Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016270048/gereja-mahanaim-amp-masjid-al-muqarrabien-di-tj-priok-tolak-relokasi
Cool Gereja Mahanaim & Masjid Al-Muqarrabien di Tj Priok Tolak Relokasi
Selasa, 04/09/2012 04:40 WIB
Gereja Mahanaim & Masjid Al-Muqarrabien di Tj Priok Tolak Relokasi


Quote:Jakarta Masjid Al-Muqarrabien dan Gereja Protestan Mahanaim yang hanya dipisahkan satu dinding menolak adanya relokasi. Pasalnya, satu dinding yang menjadi pemisah antara kedua bangunan ibadah ini merupakan tanda toleransi umat beragama.

"Pihak masjid dan gereja jelas menolak, sebetulnya tahun ini mau digusur, atau mungkin tahun depan, karena menunggu jalan layang selesai dibangun atau jalan tol masuk pelabuhan. Masjid dan gereja ini contoh kerukunan umat beragama, sangat langka antara tempat ibadah hanya dipisahkan satu tembok," kata Ketua Masjid Al-Muqarrabien, Tawakal, saat dihubungi, Senin (3/9/2012).

Tawakal khawatir jika terjadi penggusuran akan memunculkan konflik. Alasannya, jamaah Al-Muqarrabien yang disebut berjumlah 4 ribu orang tersebut menolak pemisahan. Tawakal mengaku pernah menanyakan ke pihak pemerintah daerah terkait relokasi tersebut, namun ia kecewa dengan respon pemerintah daerah.

"Tolong mengenai penggusuran dikaji ulang. Ini kan dua titik sentral uman Islam dan Kristen. Takutnya terjadi gejolak besar. Mereka (jamaah) jelas menolak," ujar Tawakal.

Tak berbeda dengan Tawakal, pengurus gereja Mahanaim menyesalkan adanya relokasi akibat pelebaran jalan di Jalan Enggano, Tanjung Priok, Jakarta Utara, yang menjadi lokasi kedua tempat ibadah tersebut berdiri. Walau sudah mendirikan gereja di tempat relokasi yakni Jalan Melur I nomor 5 Rawa Badak, Koja, Jakarta Utara, Ketua jemaat gereja Mahanaim, Pendeta Tatalede, tetap menyayangkan satu tembok yang berusia 55 tahun yang menjadi saksi bisu toleransi umat beragama harus dipisahkan.

Masjid Al-Muqarrabien dan Gereja Protestan Mahanaim memang telah berdiri sejak akhir tahun 1950-an hanya dipisahkan dengan satu tembok berukuran 8 meter. Selama 50 tahun, baik jamaah masjid dan umat gereja setia menjaga kerukunan dengan saling membantu jika hari besar keagamaan masing-masing dirayakan.


(vid/mok)


Ane cuma mau komentar sm foto aja gan: baru tahu ada masjid dan gereja nempel seperti ini


ane baru tau juga nih kalo di Koja ada mesjid nempel ama gereja

salut deh buat toleransinya dalam beribadah dan bertetangga

sering lewat sana kok ngga pernah liat ya, sudah seharusnya pemerintah daerah ngga memindahkan
Mantap. Inilah Indonesia sesungguhnya.
toleransi beragama di indonesia emang dari dulu dah kuat,

cuma sekarang ada yang ngacak - ngacak saja demi kepentingan tertentu
salah satu bukti, pemerintah hanya mikir ekonomi yang bakal masuk kantong, daripada efek sosial budaya, dari keputusan pemerintah yang dilakukan
tapi setau ane pelabuhan priok emang ada rencana mau diperluas atau apalah, jadi mungkin gereja + masjid ini kena gusur?

