nyobain mistisnya ombak ini. Tahun lalu kita surfing disini gw dalam keadaan cedera. Jadi Ga turun. Dan tahun sebelumnya gw belom berani buat turun karena masih pemula. Tak piker panjang Akhirnya coba sms Joshua. “bro, brangkatlah yuk..”. “Ya udah gw jemput jam 11” Joshua membalas tegas!…

Jam 1 am akhirnya Joshua sampai dirumah gw dan kita berangkat ke Loji! Oh, sebelumnya Loji ini berada di jajaran pantai selatan jawa Barat. Didekat Pelabuhan ratu. Ombak kiri terpanjang se jawa barat. Dari point hingga ke pantainya kira2 500meter.

Jam 4 pagi kita sampai dipantai. Tanpa babibu kita langsung tidur siapin tenaga buat besok. Jam 7 matahari berasa seperti memanggang kabin mobil. Gw hamper teriak ketika bangun pagi melihat dijendela sudah banyak kepala bocah-bocah SD yang mengintip kedalam mobil.

Akhirnya kita bangun dan langsung tergugah akan ajaibnya ombak pagi itu! Rapi sekali. Mellow dan puncaknya berada setengah meter diatas kepala. Overhead!!!! Yihhhaaaa….. kita langsung ganti boardshort, keluarin papan dan berlari menuruni pematang sawah.

Ternyata sampai dipantai nyali gw ciut! Ombaknya besar! Dan bantingannya di batu batu itu mengerikan! Tidak ada yang main dan tidak ada lifeguard! Joshus sudah turun dan gw masih 50-50. Mencoba menggosok wax di papan dan masih mikir-mikir. Gw masih ga berani turun. Jam sudah jam 11. Dan gw berpikir untuk tidur saja.

Tapi sudahlah! Hidup hanya sekali! Gw nyebur dan mulai paddle. Setelah 150 meter dari tempat masuk gw menyesali perbuatan gw ini. Kesalahan jam masuk!! Transisi pasang air laut yang memang terjadi jam-jam segini menyebabkan ukuran ombak menjadi lebih besar dan powernya semakin garang. Tidak ada jeda. Gw liat ada ombak bagus dibelakang gw! Paddle dan gw berhasil take off dan maneuver! Saking enaknya gw lupa untuk balik. Tiba-tiba gw goyang! Gw wipeout. Jatuh!

Tergulung-gulung dan ditarik aruk arus putar ombak! Tapi ini aneh! Ombak seperti ini baru kali ini gw rasain! Gw makin kedalam! Gw coba berenang ke permukaan. Dan berhasil. Baru 2 detik dipermukaan barisan ombak itu menghajar gw lagi.

Ini saat yang tepat untuk berdoa, mengingat kesalahan gw. Karena gw sudah 4 kali tergulung ombak dan ga sempat napas. gw hanya berpikir kalau gw akan mati hari itu.

Joshua hanya bisa duduk pasrah di papannya melihat gw yang kena blender. Gw terbanting ke atas batu dan tertarik lagi ke lautan. Gw pasrah dan gw peluk papan erat2. Gw dihantam ombak dan ditelan lagi oleh lautan! Dan gw mulai lemas! Gw minum banyak sekali air.

Akhirnya kaki gw menyentuh pasir! INI DIA!! Gw selamat gw mencoba dengan kekuatan terakir gw dan mengambil ombak yang datang. Tapi tanpa berdiri. Gw hanya berpeluk pasrah dengan papan dan akhirnya gw sampai dipantai. Dipantai 4 orang nelayan lgsg nyeret gw keluar. tanpa tersenyum dia berkata “Ati2 sep, nyai lagi nyari calon”…. NAH LO!!

Ni poto poto kita kemaren di loji


[img=http://img99.imageshack.us/img99/4240/loji2.th.jpg]

[img=http://img145.imageshack.us/img145/4303/loji1.th.jpg]

[img=http://img338.imageshack.us/img338/2679/loji3.th.jpg]



nb: segera PM nama, no Hp dan email yah gan...

dan untuk agan2 yang lain yang masih pingin ikutan, nanti malam akan ada kuis lanjutan via twitter @tarvellerkaskus...

terimakasih atas partisipasinya yah
mantau dulu... emoticon-Big Grin
reserved dulu emoticon-Big Grin

ntar ceritanya kalo udah salse emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By tembangraras


---- Ceritakan pengalaman kamu yang paling ekstreem saat melakukan travelling -----



