alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016240391/begu-ganjang-hantu-panjang-pencabut-nyawa
BEGu GANJANG, hantu panjang pencabut nyawa
BEGu GANJANG, hantu panjang pencabut nyawa

Makhluk mistis satu ini hanya dikenal di daerah yang didiami etnis Batak Toba, terutama di Tapanuli Utara (Taput), Sumatera Utara. Namanya begu ganjang yang berarti hantu panjang.

Sebagian masyarakat Batak masih percaya adanya begu ganjang. Keberadaannya kerap menjadi kambing hitam jika ada fenomena yang dianggap aneh, seperti warga jatuh sakit atau meninggal secara mencurigakan.

Ritual yang digelar puluhan warga Desa Lobu Pining, Pahae Julu, Taput, Kamis (30/8), menjadi salah satu bukti bahwa begu ganjang masih merupakan momok menakutkan di kawasan itu. Mereka mendatangkan dukun dari dari Dolok Sanggul, Kabupaten Humbang Hasundutan, yang akan memimpin ritual untuk membersihkan desa mereka dari ilmu hitam, termasuk begu ganjang. Acara ini bahkan dihadiri anggota DPRD Taput, Jasa Sitompul, dan Kapolsek Pahae Julu Iptu SB Simamora.

Sebagian masyarakat awam yang mempercayai adanya begu ganjang mengisahkan sosoknya sebagai makhluk tinggi. Semakin dilihat semakin tinggi dan dapat mencekik orang yang melihatnya.

Ada yang menyebut begu ganjang sebagai sosok berambut panjang dan suka berdiam di pucuk-pucuk pohon yang tinggi. Namun, banyak pula yang percaya begu ganjang semacam ilmu santet.

Meski banyak yang percaya keberadaannya, merdeka.com belum berhasil menemukan satu orang pun yang benar-benar pernah melihat begu ganjang.

"Aku tak pernah melihat. Sejauh ini masih katanya, katanya," ujar R Situmeang, warga Lubuk Pakam.

Begu ganjang disebut-sebut sebagai roh yang dipelihara dan dikendalikan untuk tujuan pemiliknya. Namun, sang pemelihara harus memberikan tumbal.

Yang percaya menyatakan bahwa tujuan pemeliharaan begu ganjang semula untuk menjaga sawah dan harta dari pencuri. Belakangan, si empunya disebut menggunakan peliharaannya ini untuk membunuh orang lain. Pada bagian ini, begu ganjang lebih mirip santet.

Jika terjadi hal-hal yang dianggap aneh di satu desa, semisal beruntunnya warga meninggal atau sakit di satu wilayah, begu ganjang pun kerap menjadi 'tersangka'. Isu kemudian beredar dan provokasi pun terjadi.

Mereka yang dituduh sebagai pemelihara sang hantu pun menjadi korban. Berulang kali terjadi penghakiman kejam hanya didasarkan pada asumsi mayoritas warga.

Pada 15 Mei 2010, tiga warga Dusun Buntu Raja Desa Sitanggor, Kecamatan Muara, Tapanuli Utara, yaitu Gibson Simaremare, istrinya Riama br Rajaguguk (65), dan anaknya Lauren Simaremare (35), tewas dibakar hidup-hidup setelah dituding sebagai pemelihara begu ganjang. Sementara itu, Tiur br Nainggolan yang merupakan istri Lauren Simaremare, kritis ditikam. Polisi kemudian menetapkan 55 warga setempat sebagai tersangka dalam aksi penganiayaan ini.

Selain itu masih banyak kejadian lain akibat isu begu ganjang. Tertuduhnya dianiaya, diusir dari kampung, dan rumahnya dirusak atau dibakar.

Yang teranyar, Rabu (11/7), tiga warga Desa Aek Raja, Kecamatan Parmonangan, Taput, yaitu Fernando Manalu (53), Delima br Simanjuntak (50), dan Mikael Manalu (47) dianiaya karena diduga memelihara begu ganjang. Mereka dipukuli hingga babak belur. Rumahnya juga dirusak. Isu begu ganjang ini muncul setelah meninggalnya seorang warga dinilai janggal.

Meski aksi kekerasan masih sering terjadi karena isu mistis ini, namun keberadaan begu ganjang sendiri belum bisa dibuktikan.
pertamaxkah ?

kayak nya itu poto TS deh emoticon-Hammer2
SEREM AMAT YAH GAN TAMPANGNYA emoticon-Takut




BEGU GANJANG bkn nya bahasa karo gan (salah satu suku sumatera utara)
BEGU = HANTU
GANJANG = TINGGI
bentuk itu gan
Ane sih dah lama tinggal di Tapanuli.. Tp belum pernah liat Begu Ganjang.. Bahkan dengar kejadiannya juga jarang...
wah.. serem amir gan...
buset gambarnya bikin emoticon-Takut..
Itu parah banget warganya main hakim sendiri
serem bener penampakannya gan...
emoticon-Takut
Quote:Original Posted By smartworker
BEGU GANJANG bkn nya bahasa karo gan (salah satu suku sumatera utara)
BEGU = HANTU
GANJANG = TINGGI


menurut yg pernah ane baca di salah 1 majalah
kejadian nya di desa lumban bagasan,kecamatan laguboti kabupaten tobasa Sumut..
BEGU = Gagu Alias Bisu
GANJANG = padanan dari kata Ganyang/bantai

Mitos yg berkembang Begu Ganjang konon manusia yg sedang menjalani azab tuhan..

menurut saksi2 korban dari Begu ganjang tewas dng ciri2 leher patah rongga dada robek dan kehilangan jantung..

wallahualam..
Quote:Original Posted By smartworker
BEGU GANJANG bkn nya bahasa karo gan (salah satu suku sumatera utara)
BEGU = HANTU
GANJANG = TINGGI


brati hantu tinggi atau panjang gan??
wah ngeri ya gan.... kayak isu kolor ijo
hantunya menyeramkan gan ... apalagi julukannya hantu panjang pencabut nyawa, tambah serem lagi hiiiy
ane juga jadi takut ah gan
emoticon-Takut eke jadi atuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuttttttttttttttttt gan emoticon-Takut
Quote:Original Posted By nishikunigawa
emoticon-Takut eke jadi atuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuttttttttttttttttt gan emoticon-Takut


Begu ganjang takut sama anak alay macem ente gan
serem amat vroh
widih serem gan emoticon-Takut
Hantu yg tampangnya merakyat ....kyk cpres sebelah.....wkwkwkwk
Mukanya serem amat
emoticon-Takut