toleransi mah kagak ada hubungan antara tempat ibadah keliatan nempel atau kagak kali brooo. Mau dipisahkan 1 dinding atau 10 kilo juga kalau rukun ya rukun terlalu mengada2 sih kalau g bilang menolak demi 1 dinding doang (pelabuhan = sarana publik banyak orang)
wah bagus juga kalo bisa kaya gini'
tapi moga2 waktu kebaktian gak ada yg bersinggungan yah.. bisa padat banget tu umat nya .. eheheheh
jangan salahkan jalan yg masin sempit, salahkan motor n mobil yg semakin BANYAK... jgn jadikan T4 ibadah menjadi korban
Quote:Original Posted By auto55646687
wah ada yang mau pisahin nih mesjid dan gereja yah ????? nanti ORMAS ISLAM bela gereja dan mesjid pisah atau gereja dan mesjid tetep deketan yah ???


maksud lo apa ORMAS ISLAM tulisannya lo gedein?
Seharusnya yang begini dilestarikan bukan digusur, ini kan mencerminkan Indonesia yg sebenarnya....kelaut aja yg radikal!!
masji gereja berdambingan atau berhadapan banyak. biasa
Quote:Original Posted By alter


toleransi mah kagak ada hubungan antara tempat ibadah keliatan nempel atau kagak kali brooo. Mau dipisahkan 1 dinding atau 10 kilo juga kalau rukun ya rukun terlalu mengada2 sih kalau g bilang menolak demi 1 dinding doang (pelabuhan = sarana publik banyak orang)


setuju..
kalau memang ga toleransi mah yg demo itu bisa dateng dari puluhan km jauhnya..
jadi inget sesuatu..

udah gusur aja, gitu aja kok repot!

udah gusur aja dua duanya, tapi minta ganti yang baru, gedungnya yang bagus,... gitu aja kok repot, lagian itu gereja sama mesjid gedung lama, udah dekil jelek begitu kagak dirawat,.. mending di relokasi tapi minta yang bagus dan nyaman buat umat beribadah,..

gak usah pada lebay dan sensi deh,... realistic aja,..
di kampung gw juga ada masjid yang deketan ama gereja..
tepatnya bersebrangan..cuma beda 7 meteran doank...
ada juga masjid yang letaknya di tengah jalan...
bingung dan penasaran kan...



dibedain ama tembok doank keknya ga masalah deh...
kan yang penting niatnya..
tapi bukan berarti toleransi itu mesti sebelahan...yaa gaaa...:
kalau masalah kelangkaan...ane ga ikut komen deh...biar mereka aja yang nyelesein gimana baiknya...



btw di yerusalem kan juga ada tuh..disebelah masjidil aqsa ada tembok ratapan tempat ibadah umat yahudi...
inilah Foke apa2 maen gusur

20 september kumis lu gua gusur
Quote:Original Posted By milatherosa
di kampung gw juga ada masjid yang deketan ama gereja..
tepatnya bersebrangan..cuma beda 7 meteran doank...
ada juga masjid yang letaknya di tengah jalan...
bingung dan penasaran kan...



dibedain ama tembok doank keknya ga masalah deh...
kan yang penting niatnya..
tapi bukan berarti toleransi itu mesti sebelahan...yaa gaaa...:
kalau masalah kelangkaan...ane ga ikut komen deh...biar mereka aja yang nyelesein gimana baiknya...



btw di yerusalem kan juga ada tuh..disebelah masjidil aqsa ada tembok ratapan tempat ibadah umat yahudi...


Indah klo bs toleransi antarumat beragama gan
duh mestinya jangan digusur donk
kan bagus itu bisa menjadi simbol yang mengingatkan yang lainnya akan kerukunan antar umat beragama......
Quote:Original Posted By alter
tapi setau ane pelabuhan priok emang ada rencana mau diperluas atau apalah, jadi mungkin gereja + masjid ini kena gusur?

toleransi mah kagak ada hubungan antara tempat ibadah keliatan nempel atau kagak kali brooo. Mau dipisahkan 1 dinding atau 10 kilo juga kalau rukun ya rukun terlalu mengada2 sih kalau g bilang menolak demi 1 dinding doang (pelabuhan = sarana publik banyak orang)


tapi gk 100% gk ada hubungannya gan. selain secara simbolis, secara psikis juga ngefek, minimal jamaah/jemaat ditempat itu.
sudah sesuai dengan pancasila dan amanat UUD 45
saling menghargai kebebasan beragama
×