Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016260227/ingin-jual-listrik-ke-malaysia-pln-siapkan-infrastruktur
Ingin Jual Listrik ke Malaysia, PLN Siapkan Infrastruktur
Quote:Pekanbaru - PT PLN (Persero) berencana menjual listriknya ke Malaysia. Untuk mewujudkan gagasannya itu, PLN melakukan persiapan dalam lima tahun ke depan. Apa saja?

Disampaikan Direktur Utama PLN Nur Pamudji, persiapan pertama PLN adalah pembangunan pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) berkapasitas 2x600 megawatt (MW) di provinsi Riau dalam lima tahun mendatang.

Selain untuk diekspor, 50% listrik yang dihasilkan dari PLTU itu nantinya dapat digunakan untuk memenuhi pasokan listrik di wilayah Riau.

Hal ini ditempuh guna memenuhi syarat dari Kementerian ESDM yang mengharuskan sebuah wilayah bisa memenuhi kebutuhan domestik terlebih dulu sebelum menjual listrik ke pihak luar.

Persiapan kedua yang akan dipenuhi adalah pembangunan kabel bawah laut yang menjadi sarana utama mengalirkan listrik dari Riau ke Malaysia.

Meski memerlukan banyak dana dan persiapan panjang, Nur Pamudji menyatakan pihaknya bakal memulai persiapan tersebut dari sekarang.

"Hitung saja, untuk membangun satu megawatt pembangkit listrik batubara membutuhkan investasi US$ 1,2 juta. Jadi untuk PLTU 2x 600 megawatt diperlukan dana sekitar US$1,44 miliar," tegas Nur di sela-sela tinjauan kesiapan PLN untuk menunjang Pekan Olah Raga Nasional (PON) Riau 2012, Pekanbaru, Senin (3/9/2012).

"Namun harus disiapkan dari sekarang karena untuk mengekspor listrik itu memerlukan jangka waktu lima tahun untuk menyiapkan infrastrukturnya," tambahnya.

Rencana ekspor listrik PLN ke Malaysia ini merupakan bagian dari kerjasama Sumatera-Peninsular Interconnection Project yang telah ditandatangani antara PLN dengan pihak Malaysia pada Maret lalu. Ekspor listrik itu bakal dimulai pada 2017 mendatang.

Sementara saat ini PLN tengah mencari tempat yang bakal dijadikan lokasi PLTU terseut. Meski belum ada tempat yang pasti, daerah di wilayah Negeri Hilir disebut-sebut menjadi kandidatnya.

------------------------------------------------------------------------------------------------------------
[URL="http://finance.detik..com/read/2012/09/03/135301/2006271/1034/ingin-jual-listrik-ke-malaysia-pln-siapkan-infrastruktur?f9911013"]Sumber[/URL]

Untuk Pemerintah yang terhormat, Di Kalimantan timur tuh lampu serring mati nyala mati nyala..
Pikir dulu yang di dalam negeri, baru yang ke luar..
Quote:Original Posted By
------------------------------------------------------------------------------------------------------------
[URL="http://finance.detik..com/read/2012/09/03/135301/2006271/1034/ingin-jual-listrik-ke-malaysia-pln-siapkan-infrastruktur?f9911013"]Sumber[/URL]

Untuk Pemerintah yang terhormat, Di Kalimantan timur tuh lampu serring mati nyala mati nyala..
Pikir dulu yang di dalam negeri, baru yang ke luar..


ngurusin yang di kaltim nggak ada gengsinya
di tempat ane juga sering pemadaman listrik,kemarin malam barusan mati
entar lagi gw tebak bakal ada yang ngedebatin kalo ngebangun infrastruktur listrik di kalimantan super mahal, jadi mending bikin diperbatasan aja biar untung nya gede.
Quote:Original Posted By

Untuk Pemerintah yang terhormat, Di Kalimantan timur tuh lampu serring mati nyala mati nyala..
Pikir dulu yang di dalam negeri, baru yang ke luar..


Quote:Rencana ekspor listrik PLN ke Malaysia ini merupakan bagian dari kerjasama Sumatera-Peninsular Interconnection Project yang telah ditandatangani antara PLN dengan pihak Malaysia pada Maret lalu. Ekspor listrik itu bakal dimulai pada 2017 mendatang.

