Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016268611/hebat-gan-puskesmas-ala-indonesia-banyak-dicontoh-negara-lain
(HEBAT GAN!!) Puskesmas ala Indonesia Banyak Dicontoh Negara Lain
Jakarta, Jika masyarakat Indonesia diminta menceritakan tentang kondisi negaranya sendiri, maka kebanyakan yang muncul adalah hal-hal yang negatif.

Sebenarnya, ada pencapaian-pencapaian di bidang kesehatan di Indonesia yang cukup membanggakan, bahkan sampai ditiru negara lain seperti Puskesmas.

"Indonesia dengan jumlah penduduk yang mencapai 240 juta jiwa secara konsisten melakukan upaya sungguh-sungguh dalam memperbaiki kualitas kesehatan masyarakatnya. Lebih jauh lagi, Indonesia sebagai salah satu negara paling berpengaruh di Asia juga turut memberikan kontribusi dalam mewujudkan regional Asia Pasifik yang kuat," kata Alu Ghufron Mukti, Wakil Menteri Kesehatan RI dalam acara pembukaan Asia Pacific Development Summit 2012 di Hotel J.W. Marriot Jakarta, Senin (3/9/2012).

Masalah kesehatan yang dialami Indonesia juga banyak dialami negara-negara lain, terutama yang berada di daerah Asia Pasifik. Oleh karena itu, diadakanlah forum bernama Asia Pacific Development Summit 2012 di Jakarta. Tema yang dibahas kali ini adalah mengenai pentingnya sektor dan swasta untuk menangani masalah kesehatan.

Dalam forum ini, negara-negara dari Asia Pasifik bertemu dan membicarakan masalah global yang masih sulit terpecahkan, termasuk masalah kesehatan. Masing-masing negara akan memaparkan kendala yang dialami di daerahnya dan forum akan membantu mencarikan jalan keluarnya.

Dalam forum ini, Indonesia ternyata juga menjadi percontohan program-program kesehatan yang bisa dibilang sukses.

Menurut Ali Ghufron, beberapa program tersebut antara lain:

1. Puskesmas
Dalam istilah barat, puskesmas yang dikembangkan di Indonesia menggunakan konsep Integrated Health Cost. Puskesmas yang ada di hampir seluruh kelurahan di Indonesia ini dianggap sukses dan ditiru oleh India dan Bangladesh.

2. Jamkesmas dan Jampersal
Awalnya Filipina pernah memiliki progran serupa, namun gagal karena beban pembiayaan ditanggung oleh pemerintah daerah. Pemerintah daerah hanya menjanjikan jaminan kesehatan saat kampanye pemilu saja, namun enggan merealisasikan ketika terpilih.

Indonesia menggunakan dana jaminan kesehatan secara nasional sehingga menjamin seluruh masyarakat dapat mengaksesnya. Sampai saat ini, program Jamkesmas telah mencakup 76,4 juta jiwa dan menjadi contoh bagi beberapa negara di ASEAN.

3. Diwajibkannya dokter umum untuk praktik di daerah
Praktik ini sebenarnya pernah dijalankan di masa orde baru lewat program dokter inpres dan dicontoh oleh Malaysia. Sayangnya di tengah jalan program ini harus mandeg karena isu HAM. Belakangan, program ini mulai digiatkan lagi.


sUMBER: http://health.detik.com/read/2012/09...oh-negara-lain

cOment ane: sayananya puskesmas ditempat ane pelayanannya kurang memuaskan, obat yang dikasih itu-itu aj, pelayanan hanya sampai jam 1, dan dokternya kayak ogah2an meriksa pasiennya
Quote:Original Posted By nanggeleng


cOment ane: sayananya puskesmas ditempat ane pelayanannya kurang memuaskan, obat yang dikasih itu-itu aj, pelayanan hanya sampai jam 1, dan dokternya kayak ogah2an meriksa pasiennya


ante di daerah mana gan?
ane malah dah jarang tuh ke puskesmas
lebih sering ke rs sih kalo sakit
Quote:Original Posted By nanggeleng

cOment ane: sayananya puskesmas ditempat ane pelayanannya kurang memuaskan, obat yang dikasih itu-itu aj, pelayanan hanya sampai jam 1, dan dokternya kayak ogah2an meriksa pasiennya



Aku idem dech dengan komennya TS.