Yang Paling extreme yang menang ya ????
ditunggu cerita extreme nya.... emoticon-Traveller
ikutan ah, sapa tau menang.
cerita extreme saat traveling adalah saat dapet gratisan trip dari orang.
itu extreme banget gan... emoticon-Embarrassment
Quote:Original Posted By MasCojack
ikutan ah, sapa tau menang.
cerita extreme saat traveling adalah saat dapet gratisan trip dari orang.
itu extreme banget gan... emoticon-Embarrassment


parah nih extremenya.... emoticon-Takut (S) emoticon-Takut (S) emoticon-Takut (S)
haduh.. yg extreme yah? susah diungkapkan dgn kata2 emoticon-Malu
sepi.
nggak ada yang mau gratisan keknya.
emoticon-Traveller
pengalaman extrem saat trapeling di dunia maya adalah ketemu kaskus & porum trapellers dah emoticon-Add Friend (S)

sesuatu banget pokoke' emoticon-I Love Indonesia (S)

#moga menang emoticon-Hammer (S)
extreme ya, extreme itu yg gmn ya? emoticon-Hammer
mau cerita termasuk travelling atau bukan emoticon-Ngakak (S), soalnya kerja sekalian travelling.

Extreme Hampir Mati surfing

Hari itu minggu 2 september 2012. Seperti biasa gw bangun siang setelah seminggu menjajal kegiatan kantor rumah kantor rumah kantor. Entah kenapa badan ini sangat malas gerak dari kasur. Sambar computer di meja trus ngenet sambil tiduran. iseng-iseng liat chart ombak buat surfing. Gw terkaget ngeliat kalau ombak tahunan yang Cuma datang sekali setahun itu besok berada pada puncaknya!! Swell 8.5feet!

Agak ragu-ragu gw langsung telpon teman yang ngerti banget tentang surfing. “Josh!! LOJI 8.5feet!!!” teriak gw ditelpon. “I KNOWWW!!!!” Joshua nimpalin. Berangkatlahhhh….!!! Setelah mencari beberapa crew yang mau ikut tapi tidak ketemu akhirnya kita urung buat pergi. Perasaan sama-sama males bawa mobil sebenarnya yang ngebatalin ini semua.

Jam 9 malam gw masih di teater nonton Step-up bareng cewe gw. Tapi pikiran ngelayang mengingat tentang ombak Loji yang rapi nutup ke kiri! Gw bingung. Gw pengen nyobain mistisnya ombak ini. Tahun lalu kita surfing disini gw dalam keadaan cedera. Jadi Ga turun. Dan tahun sebelumnya gw belom berani buat turun karena masih pemula. Tak piker panjang Akhirnya coba sms Joshua. “bro, brangkatlah yuk..”. “Ya udah gw jemput jam 11” Joshua membalas tegas!…

Jam 1 am akhirnya Joshua sampai dirumah gw dan kita berangkat ke Loji! Oh, sebelumnya Loji ini berada di jajaran pantai selatan jawa Barat. Didekat Pelabuhan ratu. Ombak kiri terpanjang se jawa barat. Dari point hingga ke pantainya kira2 500meter.

Jam 4 pagi kita sampai dipantai. Tanpa babibu kita langsung tidur siapin tenaga buat besok. Jam 7 matahari berasa seperti memanggang kabin mobil. Gw hamper teriak ketika bangun pagi melihat dijendela sudah banyak kepala bocah-bocah SD yang mengintip kedalam mobil.

Akhirnya kita bangun dan langsung tergugah akan ajaibnya ombak pagi itu! Rapi sekali. Mellow dan puncaknya berada setengah meter diatas kepala. Overhead!!!! Yihhhaaaa….. kita langsung ganti boardshort, keluarin papan dan berlari menuruni pematang sawah.

Ternyata sampai dipantai nyali gw ciut! Ombaknya besar! Dan bantingannya di batu batu itu mengerikan! Tidak ada yang main dan tidak ada lifeguard! Joshus sudah turun dan gw masih 50-50. Mencoba menggosok wax di papan dan masih mikir-mikir. Gw masih ga berani turun. Jam sudah jam 11. Dan gw berpikir untuk tidur saja.

