alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016230074/peninggalan-purbakala-dalam-laut-dicuri
Smile 
Peninggalan Purbakala Dalam Laut Dicuri
Nyarik emoticon-Toast

Peninggalan Purbakala Dalam Laut Dicuri

PADANG, KOMPAS.com - Sebagian benda kuno muatan kapal Inggris yang diperkirakan dari masa akhir tahun 1800-an yang berada pada kedalaman 17 meter di perairan Natuna, Kepulauan Riau, dicuri. Kini, sebagian barang curian, di antaranya berupa benda-benda dari keramik, itu disita di Kepolisian Resor Natuna.

Menurut Koordinator Kelompok Kerja Dokumentasi dan Publikasi Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala (BP3) Batusangkar—yang membawahkan Sumatera Barat, Riau, dan Kepulauan Riau—Teguh Hidayat, Kamis (30/8), barang-barang curian itu hendak diselundupkan lewat jasa kargo. ”Digagalkan saat Lebaran lalu,” kata dia.

Penggagalan itu dilakukan setelah peneliti Arkeologi Maritim dan Kepala Subseksi Pelayanan Teknis Loka Penelitian Sumber Daya dan Kerentanan Pesisir Kementerian Kelautan dan Perikanan Nia Naelul Hasanah berkoordinasi dengan polisi. Dugaan sementara, barang-barang bersejarah itu dicuri dengan jasa para penyelam asal Vietnam.

Menurut Teguh, terhadap barang-barang muatan lain yang masih ada di dasar samudra perlu segera diekskavasi atau setidaknya diamankan. ”Kalau tidak segera dilakukan, barang-barang yang masih tersisa bisa dicuri lagi dan kemungkinan habis,” kata Teguh.

Secara khusus, Nia yang pernah menyelam di lokasi Natuna mengusulkan agar ada ekskavasi pada tahun 2013 mendatang. Namun, sebelum itu terwujud, sudah terjadi pencurian.

Teguh mengatakan, saat ini tim BP3 Batusangkar menunggu kajian tim pemerintah pusat dari Direktorat Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman yang berada di lokasi. Nantinya, berdasarkan laporan tim tersebut, akan dilakukan pemilahan barang-barang temuan itu.
Suka Rela Buat Ane emoticon-Toast
Klok emoticon-Blue Guy Bata (L) Jangan ya Gan Ampun Dah klok Bata!!!!!
waduh... penyelam negara lain kok bisa masuk situ tanpa ijin sih ?
kalo udah kemalingan gini baru pada repot emoticon-Cape d... (S)
waduh gimana nih
banyak peninggalan purbakala dijarah dinegeri ini emoticon-Berduka (S)
Quote:Original Posted By belalang415
banyak peninggalan purbakala dijarah dinegeri ini emoticon-Berduka (S)


mau gimana lagi gan, kita yang punya kagak mau ngerawat, begitu udah diambil sama orang, baru mulai peduli lagi emoticon-Cape d... (S)
kalau ga ada kongkalikong sama pertugas mana bisa nyolong tu penyelam
Quote:Original Posted By iradewa
kalau ga ada kongkalikong sama pertugas mana bisa nyolong tu penyelam


yang pasti perlu kapal emoticon-Bingung (S)
harta karun noh
Quote:Original Posted By Kemal.Reds


mau gimana lagi gan, kita yang punya kagak mau ngerawat, begitu udah diambil sama orang, baru mulai peduli lagi emoticon-Cape d... (S)


tul gan....ributnya pas diambil orang...kalo gak cuman dianggurin aja emoticon-Berduka (S)
beh di luat pun di embat juga, parah banget dah emoticon-Cape d... (S)
Waduh mending kita angkut semua kekayaan yang mungkin ada di bawah laut kita dah...