alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016259620/nama-baru-jalan-malioboro-menuai-kontroversi
nama baru Jalan Malioboro (menuai kontroversi)
nama baru Jalan Malioboro (menuai kontroversi)

Kawasan Jl Malioboro, Yogyakarta, berbenah. Tujuannya untuk menjadikan Malioboro lebih bersih dan nyaman untuk kawasan wisata jalan-jalan di Yogyakarta. Pemerintah Kota Yogyakarta akan menata pedagang kaki lima agar tidak mengganggu pemandangan dan lalu lintas pejalan kaki. Selain itu Malioboro akan dibuat lebih hijau dengan penataan pepohonan.

Tak ada yang salah dengan penataan Malioboro. Namun plang papan nama Malioboro menuai kontroversi. Plang papan nama yang baru bertuliskan 'Sejak 1755 MALIOBORO Kawasan Jalan-jalan'. Plang baru ini berlatar belakang warna putih sementara tulisannya berwarna-warni. Ada unsur keceriaan dan modernisitas dalam plang papan nama baru Jl Malioboro. Menggantikan plang lama yang berwarna hijau dengan tulisan melayu dan aksara Jawa di bawahnya. Sangat tradisonal dan lokal.

Masyarakat Advokasi Budaya (Madya) yang pada tahun 2010 lalu dimintai pendapat untuk penataan Malioboro juga terkejut dengan plang baru tersebut. Plang itu dianggap tidak sesuai dengan corak Malioboro yang kental dengan budaya dan kesederhanaan masyarakat sekitar.

"Kami anggap plang itu terlalu gaul. Terlalu kontras dengan pemandangan di Jl Malioboro. Plang lama malah lebih cocok," kata Koordinator Madya, Joe Marbun saat berbincang dengan merdeka.com, Senin (3/9).

Dulu Madya meminta agar dalam penataan Malioboro, Pemerintah Kota Yogyakarta, menjaga sejarah dan cagar budaya yang ada di Jl Maliobro. Di Malioboro berjejer bangunan cagar budaya berusia ratusan tahun yang kini tertutup reklame dan pedagang kaki lima.

"Tapi sepertinya yang dilakukan pemerintah untuk menunjukkan sejarah Malioboro malah menuliskan 'Sejak 1755 Malioboro kawasan jalan-jalan'. Menunjukkan sejarah kan tidak cukup hanya dengan tulisan," kata Joe.

Pemerintah Yogyakarta sendiri berharap penataan kawasan Malioboro ini akan semakin cantik dan mudah dikenang. Malioboro pun diharapkan menjadi kawasan yang lebih ramah untuk pejalan kaki. Tidak sesak oleh lahan parkir dan pedagang kaki lima.

"Pengembangan kondisi Malioboro mengarah pada permasalahan yang berkaitan dengan kebersihan, kemacetan, kesemrawutan dan ketidaknyamanan. Untuk mengatasi masalah ini Pemerintah Kota Yogyakarta bekerja sama dengan seluruh komponen masyarakat Malioboro melakukan penataan dengan mengacu pada visi Kawasan Malioboro yang bersih, tertib dan aman," kata Wali Kota Yogyakarta, Haryadi Suyuti

http://www.merdeka.com/peristiwa/pla...ntroversi.html

Wah kalo diganti kira2 enaknya apa ya.. atau biar terkenal jd nama Jalan MARLBORO emoticon-Ngakak
udh ga usah diganti.. saking terkenalnya malioboro namanya dipake jadi tempat... you know.. emoticon-Kiss

"malio"

emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By

Wah kalo diganti kira2 enaknya apa ya.. atau biar terkenal jd nama Jalan MARLBORO emoticon-Ngakak


gak sekalian gudang garam sekalian... emoticon-Hammer (S)

nama baru Jalan Malioboro (menuai kontroversi)

ane juga suka yang baru plangnya, ukurannya lebih besar dan lebih berwarna.

coba di jakarta plang jalannya dirubah kayak gini modelnya, lebih enak nyari alamat.
ceritanya mau dibikin program gaulisasi
semua jalan biar keliatan lebih gaul gitu ya

emoticon-Embarrassment
mungkin yang menolak, menganggap bahwa kesan klasik di Malioboro jadi hilang ditelan modernisasi
gak masalah pake plang yang mana aja, asal jalannya jangan ganti alamat aja emoticon-Hammer
lebih keren dari marlboro: MAraiBoros emoticon-Ngakak
tapi namana malioboro udah keren menurut gue, ngga usah diganti ganti
judul dan isi ga nyambung....

kirain ganti nama jadi apaaa gitu
Quote:Original Posted By batu.merah
gak sekalian gudang garam sekalian... emoticon-Hammer (S)

nama baru Jalan Malioboro (menuai kontroversi)

ane juga suka yang baru plangnya, ukurannya lebih besar dan lebih berwarna.

coba di jakarta plang jalannya dirubah kayak gini modelnya, lebih enak nyari alamat.

ane lebih suka yg lama emoticon-Malu (S)

daripada cuma ganti plang seupil, mending bikin gapura sekalian biar lebih wow emoticon-Thinking
wah sangat sangat gaul, kalau pengen lebih gaul lewat sosrowijayan
Taruhan pasti itu kerjaan "ABG tua" atau mahasiswa ababil yang ikut proyek peremajaan jalan malioboro.
kenapa warna warni jadi kurang tegas,, gampang luntur gak tuh
lebih cocok plang yg lama emoticon-norose
asal jgn bangunan cagar budaya aja di cat jadi warna pink emoticon-Matabelo
kirain namanya yang mau diganti, padahal emoticon-Cape d...
ane lebih suka ngeliat plang yang lama..memang lebih cocok dengan kesan yogya: sederhana, ramah dan memegang kekhasan budaya tradisional..kalo plang yg baru itu keliatan seperti mau mendekonstruksi citra malioboro dan yogya menjadi terkesan: ceria, ramai, modern, gaul..ga sesuai saya pikir..
Quote:Original Posted By

Wah kalo diganti kira2 enaknya apa ya.. atau biar terkenal jd nama Jalan MARLBORO emoticon-Ngakak


coba lu tulis "jalan by pass marlboro" di gugel emoticon-Big Grin
aneh-aneh aja

emang kalau diganti lebih gimana ya?
Quote:Original Posted By batu.merah

nama baru Jalan Malioboro (menuai kontroversi)

menurut ane yang sebelah kiri lebih bagus karena ada unsur kebudayaannya(tulisan jawa). emoticon-Blue Guy Peace

emang nama malioboro udah fenomenal banget di kuping orang indonesia emoticon-I Love Indonesia (S)
×