Tapi sudahlah! Hidup hanya sekali! Gw nyebur dan mulai paddle. Setelah 150 meter dari tempat masuk gw menyesali perbuatan gw ini. Kesalahan jam masuk!! Transisi pasang air laut yang memang terjadi jam-jam segini menyebabkan ukuran ombak menjadi lebih besar dan powernya semakin garang. Tidak ada jeda. Gw liat ada ombak bagus dibelakang gw! Paddle dan gw berhasil take off dan maneuver! Saking enaknya gw lupa untuk balik. Tiba-tiba gw goyang! Gw wipeout. Jatuh!

Tergulung-gulung dan ditarik aruk arus putar ombak! Tapi ini aneh! Ombak seperti ini baru kali ini gw rasain! Gw makin kedalam! Gw coba berenang ke permukaan. Dan berhasil. Baru 2 detik dipermukaan barisan ombak itu menghajar gw lagi.

Ini saat yang tepat untuk berdoa, mengingat kesalahan gw. Karena gw sudah 4 kali tergulung ombak dan ga sempat napas. gw hanya berpikir kalau gw akan mati hari itu.

Joshua hanya bisa duduk pasrah di papannya melihat gw yang kena blender. Gw terbanting ke atas batu dan tertarik lagi ke lautan. Gw pasrah dan gw peluk papan erat2. Gw dihantam ombak dan ditelan lagi oleh lautan! Dan gw mulai lemas! Gw minum banyak sekali air.

Akhirnya kaki gw menyentuh pasir! INI DIA!! Gw selamat gw mencoba dengan kekuatan terakir gw dan mengambil ombak yang datang. Tapi tanpa berdiri. Gw hanya berpeluk pasrah dengan papan dan akhirnya gw sampai dipantai. Dipantai 4 orang nelayan lgsg nyeret gw keluar. tanpa tersenyum dia berkata “Ati2 sep, nyai lagi nyari calon”…. NAH LO!!

Ni poto poto kita kemaren di loji


[img=http://img99.imageshack.us/img99/4240/loji2.th.jpg]

[img=http://img145.imageshack.us/img145/4303/loji1.th.jpg]

[img=http://img338.imageshack.us/img338/2679/loji3.th.jpg]
Quote:Original Posted By arantez
Hari itu minggu 2 september 2012. Seperti biasa gw bangun siang setelah seminggu menjajal kegiatan kantor rumah kantor rumah kantor. Entah kenapa badan ini sangat malas gerak dari kasur. Sambar computer di meja trus ngenet sambil tiduran. iseng-iseng liat chart ombak buat surfing. Gw terkaget ngeliat kalau ombak tahunan yang Cuma datang sekali setahun itu besok berada pada puncaknya!! Swell 8.5feet!

Agak ragu-ragu gw langsung telpon teman yang ngerti banget tentang surfing. “Josh!! LOJI 8.5feet!!!” teriak gw ditelpon. “I KNOWWW!!!!” Joshua nimpalin. Berangkatlahhhh….!!! Setelah mencari beberapa crew yang mau ikut tapi tidak ketemu akhirnya kita urung buat pergi. Perasaan sama-sama males bawa mobil sebenarnya yang ngebatalin ini semua.

Jam 9 malam gw masih di teater nonton Step-up bareng cewe gw. Tapi pikiran ngelayang mengingat tentang ombak Loji yang rapi nutup ke kiri! Gw bingung. Gw pengen nyobain mistisnya ombak ini. Tahun lalu kita surfing disini gw dalam keadaan cedera. Jadi Ga turun. Dan tahun sebelumnya gw belom berani buat turun karena masih pemula. Tak piker panjang Akhirnya coba sms Joshua. “bro, brangkatlah yuk..”. “Ya udah gw jemput jam 11” Joshua membalas tegas!…

Jam 1 am akhirnya Joshua sampai dirumah gw dan kita berangkat ke Loji! Oh, sebelumnya Loji ini berada di jajaran pantai selatan jawa Barat. Didekat Pelabuhan ratu. Ombak kiri terpanjang se jawa barat. Dari point hingga ke pantainya kira2 500meter.

Jam 4 pagi kita sampai dipantai. Tanpa babibu kita langsung tidur siapin tenaga buat besok. Jam 7 matahari berasa seperti memanggang kabin mobil. Gw hamper teriak ketika bangun pagi melihat dijendela sudah banyak kepala bocah-bocah SD yang mengintip kedalam mobil.

Akhirnya kita bangun dan langsung tergugah akan ajaibnya ombak pagi itu! Rapi sekali. Mellow dan puncaknya berada setengah meter diatas kepala. Overhead!!!! Yihhhaaaa….. kita langsung ganti boardshort, keluarin papan dan berlari menuruni pematang sawah.

