Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016262827/pemerintah-ancam-tutup-7-eleven-dan-lawson
Pemerintah Ancam Tutup 7-Eleven dan Lawson
Pemerintah Ancam Tutup 7-Eleven dan Lawson

Jakarta - Kementerian Perdagangan (Kemendag) mengancam akan menutup jaringan usaha restoran 7-Eleven dan Lawson jika tidak mengikuti peraturan. Dua merek usaha waralaba tersebut harus mengembalikan format usahanya sebagai restoran, kenyataanya saat ini mereka lebih condong beroperasi sebagai ritel.

"Kalau dia nggak mau kembali ke format awal ya apa boleh buat, tentunya ditutup," ungkap Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan, Gunaryo saat ditemui di kantornya, Jl Ridwan Rais, Jakarta, Senin (3/9/12).

Gunaryo mengatakan, pemerintah terus melakukan koordinasi dan pengawasan terhadap dua merek gerai ini. Ia menuturkan keduanya menyatakan kesiapan untuk mengikuti aturan pemerintah.

"Sejauh yang mereka laporkan sih mereka siap," tambahnya.

Tak hanya Lawson dan Seven Eleven, yang terjadi di lapangan, masih banyak gerai yang menyelewengkan perizinannya. Ia mengatakan, pemerintah akan juga menindak lanjuti gerai-gerai usaha waralaba selain Lawson dan 7-Eleven.

"Kita sedang cermati beberapa temen-temen ini sudah mulai latah untuk melakukan perubahan ke ritel yang seolah-olah ada makanannya padahal tidak. Kita bekerja terus, dalam waktu dekat kita akan lakukan peringatan," sambungnya.

Secara terpisah, Menteri Perdagangan Gita Wirjawan mengatakan, pemerintah memberikan peringatan kepada 7-Eleven dan Lawson karena usahanya dinilai keluar dari perizinan yang seharusnya.

"Ijin yang mereka pereoleh adalah ijin rumah makan (restoran). Kita peringatkan mereka, ini bukan semangat anti bisnis ya. Ini kita semangatnya mau mengajak mereka untuk lebih mengikuti peraturan," tutupnya.

Selama ini convenience store seperti 7-Eleven diartikan sebagai minimarket yang menyajikan makanan dan minuman siap saji dengan rata-rata ukuran bangunan berkisar seluas 200 m2.

Sesuai ketentuan yang ada, perizinan toko moderen asing bisa melalui mekanisme franchise (waralaba), kedua sebagai pemain asing dengan syarat luas toko harus diatas 1.200 m2.

Sebelumnya Kementerian Perdagangan menegaskan, hingga kini pihaknya hanya memberikan Surat Tanda Penerima Waralaba (STPW) bagi 7-Eleven sebagai restoran bukan convenience store.


Sumber : [url]http://finance.detik..com/read/2012/09/03/132027/2006209/4/pemerintah-ancam-tutup-7-eleven-dan-lawson?f9911023[/url]
kalau melanggar yah tutup aja
gitu aja kok repot, kalau masih berlarut larut dengan peringatan apakah ada nego nego tersembunyi ??
Tenang saja, beking masih kuat.
pemerintah cuman bisa mengancam dan mengancam

gak ada tindakan yang konkret untuk melindungi pasar tradisional


ntar kayak sibeye yang kantung matanya semakin besar saja

Quote:Original Posted By triveenk
pemerintah cuman bisa mengancam dan mengancam

gak ada tindakan yang konkret untuk melindungi pasar tradisional


ntar kayak sibeye yang kantung matanya semakin besar saja



mengancam = minta jatah

biasalah indonesia
upetinya masih kurang kali tuh
tutup aja, beri kesempatan ama ritel lokal buat berkembang
Quote:Original Posted By triveenk
pemerintah cuman bisa mengancam dan mengancam

gak ada tindakan yang konkret untuk melindungi pasar tradisional


ntar kayak sibeye yang kantung matanya semakin besar saja



Tanya dulu siapa kepala pemerintahnya...suruh koruptor pulang aja dengan meminta minta dan menghimbau orangnya pula...coba tegas...ORANGNYA PULANG ATAU NGAK? KALU NGA BIAR NAMANYA SAJA YANG PULANG!!!
Quote:Original Posted By salimans
Tanya dulu siapa kepala pemerintahnya...suruh koruptor pulang aja dengan meminta minta dan menghimbau orangnya pula...coba tegas...ORANGNYA PULANG ATAU NGAK? KALU NGA BIAR NAMANYA SAJA YANG PULANG!!!


ngelawak di joke aja gan

jangan ada prihatin diantara kita
cuma ngancam kok. tenang aja. ga bakal ditutup. salah satu sumber penghasilan daerah.

TRIT ANE GAN (SUDI MAMPIR)

______________________________
satu KASKUS, satu INDONESIA, selamanya
VCC 100%BuKanKloNenGanBiaSa
tinggal urus izin ritel aja apa susahnya... jgn2 ini mainannya si Alfa Group..
peraturan yang selalu ndak jelas.sekarang gak boleh dulu boleh.............
harus adanya ketegasan supaya semua org tahu peraturan yang jelas tuh apa ya???
Quote:Original Posted By triveenk
pemerintah cuman bisa mengancam dan mengancam

gak ada tindakan yang konkret untuk melindungi pasar tradisional


ntar kayak sibeye yang kantung matanya semakin besar saja



kasian sekali elo..elo pedagang pasar tradisional?mampus aja mau kaga ada persaingan?klo kaga ada minimarket elo jual mahal konsumen kaga ada pilihan mati aja orang seperti elo..
wah ntr para ababil ngetem dimana neh? wakakak biasanya klo mau ngegahoel di sevel
Wahduh! Jangan Ditutup donk! Itu tempat ane ngambil keju cair gratisan! wkwkwk
dengan berfungsi sebagai mini market, keberadaannya mengancam penjual warung2 kecil yang ada disekitarnya
apakah ini akan berakhir dengan salam tempel beramplop?
Quote:Original Posted By ran.sato
kalau melanggar yah tutup aja
gitu aja kok repot, kalau masih berlarut larut dengan peringatan apakah ada nego nego tersembunyi ??


Mungkin agak "gentar" karena melihat "the man behind the business", sehingga terpaksa memberikan warning secara terbuka terlebih dahulu.
kalo benar-benar melanggar memang harus ditindak

sehingga tidak merugikan pedagang kecil
Quote:Original Posted By ran.sato
kalau melanggar yah tutup aja
gitu aja kok repot, kalau masih berlarut larut dengan peringatan apakah ada nego nego tersembunyi ??


Quote:Original Posted By S8Y
Tenang saja, beking masih kuat.


Quote:Original Posted By rokokopimik
apakah ini akan berakhir dengan salam tempel beramplop?


Pasti ditempel braayy..mungkin masih ada plat2 BS tersembunyi


×