Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016261654/di-papua--semen-rp-108-juta-sak-bbm-rp-70-ribu-liter
Di Papua : Semen Rp 1,08 juta/sak, BBM Rp 70 ribu/liter
Di Papua : Semen Rp 1,08 juta/sak, BBM Rp 70 ribu/liter

Jakarta – Bagaimana mau berharap bisa maju cepat seperti di daerah lain. Keterbatasan infrastruktur di Papua telah membuat harga-harga barang di luar batas kewajaran.

“Di Papua, untuk harga 1 sak semen itu bisa Rp 1.080.000. Harga semennya hanya Rp 80 ribu. Ongkos angkutnya Rp 1 juta. Karena diangkutnya itu pakai pesawat,” ungkap Pejabat Sementara Gubernur Papua, Syamsul Arief Rivai saat acara Indonesia International Infrastructure, di Jakarta Convention Centre, Kamis (30/8/12).

Tingginya harga semen itu, kata dia, karena biaya transportasi yang mahal. Akses darat dan laut di beberapa wilayah itu sangat sulit sehingga harus mengandalkan pesawat terbang.
Di Papua : Semen Rp 1,08 juta/sak, BBM Rp 70 ribu/liter

Sedangkan harga BBM, mencapai Rp 70 ribu per liter. Itu juga sebabnya ketika di berbagai wilayah ribut soal kenaikan harga BBM, di Papua semua tenang saja. Sebab, sudah terbiasa dengan harga yang mahal.

Meski begitu, keterbiasan dengan harga mahal itu tidak bisa dibiarkan terus terjadi. Pada 2014 nanti, kata dia, pihaknya mengharapkan keseriusan pemerintah menyelesaikan akses darat antar kota di Provinsi Papua.

“Sehingga segala biaya transportasi mahal yang saat ini dialami bisa semakin diminimalisir,” tandas dia.

Sumbernya

===============================================

yang ini, yang dinamakan pemerataan pembangunan hanya isapan kon... eh... jempol

Quote:Original Posted By domba.kumal01


Di Papua : Semen Rp 1,08 juta/sak, BBM Rp 70 ribu/liter
siap2 aja bawa pake pesawat..


domba kumal hadir disini ™
jangan hanya kekayaan alamanya saja yang dikeruk habis. tapi juga infrastruktur dibangun dong pak.
bikin pabrik semen dong...

eeeee.... duitnya kemana ya? dapet duit otsus triliunan kemanaaaaa?
udah deh jangan harap
cuman 400 triliun yang dikucurkan utk daerah dan wajib dibagi rata di 33 provinsi
matilah
indonesia perlu sedikitnya 4 triliun untuk mengembalikan infrastruktur dari hancur ke baik
Quote:Original Posted By blue_danube
bikin pabrik semen dong...

eeeee.... duitnya kemana ya? dapet duit otsus triliunan kemanaaaaa?


yah si entong, asal bacot aja
emang lo pikir yang harganya 1 juta di daerah kotanya
Itu pasti digunung2, mau lo bikin dipapua tuh pabrik tetep aja harganya mahal
waduh mahal banget angkutannya pemerintah kurang infrastruktur untuk ke papua.
udah ga heran, daerah macam papua kasih otsus aja gede, tapi harga pokok disana mahal dan pusat seakan lepas tangan.

lagian indonesia jakarta-jawa-bali, pembangunan dari awal kemerdekaan di utamakan disini.

dikampung ane sumatra nasi + ikan 15ribu, dijakarta 7000 dapet.

nyari premium harus turun gunung dulu...
ongkos angkut nya 1 juta

tapi disana perputaran uang nya juga cepet sih
provinsi kaya warganya mlarat.. Picek pemerintahanya
ada yg mati2an supaya bensin murah, ada yg mati2an antri supaya dapat bensin ...
seandai nya petronas ada di daerah timur indo
pindah aja ke jawa napa...
Quote:Original Posted By TukangRogohBabu
yah si entong, asal bacot aja
emang lo pikir yang harganya 1 juta di daerah kotanya
Itu pasti digunung2, mau lo bikin dipapua tuh pabrik tetep aja harganya mahal