Ternyata sampai dipantai nyali gw ciut! Ombaknya besar! Dan bantingannya di batu batu itu mengerikan! Tidak ada yang main dan tidak ada lifeguard! Joshus sudah turun dan gw masih 50-50. Mencoba menggosok wax di papan dan masih mikir-mikir. Gw masih ga berani turun. Jam sudah jam 11. Dan gw berpikir untuk tidur saja.

Tapi sudahlah! Hidup hanya sekali! Gw nyebur dan mulai paddle. Setelah 150 meter dari tempat masuk gw menyesali perbuatan gw ini. Kesalahan jam masuk!! Transisi pasang air laut yang memang terjadi jam-jam segini menyebabkan ukuran ombak menjadi lebih besar dan powernya semakin garang. Tidak ada jeda. Gw liat ada ombak bagus dibelakang gw! Paddle dan gw berhasil take off dan maneuver! Saking enaknya gw lupa untuk balik. Tiba-tiba gw goyang! Gw wipeout. Jatuh!

Tergulung-gulung dan ditarik aruk arus putar ombak! Tapi ini aneh! Ombak seperti ini baru kali ini gw rasain! Gw makin kedalam! Gw coba berenang ke permukaan. Dan berhasil. Baru 2 detik dipermukaan barisan ombak itu menghajar gw lagi.

Ini saat yang tepat untuk berdoa, mengingat kesalahan gw. Karena gw sudah 4 kali tergulung ombak dan ga sempat napas. gw hanya berpikir kalau gw akan mati hari itu.

Joshua hanya bisa duduk pasrah di papannya melihat gw yang kena blender. Gw terbanting ke atas batu dan tertarik lagi ke lautan. Gw pasrah dan gw peluk papan erat2. Gw dihantam ombak dan ditelan lagi oleh lautan! Dan gw mulai lemas! Gw minum banyak sekali air.

Akhirnya kaki gw menyentuh pasir! INI DIA!! Gw selamat gw mencoba dengan kekuatan terakir gw dan mengambil ombak yang datang. Tapi tanpa berdiri. Gw hanya berpeluk pasrah dengan papan dan akhirnya gw sampai dipantai. Dipantai 4 orang nelayan lgsg nyeret gw keluar. tanpa tersenyum dia berkata “Ati2 sep, nyai lagi nyari calon”…. NAH LO!!

Ni poto poto kita kemaren di loji


[img=http://img99.imageshack.us/img99/4240/loji2.th.jpg]

[img=http://img145.imageshack.us/img145/4303/loji1.th.jpg]

[img=http://img338.imageshack.us/img338/2679/loji3.th.jpg]

gokil gan...
untung kagak kegulung makin dalem..
emoticon-Takut (S)
kalo jakarta-bromo pp cuma bawa duit ceban termasuk extreeme ga emoticon-Malu


itu duit buat makan aja emoticon-Ngacir2 make kereta barang ama nebeng truk pp



indahnya BROMO emoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia
semoga beruntung teman - teman ayo share cerita nya emoticon-Smilie
Quote:Original Posted By arantez
Hari itu minggu 2 september 2012. Seperti biasa gw bangun siang setelah seminggu menjajal kegiatan kantor rumah kantor rumah kantor. Entah kenapa badan ini sangat malas gerak dari kasur. Sambar computer di meja trus ngenet sambil tiduran. iseng-iseng liat chart ombak buat surfing. Gw terkaget ngeliat kalau ombak tahunan yang Cuma datang sekali setahun itu besok berada pada puncaknya!! Swell 8.5feet!

Agak ragu-ragu gw langsung telpon teman yang ngerti banget tentang surfing. “Josh!! LOJI 8.5feet!!!” teriak gw ditelpon. “I KNOWWW!!!!” Joshua nimpalin. Berangkatlahhhh….!!! Setelah mencari beberapa crew yang mau ikut tapi tidak ketemu akhirnya kita urung buat pergi. Perasaan sama-sama males bawa mobil sebenarnya yang ngebatalin ini semua.

