alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016249124/museum-keris-bakal-dibangun-di-solo-solo-jadi-pusatnya-keris
Thumbs up Museum Keris Bakal Dibangun di Solo, Solo Jadi Pusatnya Keris
Museum Keris Bakal Dibangun di Solo, Solo Jadi Pusatnya Keris

Quote:Museum Keris Solo Bakal Dibangun di Bekas RS Mangkujayan

Museum Keris Bakal Dibangun di Solo, Solo Jadi Pusatnya Keris
Sekretaris Daerah (Sekda) kota Solo Budhi Suharto


Dalam waktu tidak lama lagi, Solo akan memiliki Museum Keris. Museum tersebut akan dibangun di bekas Rumah Sakit Mangkujayan dengan target selesai akhir tahun 2013.

Sekda Kota Surakarta, Budhi Suharto menjelaskan pembangunan museum itu merupakan komitmen Pemkot untuk mengupayakan tempat yang mampu memberi sebuah apresiasi tentang keberadaan keris atau menjaga eksistensi keris, dimana keris telah mendapat pengakuan Unesco. Informasi yang diterima Pemkot, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan akan memberikan pembiayaan dibangunnya museum itu di Surakarta. “Pemkot sudah memutuskan lokasi itu nanti di bekas Rumah Sakit Mangkujayan , yang selama ini juga pernah dipakai Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil,” ujarnya kepada wartawan, Sabtu (1/9) di Balaikota

Menurut Budhi, pemilihan tempat di bekas Rumah Sakit Mangkujayan dinilai sangat strategis selain itu di situ juga ada bangunan cagar budaya. “Dengan demikian, museum nanti akan terintegrasi antara bangunan cagar budaya di situ. Integrasi itu untuk memberikan nuansa spirit sehingga menyatu dengan dengan museum itu sendiri,” jelasnya.

Dalam pembangunan nanti, Pemkot hanya menyiapkan anggaran Detail Enginering Desain (DED). Untuk semua pembiayaan pembangunan museum semua berasal dari kementrian. Selain itu, Pemkot sendiri akan memikirkan urusan kelembagaan nantinya. Mengingat hal ini berkaitan dengan urusan kebudayaan maka pastinya akan menyangkut Dinas kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar). “ Apakah menjadi tangan panjang Pemkot dalam bentuk Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) ataukah lepas dalam bentuk Badan Layanan Usaha Daerah (BLUD). Namun, menurut saya lebih baik pengelolaan ke depan dikelola pemerintah sehingga non profit,” ujarnya.

Ditanya soal realisasi pembangunan museum itu, Budhi mengatakan di tahun 2013 sudah terealisasi mengingat DED sudah dimulai tahun ini. “ Diprediksi, waktu pengerjaannya yang panjang maka maka DED nya harus dikerjakan terlebih dulu di tahun ini,” katanya.

Sementara, Kepala Dinas Tata Ruang Kota (DTRK) Ahyani membantah DED museum keris sudah mulai dikerjakan. Menurunya belum sampai kepada DED namun baru sebatas siteplan meliputi luas bangunan dan denah sederhana.

Ditambahkan Ahyani, dikarenakan di lokasi pembangunan ada banunan cagar budaya, Ahyani menegaskan Pemkot akan menggandeng Balai Pelestarian Peninggaln Purbakala (BP3) Jawa Tengah untuk mendampingi selama proses pembangunan.

sumber: http://www.timlo.net/baca/37138/muse...s-mangkujayan/


Quote:Kemendikbud Dukung Pembangunan Museum Keris Solo

Museum Keris Bakal Dibangun di Solo, Solo Jadi Pusatnya Keris
Seminar "Menggagas Museum Keris Surakarta", Sabtu (1/9) di Balai Tawangarum Balaikota Surakarta.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengapresiasi langkah Pemkot Surakarta yang proaktif menggagas berdirinya Museum Keris Surakarta. Hal ini disampaikan Direktur Pembinaan Kepercayaan Ketuhanan Yang Maha Esa dan Budaya Kemedikbud, Drs Gendro Nurhadi MPd, saat membuka Seminar Menggagas Museum Keris Surakarta, Sabtu (1/9) di Balai Tawangarum, Balaikota Surakarta.

Menurut Gendro, berdirinya museum keris nantinya tidak hanya bentuk pengakuan Unesco tetapi juga sebagai pusat dokumentasi dan penelitian ilmiah. Selain itu, museum keris juga berfungsi merubah pandangan masyarakat yang keliru terhadap keris.

Tak hanya itu, tambah Gendro, adanya museum keris juga akan mengangkat citra keris itu sendiri. “Seminar ini merupakan salah satu upaya melestarikan keberadaan keris itu sendiri,” imbuhnya.