Ya eamng mahal gan, yg di pakai disana semen dari Jawa (Semen Gresik), ongkos angkutnya dari Surabaya ke papua aja sudah ketauan berapa harganya, belum lagi distribusi ke daerah2.. Ya jelas sangat berpengaruh sama harganya klw bikin pabrik semen di Irian.
Sangat wajar kalo papua mau merdeka...punya pemerintah tp mikirin perut sendiri. Seandainya gw jd warga papua jg mending bela2in merdeka jd negara sendiri
Quote:Original Posted By Ngesoty
Ya eamng mahal gan, yg di pakai disana semen dari Jawa (Semen Gresik), ongkos angkutnya dari Surabaya ke papua aja sudah ketauan berapa harganya, belum lagi distribusi ke daerah2.. Ya jelas sangat berpengaruh sama harganya klw bikin pabrik semen di Irian.


pake pesawat itu pasti dari daerah papua juga, emang papua ga ada pelabuhan gede apa?
infastruktur disana yang harus dibangun, supaya jalan darat atau sungai bisa masuk kepelosok
Kalo nyaranin pabrik semen disana mah ngimpi, investor mana ada yang mau
Gede memang gan sesuai dgn tingginya gaji2 disana
misal :
Guru pedalaman sampe 9jt/bulan
Dokter umum 25jt/bulan
dokter specialist 50jt/bulan (wadau )

klo mau ngirit bisa kerja disana, ga banyak mall atau hiburan dll
dan ngirim duit ke ortu di jawa jadi besar bgt karna perbedaan economi value

ane tau semua ini ya dr tmen ane yg asli dr papua
dia kerja di jkt dgn alesan, disana ga da hiburan
semoga saja cepat terlaksana....
kalo ada yang berani bikin di papua, dijamin bisa monopoli puluhan tahun mendatang

link
Quote:Original Posted By TukangRogohBabu
pake pesawat itu pasti dari daerah papua juga, emang papua ga ada pelabuhan gede apa?
infastruktur disana yang harus dibangun, supaya jalan darat atau sungai bisa masuk kepelosok
Kalo nyaranin pabrik semen disana mah ngimpi, investor mana ada yang mau


Makanya gan, buat bikin infrastruktur disana itu, awalnya harus ada pabrik semen, buat mengurangi biaya pembuatan infrastruktur.

Untuk pembuatan pabrik semen di sana, ya pakai sebagian dana Otsus itu, dan bikin Pabrik semen BUMN.
Quote:Original Posted By batu.merah
udah ga heran, daerah macam papua kasih otsus aja gede, tapi harga pokok disana mahal dan pusat seakan lepas tangan.

lagian indonesia jakarta-jawa-bali, pembangunan dari awal kemerdekaan di utamakan disini.

dikampung ane sumatra nasi + ikan 15ribu, dijakarta 7000 dapet.

nyari premium harus turun gunung dulu...


kata temen ane yang tugas disana, dana otsus disana miris juga gan, disunat kanan kiri... katanya sih...

makanya mereka ngerasa nggak diperhatiin ama pusat, itulah yg melandasi munculnya gerakan2 separatis disana...

tapi masalahnya kompleks juga sih...

menurut ane intinya cuma tinggal komunikasi dan niat baik aja dari pemerintah pusat dan pemerintah sono...
Gimana ga mau merdeka papua, lah wong ga di perhatiin sama pemerintah pusat
Miris banget gan ...............................................

Semoga Bina Marga Kementerian PU, sudah memprediksi hal ini ?

Pemerintah kalau mau bikin jalan itu harus berdasarkan kajian, nah di dalam kajian ini dinyatakan hitungan ekonomis yaitu jalan yang dibangun harus menghubungkan kawasan ekonomi, dimana harus telah ada masyarakat dikawasan tersebut yang saling terhubung secara alamiah.

- Kota A (kota perdagangan) -----> Kota B (kota pertanian) = layak dibangun jalan kelas X (10ton) karena akan dilewati truk pengepul hasil bumi.

atau

- Desa C (kawasan pertanian) -----> Kota D = layak dibangun jalan kelas Y (5ton) karena akan dilewati pickup mengangkut hasil bumi ke pasar.
×