Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016236228/runyam-begini--relawan-diusir-dari-pengungsian-syiah-madura
RUNYAM BEGINI : Relawan Diusir Dari Pengungsian Syiah, Madura
TEMPO.CO, Sampang -Komisi Untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (kontras) menyayangkan pengusiran relawan dari gedung olah raga Sampang oleh Kepala Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Sampang, Madura, Jawa Timur, Sabtu, 1 September 2012. "Mestinya pemkab Sampang bekerja sama dengan relawan mengurusi kebutuhan pengungsi syiah, bukan mengusir," kata Koordinator Kontras Surabaya, Andi Irfan kepada Tempo.

Menurut Andi, sejak hari pertama warga syiah di pengungsian, tidak banyak bantuan yang diberikan pemerintah Sampang kepada pengungsi syiah. Sementara kebutuhan, seperti susu bayi, pakaian, air meniral dan lainnya kebanyakan disumbang masyarakat. "Pemerintah mestinya tidak bersikap tertutup," katanya.

Selain melarang relawan, Andi melanjutkan, pengungsi syiah dilarang menerima tamu di dalam GOR. "Bantuan untuk pengungsi juga harus mendapat izin sekarang, sebelumnya tidak," ujarnya.

Aksi pengusiran tersebut terjadi Sabtu siang pukul 12.00, Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Sampang Malik Amrullah meminta relawan dan wartawan yang tengah berada dalam GOR keluar dengan alasan mengangu pengungsi. Sejumlah wartawan dan relawan menolak. Kericuhan pun terjadi. "Pokoknya relawan dan wartawan tidak boleh di dalam titik," kata Malik.

Pantauan di lapangan, relawan dan wartawan tidak menghiraukan larangan itu. "Wartawan dan relawan masih di dalam, saya wawancara tidak ada yang larang," kata Kamal, salah satu jurnalis televisi nasional.


sumber : http://www.tempo.co/read/news/2012/0...n-Syiah-Madura

======================================
Saya belum menemukan alasan dari dinsos untuk melarang relawan pastinya ada hanya saja sebaiknya singkirkan dulu perbedaan toh pengungsi banyak yang wanita tua dan anak2 yang sangat memerlukan bantuan
Quote:Original Posted By primula.
biar fair, diliat dolo napa aktivitasnya dilarang? :


katanya sih mengganggu pengungsi tapi kontradiksinya bantuan pemerintah minim ...
wah bantuan dilarang... kok gw jadi teringat ama kejadian di negara tetangga kemaren...


jadi teringat myanmar.
kalau bantuan datang dari luar negeri dilarang gak yah.
Negara lain maksa banget buat bantu sampe teriak2 pamer passport walaupun ternyata omdo



Ini sodara sendiri, bahasanya sama, lahir di tanah yang sama, warna kulit dan rambut sama.......boro2 dibantu, malah diblokade ditanah kelahiran sendiri
Sebagian rakyat kita ini memang aneh, Ahmanidejad yang syiah dipuja puja tapi warga negara Indonesia yang syiah malah pingin dibunuh
kok manusia stress gitu bisa jadi abdi negara sih?
apa emang karena bukan manusia jadi gak tau arti kemanusiaan??
Masalah seperti ini sangat riskan, karena bisa saja dijadikan negara lain sebagai alasan untuk mengintervensi / masuk.
oke siap aja, bsok iran kirim bantuan ke madura
sekalian ahmadinejad bakal dteng ke posko pengungsian
masalahnya jadi ribet gini gan ga ngerti ane
Di satu sisi, kemanusiaan tidak membenarkan penelantaran para pengungsi.
Di sisi lainnya, ajaran syiah ini dipandang sudah menyimpang dari ajaran Islam.
Pada kasus ini, psikologis masa sudah terbentuk bahwa syiah merupakan ajaran yang menyimpang dari Islam, sehingga mengabaikan nilai kemanusiaan yang seharusnya tetap dijunjung tinggi.
Yang dibutuhkan disini tinggal ketegasan pemerintah saja, karena sudah sangat sulit bagi para relawan untuk menembus stereotip yang telah terbentuk tentang ajaran syiah ini.
Quote:Original Posted By dkempoel

Menurut Andi, sejak hari pertama warga syiah di pengungsian, tidak banyak bantuan yang diberikan pemerintah Sampang kepada pengungsi syiah. Sementara kebutuhan, seperti susu bayi, pakaian, air meniral dan lainnya kebanyakan disumbang masyarakat. "Pemerintah mestinya tidak bersikap tertutup," katanya.

kalo emang beneran sih perlu pantauan dari pusat.
Satu yang pasti sih, kemarin lihat di TV one wawancara dgn pengungsi, para pengungsi puas dengan tempat pengungsian ( tempat luas, bersih, makanan terjamin ). Saya pikir tumben ada pengungsi terurus dgn baik

ditampung di gor apa gitu.
tp kalau dalemi tentang syiah aneh juga sih beda dengan sunni,secara kebanyakan indonesia adalah sunni
yo weis, biarin selesein masalahnya sendiri...

tapi klo nanti separuh madura sampe ilang nyawa, yang dituntut malah pemerintah Indonesia lagi ya?
betul, orang-orang sini ngeliatnya pas selesai kejadian aja bukan awal mula kejadian apa penyebabnya, mau aja dipanasin sama berita

!
Pemerintah Daerah Sampang adalah salah satu aktor intelektual teror terhadap Syiah Sampang.
jiah diusir lagi gan
ahmadinejad dipuja, padahal syiah

disini syiah uda kayak diatas dikit dari hewan

giliran myamnar paling cepet (baca: asal hajar bleh)

oh Indonistan
jadi inget pengungsi rohingya... dilarang juga bantuan dan kamera

tapi ini deket loh... sesama lagi.

bagaimana ini?

perlu ada nya aturan jelas soal relawan juga.
×