Seminar Menggagas Museum Keris Surakarta tersebut menghadirkan Direktur Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman Kemendikbud Surya Helmi, dr Bambang Gunawan dari Museum Keris Tosan Aji Brajabuwana dan Kaprodi D4 Keris dan Senjata Adat ISI Solo, Drs Joko Suryono MSn. Seminar tersebut diikuti berbagai kelompok dan komunitas masyarakat pecinta keris di Surakarta.

Keris sendiri ditetapkan sebagai warisan dunia oleh Unesco pada 25 November 2005.

sumber: http://www.timlo.net/baca/37084/keme...um-keris-solo/


Quote:Helmi: Tidak Harus di Jakarta
Solo Bisa Jadi Pusat Museum Keris di Indonesia


Solo berpotensi untuk menjadi pusat museum keris di Indonesia. Pasalnya, keberadaan museum keris di Indonesia saat ini jumlahnya masih sedikit dan relatif kecil-kecil.

Direktur Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Surya Helmi mengatakan, Solo sebagai pusat museum sangat mungkin jika Pemkot dan masyarakat mendukung hal itu. “Kenapa tidak, keris kan sudah diakui dunia. Bisa saja terjadi. Tinggal pemerintahnya bagaimana, masyarakatnya bagaimana, mendukung tidak. Tidak harus di Jakarta,” ujar Helmi, saat ditemui Timlo.net, usai mengisi Seminar Menggagas Museum Keris Surakarta, Sabtu (1/9), di Balaikota Surakarta.

Dijelaskan, Kemendikbud mempunya mimpi untuk mewujudkan satu juta museum. Keberadaan museum itu tentunya tidak lepas 3 tujuan museum, yaitu sebagai tempat ilmu pengetahuan, pendidikan dan rekreasi.

Terkait rencana pendirian museum keris Surakarta, Helmi mengingatkan perlunya kajian terlebih dahulu. Menurutnya, mengingat pendirian museum keris ini merupakan usulan dari bawah bukan dari pemerintah pusat maka nantinya akan dilakukan kajian dari pemerintah pusat.

“Akan dilakukan kajian dulu, lokasinya seperti apa, pengelolaanya nanti seperti apa, manajemennya bagaimana. Setelah dilakukan kajian maka akan diputuskan perlu dibantu atau tidak. Yang pasti kementrian ada anggaran untuk itu,” terangnya.

Lebih lanjut, Helmi mengatakan jika pemerintah daerah (Pemkot) serius untuk segera mengajukan proposal ke pemerintah pusat. “Jika segera diajukan, paling tidak, minimal kajiannya bisa kita anggarkan di tahun 2013,” imbuhnya.

Secara nasional, menurut Helmi, saat ini ada 285 museum swasta dan negeri yang terdaftar. Indonesia sendiri saat ini belum mempunyai kurator museum. Untuk mengatasi hal itu, saat ini pihaknya memberikan beasiswa S2 museum untuk 60 mahasiswa di UI dan 30 mahasiswa UGM.

“Silahkan mendaftar, daerah boleh mendaftar. Sayangnya, kuota tahun kemarin hanya terpenuhi 20 orang. Inilah yang kita pacu untuk bisa memenuhi hal itu melalui sosilaisasi yang lebih kita tingkatkan di tahun ini,” tukasnya.
sumber: http://www.timlo.net/baca/37092/solo...-di-indonesia/


setuju deh ama langkah pemerintah emoticon-thumbsup . Semoga kebudayaan Indonesia lebih diperhatikan oleh pemerintah emoticon-I Love Indonesia
Mantap nih kota Solo. Semoga maju terus ... dan bisa melahirkan pimpinan teladan di nusantara ini.
Baguslah ada tempat seperti ini.. kalau mau cari referensi atau lihat kebudayaan kita ttg keris sudah tidak pusing nyari kemana mana
bagus nih biar salah satu senjata asli indonesia ga punah

dan tentu mpu tantular, mpu gandring dan mpu-mpu yang lain bakal bangga di alam sono emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By primula.
kolektor keris banyak yg mo nyumbangin keris g yak? emoticon-Big Grin


di museum ini

Museum Keris Bakal Dibangun di Solo, Solo Jadi Pusatnya Keris

ada yg nyumbang keris dan benda2 pusaka sampai satu almari ...emoticon-Malu (S)

—mikiro lan makaryo ojo muk sendiko™
WaW makin mantap aja nii solo,,..
Yg lain berlomba2 bangun mall, eh ini malah bngun musium

Semoga dpt terwujud jgn cman kata2emoticon-Blue Guy Peace
solo lagi, sepertinya emang mantap banget tu daerah,
jadi kepingin mampir kesana kapan-kapan,
Mantap, kota yang tertata dengan baik dengan simbol SPIRIT OF JAVA

