alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016251373/tips-untuk-memulai-usaha-online-shop
Tips Untuk Memulai Usaha Online Shop
Tentunya banyak yang bertanya bagaimana caranya untuk memulai sebuah bisnis online tanpe perlu modal atau dengan modal yang sangat terbatas.
Disini saya selaku owner [url]bon-bin.com[/url] akan memberikan sedikit tips dalam membangun toko baju online dengan modal yang sedikit atau bahkan tanpa modal.

Perlu diperhatikan bahwa semua bisa memulai bisnis online dengan modal yang sangat minim, mengingat saat ini terdapat sistem "dropship" dimana kita dapat meminta bantuan pihak supplier kita untuk mengirimkan pesanan customer kita dengan mengatasnamakan pengirimnya dengan nama toko kita sendiri, namun tidak semua supplier bersedia melakukan hal ini, mengingat tanggung jawab supplier akan bertambah dan tugas serta beban pada supplier juga akan bertambah.
Sebagai contoh kami (bon-bin.com) juga sebisa mungkin menghindari dropship, namun kami juga tetap berusaha untuk membantu pihak reseller yang serius dalam berbisnis dengan menyertakan paket reseller pakaian wanita pada bon-bin.com.

Berikut ini saya coba paparkan hal-hal yang diperlukan dalam memulai bisnis jual pakaian wanita dengan modal yang sengat minim atau bahkan tanpa modal.

1.Mencari Supplier baju murah yang terbaik untuk bisnis kita
-Penting untuk diketahui apakah supplier kita ini sudah memberikan harga terbaik, mengingat saat ini maraknya online shop di tanah air, yang menyebabkan agak sulit bagi kita untuk memastikan apakah harga yang supplier kita berikan sudah merupakan harga tangan pertama, pastikan anda untuk tetap aktif melakukan survey harga pasar paling tidak 1-2minggu sekali

-Selain perihal harga, perlu diperhatikan juga service dan layanan dari sebuah supplier tersebut, harga murah belum tentu dapat memajukan usaha anda, kita ambil contoh sebuah supplier besar dengan harga yang murah, namun karena supplier tersebut sangat besar dan produk mereka terbatas akan menyebabkan 50% atau lebih dari produk yang anda order tidak tersedia dikarenakan produk tersebut habis terjual, hal ini memang tidak terhindarkan pada semua toko/supplier, namun apabila sudah terlalu banyak orderan yang tidak kebagian, dapat menyebabkan menurunnya kepercayaan customer anda untuk kembali berbelanja melalui online shop anda.
Hal ini juga terkadang terjadi pada [url]bon-bin.com[/url] , mengingat tidak tertutupnya human error dan kesalahan dalam pendataan, namun selama jumlah yang wajar , hal ini tidak akan terlalu mempengaruhi online shop anda.

-Jadikan supplier anda sebagai sahabat/rekan bisnis anda , janganlah pernah untuk berpikir bahwa anda adalah raja karena anda adalah pembeli.
Dengan menjadi sahabat/rekan bisnis yang baik , anda akan mendapatkan banyak sekali keuntungan dari supplier anda sebagai contoh : anda mungkin akan diprioritaskan, anda mungkin akan mendapat potongan harga, hadiah dan masih banyak lagi, namun apabila anda membuat supplier merasa kurang / tidak nyaman untuk berbisnis dengan anda, akan menyebabkan supplier (mungkin) memprioritaskan pemberian produk pada customer lain, atau bahkan bisa saja supplier enggan untuk meneruskan kerja sama dengan anda.
Apabila anda menemukan permasalahan baik dengan produk ataupun kinerja supplier tersebut, alangkah baiknya untuk mencari solusi bersama-sama mengingat supplier dan reseller sudah merupakan rekan bisnis yang saling menguntungkan, dan janganlah pernah anda semena-mena menyalahkan/memarahi supplier anda, karena hal ini dapat menyebabkan kerugian untuk anda sendiri dikemudian hari.

-Pilihlah supplier tangan pertama, dan bukan produsen , tangan pertama disini adalah pihak ke-2 yang mengumpulkan produk dari berbagai produsen.
Kelebihan tangan pertama daripada produsen adalah produk yang ditawarkan tangan pertama akan lebih banyak dan bervariasi namun tentunya harga tidak akan semurah harga produsen.
Perlu anda ketahui bahwa sebuah online shop yang ramai baru dapat dicapai apabila anda memiliki banyak produk yang dapat dipilih, memiliki produk harga lebih murah namun hanya sedikit yang ditawarkan tidak akan membuat online shop anda menjadi ramai.

