alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016241640/permen-dilarang-jadi-alat-uang-kembalian
Permen Dilarang Jadi Alat Uang Kembalian
Mungkin diantara temen-temen sudah ada yang tahu mengenai hal "permen" ini. Namun postingan kali ini diperuntukkan untuk temen-temen yang belum tahu, bagi yang udah tahu. Baca lagi jg boleh, apa lagi comment. emoticon-Smilie

Banyaknya pengaduan masyarakat tentang penggunaan permen sebagai alat pengembalian transaksi perdagangan ritel, membuat pemerintah gerah. Departemen Perdagangan (Depdag) minta para pedagang tak lagi menjadikan permen sebagai ganti uang kembalian kepada konsumen. Direktur Perlindungan Konsumen Depdag menegaskan,
aturan pengembalian dalam transaksi ritel tertuang jelas dalam Undang-Undang (UU) Nomor 23/1999 tentang Bank Indonesia (BI).

Permen Dilarang Jadi Alat Uang Kembalian

UU BI menetapkan, seberapa pun kecil nilai kembalian dalam setiap transaksi, tetap harus menggunakan alat pembayaran yang sah. ”Kami masih memberikan waktu bagi peritel untuk membenahi. Setelah ini kami akan mengambil tindakan tegas,” jelas Radu, kemarin. Jika peritel tetap membandel, Radu menilai mereka telah melanggar UU BI dan UU No 8/1999 tentang Perlindungan Konsumen. Sehingga perlu terkena tindakan tegas. Namun, sebelum mengambil tindakan tegas yang tak dia sebutkan dalam bentuk apa, Radu bilang, masalah transaksi ini lebih dulu diselesaikan langsung dengan instansi terkait, yaitu Bank Indonesia.

Sebab dalih pengusaha, mereka terpaksa memberikan permen karena tak mudah lagi bagi mereka mendapatkan uang receh untuk kembalian transaksi. ”Kami kesulitan untuk mendapatkan uang receh,” kata Heri Sumantri, Ketua Bidang Kemitraan dan Departemen UKM, Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia. Tapi BI tak bisa begitu saja menerima dalih dari para pedagang tersebut. ”Perusahaan ritel bisa menukar ke BI dan kami sudah menyediakan,” kata Ery Setiawan, Kepala Bagian Pengelolaan Uang Keluar BI.


sumber:http://trianichristian.blogspot.com
di mini market deket rumah ane masih ada kembaliannya permen,,tapi kalo di supermarket udah ga ada,,takut digrebek mungkinemoticon-Hammer2
kalo gue sih seneng2 aja, soalnya gue juga suka permen emoticon-Big Grin

yang penting permennya enak emoticon-Big Grin

selama gak permen2 jahe ato sekelasnya si oke2 aja emoticon-Hammer2
kalo ane mah oke-oke aja dikembaliin pake permen emoticon-Big Grin
kalo kembalian 100 kan mending permen daripada koin emoticon-Embarrassment
uang 100 sekarang bisa buat apa coba ? kerokan ? emoticon-Embarrassment
wah iya tuh ane sering dikembaliin permen gan di salah satu minimarket deket rumah ane. wah emang sih kan permen bukan alat transaksi, kalau jadi alat transaksi harusnya permen bisa buat bayar juga ya gan. hehe
bener gan,, masa permen dijadiin kembalian emoticon-Cape d...
bener gan, masa permen dijadiin kembalian emoticon-Cape d...
berantas gan
berantas gan
gpp gan daripada di blatin malah ngga dapet apa apa :d
klo kembaliannya permen, bayarnya juga permen gan biar adil emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
berantas coy
klo kembaliannya permen, bayarnya juga permen gan biar adil emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
Klo yang dikembaliin 1 permen sih gpp gan. Klo sampe 5 biji, no comment deh emoticon-Cape d... (S)
klo daerah ane dah ga ada kembalian permen adanya pembulatan harga emoticon-Hammer2
gpp kn permen jg yg penting kembalian y bkn batu emoticon-Ngakak
gpp kn permen jg yg penting kembalian y bkn batu emoticon-Ngakak
tau tuh, tiap kembalian dibawah 500 pasti dikasih permen emoticon-No Hope
bokap ane sampe pernah belanja di mini market dan bilang gini ke kasirnya
"laen kali saya beli jajan disini ga pake duit mba, tapi pake permen, kan kembaliannya ini permen"
ane ngakak guling2 gan emoticon-Ngakak
hahahaaa ada2 saja