Moga yang begitu itu ndak ikut di contoh ya , S , TS.
Quote:Original Posted By helmyfahrizal
ante di daerah mana gan?
ane malah dah jarang tuh ke puskesmas
lebih sering ke rs sih kalo sakit


daerah jawa agak barat dikit gan, kalo dikampung ane rumah sakit letaknya jauh gan, jadi mau gak mau harus ke puskesmas. kalo ke dokter harganya selangit, padahal meriksanya cuman nanya2 terus disimpulin gitu doank
kalau agan PUSing, KESleo, MASuk angin pergi ke puskesmas.
puskesmas sangat efektif bila di daerah
mari kita berharap pemerintah peduli pada sarana & layanan puskesmas termasuk dokter & pembantunya yg bertugas
kalo di daerah ane mah puskesmas kurang laku
soalnya emang di sekitarnya banyak banget dokter atau apa itu lupa namanya yang buka praktek di desa desa. jauh lebih terjangkau dari sisi transportasi n obatnya pun nggak beda sama di puskesmas
Tidak ada akar, rotan pun jadi. Puskesmas merupakan alternatif tempat berobat jaman sekarang. Kalau ke rumah sakit ... wow ... seperti nginap di hotel aja biaya rawat inap nya.
Quote:Original Posted By sandal_jepit
kalau agan PUSing, KESleo, MASuk angin pergi ke puskesmas.



kalau di jakarta puskesmas kecamatan ada yang bisa rawat inap buat bersalin
kok komennya banyak yang negatif ya?

Sebenarnya kalau di luar jawa, puskesmas cukup efektif kok.

Kalau di jawa emang kurang efektif, terlalu banyak dokter.
Di tempat ane puskemas malah menjadi favorit gan, cuma sayang bukanya gak 24 jam,,,
ane akui, di kota seperti jakarta dan bekasi puskesmas pelayanannya udah bagus gan semenjak jaman pak sutiyoso..
Quote:Original Posted By nanggeleng

cOment ane: sayananya puskesmas ditempat ane pelayanannya kurang memuaskan, obat yang dikasih itu-itu aj, pelayanan hanya sampai jam 1, dan dokternya kayak ogah2an meriksa pasiennya


kalau ditempat ane, pelayanannya yg kurang adalah antri mengambil nomor urut,
tapi bisa dimaklumi, karena biayanya gratis klo ibu2 hamil & orang lansia berobat malah dapet susu

obatnya ya emang itu2 saja, obat generik maunya TS obat yg kayak gimana ?
Quote:Original Posted By nanggeleng
Jakarta, Jika masyarakat Indonesia diminta menceritakan tentang kondisi negaranya sendiri, maka kebanyakan yang muncul adalah hal-hal yang negatif.

Sebenarnya, ada pencapaian-pencapaian di bidang kesehatan di Indonesia yang cukup membanggakan, bahkan sampai ditiru negara lain seperti Puskesmas.

"Indonesia dengan jumlah penduduk yang mencapai 240 juta jiwa secara konsisten melakukan upaya sungguh-sungguh dalam memperbaiki kualitas kesehatan masyarakatnya. Lebih jauh lagi, Indonesia sebagai salah satu negara paling berpengaruh di Asia juga turut memberikan kontribusi dalam mewujudkan regional Asia Pasifik yang kuat," kata Alu Ghufron Mukti, Wakil Menteri Kesehatan RI dalam acara pembukaan Asia Pacific Development Summit 2012 di Hotel J.W. Marriot Jakarta, Senin (3/9/2012).

Masalah kesehatan yang dialami Indonesia juga banyak dialami negara-negara lain, terutama yang berada di daerah Asia Pasifik. Oleh karena itu, diadakanlah forum bernama Asia Pacific Development Summit 2012 di Jakarta. Tema yang dibahas kali ini adalah mengenai pentingnya sektor dan swasta untuk menangani masalah kesehatan.

Dalam forum ini, negara-negara dari Asia Pasifik bertemu dan membicarakan masalah global yang masih sulit terpecahkan, termasuk masalah kesehatan. Masing-masing negara akan memaparkan kendala yang dialami di daerahnya dan forum akan membantu mencarikan jalan keluarnya.

