alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016239670/ask-tentang-islam-no-sara

Inspiratif 
(ask) tentang islam no sara

assalamualaikum wr.wb
gan ane mau tanya sebenernya klw tahlilan selama 7harian setelah orang meninggal itu diwajibkan ato tidak??coz di tempat ane klw tidak tahlilan jadi momok masyarakat sekitar.bukankah di al-qur'an juga tidak ada.itu hanya adat saja.tapi koq seakan2 menjadi hal yang wajib untuk dijalani.ane sendiri islam.mohon saran nya gan thanks.. emoticon-Matabelo emoticon-I Love Kaskus :lovekaskus
bawah ane gan emoticon-Bingung

(ask) tentang islam no sara
atas ane ganemoticon-Cendol (S)
Quote:Original Posted By dewanretro
assalamualaikum wr.wb
gan ane mau tanya sebenernya klw tahlilan selama 7harian setelah orang meninggal itu diwajibkan ato tidak??coz di tempat ane klw tidak tahlilan jadi momok masyarakat sekitar.bukankah di al-qur'an juga tidak ada.itu hanya adat saja.tapi koq seakan2 menjadi hal yang wajib untuk dijalani.ane sendiri islam.mohon saran nya gan thanks.. emoticon-Matabelo emoticon-I Love Kaskus :lovekaskus


Kalo ga salah tangkep, kewajiban tahlilan itu ga ada deh. Jadi cuma tradisi di pulau jawa aja, CMIIW
emoticon-Angkat Beer
ane kurang tau sh gan . tp menurut ane pribadi itu mah adat yang jadi kebiasaan aj gan. karna uda jadi kebiasaan,maka orang2 jadi rada segan buat ninggalin ny emoticon-Smilie
ga wajib om, sunah juga engga, kalo baca penyebaran islam di pulau jawa pelaksanaan 7 harian dan seterusnya itu cuma adat yang di islam islamkan biar yang masuk islam banyak, jadi ga ada ajarannya itu
maaf sebelumnya ya gan ...tapi koq di keluarga ane klw seseorang tidak mampu untuk menjalani malah dijauhi. dan diharuskan untuk melakukan n maaf sebelumnya "bukan sara" (ane dibilang kamu MUHAMADIYAH ya apa NU) maaf gan bukan sara ane cuman bingung buat ngejelasin ke mereka gmn gan..mohon banget gan sekali lagi maaf ini bukan sara..
Quote:Original Posted By dewanretro
maaf sebelumnya ya gan ...tapi koq di keluarga ane klw seseorang tidak mampu untuk menjalani malah dijauhi. dan diharuskan untuk melakukan n maaf sebelumnya "bukan sara" (ane dibilang kamu MUHAMADIYAH ya apa NU) maaf gan bukan sara ane cuman bingung buat ngejelasin ke mereka gmn gan..mohon banget gan sekali lagi maaf ini bukan sara..

klo didaerah ane semiskin apapun orang yg mo ngdain tahlilan pasti ada aja makanan yg disediain buat para tamu gan. meskipun itu cuma sekedar jajanan pasar ato buah pisang. itupun karena dapet sumbangan dari keluarga & tetangga sekitar gan.yg penting kebersamaannya yaitu saling mendoakan dari sodara sesama muslim kali gan.itu inti tahlilan yg ada di indo (cmiiw). klo ane sih ga tega ato kurang sreg di ati klo mo makn di acara tahlilan apalagi dari keluarga kurang mampu. emang ga ada salahnya sih gan klo ga ngdain acara tahlilan, ga dosa kok gan. ane turut berduka ama keluarga ente yg kehilangan gan, semoga diampuni dosa-dosanya dan amal dan ibadahnya diterima Allah SWT. amin
setau ane tahlilan cuma tradisi aja
oya kalo didaerah ane, tahlilan biasanya makanan2 tetangga2 pada ngasih trus yang kurang mampu biasanya nyumbang tenaga bantu2 masak kaya gitu emoticon-thumbsup
kalo prinsip ane pribadi sih, kalo salah ya ga usah dilaksanakan, kalo ga ada aturannya tapi mampu ya diusahakan emoticon-Big Grin
kalo ane ga jalanin, seterah mau tetangga kek, mau sekampung kek, jauhin ane jauhin aja emoticon-Big Grin lah yg itung" dosa bukan mereka..ntar yg dosa jg mereka kan emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By dewanretro
maaf sebelumnya ya gan ...tapi koq di keluarga ane klw seseorang tidak mampu untuk menjalani malah dijauhi. dan diharuskan untuk melakukan n maaf sebelumnya "bukan sara" (ane dibilang kamu MUHAMADIYAH ya apa NU) maaf gan bukan sara ane cuman bingung buat ngejelasin ke mereka gmn gan..mohon banget gan sekali lagi maaf ini bukan sara..


coba bilang aja "maaf, saya ga tau kalo tradisi itu wajib...di keluarga saya itu bukan tradisi, jadi ga dilaksanakan" emoticon-Big Grin
kalo dari ane, itu cuma tradisi aja gan,,
yg penting kan ada doa untuk almarhum/ah,,

tapi memang tahlilan ada kelebihannya juga gan,,
diantaranya bisa mempererat silaturami, mengurangi kesedihan keluarga yg ditinggalkan, doa yg terkumpul banyak dari para hadirin (insyaAllah diterima),,

sekian aja gan info dari ane,,
semoga bermanfaat emoticon-Smilie
atas ane ganemoticon-Cendol (S) , , halah emoticon-Hammer (S)
.
Nice trit gan emoticon-Recommended Seller, atas ane ganemoticon-Cendol (S) .
atas ane ganemoticon-Cendol (S)

- tandatangan anti bot copas maho -
TAHLILAN KAN UNTUK MENDOAKAN ALMARHUM/AH..

SEGELAS AIR PUTIH DAN TEMPE GORENG 20 BIJI CUKUP LAH.. DAN BIASANYA DIBANTU KERABAT, TETANGGA ATAU RT/RW, MASJID, DLL KALAU TIDAK MAMPU..

ITU YG SAYA TAU, LIAT DI INDONESIA..

INSYAALLAH DI BAWAH ANE TAU dan menambahkan
kalo pendapat pribadi saya, tahlilan termasuk bid'ah karena tidak ada tuntunan dari rosulullah. Kata rosulullah semua amalan yg tidak ada tuntunannya akan tertolak.

Inspiratif 
bid'ah

youtube-thumbnail


ato kesini aje

[url]www.mta-online.com/[/url]

mtafm.com/
kalo misalnya memang wajib pasti ada ayat Al-Quran atau Al-Hadistnya ato keputusan ulama...

tapi tahlil-an kan gapapa juga, toh kita melakukan itu dapat pahala...
kalau sekarang ini ...
banyak kebiasa'an yang di benar kan !!
buakan nya kebenaran yang dibiasakan !!
klo menurut ane tahlilan itu bagaimana ...
agan cari aja dalil nya , dari al-qur'an atau hadits...
kalau dapat dalil yang sohih berarti harus gan..
kalau gak dapet dalil yang sohih berarti itu bid'ah !!
dan ane sendiri blm pernah dapetin dalil itu.. emoticon-Big Grin
dan bid'ah tempat nya dineraka
" wa kulla bid'atin dolalah.. wa kulla dolalaltin fi naar " emoticon-Big Grin
×