Jam 9 malam gw masih di teater nonton Step-up bareng cewe gw. Tapi pikiran ngelayang mengingat tentang ombak Loji yang rapi nutup ke kiri! Gw bingung. Gw pengen nyobain mistisnya ombak ini. Tahun lalu kita surfing disini gw dalam keadaan cedera. Jadi Ga turun. Dan tahun sebelumnya gw belom berani buat turun karena masih pemula. Tak piker panjang Akhirnya coba sms Joshua. “bro, brangkatlah yuk..”. “Ya udah gw jemput jam 11” Joshua membalas tegas!…

Jam 1 am akhirnya Joshua sampai dirumah gw dan kita berangkat ke Loji! Oh, sebelumnya Loji ini berada di jajaran pantai selatan jawa Barat. Didekat Pelabuhan ratu. Ombak kiri terpanjang se jawa barat. Dari point hingga ke pantainya kira2 500meter.

Jam 4 pagi kita sampai dipantai. Tanpa babibu kita langsung tidur siapin tenaga buat besok. Jam 7 matahari berasa seperti memanggang kabin mobil. Gw hamper teriak ketika bangun pagi melihat dijendela sudah banyak kepala bocah-bocah SD yang mengintip kedalam mobil.

Akhirnya kita bangun dan langsung tergugah akan ajaibnya ombak pagi itu! Rapi sekali. Mellow dan puncaknya berada setengah meter diatas kepala. Overhead!!!! Yihhhaaaa….. kita langsung ganti boardshort, keluarin papan dan berlari menuruni pematang sawah.

Ternyata sampai dipantai nyali gw ciut! Ombaknya besar! Dan bantingannya di batu batu itu mengerikan! Tidak ada yang main dan tidak ada lifeguard! Joshus sudah turun dan gw masih 50-50. Mencoba menggosok wax di papan dan masih mikir-mikir. Gw masih ga berani turun. Jam sudah jam 11. Dan gw berpikir untuk tidur saja.

Tapi sudahlah! Hidup hanya sekali! Gw nyebur dan mulai paddle. Setelah 150 meter dari tempat masuk gw menyesali perbuatan gw ini. Kesalahan jam masuk!! Transisi pasang air laut yang memang terjadi jam-jam segini menyebabkan ukuran ombak menjadi lebih besar dan powernya semakin garang. Tidak ada jeda. Gw liat ada ombak bagus dibelakang gw! Paddle dan gw berhasil take off dan maneuver! Saking enaknya gw lupa untuk balik. Tiba-tiba gw goyang! Gw wipeout. Jatuh!

Tergulung-gulung dan ditarik aruk arus putar ombak! Tapi ini aneh! Ombak seperti ini baru kali ini gw rasain! Gw makin kedalam! Gw coba berenang ke permukaan. Dan berhasil. Baru 2 detik dipermukaan barisan ombak itu menghajar gw lagi.

Ini saat yang tepat untuk berdoa, mengingat kesalahan gw. Karena gw sudah 4 kali tergulung ombak dan ga sempat napas. gw hanya berpikir kalau gw akan mati hari itu.

Joshua hanya bisa duduk pasrah di papannya melihat gw yang kena blender. Gw terbanting ke atas batu dan tertarik lagi ke lautan. Gw pasrah dan gw peluk papan erat2. Gw dihantam ombak dan ditelan lagi oleh lautan! Dan gw mulai lemas! Gw minum banyak sekali air.

Akhirnya kaki gw menyentuh pasir! INI DIA!! Gw selamat gw mencoba dengan kekuatan terakir gw dan mengambil ombak yang datang. Tapi tanpa berdiri. Gw hanya berpeluk pasrah dengan papan dan akhirnya gw sampai dipantai. Dipantai 4 orang nelayan lgsg nyeret gw keluar. tanpa tersenyum dia berkata “Ati2 sep, nyai lagi nyari calon”…. NAH LO!!

Ni poto poto kita kemaren di loji


[img=http://img99.imageshack.us/img99/4240/loji2.th.jpg]

[img=http://img145.imageshack.us/img145/4303/loji1.th.jpg]

[img=http://img338.imageshack.us/img338/2679/loji3.th.jpg]



wow extreme gaaaaaannnnnnnn
Quote:Original Posted By moaEdogawa
kalo jakarta-bromo pp cuma bawa duit ceban termasuk extreeme ga emoticon-Malu


itu duit buat makan aja emoticon-Ngacir2 make kereta barang ama nebeng truk pp



indahnya BROMO emoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia



ceritanya jangan setengah2 dong gan... ayoo coba dilanjutkan gan
Quote:Original Posted By tembangraras
ceritanya jangan setengah2 dong gan... ayoo coba dilanjutkan gan




males ngetiknya gan emoticon-Big Grin
sinyal nyungseb