Ngakak maen aja ke ronggowarsito 111a surakarta (gedung MTA)

di sana banyak keris jimat yg diserahkan mantan dukun yg udah tobat
Quote:Original Posted By myprinceqwara
di sana banyak keris jimat yg diserahkan mantan dukun yg udah tobat


emoticon-Ngakak
mau ngomong MTA aja pakai malu malu gan...emoticon-Genit


—mikiro lan makaryo ojo muk sendiko™
Quote:Original Posted By 0ralucu


di museum ini

Museum Keris Bakal Dibangun di Solo, Solo Jadi Pusatnya Keris

ada yg nyumbang keris dan benda2 pusaka sampai satu almari ...emoticon-Malu (S)

—mikiro lan makaryo ojo muk sendiko™


daripada desain & pesan, sak lemarine sisan?
om oralucu yg nyumbang kah? emoticon-Malu

emoticon-Big Grin
Wah, dari dulu gua pengen liat kerisnya Angling Dharma... menurut legenda ktnya gede dan sakti, sekali tebas puluhan orang modar...... ada gak yah di musium ini ? ama kerisnya Mpu Gandring, keris maut yg membunuh banyak keturunannnya Ken arok....
Apik.. emoticon-Angkat Beer


Tapi packagingnya harus bener2 menarik, masalahnya minat orang Indonesia berkunjung ke museum masih minim. Takutnya bernasib sama dg Museum Tosan Aji (Kab Purworejo), tiket cuma 1500, pelayanan emoticon-Recommended Seller tp ngga ada yang mampir. emoticon-Frown emoticon-Frown
Quote:Original Posted By primula.
daripada desain & pesan, sak lemarine sisan?
om oralucu yg nyumbang kah? emoticon-Malu

emoticon-Big Grin

mosok mau nyumbang...ngga lah...emoticon-Malu (S)
soalnya saya hanya punya dua keris...emoticon-Embarrassment
satu keris buat among tamu[hajatan]...
satunya luk ji...tiap malam kalau ada wantu minta di jamas..emoticon-Hammer
ada keris 1 lagi tapi ngga jadi saya miliki...namanya kriswidyastuti mantan saya jaman masih smp emoticon-Hammer (S) emoticon-Hammer (S) emoticon-Hammer (S) emoticon-Hammer (S) emoticon-Hammer (S)


ka_______________________bur______________________emoticon-Ngacir

mikiro lan makaryo ojo muk sendiko
Semoga cepet terwujud ,
Museum bangsa yang membuat bangga budaya bangsa sendiri.




Quote:Original Posted By 0ralucu

di museum ini

Museum Keris Bakal Dibangun di Solo, Solo Jadi Pusatnya Keris

ada yg nyumbang keris dan benda2 pusaka sampai satu almari ...emoticon-Malu (S)




Aku melok nyumbang kerisku oleh ta Lek .... ??? emoticon-Belo


Kerisku " Keris Senggol Modhot ".
Quote:Original Posted By Khoontol
Semoga cepet terwujud ,
Museum bangsa yang membuat bangga budaya bangsa sendiri.






Aku melok nyumbang kerisku oleh ta Lek .... ??? emoticon-Belo


Kerisku " Keris Senggol Modhot ".


di amputasi? emoticon-Belo

—mikiro lan makaryo ojo muk sendiko™
keris ku sebonggol kelapa, mau di museum kan masih kepakai nih emoticon-Ngakak
ini baru mantap... harusnya dijawa sudah ada museum keris...
biar bisa menampung keris2 sakti.

kalo bs replika keris yang sakti jaman dahulu dipajang jg.
Quote:Original Posted By 0ralucu

mosok mau nyumbang...ngga lah...emoticon-Malu (S)
soalnya saya hanya punya dua keris...emoticon-Embarrassment
satu keris buat among tamu[hajatan]...
satunya luk ji...tiap malam kalau ada wantu minta di jamas..emoticon-Hammer
ada keris 1 lagi tapi ngga jadi saya miliki...namanya kriswidyastuti mantan saya jaman masih smp emoticon-Hammer (S) emoticon-Hammer (S) emoticon-Hammer (S) emoticon-Hammer (S) emoticon-Hammer (S)


ka_______________________bur______________________emoticon-Ngacir

—mikiro lan makaryo ojo muk sendiko™
tak kirain krisnadayanti emoticon-Malu

punya si tol mirip keris ketoke mbah vvv emoticon-NgakakQuote:Original Posted By Khoontol
Semoga cepet terwujud ,
Museum bangsa yang membuat bangga budaya bangsa sendiri.







Aku melok nyumbang kerisku oleh ta Lek .... ??? emoticon-Belo


Kerisku " Keris Senggol Modhot ".


lekukane genep ta?
preeet emoticon-Big Grin