-Pilihlah supplier yang dapat melakukan dropship.
Dengan menggunakan sistem dropship, kita akan menghemat biaya ongkos kirim produk yang dipesan oleh customer kita, dengan hal tersebut harga jual anda tidak akan melonjak dikarenakan produk harus dikirim dahulu ke tempat anda sebelum kemudian anda mengirimkan kembali ke customer anda.

-Usahakan untuk menggunakan 1 supplier saja.
Agar sistem dropship dapat berjalan dengan baik, alangkah baiknya anda tidak berkerja sama dengan banyak supplier yang dapat menyebabkan produk yang dipesan oleh customer anda tidak dapat didropshipkan, apabila anda memilih 1 supplier yang memiliki stok yang mencukupi untuk usaha anda, serta update produk oleh supplier sangatlah rutin, disarankan anda untuk menggunakan supplier tersebut saja, karena apabila ternyata customer anda memilih beberapa produk dari supplier yang berbeda akan menyebabkan anda tidak dapat mendropshipkan produk tersebut karena harus dikirim dari beberapa lokasi yang berbeda, tentu saja customer anda tidak mungkin mau untuk membayar ongkir per produk bukan?

2.Tentukan jenis produk yang akan dijual.
Produk yang dijual lebih baik termasuk dalam 1 kategori, contoh : jual pakaian wanita / jual busana muslim
Janganlah anda mencampuradukkan penjualan produk anda dengan kategori lain seperti elektronik dan lain lain.
Anda diharuskan fokus pada 1 kategori dahulu sebelum anda mengembangkan sayap anda kepada kategori lain, tidak fokusnya anda pada kategori penjualan dalam memulai bisnis online dapat menyebabkan perkembangan dalam bisnis anda menjadi lambat.

3.Survey market untuk jenis produk yang akan anda jual.
Survey market seperti harga pasaran, jumlah peminat, seberapa besar kemungkinan customer untuk membeli kembali produk kita sangatlah penting kita lakukan sebelum kita memulai bisnis ini.
Sebagai contoh kita ambil kategori pakaian wanita, dimana jumlah penduduk wanita diseluruh dunia lebih tinggi daripada pria, ditambah 70% wanita selalu melakukan pembelian pakaian setiap 2-4minggu sekali, hal ini sangatlah baik untuk bisnis yang akan kita jalankan, karena setiap harinya kita akan mendapatkan customer baru, namun customer lama (existing customer) juga akan kembali berbelanja di tempat kita dalam jangka waktu yang tidak lama.

lanjut kehalaman bawah...
4.Melakukan pencarian pembeli / calon pembeli.
Toko Baju Online seperti [url]www.bon-bin.com[/url] sangatlah berbeda dengan bisnis offline (toko fisik), dimana untuk toko fisik, anda hanya perlu memilih lokasi yang strategis untuk usaha dan menunggu pembeli datang dan berkunjung ke toko anda.
Namun untuk sebuah online shop, anda diharuskan untuk membuat/menyampaikan informasi anda pada customer anda, hal tersebut dapat anda lakukan dengan cara memilih media online untuk pemasaran produk anda seperti facebook/tokobagus/88db/kaskus ataupun media online lain yang memungkinkan anda untuk memasarkan produk yang anda jual, serta ramai dikunjungi oleh pengguna media tersebut.
Memiliki sebuah website untuk brand anda, bukan berarti lantas pengunjung akan datang sendiri ke website anda, anda tetap diharuskan untuk memasarkan produk atau website anda ke berbagai media online baik secara gratis ataupun berbayar, untuk pemula saya sarankan untuk memulai dari yang gratis dahulu, apabila anda merasa income anda sudah mencukupi, anda bisa memulai pemasaran melalui media berbayar seperti : facebook ads,google ads serta media-media berbayar lain yang dapat mendongkrak penyampaian pemasaran anda ke calon pelanggan

5.Memaintenance customer yang sudah anda miliki.
Alangkah baiknya anda tetap keep contact atau sekedar say hi dan berbincang2 dengan customer/reseller anda, seperti yang sudah saya jelaskan pada point sebelumnya, hubungan yang baik antara supplier dan pembeli akan menghasilkan banyak hal yang menguntungkan untuk ke-2 pihak pada masa mendatang.