Dalam forum ini, Indonesia ternyata juga menjadi percontohan program-program kesehatan yang bisa dibilang sukses.

Menurut Ali Ghufron, beberapa program tersebut antara lain:

1. Puskesmas
Dalam istilah barat, puskesmas yang dikembangkan di Indonesia menggunakan konsep Integrated Health Cost. Puskesmas yang ada di hampir seluruh kelurahan di Indonesia ini dianggap sukses dan ditiru oleh India dan Bangladesh.

2. Jamkesmas dan Jampersal
Awalnya Filipina pernah memiliki progran serupa, namun gagal karena beban pembiayaan ditanggung oleh pemerintah daerah. Pemerintah daerah hanya menjanjikan jaminan kesehatan saat kampanye pemilu saja, namun enggan merealisasikan ketika terpilih.

Indonesia menggunakan dana jaminan kesehatan secara nasional sehingga menjamin seluruh masyarakat dapat mengaksesnya. Sampai saat ini, program Jamkesmas telah mencakup 76,4 juta jiwa dan menjadi contoh bagi beberapa negara di ASEAN.

3. Diwajibkannya dokter umum untuk praktik di daerah
Praktik ini sebenarnya pernah dijalankan di masa orde baru lewat program dokter inpres dan dicontoh oleh Malaysia. Sayangnya di tengah jalan program ini harus mandeg karena isu HAM. Belakangan, program ini mulai digiatkan lagi.


sUMBER: [url]http://health.detik..com/read/2012/09/03/174654/2006705/763/puskesmas-ala-indonesia-banyak-dicontoh-negara-lain[/url]

cOment ane: sayananya puskesmas ditempat ane pelayanannya kurang memuaskan, obat yang dikasih itu-itu aj, pelayanan hanya sampai jam 1, dan dokternya kayak ogah2an meriksa pasiennya


kalo soal obat karena generik biasanya tampangnya emang gitu2 aja gan, kalo agan sakitnya cuman demam, flu doang ya dikasinya paling paracetamol sama antibiotik.

kalo ane kadang antibiotiknya gak diminum kalo panas bisa turun, kalo dokternya sih tergantung orangnya dah.
Kok bisa gan? seharusnya Dokter Indonesia yang belajar btw di contoh dari mananya, tapi oklah tapi itupun hanya beberapa daerah aja yang begituan....
ane juga suka ke puskesmas... sama aja kok gan utk yg ringan2 mah recommended lah
puskesmas emang lumayan lengkap tuh poli-nya

dari poli untuk penyakit umum hingga ke poli gigi ada

yang gak ada biasanya poli mata, sehingga pasien mata yang ke puskesmas selalu disarankan ke RSUD
Quote:Original Posted By nanggeleng
daerah jawa agak barat dikit gan, kalo dikampung ane rumah sakit letaknya jauh gan, jadi mau gak mau harus ke puskesmas. kalo ke dokter harganya selangit, padahal meriksanya cuman nanya2 terus disimpulin gitu doank


kamsudnya banten/jabar sekitar situ ya?
saya di bengkulu gan. disini periksa dan obat di puskesmas gratis. kecuali kalo pake cek2 darah baru bayar.

dulu pernah nyoba puskesmas di tebet jakarta, yang gedungnya udah kayak rumah sakit, disana juga periksa dan obat gratis.

pernah juga sakit dibogor kawasan dramaga, berobat dipuskesmas bayar 3.000 setiap kali berobat.

saya gak punya askes.
Quote:Original Posted By helmyfahrizal


ante di daerah mana gan?
ane malah dah jarang tuh ke puskesmas
lebih sering ke rs sih kalo sakit


Quote:Original Posted By nanggeleng


daerah jawa agak barat dikit gan, kalo dikampung ane rumah sakit letaknya jauh gan, jadi mau gak mau harus ke puskesmas. kalo ke dokter harganya selangit, padahal meriksanya cuman nanya2 terus disimpulin gitu doank


yah... begitulah gan... wong gaji dokter sama gaji buruh tinggian gaju buruh koq
dokternya males2an deh...

coba datang ke praktek umum dokter itu, pasti semangat dia...

×