Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016272896/syahganda-kunjungan-hillary-tancapkan-kepentingan-as
Syahganda: Kunjungan Hillary Tancapkan Kepentingan As
Spoiler for cek:


Jakarta, 3/9 (ANTARA) - Ketua Dewan Direktur Lembaga Kajian Publik Sabang-Merauke Circle (SMC) Syahganda Nainggolan menilai kunjungan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Hillary Clinton berusaha menancapkan kepentingan negeri itu di Indonesia.

Syahganda di Jakarta, Senin, menyatakan, kunjungan Hillary perlu dicermati sebagai upaya global AS untuk menancapkan pengaruh politik maupun ekonominya di Asia Pasifik sehingga membawa risiko atas keberlangsungan harmoni sesama anggota ASEAN selain menyisakan dilema masa depan posisi Indonesia yang berpengaruh di ASEAN.

"Adanya konflik di Laut China Selatan yang melibatkan China dengan negara-negara ASEAN khususnya Filipina, Brunei Darussalam, Vietnam, dan Malaysia, jelas dipandang menganggu kenyamanan agenda luar negeri AS, yang secara sungguh-sungguh dan spektakuler kini berorientasi ke lingkungan Asia Pasifik," katanya.

Menurut mantan Direktur Eksekutif Cides (Center for Information and Development Studies) itu, respon persahabatan penuh dari Indonesia sangat diperlukan AS sebelum mendapatkan dukungan serupa dari negara-negara lain di ASEAN.

Seluruh negara ASEAN diharapkan mendukung agenda keterlibatan AS dalam penyelesaian konflik Laut China Selatan yang memengaruhi stabilitas tataran Asia Pasifik itu.

"Jadi, kunjungan Hillary ke Indonesia bukan membawa kedamaian, justru sebaliknya menawarkan risiko dan persoalan terhadap Indonesia dan ASEAN," katanya.

Syahganda melansir pidato Presiden AS Barack Obama pada November 2011 di Australia yang menegaskan aspek strategis Asia Pasifik bagi AS karena itu telah ditempatkan sekitar 2.500 pasukan marinir AS di Darwin, Australia, untuk mengontrol sekaligus mewaspadai negara-negara dalam kawasan ini ke arah penciptaaan sekutu barunya.

Syahganda mengatakan, dalam konteks kunjungan Hillary, AS dipastikan menawarkan perlindungan politik ataupun jaminan tertentu kepada Indonesia, maupun negara-negara ASEAN yang terlibat sengketa Laut China Selatan guna menghadapi China.

Jika terjadi pembicaraan bantuan atau jaminan tertentu kepada Indonesia, hal itu patut dicurigai sebagai rencana kapitalisme AS untuk menguasai akses sumber daya alam seperti migas.

Kehadiran Hillary bisa dimanfaatkan oleh para kaki tangan kapitalisme asing yang terus bercokol memperkaya diri beserta kelompoknya di tengah penderitaan sebagian besar rakyat.

Lobi Hillary dapat merusak kepercayaan internasional dalam bentuk hilangnya peran strategis Indonesia di mata negara-negara lain terutama ASEAN yang sering memberi kesempatan Indonesia dalam membawa kepentingan ataupun misi ASEAN di lingkungan regional lain.

Ia menambahkan kedatangan Hillary ke menciptakan persoalan yang dapat mengganggu tatanan solidaritas ASEAN di samping tidak memperkuat suasana kemandirian ASEAN dan menyangkut terpeliharanya kekuatan ASEAN di hadapan negara lain.

"Indonesia harus tetap berkiblat dengan politik bebas aktif dan tidak boleh menjadi kaki tangan AS di ASEAN, demi menjaga kehormatan bangsa ini ke depan dan keutuhan ASEAN itu sendiri, ujarnya.

Dalam mencari titik temu terkait sengketa Laut China Selatan, seharusnya Indonesia berperan menjadi juru runding utama dengan China atas nama komunitas ASEAN, katanya.

sumber : KLIK
_____________
pemerintah indonesia yang sekarang mana berani sama tuannya...
tadi malem gw nonton hillary di TvOne gan lumayan sekalian belajar bahasa inggris hehe
Quote:Original Posted By

pemerintah indonesia yang sekarang mana berani sama tuannya...


wong presiden kita pernah ngomong "US is my second country"
budak amerika ya sby dan demokrat
Hanya satu agenda: FREEPORT, take it or leave it? Indonesia leave dr Papua maksudnya..
ah biasa aja....semua pasti seperti itu, tidak amerika saja
indonesia juga kalo berkunjung ke negara lain yg tujuannya menancapkan kepentingan indonesia
Quote:Original Posted By randeganutara
wong presiden kita pernah ngomong "US is my second country"


tunduk dan patuh pada baginda raja US

alamakkk, macem mana pule ni bah
ada udang dibalik bakwan neh
kontrak freeport udah abis, pemerintah rencana ga mau perpanjang karena pajaknya kecil. indonesia dihantam isu HAM kasus sampang, udah dilaporkan di DK PBB. tentara USA udah ngendon di aussie.

siap2 aja tentara usa bisa kapan saja masuk ke indonesia kalau isu ham semakin panas, apalagi kalau freeport bener2 tidak di perpanjang

mangkanye tong, indonesia kemarin beli alutsista jangan jangan di protes, itu buat jaga2 kedaulatan karena kasus2 kaya sekarang ini.

