alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016262417/waduh-musim-kemarau-diperkirakan-hingga-akhir-desember
icon-hot-thread
Waduh, Musim Kemarau Diperkirakan Hingga Akhir Desember
Waduh, Musim Kemarau Diperkirakan Hingga Akhir Desember
Quote:Metrotvnews.com, Kupang: Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi musim kemarau akan berlangsung hingga akhir tahun ini. Dampaknya, beberapa daerah akan mengalami kekeringan yang panjang dan sawah puso.

"Prediksi secara umum atau nasional itu didasarkan oleh beberapa kriteria antara lain indikator El Nino Southern Oscillation (ENSO), anomali suhu permukaan air laut, serta Dipole Mode di Samudera Hindia," kata Kepala Stasiun Klimatologi Lasiana Kupang Juli, Setiyanto, di Kupang, Nusa Tenggara Timur, Senin (3/9).

Ia juga menyebut sifat hujan musim kemarau 2012 diprediksi normal (57%), di atas normal (35%) dan di bawah normal (8%).

"Dalam konteks lokal di daerah Nusa Tenggara Timur yang memiliki karakteristik musim yang spesifik dengan daerah lain di NTT, diprediksi musim kemarau justru akan berakhir November dan saat itu pula dimulai awal musim hujan di daerah kepulauan ini," katanya.

Bahkan katanya, hasil analisis pihak MBKG Stasiun Klimatologi Lasiana Kupang meyebutkan ada beberapa daerah yang diprediksi akan memasuki awal musim hujan pada Oktober 2012, ada November dan ada yang pada Desember.

"Untuk Oktober dua (minggu kedua) ada satu Zona Musim (Zom), November dua ada lima Zom dan Desember dua ada empat Zom dari perbandingan rata-rata 14 Zom," katanya.

Khusus untuk sifat hujan di daerah-daerah NTT pada umumnya diprediksi normal 15% dan di bawah normal 8% dan tidak memiliki sifat di atas normal.

Sehingga kekeringan memang ada dan sedang terjadi pada daerah-daerah tertentu di Nusa Tenggara Timur, namun untuk saat ini masih dapat ditanggulangi dengan sisa debit air yang ada.

Ia mengatakan, secara nasional pemerintah pusat melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) telah menyelesaikan rencana aksi terpadu menghadapi kekeringan 2012, dengan total biaya yang disediakan untuk penanggulangan bencana kekeringan mencapai Rp60 miliar yang berasal dari dana siap pakai BNPB.(Ant/DSY)

waduuh bakal lama lagi nih sebagin besar indonesia kekeringan emoticon-Berduka (S)
Quote:ditempat ente gmana gan? musim kemaraukah atau musim hujan? share dimari nyookk. Pekanbaru musim kemarau gan emoticon-Berduka (S)
sumber

aduuh lama gak ngaskus ternyata thread ane banyak pengunjung nya emoticon-Malu (S)
makasih banyak untung juragan dan juragan wati yang sudi mampir di thread sederhana ane.
makasih juga untuk agan2 yang sudah ngasih ijo2 nya. emoticon-2 Jempol



update
pekanbaru udah mulai hujan gan emoticon-2 Jempol gmana kondisi di daerah agan?
wahh, masih lama ya hujannya....emoticon-Sorry

udah puanas bukan main nih... semarang masih blm terjamah air hujan....emoticon-Cape d... (S)
padahal klo 'jadwal' seharusnya, hujan dimulai bulan september...
Jakarta sudah krisis air bersih

wah kacau sekali deh ini

pemprov harus putar orak emoticon-Amazed
Quote:Original Posted By triveenk
Jakarta sudah krisis air bersih

wah kacau sekali deh ini

pemprov harus putar orak emoticon-Amazed


bbrp daerah juga udah krisis air,
tapi di bberapa daerah sudah mulai hujan bahkan banjir

di bogor udah bbrp kali hujan

c-string invisible underwear

Comfortable Tubes Run 100 Running Shoe from K-Swiss
Quote:Original Posted By kittenlady
wahh, masih lama ya hujannya....emoticon-Sorry

udah puanas bukan main nih... semarang masih blm terjamah air hujan....emoticon-Cape d... (S)
padahal klo 'jadwal' seharusnya, hujan dimulai bulan september...

