Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016250468/indonesia-sulit-jadi-negara-maju-karena-birokrasi-buruk
Indonesia Sulit Jadi Negara Maju Karena birokrasi buruk
sumbernye
BANDA ACEH - Menteri Negara BUMN Dahlan Iskan menyatakan, Indonesia masih sulit menjadi negara maju, karena masih buruknya sistem birokrasi di jajaran pemerintahan.
"Birokrasi kita masih menjadi ganjalan. Untuk menjadi negara maju birokrasi harus diubah," kata Dahlan saat memberi kuliah umum dalam rangka Dies Natalis Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) ke 51 di Gedung AAC Dayan Dawood, Darussalam, Banda Aceh, Minggu (2/9/2012).

Menurutnya perbaikan birokrasi Indonesia mutlak diperlukan, mengingat tingginya tuntutan masyarakat yang menginginkan pelayanan serba cepat. Birokrasi yang cepat dan efisien adalah hal yang harus dipenuhi setiap negara maju di dunia.

Di Indonesia, sebut Dahlan, saat ini memiliki 30 juta jiwa penduduk miskin yang hidup dalam kekhawatiran di bawah 163 juta orang yang tidak lagi miskin.

163 juta orang mampu dan sudah berpikir maju tersebut kini menjadi ganjalan kemajuan negara, karena mereka menginginkan pelayanan yang serba instan. Sementara birokrasi yang ada sekarang belum mampu menjawab kebutuhan mereka. "Birokrasi kita masih lambat," ujarnya.

Dahlan menyebutkan, jika Indonesia ingin maju maka birokrasi harus mengikuti perkembangan kemajuan masyarakat, bukan masyarakat yang harus mengikuti birokrasi seperti yang terjadi selama ini.

Bahkan saat menjawab pertanyaan seorang peserta kuliah umum tentang apa yang harus dilakukan mahasiswa agar Indonesia maju ke depan, Dahlan menjawab "Yang perlu diubah itu bukan kalian, tapi birokrasi. Kalian tidak perlu mengubah diri kalian, tapi pemerintah yang harus merubah birokrasi. Cukup pintar saja," katanya.

Dahlan menuturkan selama menjabat Menteri BUMN, dirinya mulai memperbaiki birokrasi yang selama ini cenderung boros dan tak efektif.
Selain berupaya tampil sederhana tanpa sekretaris dan pengawal, Dahlan juga mengurangi menggelar rapat.

"Saya tidak ada sekretaris tidak pakai pengawal, tapi masih bisa hidup juga sekarang," tukasnya yang disambut tepuk tangan ribuan peserta.

Menurutnya, jajaran birokrasi selama ini hanya sibuk dengan rapat-rapat, sementara prestasi kerja tidak ada. "Ngak penting rapat terlalu banyak, yang penting sekarang kerja. Sekarang birokrasi sibuk rapat ini rapat, tapi Alhamdulillah saya sekarang sudah bisa menurunkan entensitas rapat sampai 70 persen," ujarnya.

Dahlan juga mengingatkan atasan di jajaran birokrasi untuk tak keseringan meminta laporan dari bawahannya, tapi limpahkanlah sebagian tugas atasan itu agar dikerjakan bawahan secara baik. "Buat apa laporan terlalu banyak, dibaca pun tidak," sebutnya.

Dahlan optimistis Indonesia akan menjadi negara maju dalam kurun 10 hingga 15 tahun ke depan, karena upaya perbaikan saat ini akan terus dilakukan. "Saya optimis Indonesia ini akan maju dalam 10-15 tahun mendatang," sebutnya.


(teb)

saya setuju sekali, untuk menciptakan iklim kerja yang bagus di perlukan dukungan dari pemerintah untuk menciptakan birokrasi yang mempermudah masyarakat
terlalu sentralisme.tidak membiarkan daerah maju sampai kapan?temen gw nggu investasi setaun negara sebelah seminggu.
bener pak, PLN yg dulu jenengan pimpin klo bikin rapat di hotel bintang 5
ngabisin anggaran ato memang kebiasaannya begitu?