6.Penentuan mark up (nilai yang anda naikan untuk laba) pada produk yang anda jual.
Janganlah melakukan mark up terlalu tinggi, dimana akan menyebabkan harga produk yang anda jual akan menjadi jauh lebih mahal daripada harga pasaran yang beredar.
Namun janganlah juga memberikan mark up yang terlalu rendah, dimana banyak sekali online shop yang saling banting harga menyebabkan keuntungan yang didapatkan akan semakin menipis, bahkan tidak sedikit online shop yang gugur karena omset penjualan mereka cukup banyak , namun penghasilan yang mereka dapatkan hanyalah sedikit.

Disini saya akan memaparkan kenapa lebih baik tidak menjual harga terlalu rendah,
-Harga jual yang rendah dapat menyebabkan penghasilan anda berkurang drastis, contoh seharusnya harga jual anda boleh di mark up senilai 20.000, namun anda ingin menarik customer dengan menjual harga lebih rendah, contoh anda mark up hanya 10.000 saja.
Hal tersebut adalah benar, dengan menurunkan nilai jual dari pasaran, akan meningkatkan jumlah pembeli, namun apakah peningkatan jumlah pembeli berarti anda mendapatkan keuntungan lebih?
Jawabannya adalah Tidak, sebagai contoh penjualan untuk keuntungan 20.000 biasanya anda bisa menjual 50pcs baju perhari, setelah anda menurunkan harga menjadi lebih murah 10.000, penjualan anda bertambah menjadi 51-80pcs per hari, 50 pcs dengan keuntungan 20.000 artinya anda mengantongi 1juta perharinya, meskipun jumlah pembeli bertambah namun tidaklah mudah untuk mendongkrak penghasilan anda, mengingat penurunan 10.000 saja dapat menyebabkan anda harus mencari pembeli 2x lipat lebih banyak daripada seharusnya, serta penurunan 10.000 belum tentu berarti dimata customer, serta belum tentu dengan menurunkan harga tersebut customer anda akan lebih banyak.
Hal tersebut dikarenakan begitu banyak penjual yang menyebabkan sulitnya seorang pelanggan untuk menemukan produk yang sama pada beberapa online shop, jadi meskipun harga anda lebih murah 10.000, bukanlah jaminan pembeli akan berbelanja ditempat anda, dikarenakan bisa saja pembeli menemukan online shop lain yang lebih mahal dan bukan online shop anda, selain anda harus mencari pembeli 2x lipat lebih banyak, anda juga diharuskan berkerja 2x lipat lebih banyak namun penghasilan anda tidaklah serta merta menjadi 2x lipat lebih banyak.
Sistem banting harga tersebut hanya berlaku apabila anda berjualan offline dan dalam 1 wilayah terdapat penjual lainnya yang dimana pelanggan bisa saja survey harga dahulu sebelum benar2 membeli, jadi apakah anda masih berpikir dengan menurunkan harga akan mendapatkan penghasilan lebih?

Hanya dengan 6 point diatas saja anda sudah dapat memulai bisnis anda sebagai reseller Baju wanita dengan modal yang sangatlah sedikit atau bahkan tanpa modal.

Semoga informasi diatas dapat membantu teman-teman kita yang baru saja mau memulai bisnis online, baik melalui [url]www.bon-bin.com[/url] ataupun juga melalui supplier/produsen lainnya.
Kami juga akan memberikan tips & trick yang lebih mendalam untuk memajukan bisnis toko baju online yang telah anda jalankan pada waktu mendatang, so stay tuned pada tips and trick bon-bin.com
ane pengen jualan online nih gan, untuk cari uang sampingan, tetapi bingung mau jualan apa, dan cari supplier nya dmn
@holan1234
bagusnya agan melakukan survey dahulu, seperti mencari produk apa yang sekiranya banyak diminati oleh pelanggan, serta seberapa besar kemungkinan pembeli untuk membeli kembali
setelah agan menemukan kategori produk yang sesuai, agan bisa memulai pencarian supplier pada berbagai media, seperti forum, google dan sebagainya emoticon-Smilie
Mantep nih tips nya, jgn lupa investasi juga di pasar modal Indonesia http://beialert.wordpress.com/
emoticon-Cool