kalau dulu indonesia peralatan perangnya udah pada kuno, begitu diperintah ama ASU cuman bisa bilang, iya, monggo, silahkeun.

sekarang sudah modernisasi, indonesia bisa bilang ke ASU "heh, kalau berani masuk aja ke indonesia, tak tunggu"

usa punya kepentingan...ina punya kepentingan...semua negara juga punya kepentingan

namanya kerjasama pasti punya kepentingan...

repot amat sih...^^
Quote:Original Posted By Private.Indo
kontrak freeport udah abis, pemerintah rencana ga mau perpanjang karena pajaknya kecil. indonesia dihantam isu HAM kasus sampang, udah dilaporkan di DK PBB. tentara USA udah ngendon di aussie.

siap2 aja tentara usa bisa kapan saja masuk ke indonesia kalau isu ham semakin panas, apalagi kalau freeport bener2 tidak di perpanjang

mangkanye tong, indonesia kemarin beli alutsista jangan jangan di protes, itu buat jaga2 kedaulatan karena kasus2 kaya sekarang ini.

kalau dulu indonesia peralatan perangnya udah pada kuno, begitu diperintah ama ASU cuman bisa bilang, iya, monggo, silahkeun.

sekarang sudah modernisasi, indonesia bisa bilang ke ASU "heh, kalau berani masuk aja ke indonesia, tak tunggu"



Saatnya tentara-tentara kita untuk perang beneran.
Kasian, selama ini cuma capek latihan doank...

dari shitnetron yg ditampilin seminggu ini,mental pejabat negeri ini ga jauh dari mental inlander
Quote:Original Posted By Private.Indo
kontrak freeport udah abis, pemerintah rencana ga mau perpanjang karena pajaknya kecil. indonesia dihantam isu HAM kasus sampang, udah dilaporkan di DK PBB. tentara USA udah ngendon di aussie.

siap2 aja tentara usa bisa kapan saja masuk ke indonesia kalau isu ham semakin panas, apalagi kalau freeport bener2 tidak di perpanjang

mangkanye tong, indonesia kemarin beli alutsista jangan jangan di protes, itu buat jaga2 kedaulatan karena kasus2 kaya sekarang ini.

kalau dulu indonesia peralatan perangnya udah pada kuno, begitu diperintah ama ASU cuman bisa bilang, iya, monggo, silahkeun.

sekarang sudah modernisasi, indonesia bisa bilang ke ASU "heh, kalau berani masuk aja ke indonesia, tak tunggu"



Tapi beli senjatanya dari temen n anak buahnya US, gimana tuh jadinya?
Quote:Original Posted By Private.Indo
kontrak freeport udah abis, pemerintah rencana ga mau perpanjang karena pajaknya kecil. indonesia dihantam isu HAM kasus sampang, udah dilaporkan di DK PBB. tentara USA udah ngendon di aussie.

siap2 aja tentara usa bisa kapan saja masuk ke indonesia kalau isu ham semakin panas, apalagi kalau freeport bener2 tidak di perpanjang

mangkanye tong, indonesia kemarin beli alutsista jangan jangan di protes, itu buat jaga2 kedaulatan karena kasus2 kaya sekarang ini.

kalau dulu indonesia peralatan perangnya udah pada kuno, begitu diperintah ama ASU cuman bisa bilang, iya, monggo, silahkeun.

sekarang sudah modernisasi, indonesia bisa bilang ke ASU "heh, kalau berani masuk aja ke indonesia, tak tunggu"



ane setuju sm ente gan,tp yg jd mslh pemimpin tertingginya negara kita tuh lembek,,
moga yg terbaik utk negara kita
Quote:Original Posted By randeganutara
wong presiden kita pernah ngomong "US is my second country"


siap-siap kabor kalau habis masa jabatan di tuduh korupsi oleh KPK
jelas menancapkan...endonesia gampang dibodohin kok
Quote:Original Posted By Private.Indo
kontrak freeport udah abis, pemerintah rencana ga mau perpanjang karena pajaknya kecil. indonesia dihantam isu HAM kasus sampang, udah dilaporkan di DK PBB. tentara USA udah ngendon di aussie.

siap2 aja tentara usa bisa kapan saja masuk ke indonesia kalau isu ham semakin panas, apalagi kalau freeport bener2 tidak di perpanjang

mangkanye tong, indonesia kemarin beli alutsista jangan jangan di protes, itu buat jaga2 kedaulatan karena kasus2 kaya sekarang ini.

kalau dulu indonesia peralatan perangnya udah pada kuno, begitu diperintah ama ASU cuman bisa bilang, iya, monggo, silahkeun.

sekarang sudah modernisasi, indonesia bisa bilang ke ASU "heh, kalau berani masuk aja ke indonesia, tak tunggu"



Freeport bukannya baru diperpanjang 30 tahun ya? sewaktu Mega jadi Presiden..sekarang yang diusahain re-negoisasi kontraknya
Quote:Original Posted By invisiblemode
tadi malem gw nonton hillary di TvOne gan lumayan sekalian belajar bahasa inggris hehe


jiah ...
si agan malah belajar bahasa Inggris








INGATLAH SUATU SAAT NANTI KITA AKAN MATI SAUDARAKU
kalau bukan untuk kepentingan gak mungkin dia cape2 mau ke indonesia
ya iyalah menancapkan kepentingan amerika...masak menancapkan kepentingan kerajaan tonga hahahahaha
×