2017 Kaltim masih krisis listrik gan ?
tahun depan masuk tambahan 82 MW dr PT KEP
tahun 2017 itu Insyaallah dah SEMUA proyek 10.000 MW tahap pertama selesai dan proyek 10.000 MW tahap II menjelang tahap akhir sehingga semua yg di rencanakan (penjualan listrik) baru bisa terwujud

Kalau bicara defisit mah, hampir semua wilayah juga defisit saat ini, gimana enggak lha wong semua alat2 dan gadget menuntut listrik sebagai tenaga kok
weleh, di Palangkaraya aja masih sering mati lampu, gimana nih PLN
dagang listrik di dalam negeri kecil untungnya kali ya, makanya pengen merantau di negeri orang
apa karna TDL yg bikin PLN males ngurusin listrik dalam negeri??
Tolong ini pak Dahlan jajarannya gmn,ga punya otak apa gmn direksi PLN yg ada disana,ko bs2 nya punya ide jual listrik ke Malay sedangkan ddlem negeri aja khususnya wilayah Timur msh begitu..
Astaga ga abis pkir gw lama2 sm negeri ini..

aneh

Quote:Original Posted By
------------------------------------------------------------------------------------------------------------
[URL="http://finance.detik..com/read/2012/09/03/135301/2006271/1034/ingin-jual-listrik-ke-malaysia-pln-siapkan-infrastruktur?f9911013"]Sumber[/URL]

Untuk Pemerintah yang terhormat, Di Kalimantan timur tuh lampu serring mati nyala mati nyala..
Pikir dulu yang di dalam negeri, baru yang ke luar..


setuja dgn agan ini....setuju aja....minta di phk si dahlan ye
loh gak terbalik?
denger2 kalimantan aja mau beli listrik dari malaysia
sono malah mau jual
hebat ya
Quote:Original Posted By MichaelQiu
loh gak terbalik?
denger2 kalimantan aja mau beli listrik dari malaysia
sono malah mau jual
hebat ya


kalau emang kalimantan mau beli listrik dari malaysia

listrik import donk




tahun 2017 ya
semoga sebelum eksport penyebaran listrik di Indonesia udah merata
heran mau seludupi listrik atau jual listrik benaran nih?

Listrik di infrastruktur listrik di Malaysia jauh lbh baik dari Indonesia kok kita yg mau jual ke maling ya?

aneh2 aja.
Quote:Original Posted By peter0203
Untuk Pemerintah yang terhormat, Di Kalimantan timur tuh lampu serring mati nyala mati nyala..
Pikir dulu yang di dalam negeri, baru yang ke luar..


Ya setuju gan rakyat dalam negeri belum sejahtera main jual ke luar negeri demi untung banyak doang
Ndak ada visi mensejahterakan bangsa kali ya
Kata DAHLAN ISKAN seh sudah ada perubahan visi misi
Tapi mungkin lain di mulut lain realitasnya
halahhhh ngimpi!!!!

kalo agan2 belom pernah ke daerah perbatasan kalimantan, listrik penduduk kita tuh masih disuplai oleh negara tetangga! bukan hanya listrik, tapi juga gas, BBM, bahkan sayur mayur pun dari negeri seberang. kalo pengen tau coba gugling perbandingannya "lubok antu" sama "badau". sama2 kota kecamatan di perbatasan
apa kabar tuh orang2 indonesia di perbatasan. listrik aman?

gw sih setuju2 aja listrik impor dari malay, apa bedanya dgn mobil impor dan minyak impor juga beras impor, listrik expor juga gak masalah, lha kitakan pernah juga expor mobil, beras dan minyak.
goblog tuh pemerintah. emang bakal dapet duit, kita bakal jadi terlihat hebat

tapi kita malah rugi banget lho
mau ekspor Listrik dalam negeri aja sering mati lampu, di pendesaan dan pedalaman kalimantan, sulawesi , listriknya hidup cuma setengah hari. ini mau di ekspor?? gak punya malu lagi ini pemerintah. mending kalao listrik di indonesia stabil ini gk stabil. terlebih lagi riau. ngurus pon aja masih sangsot apalagi proyek besar. mikir mikir. rawan korupsi proyek seperti ini. hitung $$$ lagi. wkwkkww..kalao in IDR mah TTTTTT dah

Posted with DarkGuest
Ingin Jual Listrik ke Malaysia, PLN Siapkan Infrastruktur
Adoh listrik Indo aja masih mahal, di daerah masih banyak belum terjamah kok berani supply ke luar negeri
×