iya ni gan. biasa nya kalo udah ma=emasuki belun dengan akhiran BER diiringi dengan musim hujan.
tapi sekarang emoticon-Berduka (S)
Quote:Original Posted By triveenk
Jakarta sudah krisis air bersih

wah kacau sekali deh ini

pemprov harus putar orak emoticon-Amazed

emoticon-Berduka (S) yang sabar ya gan.
kalo nunggu pemerintah dalam pengadaan air bersih, bisa2 gak minum gan emoticon-Blue Guy Peace
Quote:Original Posted By renjanarose
bbrp daerah juga udah krisis air,
tapi di bberapa daerah sudah mulai hujan bahkan banjir

di bogor udah bbrp kali hujan

c-string invisible underwear


emoticon-Matabelo syukurlah kalo udah hujan gan.
tapi waspada banjir melanda emoticon-Malu (S) ati2 yee gann
dah seminggu air w kering gan,,,mandi harus malem-malem nunggu tetangga pd tidur bru nampung air emoticon-Berduka (S)
Jekardah masih tetep panas gan. emoticon-Cape d... (S)
kemarau yang panjang...berilah aku sedikit air emoticon-Mewek
Quote:Original Posted By sironald2004
dah seminggu air w kering gan,,,mandi harus malem-malem nunggu tetangga pd tidur bru nampung air emoticon-Berduka (S)

ane turut prihatin gan emoticon-Berduka (S)
Quote:Original Posted By vand
Jekardah masih tetep panas gan. emoticon-Cape d... (S)

moga cepet cuacanya membaik gan emoticon-Blue Guy Peace
Quote:Original Posted By lacoof85
kemarau yang panjang...berilah aku sedikit air emoticon-Mewek


ammiiinn emoticon-Mewek
Quote:Original Posted By kittenlady
wahh, masih lama ya hujannya....emoticon-Sorry

udah puanas bukan main nih... semarang masih blm terjamah air hujan....emoticon-Cape d... (S)
padahal klo 'jadwal' seharusnya, hujan dimulai bulan september...


disini juga kemarauuuuu gan
panasnye bukan maennnn
angin nya juga angin penyakit gan emoticon-Matabelo
ya di nikmatin aja gan mau panas atau hujan.. mau gimana lg dah hukum alam..
Tempatku malah Hujan melulu... emoticon-Ngacir
alhamdulillah, di tempat saya air masih banyak.... maklum... tinggal di daerah yang agak bawah. Tapi ya itu.. resiko banjir kalau hujan. He..he....
waduh parah amir gan.. musti siapin dirigen nih pas bulan desember ntar..
vbot apa kabar?bini sehat?
kalo ditempat ane mah lagi musim hujan gan emoticon-Big Grin
didaerah udah pada susah cari air ya..smoga gak terlalu lama kemaraunya....
desember, januari aja, biar tahun baruan gak hujan2 lagi... emoticon-Cape d... (S)
udah kerasa disini kemaraunya emoticon-Matahari










satu dua tiga empat lima...
kemarin sempet ujan...tapi cuman sebentar... emoticon-Matabelo
di bekasi juga kemarau trus gan emoticon-Sorry
panas terus setiap hari emoticon-Sorry
sampai Desember sih lama bgt emoticon-Sorry

emoticon-Peace NITIP LAPAK GAN emoticon-Peace
emoticon-Selamat Jersey KW Thai Grade AAA only IDR 130.000 emoticon-Selamat
Waduh, Musim Kemarau Diperkirakan Hingga Akhir Desember
0813 111 8 6728
Waduh, Musim Kemarau Diperkirakan Hingga Akhir Desember
@JerseyLiciousz
×