birokrasi dipersulit, biar ada peluang "main mata"

coba mulai dgn kampanye PEGAWAI DIGAJI UNTUK MELAYANI, BUKAN MINTA DILAYANI
lambat + duit = cepat....biang kerok birokrasi lambat biasanya terjadi di pemda2 (peraturan sering berubah2, sdm buruk sering gak nguasain kerjaannya sendiri)
Quote:Original Posted By Girl.In.Jamban
lambat + duit = cepat....biang kerok birokrasi lambat biasanya terjadi di pemda2 (peraturan sering berubah2, sdm buruk sering gak nguasain kerjaannya sendiri)


betul sekali ...........sengaja di lambatin........supaya ada yg tawarin uang pelicin

sdm bukan buruk gan .......memadai .......cuman otaknya gak di pake untuk fokus kerja : .cuman ada pikiran mencari kesempatan kali yah
Quote:Original Posted By colime
terlalu sentralisme.tidak membiarkan daerah maju sampai kapan?temen gw nggu investasi setaun negara sebelah seminggu.

pengalaman ke malay minggu kemaren, di sana birokrasi nggak ribet, kita dateng ke MATIC ( malaysia tourist information center) di layani dengan baik, bahkan taxipun di cariin
Quote:Original Posted By Girl.In.Jamban
lambat + duit = cepat....biang kerok birokrasi lambat biasanya terjadi di pemda2 (peraturan sering berubah2, sdm buruk sering gak nguasain kerjaannya sendiri)

emang sengaja biar dapet tawaran
Quote:Original Posted By Ryuu..
betul sekali ...........sengaja di lambatin........supaya ada yg tawarin uang pelicin

sdm bukan buruk gan .......memadai .......cuman otaknya gak di pake untuk fokus kerja : .cuman ada pikiran mencari kesempatan kali yah

agree
sepertinya memang faktor dari masyarakatnya sendiri ya gan?
SuLit bukan berarti g bisa..
trus emang siapa yg bakalan bisa merubah sistem buruk birokrasi di negeri ini??
Quote:Original Posted By GHam123
sepertinya memang faktor dari masyarakatnya sendiri ya gan?


Bisa jadi.

Krn birokrat pd dasarnya masyarakat jg. Dulu sebelum jd birokrat, mungkin mengalami nasib serupa. Tp setelah jd birokrat, kemudian lupa.

Terlepas dr masyarakat yg misalnya kurang disiplin (masalah antrian, kenal org dalam, dsb.). Ada yg susah, ada yg lebih 'dipermudah' sama birokrat. Nah, yg 'dipermudah' itu biasanya yg adem2 aja. Kecuali tiba2 kena susah, baru protes.

Intinya sih masalah kedisiplinan.
gak perlu baca lagi mengenai berita ini,
hampir semua orang juga tau mengenai proses birokrasi di negara ini,
udah lambat minta tambahan pulak,
ini bukan cuma masalah birokrasi gan...

tapi masalah 'brain' yg dibawah standar....

Quote:Original Posted By Girl.In.Jamban
lambat + duit = cepat....biang kerok birokrasi lambat biasanya terjadi di pemda2 (peraturan sering berubah2, sdm buruk sering gak nguasain kerjaannya sendiri)


ganti kepala daerah ganti kepentingan, ganti kepala daerah ganti rekanan, ganti kepala daaerah ganti pula peraturan daerah...
Orang yang mau buka usaha juga pikir-pikir kalau pengurusan ijinnya rumit dan lama (padahal ngurus izin usaha di Singapura saja dalam hitungan jam bisa jadi).
setuju sama pak dahlan
tapi , gimana mau diubah wong petingginya aja kerjaannya "studi banding"
kayanya udah pada tau kaya gimana buruknya birokrasi di Indonesia. Mengurus perpanjangan izin perusahaan aja harus berbelit-belit dan lamanya minta ampun. Inilah yg membuat kesempatan suap-menyuap.
birokrasinya ndeso, kamppungan di isi oleh orang2 yang tidak profesional an amanah korup pula, udah gitu budeg
jangan lupa koruptor yang berlindung di balik nama wakil rakyat, itu juga yang bikin negara susah maju, yang simpel dibikin ribet, yang ga penting malah diurusin
menurut instruksi predsiden itu benar sekali
harusnya semua apart hukum yang ada diganti semua untuk mencegah mereka bisa kongkalikong dengan pelaku kasus korupsi dan satu contoh sederhana soal korupsi dei birokrat : buat ktp klo pengen cepet bayar ratusan ribu
×